21 Manfaat Daun Sirih dan Cara Budidaya Tanaman Sirih di Rumah

Sejak dahulu, nenek moyang sudah akrab memanfaatkan daun sirih sebagai obat bagi ragam penyakit yang ada di tubuh. Yuk, kenali lebih dalam tentang manfaat daun sirih!
1. daun sirih
Daun sirih memang punya banyak manfaat, yakni sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan hingga kronis. Sumber: Pinterest

RumahCom – Bernama ilmiah piper betle, sirih merupakan tanaman asli Tanah Air yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Mengutip Wikipedia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Itu sebabnya, masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu. Penduduk asli juga menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.

Sejak zaman dahulu, kegiatan ‘nyirih’ atau menginang lazim dilakukan para ibu-ibu maupun wanita lanjut usia. Daun sirih dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Sayangnya, mengunyah sirih ternyata bisa menimbulkan penyakit berbahaya yakni  kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.

Daun sirih memang punya banyak manfaat. Tidak hanya sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan hingga kronis, sirih juga acapkali dijadikan tanaman hias yang bisa memperindah tampilan rumah Anda. Ingin mengenal lebih dalam tentang daun sirih? Simak ulasan yang telah Rumah.com siapkan untuk Anda.

  1. Mengenal Daun Sirih
  2. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Mimisan
  3. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Jantung Koroner
  4. Manfaat daun Sirih: Menyembuhkan Luka Bakar Ringan
  5. Manfaat daun Sirih: Obat Bronchitis
  6. Manfaat daun Sirih: Obat Alergi
  7. Manfaat daun Sirih: Meredakan Sakit Perut
  8. Manfaat daun Sirih: Obat Batuk
  9. Manfaat daun Sirih: Mengobati Tumor
  10. Manfaat daun Sirih: Mengurangi Diabetes
  11. Manfaat daun Sirih: Obat Asam Urat
  12. Manfaat daun Sirih: Melancarkan Kemih
  13. Manfaat daun Sirih: Mencegah Kanker
  14. Manfaat daun Sirih: Menurunkan Berat Badan
  15. Manfaat daun Sirih: Mengatasi Disfungsi Ereksi
  16. Manfaat daun Sirih: Membersihkan Organ Intim
  17. Manfaat daun Sirih: Mengurangi Jerawat
  18. Manfaat daun Sirih: Obat Gusi Berdarah
  19. Manfaat daun Sirih: Tetes Mata Alami
  20. Manfaat daun Sirih: Meredakan Sakit Gigi
  21. Manfaat daun Sirih: Mengurangi Bau Badan
  22. Cara Budidaya Tanaman Sirih di Rumah

1. Mengenal Daun Sirih

Dalam pertumbuhannya, daun sirih terdiri dari berbagai jenis. Masing-masing jenisnya pun memiliki kegunaan yang berbeda. Sumber: Wikipedia

Dalam pertumbuhannya, daun sirih terdiri dari berbagai jenis. Masing-masing jenisnya pun memiliki kegunaan yang berbeda. Sumber: Wikipedia

Indonesia memang kaya akan obat-obatan tradisional. Sumbernya pun diambil langsung dari alam, baik yang tumbuh secara liar maupun yang dibudi dayakan. Dari sekian banyak tanaman herbal dan berkhasiat, daun sirih menjadi salah satu yang akrab dimanfaatkan masyarakat sehari-hari. Pasalnya, daun sirih bisa mengobati ragam penyakit, mulai dari atas kepala hingga telapak kaki.

Dalam pertumbuhannya, daun sirih terdiri dari berbagai jenis. Masing-masing jenisnya pun memiliki kegunaan yang berbeda. Berikut jenisnya.

  • Sirih hijau
  • Sirih merah
  • Sirih gading
  • Sirih silver
  • Sirih bulu
  • Sirih Irian
  • Sirih hitam

Diantara jenis-jenis daun sirih di atas, sirih merah dan sirih hijau adalah yang paling banyak ditanam masyarakat sebagai tanaman hias sekaligus tanaman herbal. Untuk sirih merah, siapa sangka reputasinya telah mendunia. Orang Tiongkok menyebutnya Guan Shang hu Jiao dan di Inggris disebut ornamental pepper. Di Indonesia, sirih merah punya banyak nama lokal, yakni base di Bali, suruh atau sedah di Jawa, seureuh di Jawa Barat, dan ranub di Aceh. Di wilayah Sumatera lainnya, tumbuhan ini juga punya beberapa nama lokal, begitu juga halnya di Sulawesi atau Maluku.

