9 Contoh Kaligrafi untuk Wujudkan Nuansa Islami di Rumah

Tim Editorial Rumah.com
9 Contoh Kaligrafi untuk Wujudkan Nuansa Islami di Rumah
RumahCom – Kehadiran ornamen kaligrafi pada dinding ruang tamu maupun ruang lainnya sejatinya mampu memperkuat nuansa Islami di rumah. Ada banyak contoh kaligrafi yang tersedia dalam berbagai desain dan model. Sebelum membahas lebih banyak contoh kaligrafi yang bagus untuk rumah, tahukah Anda sejarah mengenai kaligrafi?
Secara etimologi, kata “kaligrafi” berasal dari bahasa Yunani, kaligraphia atau kaligraphos. Kallos berarti indah dan grapho berarti tulisan. Dengan demikian, kaligrafi mempunyai dua unsur, yakni tulisan (aksara) dan keindahan (nilai estetis). Dalam bahasa Arab, kaligrafi disebut khaṭ, yang berarti "dasar garis", "coretan pena", atau "tulisan tangan".
Bentuk kata kerjanya adalah khatta yang berarti kataba (menulis) atau rasama (menggambar). Bahasa Arab mengistilahkan kaligrafi dengan kata khaṭ (tulisan atau garis), yang ditujukan pada tulisan yang indah. Orang yang ahli dalam bidang ini disebut dengan al-khaṭ-ṭāṭ atau calligrapher.
  1. Contoh Kaligrafi dengan Tulisan Emas
  2. Contoh Kaligrafi Pendek
  3. Contoh Kaligrafi Tulisan Allah
  4. Contoh Kaligrafi Ukir
  5. Contoh Kaligrafi Potongan Ayat Suci
  6. Contoh Kaligrafi Tulisan Asmaul Husna
  7. Contoh Kaligrafi Kufi Ayat Kursi
  8. Contoh Kaligrafi Sederhana Untuk Ruang Minimalis
  9. Contoh Kaligrafi Terpisah

1. Contoh Kaligrafi dengan Tulisan Emas

Warna emas bertujuan untuk menonjolkan huruf hijaiyah agar mudah dibaca. (Foto: Technical Care Center In Qatar)
Setiap rumah dibangun dengan ciri khasnya masing-masing dan menjadikannya sangat unik antara satu dengan yang lainnya. Setiap kali Anda membeli rumah, tentunya Anda ingin tampilan dari eksterior maupun interior rumah bisa terlihat menarik dan enak dilihat. Salah satu cara yang mudah dan bisa dicoba adalah dengan menambahkan berbagai bentuk hiasan berbeda, misalnya kaligrafi dengan tulisan emas.
Model dan desain kaligrafi yang satu ini umum ditemui pada rumah-rumah. Warna emas bertujuan untuk menonjolkan huruf hijaiyah agar mudah dibaca, selain juga memunculkan kesan indah dan mewah.

2. Contoh Kaligrafi Pendek

Kaligrafi pendek sangat pas ditempatkan pada ruang berukuran terbatas.
Kaligrafi adalah sebuah seni tulisan yang dibuat dengan cara manual seperti menggunakan berbagai bentuk instrumen lukis ataupun peralatan menulis lainnya. Penggiat seni kaligrafi akan membuat tulisan-tulisan indah yang seolah ingin mencurahkan perasaannya hingga menunjukkan permainan seni yang indah.
Selain contoh kaligrafi dengan tulisan emas, model lain yang bisa Anda pilih adalah kaligrafi pendek. Misalnya hanya bertuliskan lafaz Allah atau Nabi Muhammad SAW. Kaligrafi pendek sangat pas ditempatkan pada ruang berukuran terbatas, misalnya ruang kerja di rumah.

3. Contoh Kaligrafi Tulisan Allah

Keistimewaan kaligrafi dalam seni Islam karena merupakan suatu bentuk “pengejawantahan” firman Allah yang suci.
Kaligrafi berlafazkan Allah SWT paling sering dipilih guna memunculkan nuansa Islami yang kental di rumah. Menariknya, saat ini kaligrafi tulisan Allah banyak didesain dengan gaya baru misalnya vintage dan shabby chic.
Keistimewaan kaligrafi dalam seni Islam terlihat terutama karena merupakan suatu bentuk “pengejawantahan” firman Allah yang suci. Disamping itu, kaligrafi merupakan satu-satunya seni Islam yang dihasilkan murni oleh orang Islam sendiri, tidak seperti jenis seni Islam lain (seperti arsitektur, seni lukis, dan ragam hias) yang banyak mendapat pengaruh dari seni dan seniman non-muslim.

4. Contoh Kaligrafi Ukir

Tulisan kaligrafi yang diukir langsung pada kayu mampu menimbulkan kesan alami.
Kaligrafi dengan pola ukir sangat ideal dipajang pada rumah bergaya tradisional maupun modern. Tulisan kaligrafi yang diukir langsung pada kayu mampu menimbulkan kesan alami sekaligus mewah.
Kaligrafi bisa menjadi hiasan di rumah yang bernafaskan Islami. Selain indah, kaligrafi juga bisa membuat hunian terasa lebih adem. Nah, jika Anda sedang mencari hunian yang indah dan adem di kawasan Bogor. Cek daftar huniannya dibawah Rp1 miliar berikut ini!

5. Contoh Kaligrafi Potongan Ayat Suci

Kaligrafi bisa menjadi alat untuk menyampaikan maksud tertentu. (Foto: Amazon)
Kaligrafi dapat berfungsi sebagai media komunikasi, sebagai alat untuk menyampaikan maksud tertentu. Oleh sebab itu, tulisan yang terdapat dalam kaligrafi tidak hanya berupa dua kalimat syahadat maupun lafaz Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, melainkan juga bisa berupa potongan ayat suci dalam Alquran.
Contoh kaligrafi ini sangat pas jika ditempatkan di kamar tidur sebagai pengingat diri. Bisa juga dipajang di ruang tamu agar bisa dibaca oleh tamu yang datang ke rumah.

6. Contoh Kaligrafi Tulisan Asmaul Husna

Kaligrafi Asmaul Husna bisa ditulis langsung di dinding dengan cat warna pastel. (Foto: NKI CART)
Asmaul Husna juga kerap menjadi tulisan di kaligrafi. 99 nama yang tertuang dalam Asmaul Husna, merupakan nama nama milik Allah yang baik lagi indah. Oleh karena itu, kaligrafi Asmaul Husna sangat cocok ditempatkan di ruang tamu atau mushola minimalis di rumah. Sebagai inspirasi, kaligrafi Asmaul Husna bisa ditulis langsung di dinding dengan cat warna pastel yang menenangkan.

7. Contoh Kaligrafi Kufi Ayat Kursi

Kaligrafi bertuliskan ayat kursi ideal diletakkan di kamar tidur.
Salah satu keutamaan membaca ayat kursi adalah seperti setara membaca seperempat Al-Qur’an. Selain itu, seseorang yang membaca ayat kursi sebelum tidur akan terhindar dari gangguan setan dan berada dalam penjagaan Allah hingga pagi hari. Untuk itu, kaligrafi bertuliskan ayat kursi ideal diletakkan di kamar tidur.

Tips Rumah.com

Memasuki kaligrafi modern, saat ini banyak yang memanfaatkannya untuk menjadi pajangan ataupun tulisan-tulisan indah yang digunakan dalam undangan pernikahan. Salah satu kaligrafi yang sedang populer saat ini adalah kaligrafi Islami yang bisa digunakan sebagai salah satu hiasan yang indah di rumah Anda.

8. Contoh Kaligrafi Sederhana Untuk Ruang Minimalis

Kaligrafi Islami yang dibuat minimalis akan menjadikan rumah lebih indah dan menarik. (Foto: Joom)
Apabila Anda memiliki sebuah tembok yang kosong pada rumah Anda maka hiaslah dengan menggunakan sebuah wall art yang dicetak dan dimasukkan ke dalam sebuah bingkai untuk membuatnya menjadi lebih cantik. Kaligrafi Islami yang dibuat secara minimalis akan menjadikan rumah Anda yang modern menjadi lebih indah dan menarik.

9. Contoh Kaligrafi Terpisah

Kaligrafi terpisah bisa membuat sebuah ruang tetap minimalis namun punya nuansa Islami yang kuat. (Foto: Peace With You)
Desain kaligrafi terpisah yang ditempatkan di ruang tamu atau sudut lain yang diinginkan bisa begitu cantik dengan intrik pencahayaan yang maksimal. Tidak perlu bertuliskan ayat suci, cukup lafaz Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW agar terlihat tetap minimalis namun punya nuansa Islami yang kuat.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini