9 Denah Ruko 1 Lantai 5x10 Paling Rekomendasi

Tim Editorial Rumah.com
9 Denah Ruko 1 Lantai 5x10 Paling Rekomendasi
RumahCom – Ruko adalah salah satu jenis bangunan yang berasal dari kata rumah dan toko. Rumah berarti tempat tinggal berpenghuni sementara toko adalah ruang untuk melakukan kegiatan usaha. Jadi bisa disimpulkan ruko adalah sebuah bangunan yang menggabungkan fungsi tempat tinggal dan kerja dalam satu tempat.
Keputusan memilih ruko seringkali diambil karena pemilik tidak perlu membeli rumah dan toko secara terpisah dan meminimalisir waktu mobilisasi. Jika Anda saat ini sedang berniat beli ruko inilah inspirasi dengan ruko 1 lantai 5 x10 yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.
  1. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 Kamar Mandi Depan
  2. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 dengan Taman Belakang
  3. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 dengan Double Teras
  4. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 dengan Garasi Luas
  5. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 Berdempetan
  6. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 untuk Tempat Tinggal
  7. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 dengan Mini Office
  8. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 dengan Teras Letter L
  9. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 dengan Satu Kamar

1. Denah Ruko 1 Lantai 5 x 10 Kamar Mandi Depan

Ruko bisa dimanfaatkan sebagai gudang untuk usaha yang memiliki banyak stok barang. (Foto: Desainrumahminimalis)
Jika kamar mandi biasanya diletakan paling belakang, pada inspirasi denah ruko 1 lantai 5x10 ini, Anda bisa mendapatkan gambaran bagian depan ruangan diisi dengan toilet, ruang kerja, dan kamar tidur. Pembagian ruang seperti ini bisa diterapkan bagi Anda yang memanfaatkan ruko sebagai gudang penyimpanan stok barang.

2. Denah Ruko 1 Lantai 5 x 10 dengan Taman Belakang

Taman belakang pada ruko bisa dimanfaatkan untuk membangun kamar pembantu. (Foto: Dacore)
Bangunan ruko yang terkesan tertutup memang terlihat kaku dan kurang segar karena tidak ada taman di sekitarnya. Tapi dengan denah seperti di atas, Anda bisa memanfaatkan sisa ruang di bagian belakang ruko untuk dijadikan taman. Selain ruang berkebun, taman belakang juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat menjemur pakaian.

3. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 dengan Double Teras

Jika teras belakang tidak digunakan, manfaatkan untuk memperluas ruang tengah ruko. (Foto: Asia Arsitek)
Tidak hanya satu, pada denah ruko 1 lantai 5 x 10 ini ditempatkan dua teras di bagian depan dan belakang. Cara ini bisa Anda coba untuk menciptakan ruang santai di belakang rumah yang bisa dimanfaatkan untuk meletakan barang atau berolahraga di kala senggang. Jika memiliki dana lebih, lahan kosong di belakang ruko bisa disulap menjadi kolam ikan kecil.

4. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 dengan Garasi Luas

Garasi ruko yang luas akan memudahkan perpindahan barang atau lokasi parkir konsumen. (Foto: 3dsmax)
Kebanyakan ruko memang telah menyediakan lahan parkir, namun Anda bisa menambah slot parkir dengan membuat denah ruko 1 lantai 5x10 seperti di atas. Contoh pembagian ruang tersebut juga bisa diterapkan untuk ruko yang digunakan sebagai lokasi usaha pada bagian depan dan tempat tinggal di bagian belakangnya.

5. Denah Ruko 1 Lantai 5 x 10 Berdempetan

Ruko yang lebar bisa dibagi menjadi 2 ruangan untuk fungsi berbeda. (Foto: Pinterest)
Bagi pemilik ruko, membagi ruko menjadi 2 bagian jadi cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan keuntungan ganda sehingga Anda bisa mendapatkan uang sewa 2x lipat. Jika tidak cara ini bisa digunakan untuk usaha sharing kitchen dimana dalam satu ruko bisa ditempati oleh beberapa vendor usaha kuliner.
Namun jika melakukan cara tersebut, pastikan ruko memiliki ventilasi yang baik karena akan ada beberapa dapur dalam satu ruangan yang membuat udara terasa panas. Ruko bisa menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk berbisnis, namun jika Anda memiliki usaha rumahan dan sedang mencari rumah untuk usaha Anda. Cek daftar rumah dijual di kawasan Bintaro di bawah Rp1 miliar di sini!

6. Denah Ruko 1 Lantai 5x10 untuk Tempat Tinggal

Penempatan kamar di sisi samping ruko menjadikan ruang tengah terasa lega. (Foto: Pinterest)
Tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat berniaga, banyak keluarga kini memilih ruko sebagai tempat tinggal lho! Seperti inspirasi denah di atas, Anda bisa membagi ruko menjadi beberapa ruangan dan bagian teras depan masih bisa digunakan sebagai tempat membuka toko kecil.

7. Denah Ruko 1 Lantai 5 x 10 dengan Mini Office

Ruang kerja yang terpisah memberikan privasi ketika digunakan untuk rapat. (Foto: Nul.is)
Jika kebanyakan ruko memakai seluruh area depan untuk usaha, di denah ruko 1 lantai 5 x 10 ini, Anda bisa membagi area secara vertikal dari depan. Gunakan bagian ruko yang besar untuk lokasi usaha sementara memanfaatkan sisa ruangan untuk mini office seperti ruang menerima tamu atau ruang meeting. Sisanya, buat pantry di bagian belakang dan kamar mandi serta taman.

8. Denah Ruko 1 Lantai 5 x 10 Teras Letter L

Jika hendak membangun lantai 2, tangga bisa diletakan dekat dengan taman. (Foto: Mirachinterior)
Inspirasi denah ruko 1 lantai 5x10 lainnya selanjutnya memiliki teras dengan bentuk letter L. Cara ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi lahan parkir motor atau area dapur jika usaha yang dijalankan berkaitan dengan kuliner. Penempatan dapur di area depan menjadikan area ruko menjadi open kitchen dan lebih aman secara keselamatan karena udara panas dari alat masak bisa lebih cepat keluar.

Tips Rumah.com

Pilih ruko yang dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, atau perumahan.

9. Denah Ruko 1 Lantai 5 x 10 dengan Satu Kamar

Denah ruko dengan 1 kamar dan sekat pembatas dapur yang luas. (Foto: Pinterest)
Terakhir, denah ruko di atas menempatkan satu kamar di bagian belakang dekat dapur. Selain tempat tidur, bagian tersebut bisa juga Anda ubah menjadi kantor kecil atau ruangan kasir jika ruko digunakan sebagai restoran. Bagian dapur yang besar juga sangat cocok untuk kegiatan memasak dalam jumlah besar karena tersedia banyak ruang gerak.
Tonton video berikut ini untuk mencari tahu hal yang perlu diperhatikan dalam surat perjanjian ruko!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini