Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Swasta

Jika Anda bekerja, surat inilah yang wajib Anda punya. Inilah Contoh surat perjanjian kontrak kerja karyawan swasta agar bisa memberikan tanggung jawab berbeda pada karyawan Anda.
Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Swasta 1

RumahCom - Contoh surat perjanjian kontrak kerja karyawan swasta adalah salah satu bentuk surat kontrak yang harus Anda pahami dan mengerti cara untuk membuatnya. Setiap karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan mempunyai tugas dan bagiannya yang berbeda-beda sehingga akan sulit untuk memberikan sebuah perbedaan tugas dan tanggung jawab tanpa adanya sebuah surat yang berisikan tugas dan hak dari seorang karyawan.

Agar karyawan dan pihak kantor bisa saling mengerti antara hak dan kewajibannya maka diperlukan adanya sebuah surat perjanjian kontrak kerja karyawan swasta. Sebuah surat kontrak kerja memiliki isi yang berbeda-beda dan menyesuaikan dari setiap karyawan yang akan bekerja. Agar Anda bisa lebih paham tentang surat keterangan kerja karyawan swasta maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Jangan Asal Kerja, Surat Kontrak Kerja Karyawan Swasta Perlu Kamu Punya
  2. Perjanjian Hukum yang Mengatur Ketenagakerjaan
  3. Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Swasta
  4. Komponen yang Harus Dilihat dalam Surat Kontrak Kerja Karyawan Swasta
    1. Gaji, THR dan Tunjangan Lainnya
    2. Peraturan Resign dan PHK
    3. Status Kepegawaian
    4. Peraturan Jam Kerja dan Pengambilan Cuti
    5. Posisi Kerja dan Tanggung Jawab Karyawan

1. Jangan Asal Kerja, Surat Kontrak Kerja Karyawan Swasta Perlu Kamu Punya

Caption: Dengan bekerja bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. (Foto: Pexels - Jack Sparrow)

Dengan bekerja bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. (Foto: Pexels - Jack Sparrow)

Bagi Anda yang sudah memasuki usia produktif tentunya menginginkan sebuah pekerjaan agar bisa memenuhi berbagai bentuk kebutuhan hidup Anda. Dengan bekerja maka Anda bisa mewujudkan segala impian Anda dan salah satunya adalah untuk memiliki rumah Anda sendiri.

Setiap lapangan pekerjaan memiliki tugas dan tanggung jawabnya yang berbeda-beda. Anda bisa mendaftarkan diri Anda untuk bekerja di mana saja dan menyesuaikan dengan kemampuan maupun keahlian yang Anda miliki. Namun, Anda tidak boleh langsung bekerja begitu saja tanpa mengetahui apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab Anda pada sebuah perusahaan. Tidak hanya itu saja, seringkali Anda sebagai karyawan tidak mendapatkan surat kontrak kerja sama sekali.

Dilansir dari Linkilaw, dengan memastikan Anda menerima surat keterangan kontrak kerja yang dibuat dengan baik dan benar juga menjamin Anda agar terhindar dari berbagai bentuk masalah yang ada di kemudian hari.

Seringkali orang mengabaikan aspek ini. Padahal sebuah surat kontrak kerja ini penting untuk dimiliki sebagai bukti bahwa Anda pernah bekerja di perusahaan tersebut. Di sisi lain, surat ini juga membantu Anda dalam proses pengajuan properti. Beberapa bank memiliki persyaratan calon debitur harus bekerja tetap minimal satu tahun dengan melampirkan bukti surat kontrak kerja. Anda juga bisa cek daftar perumahan di Serang yang masih terjangkau untuk Anda miliki.

2. Perjanjian Hukum yang Mengatur Ketenagakerjaan

Seluruh aktivitas yang ada pada sebuah negara terikat dengan hukum yang berlaku. (Foto: Pexels - CQF-Avocat)

Seluruh aktivitas yang ada pada sebuah negara terikat dengan hukum yang berlaku. (Foto: Pexels - CQF-Avocat)

Indonesia adalah sebuah negara hukum karena seluruh hal yang ada di dalamnya terikat dengan hukum dan Anda sebagai warga negara yang baik harus mengikuti hukum yang berlaku. Sama halnya juga dengan ketenagakerjaan karena semua sudah diatur dalam sebuah hukum yang berlaku.

