10 Contoh Kerjasama di Rumah yang Baik untuk Seluruh Anggota Keluarga

Tim Editorial Rumah.com
10 Contoh Kerjasama di Rumah yang Baik untuk Seluruh Anggota Keluarga
RumahCom – Contoh kerjasama di rumah yang dapat Anda lakukan ada banyak macamnya. Bekerjasama dengan seluruh anggota keluarga akan mengajarkan arti kebersamaan, tanggungjawab, bahwa seluruh anggota keluarga saling membutuhkan, serta membangun bonding dan ikatan yang erat antara anggota keluarga.
Untuk itu, sering-seringlah melakukan kerjasama dengan seluruh anggota keluarga di rumah. Berikut 10 contoh kerjasama di rumah yang baik untuk seluruh anggota keluarga:
  1. Menyapu dan Mengepel Lantai
  2. Mencuci Kendaraan
  3. Menyiapkan Sarapan
  4. Belajar Bersama
  5. Merapikan Tempat Tidur
  6. Berkebun
  7. Mencuci Piring
  8. Mencuci Pakaian
  9. Membersihkan Kamar Mandi
  10. Bermain Game

1. Contoh Kerjasama di Rumah dengan Menyapu dan Mengepel Lantai

Melakukan kegiatan bersih-bersih bersama keluarga. (Foto: Pinterest)
Aktivitas menyapu dan mengepel lantai bisa dilakukan oleh masing-masing anggota keluarga dengan membagi tugas secara bergantian. Menyapu lantai biasanya dilakukan di awal, dan dilanjutkan dengan mengepel lantai. Hal ini bisa dilakukan oleh kakak dan adik yang saling bergantian untuk menyapu dan mengepel lantai.
Sebaiknya untuk tahap awal perlu didampingi orang tua saat melakukannya. Selain anak-anak dapat belajar tentang kebersihan sejak dini, hal ini juga dapat melatih sikap dan perilaku anak hingga dewasa nanti.
Jika diterapkan dengan baik dan konsisten, 10 contoh kerjasama di rumah ini bukan hanya dapat menguatkan rasa kebersamaan antar anggota keluarga, tapi juga bikin rumah lebih bersih, sehat, karena tertata dengan baik. Mau punya rumah di kawasan yang lingkungannya sudah tertata dengan baik di Tangerang Selatan dengan harga di bawah Rp1 M? Cek di sini!

2. Mencuci Kendaraan

Mencuci kendaraan bersama anak dapat dilakukan saat akhir pekan. (Foto: Pinterest)
Setiap keluarga yang memiliki kendaraan baik sepeda kayuh maupun kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, bisa melakukan kegiatan mencuci kendaraan bersama-sama. Kendaraan yang dirasa kecil memang cepat dibersihkan saat mencuci namun kendaraan yang besar seperti mobil cukup membutuhkan waktu lama.
Dengan mengajak anak mencuci kendaraan, terjalin bonding yang kuat serta mengajari anak untuk bertanggung jawab. Ajak pula anak mencuci sepedanya, hal ini akan membuat anak lebih menghargai barang miliknya sendiri.

3. Menyiapkan Sarapan

Kegiatan memasak bersama dapat dilakukan saat menyiapkan sarapan. (Foto: Batampost)
Saat menyiapkan sarapan biasanya yang paling terlihat sibuk adalah Ibu. Hal ini hendaknya anggota keluarga lain dapat membantu. Semisal saat ibu sedang masak anak-anak atau ayah bisa membawa makanan yang sudah selesai dimasak menuju meja makan.
Selain itu, biarkan anak-anak menata makanan dan peralatan makan di meja. Bentuk kerjasama seperti ini akan membuat momen makan bersama jadi lebih menyenangkan, seluruh anggota keluarga pun turut serta dalam setiap prosesnya.

4. Belajar Bersama

Dengan belajar bersama, orangtua dapat mengetahui perkembangan sang anak di sekolah. (Foto: Pinterest)
Beberapa anak dalam anggota keluarga biasanya ada yang suka belajar sendiri maupun ditemani orang tua saat di rumah. Orang tua baik ayah atau ibu memiliki kesempatan untuk mendampingi anak-anaknya belajar. Hal tersebut dapat mengetahui kemampuan anak dan membantu jika anak masih belum paham saat belajar.
Saling menjaga komunikasi antara anak dan orang tua dalam belajar bersama adalah salah satu kunci keberhasilan anak dalam memahami pelajaran. Selain itu, dengan belajar bersama, anak-anak menjadi lebih bersemangat. Sediakan cemilan sehat agar suasana belajar lebih fun.
15 Tren Warna Cat Rumah Populer 2022

15 Tren Warna Cat Rumah Populer 2022

5. Merapikan Tempat Tidur

Merapikan tempat tidur bersama si kecil jadi momen kebersamaan yang menyenangkan. (Foto: Pinterest)
Lagu anak berjudul Bangun Tidur, sudah akrab di telinga anak-anak sejak usia kecil. Ajakan untuk tidak lupa membereskan tempat tidur di pagi hari ini terasa sederhana, namun sarat dengan pola hidup disiplin yang bisa diajarkan kepada anak-anak.
Kegiatan membereskan tempat tidur ini bisa dilakukan oleh ayah dan ibu atau anak-anak; kakak dan adik. Biasanya masing-masing berusaha membersihkan dan menata kamar setelah bangun tidur. Jadi, jangan sampai lupa ya, untuk tetap menjaga kerapian dan kebersihan kamar serta saling mengingatkan satu sama lain.

Tips Rumah.com

Saat anak punya kamar sendiri, biarkan ia menata sendiri mainan atau dekorasi miliknya. Sediakan ruang atau rak penyimpanan yang mudah dijangkau serta aman bagi anak.

6. Berkebun

Berkebun di pekarangan rumah bersama keluarga dapat dilakukan saat akhir pekan. (Foto: Kompasiana)
Setiap bentuk fisik rumah ada yang memiliki halaman rumah ukuran kecil atau besar, bahkan ada yang tidak punya halaman rumah. Aktivitas berkebun di rumah termasuk salah satu contoh kerjasama di rumah yang dapat dilakukan dengan setiap anggota keluarga.
Orang tua bisa mengajari anak untuk mengenal alam, cara bercocok tanam, bahkan memanen tanaman yang sekiranya sudah masak. Kegiatan ini dapat mengajari anak bagaimana tumbuhan sebagai makhluk hidup.

7. Mencuci Piring

Si kecil dapat membantu ibu mencuci piring setelah makan. (Foto: Pinterest)
Setelah makan bersama biasanya cucian piring dan gelas menumpuk. Hal tersebut tidaklah patut apabila hanya ibu yang mencuci piring kotor. Oleh karena itu anak-anak juga harus membantu ibu, selain ibu juga sudah memasak makanan, akan terasa berat jika ibu pula yang mencuci piring.
Hal ini bisa dilakukan bergantian atau membagi tugas cuci piring, semisal kakak yang mencuci piring, adik membantu menatanya di rak piring. Sesuaikan pembagian tugas dengan usia anak. Ingatkan anak untuk selalu berhati-hati, dan tidak terburu-buru dalam melaksanakan tugasnya.

8. Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian bersama anak dapat menjadi momen yang menyenangkan. (Foto: Pinterest)
Apabila pakaian kotor di rumah menumpuk, maka mencuci pakaian bisa menjadi salah satu contoh kerjasama di rumah. Antar anggota keluarga bisa saling berbagi tugas, semisal Ayah mencuci, kakak membilas cucian. Atau adik menemani ibu memilah pakaian yang akan dicuci atau dijemur.
Sediakan ruang servis khusus di rumah, tata agar nyaman dan selalu bersih. Hal ini membuat anak-anak semangat, dan semangat setiap momen kebersamaan ini dilakukan secara rutin. Misalnya setiap akhir pekan.

9. Membersihkan Kamar Mandi

Membersihkan kamar mandi secara rutin dapat menjaga kesehatan keluarga. (Foto: Pinterest)
Membersihkan kamar mandi, bisa termasuk contoh kerjasama di rumah apabila dilakukan secara bergantian antar anggota keluarga. Bisa dibuat jadwal piket membersihkan kamar mandi. Semisal pekan ke-1 Ayah, pekan ke-2 Ibu, pekan ke-3 Anak.
Untuk anak yang paling kecil harus didampingi orang tua, karena selain licin, bahan baku untuk membersihkan lantai dan sebagainya tergolong zat keras yang tidak ramah anak.

10. Bermain Game

Bermain board game bersama keluarga dapat menambah keceriaan suasana di rumah. (Foto: The Asian Parents)
Banyak manfaat dari bermain dengan anak, salah satunya hubungan orang tua dan anak akan semakin erat. Semakin sering menghabiskan waktu bersama keluarga maka semakin kuat ikatan yang terbentuk.
Permainan keluarga seperti menyusun balok, lego, puzzle, merupakan permainan keluarga yang bisa dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Selain itu, bermain bersama juga mempererat bonding, serta mengajarkan anak bagaimana berada di dalam sebuah kompetisi. Ada yang menang, juga ada yang kalah.
Itulah tadi 10 contoh kerjasama di rumah yang baik, yang dapat Anda lakukan dengan seluruh anggota keluarga. Kerjasama di dalam rumah dapat mempererat hubungan dan kehangatan dalam keluarga.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mengetahui keuntungannya membeli atau memiliki rumah tingkat jika ditinjau dari penataan ruang yang bisa membuat hunian lebih sehat !
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini