Contoh Surat Pernyataan Bermaterai untuk Jual Beli Properti

Dalam membeli sebuah properti Anda memerlukan surat pernyataan bermaterai agar bisa menjadi sah. Artikel ini berisikan contoh surat pernyataan bermaterai untuk jual beli properti yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.
Contoh Surat Pernyataan Bermaterai untuk Jual Beli Properti 1
Caption: Membeli properti membutuhkan tanggung jawab yang sangat besar. (Foto: Pexels - Bongkarn Thanyakij)

RumahCom - Contoh surat pernyataan bermaterai adalah salah satu contoh surat pernyataan yang harus Anda mengerti dan pahami. Mungkin akan ada sebuah saat dimana Anda harus ataupun perlu membeli sesuatu dengan harga yang tidaklah murah. Pada saat itulah Anda membutuhkan sebuah jaminan bahwa benda yang Anda beli sudah benar-benar menjadi milik Anda sendiri.

Membeli sebuah merupakan salah satu bentuk transaksi yang membutuhkan nominal besar dan tanggung jawab yang besar. Agar proses transaksi jual beli properti Anda bisa berlangsung dengan baik dan aman maka Anda membutuhkan sebuah surat pernyataan untuk jual beli properti. Agar Anda bisa tahu mengenai contoh surat pernyataan bermaterai maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Kegunaan Surat Pernyataan Bermaterai untuk Segala Keperluan
  2. Manfaat Membuat Surat Pernyataan Bermaterai
    1. Manfaat dari Pihak Pembuat
    2. Manfaat dari Pihak Penerima
    3. Manfaat dari Pihak yang Dinyatakan
  3. Contoh Surat Pernyataan Bermaterai Tanah Warisan
Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Investasi Tanah

Investasi Properti

Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Investasi Tanah

1. Kegunaan Surat Pernyataan Bermaterai untuk Segala Keperluan

Caption: Anda bisa menulis surat pernyataan untuk berbagai kebutuhan. (Foto: Pexels - Lisa Fotios)

Caption: Anda bisa menulis surat pernyataan untuk berbagai kebutuhan. (Foto: Pexels - Lisa Fotios)

Sejak memasuki era transaksi online, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membeli barang-barang berbagai jenis secara daring baik dalam jumlah yang sedikit ataupun transaksi dalam jumlah yang besar. Melakukan pembelian barang-barang secara online memang sangat praktis akan tetapi jika Anda membeli sebuah benda dengan nilai yang tinggi tanpa adanya sebuah jaminan ataupun surat pernyataan maka Anda tidak bisa memiliki salah satu bukti jaminan yang sah.

Hingga saat ini masih banyak orang yang melakukan transaksi dalam jumlah besar namun tidak memiliki sebuah bukti pernyataan yang nyata sama sekali. Hal ini sungguh disayangkan karena jika Anda tidak memiliki sebuah surat pernyataan maka Anda tidak memiliki bukti yang cukup kuat bahwa kepemilikan dari benda yang Anda beli apakah sah atau tidaknya.

Sama juga halnya ketika Anda hendak membeli sebuah properti. Properti dijual dengan harga yang sangat tinggi oleh karena itulah Anda membutuhkan sebuah surat pernyataan bermaterai untuk segala keperluan. Sebenarnya apakah surat pernyataan itu? Dilansir dari Ensiklo, surat pernyataan adalah sebuah keterangan yang dibuat secara tertulis yang digunakan untuk menjelaskan sebuah kondisi ataupun keadaan yang ada.

Anda tidak perlu pusing ataupun bingung! Simaklah video yang bermanfaat berikut ini untuk mengetahui cara dan tahapan terbaik dalam menyelesaikan sengketa tanah!

 

Surat pernyataan bisa dibuat menyesuaikan dengan beberapa kondisi dan tujuan yang berbeda-beda. Sifat dari surat pernyataan adalah resmi oleh karena itulah sangat penting untuk membuat surat pernyataan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan jelas. Di dalam sebuah surat pernyataan juga perlu berisikan tanda tangan dari berbagai individu yang bersangkutan. Tanda tangan tersebut perlu dibuat di atas materai agar menjadi sah dan legal di depan hukum.

Surat pernyataan juga memiliki struktur yang cukup umum digunakan. Dilansir dari Lifepal, di bawah ini adalah format yang paling umum digunakan apabila Anda ingin membuat surat pernyataan:

  • Pada bagian awal terdapat judul dari surat pernyataan yang Anda buat. Tuliskanlah judul secara jelas dan posisikanlah pada bagian tengah atau center dari surat Anda.
  • Bagian yang selanjutnya adalah isi. Pada bagian ini terdapat identitas dari Anda yang membuat pernyataan, isi dan tujuan dari surat pernyataan beserta identitas lengkap dari pihak yang dinyatakan. Buatlah isi sesuai dengan fakta dan kondisi yang ada agar tidak menjadi masalah hukum di kemudian hari.
  • Pada bagian akhir adalah bagian penutup. Pada bagian ini berisikan tempat dan tanggal dibuatnya surat pernyataan, nama jelas dari pembuat dan pihak yang dinyatakan beserta tanda tangan diatas materai.

Sebuah surat pernyataan tidak akan menjadi sah apabila salah satu dari format di atas tersebut ada yang tidak ada. Selain itu pastikan juga agar Anda menuliskan dengan jelas apa yang menjadi tujuan Anda dalam membuat surat pernyataan tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Surat pernyataan bermaterai bisa digunakan untuk tanah warisan, pernyataan tanah tidak sengketa ataupun hal lain yang membutuhkan sebuah kepastian secara hukum. Jika ingin kepastian dalam membeli properti baru, cek listing rumah baru mulai Rp400 jutaan di Tangerang. Pastikan pengembang terpercaya dan memiliki kredibilitas

2. Manfaat Membuat Surat Pernyataan Bermaterai

Surat pernyataan bisa membuat perasaan Anda tenang. (Foto: Pexels - Ivan Samkov)

Surat pernyataan bisa membuat perasaan Anda tenang. (Foto: Pexels - Ivan Samkov)

Banyak yang menyepelekan surat pernyataan bermaterai padahal Anda bisa merasakan banyak manfaat dengan membuat surat tersebut. Dilansir dari Inspiring, inilah beberapa manfaat untuk membuat surat pernyataan bermaterai:

1. Manfaat dari Pihak Pembuat

Bagi pihak pembuat, surat pernyataan bermaterai memiliki fungsi yaitu untuk menjadikannya sebagai sebuah bukti yang sah dari suatu hal yang dituliskan di dalam surat tersebut. Sebagai pembuat juga bisa menyampaikan sebuah maksud yang jelas dan ditujukan kepada pihak penerima.

2. Manfaat dari Pihak Penerima

Bagi pihak pembuat, surat pernyataan bermaterai ini bisa menjadi salah satu bukti dan perjanjian yang mengikat terutama apabila isi dari surat tersebut tidak sesuai dengan perjanjian yang ada dan dibuat di awal.

3.    Manfaat dari Pihak yang Dinyatakan

Untuk pihak yang dinyatakan, surat pernyataan ini juga memiliki fungsi sebagai salah satu cara untuk menjadi bukti penguat apabila pada suatu hari terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan sebelumnya. Oleh karena itulah sangat penting agar surat pernyataan disimpan dengan baik agar bisa menjadi barang bukti yang baik di kemudian hari.

3. Contoh Surat Pernyataan Bermaterai Tanah Warisan

Caption: Selain rumah, jual beli tanah juga membutuhkan surat pernyataan. (Foto: My Property)

Selain rumah, jual beli tanah juga membutuhkan surat pernyataan. (Foto: My Property)

Apabila terdapat seorang anggota keluarga Anda yang ingin mewariskan tanahnya kepada Anda maka dibutuhkan sebuah surat pernyataan yang menyatakan bahwa anggota keluarga Anda tersebut benar-benar secara sadar ingin mewariskannya langsung kepada orang yang ditunjuknya. Di bawah ini adalah contoh surat pernyataan bermaterai tanah warisan yang bisa menjadi sebuah referensi bagi Anda:

SURAT PERNYATAAN

PEMBERIAN TANAH WARISAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap             : Sutisna

Posisi                          : Pemberi Waris

Nomor KTP                 : 5568337222717

Alamat lengkap           : Jl. Batu Muncul No. 13, Banten

Nomor Telp                 : 0812-0029-3884

Dengan ini akan mewariskan tanah saya yang berada di Jl. Teuku Umar No.13 Gang Sawo, Jakarta Selatan kepada anak saya yang bernama:

Nama lengkap             : Priyo Putrawan

Posisi                          : Anak Pertama, sebagai Penerima Waris

Nomor KTP                 : 88928188727166

Alamat lengkap           : Jl. Tanah Abang Raya No.94, Jakarta

Nomor Telp                 : 0811-0299-7462

Tanah yang akan diwariskan tersebut memiliki batasan batasan sebagai berikut:

Timur                           : Berbatasan dengan rumah Ibu Sugiatmo

Barat                           : Berbatasan dengan Jl. Teuku Umar Raya

Selatan                        : Berbatasan dengan tanah Bapak Bambang Supriyadi

Utara                           : Berbatasan dengan rumah Ibu Stephanie Widjaja

Segala hal-hal yang berkaitan dengan tanah yang diwariskan tersebut, pihak penerima waris akan menerima dan melaksanakan tanggung jawabnya secara penuh.

Demikianlah Surat Pernyataan Pemberian Tanah Warisan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Tangerang, 12 Agustus 2020

 

   Penerima Waris                                                                                   Pemberi Waris

 

    Priyo Putrawan                                                                                         Sutisna

 

Download Contoh Surat Pernyataan Bermaterai Tanah Warisan ]

Tip Rumah
Pastikan agar tanah yang hendak diwariskan sedang tidak dalam proses sengketa atau Anda akan sulit untuk mengurusnya.

Itulah contoh surat pernyataan bermaterai jual beli properti yang salah satunya merupakan tanah dan bisa menjadi acuan bagi Anda dalam membuatnya di kemudian hari. Pastikan agar Anda membuatnya dengan kalimat yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Sertifikat Tanah

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

[askguru

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Cek 4 Pilihan Hunian Modern Di Sini

Masukan