Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek yang Baik dan Benar, Biar Urusan Lancar!

Tim Editorial Rumah.com
Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek yang Baik dan Benar, Biar Urusan Lancar!
RumahCom – Surat perjanjian kerjasama umumnya digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis, termasuk di antaranya melakukan kerja sama proyek. Oleh karena itu, dalam membuat contoh surat perjanjian kerjasama proyek tidak boleh sembarangan. Pasalnya, surat perjanjian kerjasama tersebut juga dibuat sebagai pegangan bagi Anda ke depan dalam melaksanakan perjanjian yang telah disepakati.
Surat perjanjian kerjasama proyek berisi tentang hal-hal yang substantif sehingga jika ada pihak yang melanggar tidak akan mendapat konsekuensi. Dengan kata lain, surat perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mengingatkan antara kedua belah pihak terkait dengan komitmen masing-masing yang isinya adalah tentang perjanjian ataupun kesepakatan antara dua belah pihak mengenai kewajiban dan haknya masing-masing. Tentunya, membuat sebuah perjanjian tidaklah semudah pengucapannya saja.
Ada banyak sekali hal yang harus Anda perhatikan agar perjanjian tersebut tidak sebatas angin kosong saja dan menghilang tanpa adanya kejelasan sama sekali. Hal ini tentunya sangat berbahaya, terutama bagi Anda yang ingin memulai usaha. Agar Anda bisa membuat surat perjanjian kerjasama proyek maka pada artikel kali ini akan membahas tentang:
  • Pentingnya Surat Perjanjian Kerjasama Proyek
  • Syarat Surat Perjanjian Kerjasama Proyek
  • Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek
  • Download Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Pentingnya Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Surat perjanjian kerjasama proyek sifatnya mengikat karena dibubuhi tanda tangan di atas materai.
Untuk memulai sebuah bisnis, ada banyak proses dan tahapan yang perlu Anda lewati. Anda bisa mengajak rekan bisnis untuk bekerjasama membangun bisnis bersama dan mendapatkan keuntungan. Namun tentunya baik Anda maupun rekan bisnis harus sama-sama mengerti tentang tanggung jawabnya sendiri dan membuat sebuah surat perjanjian kerjasama. Karena sudah tertulis di dalam perjanjian menjadikan setiap pihak akan memberikan kontribusinya masing-masing sesuai dengan apa yang sudah tertulis pada surat perjanjian tersebut.
Dalam dunia bisnis, surat perjanjian kerjasama proyek sering dijadikan sebagai dokumen penting yang berisi penjelasan mengenai suatu proyek yang dilakukan bersama. Surat ini memiliki fungsi penting sebagai tahapan awal dari sebuah negosiasi dan menentukan apa saja yang menjadi batasan, tanggung jawab dan hak dari setiap orang yang ikut membuat perjanjian di dalamnya.
Pentingnya dari surat perjanjian kerjasama ini juga menjadi sangat jelas, yaitu untuk menghindari terjerat masalah legal di kemudian hari dan membuat tujuan bersama dalam sebuah kerjasama yang sedang Anda bangun. Surat perjanjian kerjasama proyek sifatnya mengikat karena dibubuhi tanda tangan di atas materai.

Syarat Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Perjanjian dapat menjadi sah apabila kedua belah pihak memenuhi syarat.
Adapun suatu perjanjian dapat menjadi sah dan mengikat para pihak maka perjanjian dimaksud haruslah memenuhi syarat-syarat sebagaimana ditetapkan dalam Pasal 1320 KUHPerdata, sebagai berikut:

Adanya kesepakatan kedua belah pihak

Artinya sepakat antara para pihak untuk melakukan suatu perjanjian yang mana atas perjanjian dimaksud terdapat akibat hukum bagi para pihak yang bersepakat.

Cakap untuk membuat perikatan

Para pihak mampu membuat suatu perjanjian, dalam hal ini tidak terkualifikasi sebagai pihak yang tidak cakap hukum untuk membuat suatu perikatan sebagaimana diatur dalam Pasal 1330 KUHPerdata.
Dalam hal suatu perjanjian yang dibuat oleh pihak yang tidak cakap sebagaimana tersebut diatas, maka Perjanjian tersebut batal demi hukum (Pasal 1446 KUHPerdata).

Suatu hal tertentu

Perjanjian harus menentukan jenis objek yang diperjanjikan. Dalam hal suatu perjanjian tidak menentukan jenis objek dimaksud maka perjanjian tersebut batal demi hukum. Sebagaimana Pasal 1332 KUHPer menentukan bahwa hanya barang-barang yang dapat diperdagangkan yang dapat menjadi objek perjanjian. Selain itu, berdasarkan Pasal 1334 KUHPer barang-barang yang baru akan ada di kemudian hari dapat menjadi obyek perjanjian kecuali jika dilarang oleh undang-undang secara tegas.

Suatu sebab atau causa yang halal

Sahnya causa dari suatu persetujuan ditentukan pada saat perjanjian dibuat. Perjanjian tanpa causa yang halal adalah batal demi hukum, kecuali ditentukan lain oleh undang-undang. Sebagaimana Pasal 1335 KUHPer menyatakan suatu perjanjian yang tidak memakai suatu sebab yang halal, atau dibuat dengan suatu sebab yang palsu atau terlarang, tidak mempunyai kekuatan hukum
Selain syarat sah perjanjian, terdapat juga syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam suatu perjanjian kerjasama yakni:
  • Bahwa perjanjian kerjasama dilakukan oleh minimal dua subjek hukum (orang/badan hukum).
  • Bahwa atas dasar perjanjian dimaksud terdapat akibat hukum atas para pihak karena adanya hak dan kewajiban.
Lebih rincinya, surat perjanjian harus dibuat di atas kertas bersegel atau kertas biasa yang dibubuhi materai. Surat perjanjian harus dibuat secara ikhlas, rela, dan tanpa paksaan dari siapa pun. Jika ada unsur paksaan, ada kemungkinan hanya menguntungkan salah satu pihak.
Kemudian, isi surat perjanjian harus dimengerti dan disetujui oleh pihak-pihak yang saling bersepakat. Pihak-pihak yang saling bersepakat harus sudah dewasa, sehat secara kejiwaan, dan sadar saat membuat surat perjanjian kerjasama tersebut.
Isi surat harus terperinci dan jelas. Tidak menampilkan poin perjanjian yang bermakna ganda atau membuat rancu salah satu pihak. Selain itu, isi surat perjanjian wajib tunduk kepada undang-undang dan norma susila yang berlaku. Jadi di dalam surat tersebut tidak boleh ada unsur kriminal, ya!
Contoh surat perjanjian kerjasama proyek ini sifatnya penting dan mengikat kedua belah pihak, di satu sisi juga memberikan perlindungan hukum bagi semua yang terlibat. Mau punya rumah dengan legalitas yang sah secara hukum di area Tangerang? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Isi perjanjian juga harus menjelaskan pasal dan ketentuan dari kesepakatan yang dibuat semua pihak yang bekerjasama.
Untuk membuat surat perjanjian kerjasama proyek, Anda harus mencermati sejumlah poin-poin dan bagian yang harus ada dari surat tersebut. Dimulai dari judul yang menjadi identitas dalam surat perjanjian kerjasama. Judul surat tidak mempengaruhi sah atau tidaknya surat ini.
Kemudian dilanjutkan dengan komparasi yang berisi keterangan mengenai semua pihak dalam perjanjian atau atas permintaan siapa perjanjian tersebut dibuat. Lalu, terdapat juga premis atau recital, yaitu keterangan pendahuluan dan uraian singkat para pihak mengenai perjanjian tersebut. Premis dikenal pula sebagai latar belakang yang menjelaskan alasan kerjasama.
Isi perjanjian juga harus menjelaskan pasal dan ketentuan dari kesepakatan yang dibuat semua pihak yang bekerjasama. Penutup menjadi bagian akhir surat ini yang dengan tegas menyatakan bahwa surat tersebut menjadi alat bukti yang bisa digunakan di kemudian hari bila terjadi sengketa atau konflik.
Tanda tangan pihak yang bersepakat masing-masing di atas materai 10.000. Surat perjanjian kerjasama proyek sifatnya mengikat karena dibubuhi tanda tangan di atas materai. Selain itu juga disertai sejumlah saksi sesuai kesepakatan.

Tips Rumah.com

Karena sudah tertulis di dalam surat perjanjian kerjasama proyek menjadikan setiap pihak akan memberikan kontribusinya masing-masing sesuai dengan apa yang sudah tertulis pada surat perjanjian tersebut. Berikut ini contoh surat perjanjian kerjasama proyek.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA PROYEK
Nomor: …………………
Pada hari ini ……… tanggal …… bulan ……….. tahun ……… yang bertanda tangan di bawah ini:
1. Nama : ………………………………….
Jabatan : Kasi/Kaur ………….. selaku Pelaksana Kegiatan Desa …………
Kecamatan ………………… Kabupaten Temanggung
Alamat : ……………………………………………………………………………
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KESATU
2. Nama : …………………………………………………………………………..
Jabatan : …………………………. (atas nama penyedia barang/jasa)
Alamat : …………………………………………………………………………..
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA
Berdasarkan hasil Berita Acara Negosiasi/Klarifikasi nomor……….
tanggal……. tahun…………..atas pekerjaan……………………, PIHAK KESATU dan PIHAK KEDUA menyatakan setuju/sepakat dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Lingkup Pekerjaan :…………………………….. (menguraikan lingkup pekerjaan sesuai spesifikasi, lokasi, jumlah atau volume)
2. Nilai Pekerjaan Rp…………………. (dengan huruf)
3. Hak dan Kewajiban Para Pihak
  1. PIHAK KESATU mempunyai hak untuk meneliti, menerima, menolak atau memerintahkan PIHAK KEDUA untuk menyempurnakan atau mengganti barang/jasa yang diadakan oleh PIHAK KEDUA apabila tidak sesuai spesifikasi, jumlah atau volume berdasarkan hasil negosiasi /klarifikasi antara PIHAK KESATU dan PIHAK KEDUA;
  2. PIHAK KESATU mempunyai kewajiban untuk membantu penyelesaian pembayaran atas pekerjaan yang telah diadakan oleh PIHAK KEDUA apabila PIHAK KEDUA telah melaksanakan kewajibannya atas pengadaan barang/jasa yang telah disepakati oleh KEDUA BELAH PIHAK;
  3. PIHAK KEDUA mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pekerjaan sesuai spesifikasi, waktu, jumlah atau volume pekerjaan pengadaan barang/jasa yang telah disepakati oleh KEDUA BELAH PIHAK serta membayar pajak-pajak atau dalam bentuk lain sesuai ketentuan peraturan yang berlaku;
  4. PIHAK KEDUA mempunyai hak untuk mendapat pembayaran apabila PIHAK KEDUA telah melaksanakan pekerjaan sesuai spesifikasi, jumlah atau volume berdasarkan hasil negosiasi/klarifikasi antara KEDUA BELAH PIHAK;
  5. Jangka waktu pelaksanaan selama ……. hari kalender mulai tanggal …… bulan …… tahun …… sampai dengan tanggal ……….tahun …….
  6. Ketentuan keadaan kahar : ……………… (menguraikan keadaan di luar dugaan, perkiraan dan kemampuan manusia yang mengakibatkan kerugian atau menghambat pelaksanaan pekerjaan seperti bencana alam, kerusuhan, dan lain-lain untuk menjadi pertimbangan dalam penyelesaian pekerjaan dan penyelesaian hak dan kewajiban para pihak).
  7. Sanksi. Jika pekerjaan tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu pelaksanaan pekerjaan karena kesalahan atau kelalaian Penyedia maka Penyedia berkewajiban untuk membayar denda kepada Pemerintah Desa sebesar 1/1000 (satu per seribu) dari nilai perjanjian kerjasama/kontrak untuk setiap hari kalender keterlambatan.(menguraikan bentuk sanksi yang diberikan kepada PIHAK KEDUA apabila PIHAK KEDUA tidak memenuhi ketentuan dalam pelaksanaan pekerjaan)
PIHAK KESATU Pelaksana Kegiatan
……………………………..
……………………………
PIHAK KEDUA Penyedia Barang/Jasa
……………………………
Keterangan:
1. Tanda tangan bermaterai dan berstempel pada kolom penyedia untuk berkas pembayaran;
2. Tanda tangan bermaterai pada kolom Pelaksana kegiatan untuk disimpan Penyedia

Download Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Pihak-pihak yang namanya tertulis di dalam surat perjanjian haruslah membuatnya dengan tanpa paksaan dan dalam keadaan sadar.
Surat perjanjian kerjasama bisa dikatakan sempurna apabila di dalamnya terdapat beberapa persyaratan penting. Membuat surat perjanjian kerjasama haruslah menggunakan kertas bersegel atau terdapat materai di dalamnya. Pihak-pihak yang namanya tertulis di dalam surat perjanjian haruslah membuatnya dengan tanpa paksaan dan dalam keadaan sadar. Isi dari surat perjanjian tersebut juga harus dibuat secara jelas dan mudah untuk dimengerti oleh seluruh pihak. Semua pasal juga harus dibuat secara terperinci dengan baik.
Surat perjanjian juga harus dibuat dengan tujuan yang baik dan tidak memiliki unsur berbahaya dan bisa merugikan orang lain di dalamnya. Dalam membuat surat perjanjian kerjasama proyek, jelaskan tujuan mendetail dari dibuatnya surat kerjasama. Seperti siapa saja yang akan terlibat dari kerjasama beserta tanggung jawab dari siapapun yang terlibat di dalamnya.
Jelaskan batasan dari setiap individu terhadap kerjasama yang dibuat.Tuliskan juga syarat dan ketentuan dari sebuah kerjasama, mengenai sistem pembagian keuntungan atau hasil dari kerjasama yang akan dilakukan. Jelaskan juga mengenai hal-hal apa saja yang bisa menggugurkan perjanjian untuk menghindari salah satu pihak yang berbuat seenaknya tanpa adanya tanggung jawab.

Download contoh SURAT PERJANJIAN KERJASAMA PROYEK di sini!

Tonton video berikut ini untuk mengetahui cara mengetahui KPR!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini