Cladding, Kelebihan dan Tipe yang Populer Digunakan

Dalam konstruksi bangunan terdapat beberapa teknik yang berbeda-beda dan salah satunya adalah Cladding. Inilah beberapa kelebihan dan tipe cladding yang populer digunakan.
Cladding, Kelebihan dan Tipe yang Populer Digunakan 1
Cladding bisa membuat tampilan rumah menjadi berbeda. (Foto: Pixabay - Hans Braxmeier)

RumahCom - Cladding adalah salah satu teknik bangunan yang banyak diminati karena bisa meningkatkan estetika dari rumah Anda. Membangun rumah Anda sendiri adalah salah satu hal yang sangat memuaskan. Dengan mengetahui teknik membangun rumah sendiri maka Anda bisa mengkreasikan tampilan dari rumah Anda. Semakin rumit dari teknik membangun rumah yang dipakai maka otomatis tampilan dari rumah Anda sendiri juga bisa semakin terlihat menarik.

Salah satu teknik dalam konstruksi bangunan yang banyak digunakan adalah cladding. Teknik ini sering digunakan karena bisa merubah tampilan dari rumah yang dibangun. Akan tetapi, apakah yang dimaksud dengan cladding itu? Agar Anda bisa lebih paham tentang teknik ini maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Cladding Adalah
  2. Kelebihan Penggunaan Cladding
  3. Tipe-Tipe Material Cladding
    1. Cladding Bata
    2. Cladding Kayu
    3. Cladding PVC
    4. Cladding Metal
    5. Cladding Semen Fiber
  4. Fungsi dan Pengaplikasian Cladding

1. Cladding Adalah

Membangun rumah membutuhkan proses yang tidak sebentar. (Foto: Pexels - Rodolfo Quiros)

Membangun rumah membutuhkan proses yang tidak sebentar. (Foto: Pexels - Rodolfo Quiros)

Dalam membangun sebuah rumah terdapat beberapa teknik berbeda yang digunakan untuk meningkatkan atau merubah tampilan dari rumah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, teknik cladding merupakan salah satu teknik konstruksi yang diminati karena bisa menjadikan tampilan rumah menjadi lebih menarik.

Dilansir dari Wikipedia, cladding adalah salah satu teknik konstruksi yang mengaplikasikan material berbeda-beda yang digunakan untuk membuat sebuah lapisan, terutama pada tembok dari rumah Anda. Teknik cladding sendiri awalnya dipakai hanya sekedar untuk meningkatkan estetika dari sebuah bangunan. Namun, seiring dengan berjalannya teknik konstruksi banyak yang memanfaatkan cladding sebagai pelapis untuk mencegah air dan berbagai kelembaban lainnya masuk ke dalam tembok rumah dan merusak lapisan di dalamnya termasuk cat.

Baca Juga: 12+ Keramik Motif Batu Alam dan Keunggulannya

Tembok pada bagian luar rumah merupakan sebuah bagian paling penting dan utama untuk Anda perhatikan. Tembok luar rumah Anda yang kusam dan jelek akan menciptakan kesan yang tidak menarik dan membuat rumah Anda terkesan membosankan. Pemilihan warna cat rumah sangatlah penting namun jika Anda ingin membuat rumah menjadi terlihat berbeda maka Anda bisa memanfaatkan pemasangan cladding pada tembok luar rumah Anda.

2. Kelebihan Penggunaan Cladding

Memasang cladding tidak bisa dilakukan secara sembarangan. (Foto: Kellys Thoughts on Things)

Memasang cladding tidak bisa dilakukan secara sembarangan. (Foto: Kellys Thoughts on Things)

Cladding menjadi sangat populer karena mempunyai banyak kelebihan. Dilansir dari SEH Commercial, inilah beberapa kelebihan dari menggunakan cladding pada bangunan ataupun rumah tinggal Anda:

  • Dengan memasang cladding pada rumah maka otomatis Anda bisa memperkuat kemampuan struktural dari rumah Anda. Cladding yang terpasang dengan baik bisa melindungi bagian dalam rumah dari berbagai bentuk materi baik itu padat ataupun cairan. Dengan adanya cladding maka tembok bagian dalam rumah Anda akan lebih sulit untuk ditembus kelembaban dari luar.
  • Cladding juga bisa membuat rumah Anda menjadi minim perawatan. Cat bagian luar rumah membutuhkan perawatan yang dilakukan secara rutin agar tidak mudah pudar. Dengan memanfaatkan cladding maka Anda bisa menjaga agar tampilan dari rumah Anda bisa tetap terlihat menarik dalam waktu yang lama.
  • Cladding juga bisa memiliki ragam yang sangat banyak sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan variasi terhadap tampilan dari rumah Anda dan menyesuaikannya dengan keinginan.
  • Untuk Anda yang tinggal di daerah dingin maka Anda bisa memanfaatkan cladding sebagai insulator panas yang sangat baik dan membuat suhu dari ruangan Anda tidak banyak berubah dan menciptakan suasana yang nyaman untuk ditinggali.

Cladding memang sering digunakan sebagai finishing eksterior dinding luar bangunan komersial. Tetapi sebenarnya cladding juga bisa untuk hunian rumah. Apabila Anda sedang mencari hunian vertikal strategis di kota, cek daftar Apartemen hunian mewah mulai dari Rp700 jutaan.

3. Tipe-Tipe Material Cladding

Setiap bahan material memiliki karakteristiknya masing-masing. (Foto: OAK Tasmania)

Setiap bahan material memiliki karakteristiknya masing-masing. (Foto: OAK Tasmania)

Ada banyak bahan-bahan material yang bisa digunakan untuk cladding. Setiap bahan tersebut mempunyai karakter yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah beberapa tipe-tipe material cladding yang umum untuk digunakan:

a. Cladding Bata

Bata merupakan salah satu jenis material bangunan yang paling banyak digunakan. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, bata juga mempunyai ketahanan yang sangat baik terhadap berbagai kondisi cuaca yang berbeda-beda. Bata juga merupakan salah satu material yang digunakan sebagai cladding.

Dilansir dari Build with Rise, bahan bata bisa menjadi sebuah bahan cladding yang baik karena bisa digunakan dalam waktu yang sangat lama dan tidak akan mudah hancur. Selain itu juga, teksturnya yang unik menjadikan cladding yang terbuat dari bata menjadi sangat diminati.

b. Cladding Kayu

Kayu merupakan salah satu material alami yang banyak dipakai karena mempunyai penampilan yang natural. Kayu bisa dimanfaatkan menjadi berbagai bagian dalam dunia konstruksi dan menjadikannya salah satu material yang paling fleksibel untuk digunakan di mana saja.

Cladding yang terbuat dari kayu bisa menjadikan tampilan dari rumah Anda terlihat rustic dan lebih menarik dari sebelumnya. Anda harus memastikan untuk menggunakan kayu yang memiliki ketahanan terhadap air agar cladding yang dipasang pada rumah bisa bertahan lama dan tidak mudah untuk lapuk.

Cara Mudah Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Tips Rumah dan Apartemen

Cara Mudah Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

c. Cladding PVC

Salah satu bahan konstruksi buatan yang mempunyai ketahanan yang baik adalah PVC atau Polyvinyl Chloride. Kelebihan paling utama dari PVC untuk digunakan sebagai cladding adalah harga jualnya yang sangat murah. Selain itu juga bahan PVC mempunyai usia pakai yang sangat panjang dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit agar bisa tetap terlihat menarik.

d. Cladding Metal

Apabila Anda ingin menciptakan sebuah tampilan rumah yang unik dan berbeda maka Anda bisa memanfaatkan cladding yang terbuat dari metal atau baja. Bahan baja mempunyai ketahanan yang sangat baik dan tidak akan mudah rusak apabila terkena perubahan cuaca. Meskipun demikian, harga dari cladding yang terbuat dari baja relatif lebih mahal dan membuat Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli dan memasangnya.

e. Cladding Semen Fiber

Apabila Anda memiliki budget terbatas dan ingin memasang cladding pada rumah maka Anda bisa memanfaatkan cladding yang terbuat dari semen fiber. Material ini seringkali disebut sebagai hardboard dan mempunyai tekstur layaknya sebuah kayu. Cladding semen fiber juga bisa membuat tampilan rumah Anda menjadi menarik karena memiliki ragam warna yang sangat menarik.

Tip Rumah
Sesuaikanlah tipe material cladding dengan desain dari rumah atau bangunan Anda agar bisa terlihat serasi.

4. Fungsi dan Pengaplikasian Cladding

Pemasangan cladding tidak bisa dilakukan secara sembarangan. (Foto: TheCladman)

Pemasangan cladding tidak bisa dilakukan secara sembarangan. (Foto: TheCladman)

Fungsi paling utama dari memasang sebuah cladding adalah untuk melindungi dan memperkuat kemampuan struktural dari rumah Anda. Tembok rumah Anda akan terlindungi dari berbagai bentuk perubahan cuaca dan menjadikan suasana bagian dalam rumah menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

Memasang cladding pada tembok rumah bukanlah sebuah hal yang mudah. Anda harus membuat perhitungan yang baik agar cladding bisa terpasang dengan baik dan tidak mudah lepas. Di bawah ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa Anda ikuti apabila tertarik untuk memasang cladding di rumah Anda sendiri:

  • Pertama-tama, Anda harus mengukur luas dari tembok bagian luar rumah Anda. Hitunglah berapa banyak jumlah cladding yang Anda perlukan agar tidak menyisakan bagian yang kosong pada tembok luar rumah Anda.
  • Pasanglah kayu lapis pada tembok yang berfungsi sebagai alas atau tatakan bagi cladding Anda.
  • Semprotkan lapisan foam insulator yang bisa berperan untuk menjaga suhu ruangan di dalam rumah tetap terjaga dan membuat cladding Anda bisa menempel dengan baik.
  • Susun dan pasangkan cladding Anda satu per satu hingga memenuhi bagian luar dari tembok rumah Anda.

Itulah pengertian beserta beberapa kelebihan cladding untuk digunakan pada rumah Anda. Pastikanlah agar Anda memilih jenis material cladding yang tepat agar rumah Anda bisa terlihat menarik dan senada.

Ketahuilah apa saja yang menjadi perbedaan antara SHM dan HGB melalui video yang informatif berikut ini!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Rekomendasi Perumahan Baru Di Jawa Tengah

Masukan