Panduan Membuat dan 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah

Kwitansi sangatlah penting dalam setiap bentuk transaksi. Artikel kali ini akan membahas mengenai 6+ contoh kwitansi jual beli tanah.
Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 1
Kwitansi sangat penting dalam setiap transaksi yang Anda lakukan. (Foto: Plastic Pollution Coalition)

RumahCom ­­– Contoh kwitansi jual beli tanah adalah salah satu jenis kwitansi yang perlu Anda ketahui. Saat ini tren berbelanja sudah semakin meningkat dan seolah menunjukkan bahwa budaya konsumerisme terus mengalami peningkatan. Kemajuan teknologi sangat mendukung tren berbelanja dengan memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk bisa berbelanja dengan menggunakan media secara daring.

Membeli sesuatu secara online memang memiliki kemudahan dan kelebihan lainnya namun, tidak selamanya transaksi Anda akan tercatat dan Anda tidak bisa memiliki kwitansi yang bisa menjadi bukti pembelian yang sudah Anda lakukan. Kwitansi sendiri terdapat beberapa ragamnya dan salah satunya adalah kwitansi jual beli tanah. Agar Anda bisa lebih paham tentang contoh kwitansi jual beli tanah maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Jenis & Kwitansi Jual Beli Tanah
    1. Jenis-Jenis Kwitansi Jual Beli Tanah
    2. Fungsi Kwitansi Jual Beli Tanah
  2. Cara Membuat Kwitansi Jual Beli
  3. 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah

1. Jenis & Kwitansi Jual Beli Tanah

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 2

Pastikan agar Anda mendapatkan kwitansi ketika sedang membeli dan mengeluarkan nominal yang besar. (Foto: Verd)

Mungkin ada banyak diantara Anda yang tidak senang menyimpan berbagai bukti pembelian dan langsung membuangnya begitu saja. Padahal kenyataannya apapun itu bukti pembeliannya sangatlah penting dan perlu untuk Anda simpan selama beberapa waktu. Bukti pembelian seperti kwitansi menjadi semakin penting terutama jika Anda membeli sesuatu yang mempunyai nilai yang tinggi seperti tanah.

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kwitansi itu? Dilansir dari Patriot, kwitansi merupakan salah satu bentuk bukti dari setiap transaksi yang sudah Anda lakukan dan biasanya akan tertulis pada selembar kertas. Kwitansi bisa digunakan untuk berbagai bentuk kwitansi, baik itu penjualan ataupun pembelian hingga penyewaan ataupun jasa yang Anda tawarkan.

Sangat penting untuk memiliki sebuah kwitansi karena di dalamnya terdapat berbagai informasi seperti benda atau jasa apa yang sudah Anda terima. Selain itu juga di dalam kwitansi terdapat informasi mengenai berapa banyak yang sudah Anda bayarkan beserta metode apa yang digunakan sebagai pembayarannya. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai tempat penjual atau penjaja jasa secara detail agar Anda bisa menghubunginya di kemudian hari apabila terdapat masalah.

Pada beberapa toko yang berbeda umumnya tersedia sebuah kebijakan pengembalian barang yang hanya bisa dilakukan dalam suatu waktu tertentu dan Anda masih memegang kwitansi sebagai bukti pembeliannya.

Tahap Menyelesaikan Sengketa Tanah

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum dan Pajak Properti

Tahap Menyelesaikan Sengketa Tanah

1. Jenis-Jenis Kwitansi Jual Beli Tanah

Tanah merupakan salah satu bentuk properti yang memiliki nilai yang besar. Anda membutuhkan sebuah kwitansi ketika sedang melakukan transaksi jual ataupun pembelian tanah agar bisa menjadi sebuah bukti yang sah dan nyata. Di bawah ini adalah beberapa jenis dari kwitansi jual beli tanah yang berbeda-beda:

  • Jenis kwitansi yang pertama adalah kwitansi transfer uang muka. Dalam membeli tanah biasanya Anda membutuhkan untuk membayar uang muka sebagai tanda jadi Anda ketika membelinya. Kwitansi transfer uang muka sangat penting karena Anda bisa memiliki bukti bahwa Anda telah serius untuk membeli tanah yang diinginkan dan mencegah penjual tanah menjualnya kepada orang lain.
  • Kwitansi serah terima uang adalah jenis kwitansi jual beli tanah yang selanjutnya. Kwitansi ini bertujuan ketika Anda ingin membeli tanah secara kredit dan melakukan cicilan dalam pembayarannya.
  • Selanjutnya terdapat sebuah kwitansi bukti pembayaran. Kwitansi ini umumnya dipakai apabila Anda ingin membeli tanah secara tunai. Kwitansi bukti pembayaran akan menjadi salah satu bukti yang sah dan menguatkan bahwa Anda telah membayar dan melunasi tanah yang dibeli.

Baca Juga: Cara dan Contoh Penulisan Surat Pernyataan Menjual Tanah dan Bangunan

2. Fungsi Kwitansi Jual Beli Tanah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tanah adalah salah satu bagian dari properti yang dijual dengan harga yang tidak murah. Sangatlah penting untuk mendapatkan sebuah kwitansi ketika Anda sudah membeli sebuah tanah. Dilansir dari Property Advisory Network, inilah beberapa fungsi dari memiliki kwitansi jual beli tanah:

  • Dengan menyimpan bukti kwitansi jual beli tanah yang dibuat secara tertulis maka Anda sebagai pemilik tanah bisa terhindari dari segala hal yang berhubungan dengan masalah hukum.
  • Berkat adanya kwitansi jual beli tanah maka legalitas dari kepemilikan tanah bisa menjadi sah dan kuat, terutama jika ada orang lain yang mempermasalahkan ataupun ingin mengakui kepemilikan tanah tersebut.
  • Apabila kedua belah pihak telah menyetujui harga dari tanah maka kwitansi tersebut bisa menjadi sebuah pengikat harga dan tidak bisa diubah-ubah di kemudian hari.
  • Kwitansi juga akan menjadi sebuah cara untuk meningkatkan harga jual dari tanah Anda di kemudian hari karena di dalam kwitansi tertera harga jelas saat Anda membeli tanah tersebut sebelumnya.

Kwitansi jual beli tanah seringkali digunakan sebagai tanda bukti pembayaran. Sebaiknya kwitansi tersebut diberikan materai 6000 agar menjadi kuat di mata hukum. Sebagai referensi, inilah daftar tanah dijual di DKI Jakarta.

2. Cara Membuat Kwitansi Jual Beli

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 3

Biasakanlah untuk menyimpan berbagai bukti transaksi yang sudah Anda lakukan. (Foto: VJ Graphic Arts)

Bagi Anda yang belum pernah membuat sebuah kwitansi maka Anda harus belajar agar bisa mengerti. Dikutip dari Surat Resmi, di bawah ini adalah cara membuat kwitansi jual beli yang bisa Anda jadikan panduan dalam membuatnya di kemudian hari:

  • Siapkanlah satu lembar kwitansi yang masih kosong beserta sebuah materai Rp6000.
  • Perhatikanlah format pengisian dari kwitansi yang akan Anda buat. Tentukanlah tujuan dari Anda membuat sebuah kwitansi.
  • Sebagai contoh, apabila Anda ingin membeli sebuah tanah dan melakukan pembayaran DP dari tanah tersebut maka Anda harus menjelaskan di dalam kwitansi bahwa Anda sudah melakukan pembayaran DP tanah dalam jumlah yang sudah disepakati oleh Anda dengan penjual tanah.
  • Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan yang dibuat di atas materai sebagai pelengkap dan menjadi sebuah bukti yang sah dari transaksi yang sudah Anda lakukan.

Lalu, inilah layout dari kwitansi yang paling umum digunakan:

Properti Maju Cemerlang                                                        Nomor Kwitansi: PMC-0029-2020

KWITANSI

Sudah Menerima Dari            : Bapak Rosidin Tjahjo Putro 
Banyaknya Uang                   : Rp30.000.000 
Untuk Pembayaran               : Sebagai DP tanda jadi pembelian tanah pada Jl. Gemilang Nomor 14, Jakarta Utara. 
Terbilang                               : Tiga Puluh Juta Rupiah

Jakarta, 29 Oktober 2020

 

Steven Djuanda

Untuk mengunduh contoh Kwintasi diatas silakan klik disini!

Kwitansi Jual Beli Tanah

3. 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 4

Membeli tanah adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang yang baik. (Foto: Fee)

Apabila Anda memiliki rencana untuk membeli sebuah tanah maka ada baiknya jika Anda mengetahui contoh-contoh dari kwitansi jual beli tanah. Di bawah ini merupakan contoh dari kwitansi jual beli tanah yang bisa Anda jadikan acuan terbaik dalam membuatnya:

1. Contoh Kwitansi Digital

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 5

Jangan lupa untuk mencetak kwitansi digital agar Anda mempunyai bukti yang sah. (Foto: Paper)

Transaksi digital sedang populer saat ini dan Anda juga masih bisa membuat sebuah kwitansi digital yang nantinya akan Anda print sebagai bukti yang sah dan konkrit.

2. Contoh Kwitansi Pelunasan Sebidang Tanah

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 6

Anda juga perlu menerima sebuah kwitansi ketika sudah melunasi pembelian tanah. (Foto: Liputan Teknologi)

Kwitansi juga diperlukan, terutama ketika Anda sudah melunasi pembayaran dari sebidang tanah yang Anda beli. Dengan adanya kwitansi tersebut maka Anda akan mempunyai bukti sah bahwa tanah yang Anda beli sudah lunas dan selesai pembayarannya.

3. Contoh Kwitansi DP Pembelian Tanah

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 7

DP merupakan sebuah tanda jadi bahwa Anda berniat untuk membeli tanah. (Foto: Liputan Teknologi)

Ketika Anda melakukan DP saat membeli sebidang tanah maka transaksi tersebut harus tercatat dengan baik di dalam kwitansi DP pembelian tanah. Kwitansi tersebut akan menjadi sebuah bukti tanda jadi bahwa Anda berniat untuk mengambil tanah tersebut dan akan melunasi pembayarannya di kemudian hari.

4. Contoh Kwitansi Ganti Rugi Tanah

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 8

Anda harus mengganti rugi apabila menggunakan tanah yang bukan hak milik Anda tanpa seizin pemiliknya. (Foto: Liputan Teknologi)

Cukup banyak kejadian orang lain yang memanfaatkan sebuah bidang tanah tanpa adanya izin dari pemilik tanah. Apabila hal tersebut terjadi maka Anda harus melakukan sebuah pembayaran ganti rugi tanah sebagai salah satu bentuk kompensasi telah memanfaatkan tanah orang lain tanpa seizin pemiliknya.

5. Contoh Kwitansi Biaya Perubahan Tanah

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 9

Tanah bisa diubah terutama jika Anda ingin membagi-bagi tanah menjadi sebuah warisan. (Foto: Liputan Teknologi)

Apabila Anda ingin merubah perizinan ataupun ukuran dari tanah yang Anda miliki maka Anda bisa melakukan sebuah perizinan perubahan tanah. Perizinan tersebut mengharuskan Anda untuk membayar biaya perubahan tanah sebagai bentuk tanda sah bahwa tanah Anda akan diubah sesuai dengan keinginan yang sudah disebutkan sebelumnya.

6. Contoh Kwitansi Perdamaian Sengketa Tanah

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah 10

Sengketa tanah sangat umum terjadi dan bisa meresahkan Anda. (Foto: Liputan Teknologi)

Mungkin pernah ada saatnya apabila tanah yang Anda miliki mengalami sengketa dengan orang lain. Anda bisa menyelesaikannya secara kekeluargaan dan melakukan perdamaian. Tergantung cara perdamaiannya, Anda bisa melakukan pembayaran biaya perdamaian sengketa tanah kepada orang lain dan membuat sebuah kwitansi sebagai tanda bukti bahwa sengketa telah diselesaikan dengan baik.

Itulah beberapa contoh kwitansi jual beli tanah dan kwitansi lainnya yang berhubungan dengan tanah beserta panduan untuk membuatnya. Pastikan agar Anda memiliki kopi dari kwitansi tersebut dan menyimpannya baik-baik agar bisa menjadi sebuah bukti yang konkrit di kemudian hari.

Tontonlah video yang menarik dan informatif berikut ini agar Anda bisa mengetahui apa saja yang Anda perlukan ketika akan membuat sertifikat tanah!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Daftar Rumah Murah di Balaraja

Masukan