Sirih yang masih merupakan Famili Piperaceae diperkirakan punya variasi sampai 1.000–2.000 jenis. Di Pulau Jawa saja ada 23 jenis. Daun sirih diyakini bisa beradaptasi di lingkungan manapun, mulai dari pantai hingga tanah pegunungan di atas 3.000 meter.

Tip Rumah
Sirih lebih suka tempat yang teduh. Jika terlalu banyak sinar matahari, batangnya akan cepat mengering.

Tanaman sirih memiliki pertumbuhan menjalar. Baik daun sirih merah maupun hijau punya bentuk daun menyerupai hati. Perbedaan antara keduanya terletak pada warna daun dan batang, dimana sirih merah memiliki batang berbentuk bulat, berwarna hijau keunguan dan tidak memiliki bunga. Sedangkan sirih hijau punya batang berwarna hijau kecokelatan dan berbentuk lurus memanjang.

Daun sirih sangat kaya dengan kandungan zat berkhasiat. Di antaranya minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula, dan pati.

2. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Mimisan

Mimisan atau yang dalam istilah medis disebut epistaksis, merupakan istilah untuk perdarahan yang terjadi di lubang hidung. Ada ragam penyebab terjadinya mimisan, mulai dari yang ringan dan bisa ditangani secara mandiri sampai yang berat dan perlu mendapatkan penanganan khusus.

Jika dalam kasus bisa ditangani sendiri,  maka daun sirih bisa menjadi alternatifnya. Caranya, lumatkan satu lembar daun sirih yang masih agak muda, lalu gulung untuk menyumbat hidung yang berdarah.

3. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner pun diyakini bisa diobati dengan daun sirih. Resepnya, cuci bersih tiga lembar daun sirih, lalu campurkan dengan 7 butir cabai jawa, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Seduh bahan tersbut dengan air mendidih hingga seluruh bahan megendap. Ketika endapan sudah turun, minum airnya tiap hari secara rutin.

Yuk, Ketahui Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Stamina, dan Rumah Anda!

Tips Rumah Dan Apartemen

Yuk, Ketahui Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Stamina, dan Rumah Anda!

4. Manfaat Daun Sirih: Menyembuhkan Luka Bakar Ringan

Penyebab luka bakar bervariatif, bisa karena tersiram air panas, terkena knalpot motor yang panas, maupun tersambar api. Untuk menyembuhkannya, daun sirih segar diperas airnya dan tambahkan sedikit madu, lalu bubuhkan di bagian tubuh yang terkena luka bakar.

5. Manfaat Daun Sirih: Obat Bronkitis

Penyakit bronchitis juga bisa diobati dengan mengonsumi air rebusan daun sirih. Sumber: BBC

Penyakit bronchitis juga bisa diobati dengan mengonsumi air rebusan daun sirih. Sumber: BBC

Daun sirih juga diyakini ampuh untuk mengobati penderita bronkitis. Caranya, siapkan tujuh lembar daun sirih dan gula batu satu potong, lalu rebus kedua bahan tersebut dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Konsumsi air rebusannya dengan dosisi 3 X 1/3 gelas per hari.

6. Manfaat Daun Sirih: Obat Alergi

Gatal karena alergi pun bisa diatasi dengan daun sirih. Langkah membuat obat alergi dari daun sirih sangat mudah, hanya perlu merebus 20 lembar daun sirih, dan gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci bagian tubuh yang gatal.

7. Manfaat Daun Sirih: Meredakan Sakit Perut

Daun sirih merah mengandung terpenoid dan klavikula yang ampuh untuk meredakan sakit perut. Untuk menyembuhkannya, minum air rebusan 7 lembar daun sirih dalam 3 kali sehari.

8. Manfaat Daun Sirih: Obat Batuk

Guna mengatasi batuk, campurkan 15 lembar daun sirih ke dalam tiga gelas air lalu rebus hingga hingga tersisa 3/4-nya. Minum air rebusan tersebut selagi hangat dengan tambahan madu murni.

Sedikit informasi, batuk adakalanya terjadi karena tingkat polusi udara yang tinggi sehingga mengganggu pernapasan. Mau punya rumah yang minim polusi dan berada di area dengan udara yang bersih? Cek pilihan rumah di Bogor dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

9. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Tumor

Senyawa yang terkandung dalam daun sirih diteliti mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh meningkat, maka sel-sel darah putih pada tubuh akan menghancurkan sel tumor yang mengendap.

10. Manfaat Daun Sirih: Mengurangi Diabetes

Penderita diabetes umumnya merasa mudah lelah, lapar, sering buang air kecil, serta rasa haus meningkat. Sumber: acwellington.org.nz

Penderita diabetes umumnya merasa mudah lelah, lapar, sering buang air kecil, serta rasa haus meningkat. Sumber: acwellington.org.nz

Selain mengobati berbagao penyakit di atas, daun sirih juga mujarab untuk mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes. Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih, lalu konsumsi air rebusan secara teratur tiap hari.

11. Manfaat Daun Sirih: Obat Asam Urat

Mengonsumsi air godokan daun sirih secara teratur juga bisa mengobati penyakit asam urat. Hal ini lantaran kandungan yang ada dalam daun sirih berfungsi untuk meredakan nyeri otot. Resepnya, hanya perlu merebus 8 lembar daun sirih dengan 500 ml air. Lalu minum segelas air rebusan tersebut tiga kali sehari.

12. Manfaat Daun Sirih: Melancarkan Kemih

Kemih yang terhambat akan mengakibatkan rasa sakit dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, haluskan 5 lembar daun sirih merah dan campur dengan segelas susu dan 1 hingga 2 sendok madu. Minum setidaknya seminggu sekali.

13. Manfaat Daun Sirih: Mencegah Kanker

Siapa sangka, daun sirih pun mampu mencegah bahkan melawan kanker, terutama kanker sumsum tulang belakang. Hal ini sudah teruji dari hasil penelitian Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai, yang memanfaatkan daun sirih guna meningkatkan harapan hidup bagi penderita kanker sumsum tulang.

14. Manfaat Daun Sirih: Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih akan memicu banyak penyakit berbahaya. Itulah mengapa, pola hidup sehat sangat diperlukan agar menjaga tubuh tetap ideal. Selain rutin berolahraga dan makan makanan bergizi, mengonsumsi daun sirih juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Hal itulah yang menjadi kunci dalam upaya penurunan berat badan.

15. Manfaat Daun Sirih: Mengatasi Disfungsi Ereksi

Bagi pria, disfungsi ereksi menjadi masalah besar yang harus segera diatasi. Sumber: independent.co.uk

Bagi pria, disfungsi ereksi menjadi masalah besar yang harus segera diatasi. Sumber: independent.co.uk

Bagi penderita disfungsi ereksi, daun sirih juga bisa menjadi alternatif yang patut dicoba. Pasalnya, senyawa yang ada pada daun sirih mampi melebarkan pembuluh darah di alat vital serta bermanfaat sebagai anti depresan.

16. Manfaat Daun Sirih: Membersihkan Organ Intim

Banyak produk sabun pembersih kewanitaan yang memanfaatkan ekstrak sirih sebagai bahan utamanya. Jika Anda lebih menyukai cara alami, maka Anda bisa membuat sendiri sabun pembersih organ intim. Langkahnya, rebus 10 lembar daun sirih dengan 2,5 liter air. Saat air terasa hangat, segera basuh organ intim Anda hingga bersih dan kesat.

17. Manfaat daun Sirih: Mengurangi Jerawat

Adanya jerawat dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, terutama bagi kaum wanita. Oleh karenanya, hilangkan jerawat dengan daun sirih. Resepnya, tumbuk 7 sampai 10 lembar daun sirih hingga halus, kemudian diseduh dengan dua gelas air panas. Gunakan airnya untuk mencuci muka yang berjerawat. Cuci muka dengan air tersebut dua sampai tiga kali dalam sehari.

18. Manfaat daun Sirih: Obat Gusi Berdarah

Untuk gusi berdarah, kumur-kumur dengan air rebusan daun sirih diyakini bisa membantu. Caranya, rebus empat lembar daun sirih dengan dua gelas air. Saat air sudah hangat, segera kumur-kumur.

19. Manfaat daun Sirih: Tetes Mata Alami

Sumber: Business Insider

Sumber: Business Insider

Daun sirih juga mampu mengatasi mata gatal dan merah, sekaligus menjadi pengganti obat tetes mata berbahan dasar kimia. Sebagai obat mata, sebanyak lima sampai enam lembar daun sirih direbus dengan satu gelas air sampai mendidih. Biarkan air rebusan menjadi dingin, lalu cuci mata dengan air tersebut. Lakukan cara tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari, sampai mata sembuh.

20. Manfaat daun Sirih: Meredakan Sakit Gigi

Mengutip laman indonesia.go.id, berbagai penelitian di dunia kedokteran gigi mengungkap manfaat daun sirih merah sebagai penghambat bakteri perusak gigi, misalnya Aggregatibacter actinomycetemcomitans (Aa) dan Porphyromonas gingivalis (Pg). Kesimpulan ini didapat dengan pemberian ekstrak daun sirih merah 10% dalam sebuah percobaan di laboratorium. Pg diketahui menimbulkan periodontis, sedangkan Aa mengakibatkan munculnya periodontis serta gigi tanggal pada orang dewasa.

21. Manfaat daun Sirih: Mengurangi Bau Badan

Bau badan adalah hal yang sangat mengganggu seseorang bahkan bisa menurunkan tingkat percaya diri. Oleh karenanya, daun sirih dapat mengurangi bahkan menghilangkan bau badan dengan ramuan; lima lembar daun sirih direbus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas, lalu minum pada siang hari.

22. Cara Budidaya Tanaman Sirih di Rumah

Sumber: accentsforhomeandgarden.com

Sumber: accentsforhomeandgarden.com

Tanaman sirih memang mudah ditanam. Oleh karenanya, sirih menjadi salah satu favorit banyak orang yang hobi mengoleksi tanaman hias. Sebab selain mampu menjadi tanaman obat keluarga (TOGA), daun sirih juga mampu mempercantik tampilan rumah karena juntaian batangnya yang tumbuhh merambat.

Untuk menanam sekaligus budi daya daun sirih di rumah, hal pertama yang perlu diketahui adalah tanaman sirih akan tumbuh secara baik jika berada di daerah dataran tinggi dengan pencahayaan matahar maksimal 70%. Berikut langkah-langkah menanam sirih di rumah:

  • Siapkan media tanam untuk sirih. Idealnya, tanaman sirih ditanam pada tanah bertekstur lumpung liat berpasir. Untuk pH tanah yang direkomendasikan adalah sekitar 6 hingga 7 dalam kandungan asam tanah.
  • Siapkan bibit daun sirih berkualitas dengan kriteria berasal dari indukan yang baik, punya daun yang besar, bagus, dan lebar.
  • Gunakan pot atau polybag untuk wadah tanam daun sirih. Masukkan pupuk organik ke tanah dengan perbandingan 1:1 ke dalam pot/polybag. Biarkan beberapa saat sebelum diberi bibit.
  • Kemudian masuk ke sesi penanaman. Bagian dari daun sirih yang dapat ditanam adalah bagian ujungnya sekitar 40 sampai 50 cm. Untuk pertumbuhan yang bagus alangkah baiknya diberikan sandaran seperti sebilah kayu untuk memperkuat batang. Mengingat, tanaman sirih tumbuh merambat.
  • Untuk perawatan, lakukan penyiraman minimal satu kali sehari. Beri pupuk organik cair atau padat minimal satu bulan sekali.

Gaji pas-pasan pun bisa kok punya rumah, asal Sobat Rumah bisa mengalahkan penghalang-penghalang dari dalam diri sendiri. Apa aja? Yuk, kita lihat videonya!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Rumah Baru dengan Harga Rp500 Juta

Masukan