Dilansir dari BP Lawyers, negara Indonesia mengatur bidang ketenagakerjaan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan beserta peraturan turunan lainnya yang berhubungan dengan peraturan tenaga kerja. Di dalam Pasal 1 angka 14 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 disebutkan bahwa: “Perjanjian kerja adalah sebuah perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban para pihak”.

Baca Juga: Cara dan Contoh Penulisan Surat Kuasa untuk Menjual Rumah atau Tanah

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu atau PKWT dibuat berdasarkan waktu atau selesainya suatu pekerjaan tertentu dan tidak diperbolehkan untuk pekerjaan yang bersifat tetap. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu ini harus dibuat secara tertulis dengan baik dan menggunakan bahasa Indonesia. Surat tersebut haruslah dibaca, dimengerti dan ditandatangani oleh kedua belah pihak agar saling memahami tugas dan haknya masing-masing.

3. Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Swasta

Buatlah surat keterangan kerja dengan baik dan benar agar karyawan bisa mengerti dan paham. (Foto: Inside Charity)

Buatlah surat keterangan kerja dengan baik dan benar agar karyawan bisa mengerti dan paham. (Foto: Inside Charity)

Apabila Anda sebagai karyawan yang masih belum paham apa saja isi dari surat keterangan kerja ataupun Anda seorang pimpinan yang sedang mencari contoh surat perjanjian kontrak kerja karyawan swasta maka Anda bisa mengikuti contoh yang ada di bawah ini dan menyesuaikannya kembali dengan kebutuhan Anda:

Surat Kontrak Perjanjian Kerja

Oleh

Akasia Enterprise

Jl. Sudirman Raya Tower Pacific 9 Nomor 12 Lantai 3, Jakarta Pusat

 

Nomor Kontrak: ACCE1-12092020-WEL

Bahwa saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : Ronald Stevanus

Alamat       : Jl. Puri Indah Nomor 19, Jakarta Barat

Jabatan     : HR PT Akasia Enterprise

Akan disebut sebagai pihak pertama.

Nama                                            : Monica Damayanti

Alamat                                           : Jl. Kebagusan Timur No.18, Jakarta Timur

Tempat dan Tanggal Lahir           : Manado, 17 September 1990

Jenis Kelamin                               : Wanita

Agama                                           : Kristen

Nomor KTP                                   : 345899283922

Nomor Telepon                             : 0813-0049-7522

Akan disebut sebagai pihak kedua.

Pasal 1

Saya sebagai pihak pertama menyatakan bahwa pihak kedua telah diangkat untuk bekerja sebagai karyawan di PT. Akasia Enterprise sebagai bagian IT Front End. Oleh sebab itulah dengan ditandatanganinya surat kontrak perjanjian kerja ini membuat ketentuan akan terus berlaku selama pihak kedua masih bekerja di perusahaan ini.

Pasal 2

Pihak kedua memiliki kewajiban untuk hadir mulai dari hari Senin hingga Jumat dan diharapkan kehadirannya paling lambat pukul 10.00 pagi hari dan akan bekerja hingga pukul 17.00 di sore hari.

Pasal 3

Pihak kedua akan bertanggung jawab untuk mengurus dan melakukan maintenance atau perawatan komponen server yang ada pada PT. Akasia Enterprise. Pihak kedua juga bekerja sama dengan IT Back End untuk mengurus pengembangan aplikasi dari perusahaan

Pasal 4

Pihak kedua terlebih dahulu akan melewati masa uji coba selama satu bulan dan perusahaan akan menentukan diangkat secara penuh atau tidak sebagai karyawan tetap setelah pihak kedua melewati masa uji coba tersebut. Apabila karyawan mengundurkan diri selama masa uji coba sedang berlangsung maka akan dikenakan denda sebesar Rp10.000.000 untuk membayar biaya pelatihan yang sudah dilakukan.

Pasal 5

Selama pihak kedua bekerja di perusahaan akan berhak mendapatkan gaji sebesar Rp10.000.000 yang akan dibayarkan melalui nomor rekening yang sudah diberikan oleh perusahaan selambat-lambatnya pada tanggal 30 setiap bulannya. Selain itu juga pihak kedua akan menerima tunjangan transportasi dan makan setiap bulannya sebesar Rp500.000 yang akan dibayarkan bersama gaji.

Demikianlah surat perjanjian kontrak kerja ini dibuat dan harap untuk diikuti sebaik-baiknya.

 

Jakarta, 21 Agustus 2020

 

Pihak Pertama                                                                                    Pihak Kedua

 

Ronald Stevanus                                                                                Monica Damayanti

 

[ Download Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Swasta ]

Tip Rumah
Perhatikan isi dari surat keterangan kerja karyawan agar Anda bisa paham mengenai peraturan yang ada dari perusahaan tempat Anda bekerja.

4. Komponen yang Harus Dilihat dalam Surat Kontrak Kerja Karyawan Swasta

Caption: Perhatikan surat kontrak kerja Anda dengan baik agar tidak ada hal yang Anda lewatkan. (Foto: Notem Law Firm)

Caption: Perhatikan surat kontrak kerja Anda dengan baik agar tidak ada hal yang Anda lewatkan. (Foto: Notem Law Firm)

Ketika Anda sebagai karyawan akan bekerja pada sebuah perusahaan maka Anda harus memperhatikan beberapa komponen penting yang ada di dalam sebuah surat kontrak kerja Anda. Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dari surat kontrak kerja Anda:

a. Gaji, THR dan Tunjangan Lainnya

Poin penting pertama yang perlu Anda lihat di dalam sebuah surat kontrak kerja adalah rincian gaji, THR dan tunjangan lain yang diberikan oleh kantor. Perhatikan jumlah dan metode pembayarannya apakah sesuai dengan apa yang mereka tawarkan saat sebelum Anda mendaftarkan diri di perusahaan tersebut. Ketahui juga apakah Anda mendapatkan tunjangan lain seperti lembur ataupun uang transportasi dari perusahaan tersebut.

Cara Mengajukan Kredit Pemilikan Tanah (KPT)

Mengajukan KPR dan Mengatur Cicilan

Cara Mengajukan Kredit Pemilikan Tanah (KPT)

b. Peraturan Resign dan PHK

Ketahuilah apa saja yang menjadi persyaratan ataupun larangan mengenai resign dari perusahaan tempat Anda bekerja. Hindari untuk bekerja dalam waktu yang singkat dan langsung mengambil resign karena Anda bisa terkena denda dari kantor. Dilansir Biz Fluent, pastikan agar Anda tidak melanggar peraturan yang ada pada tempat Anda bekerja karena Anda bisa terkena PHK.

c. Status Kepegawaian

Lihatlah pada surat kontrak kerja tentang status kepegawaian Anda. Pastikan di dalam surat tersebut terdapat berapa lama Anda akan bekerja pada perusahaan tersebut perhatikan juga apakah kontrak Anda akan diperpanjang atau diberhentikan setelah masa kontrak Anda berakhir.

d. Peraturan Jam Kerja dan Pengambilan Cuti

Setiap perusahaan mempunyai aturan jam kerja yang berbeda-beda. Pastikan agar di dalam surat keterangan kerja Anda terdapat peraturan yang mengatur jam kerja dan lama pengambilan cuti.

e. Posisi Kerja dan Tanggung Jawab Karyawan

Di dalam sebuah surat kontrak kerja biasanya akan menjelaskan posisi kerja dan tanggung jawab dari seorang karyawan. Gunakanlah informasi ini untuk mengetahui apa saja kerja yang harus Anda lakukan pada perusahaan tersebut.

Itulah contoh surat perjanjian kontrak kerja karyawan swasta yang bisa Anda gunakan sebagai referensi di kemudian hari. Saat Anda melamar kerja pahami dan pelajarilah isi dari surat keterangan kerja agar Anda bekerja dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang ada.

Simaklah video informatif berikut ini agar Anda bisa paham mengenai berbagai info penting seputar PBB!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Hunian Di Bogor Mulai Rp200 Juta

Masukan