5 Denah Rumah 2 Lantai Void, Bikin Hunian Tampak Luas

Tim Editorial Rumah.com
5 Denah Rumah 2 Lantai Void, Bikin Hunian Tampak Luas
RumahCom – Penggunaan void rumah masih jarang digunakan. Padahal keberadaan void dalam sebuah bangunan, termasuk saat merancang denah rumah 2 lantai void, akan membantu memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Lantas apa yang dimaksud dengan void rumah?
Void adalah ruang kosong terbuka yang dibuat di bagian tengah konstruksi dan di antara dua lantai. Lazimnya, void diaplikasikan pada bangunan yang memiliki lebih dari satu lantai. Itu sebabnya, denah rumah 2 lantai void sangat mumpuni diaplikasikan. Namun bukan berarti rumah lantai satu tidak dapat membuat void, sepanjang ada plafon yang ukurannya lebih tinggi. Namun, khusus pada artikel di bawah ini akan membahas secara khusus denah rumah 2 lantai void. Simak inspirasinya lewat artikel berikut ini.
  1. Denah Rumah 2 Lantai dengan Void Model Minimalis
  2. Denah Rumah 2 Lantai dengan Void Nuansa Kayu
  3. Denah Rumah 2 Lantai dengan Gaya Industrial
  4. Denah Rumah 2 Lantai dengan Kombinasi Outdoor dan Indoor
  5. Denah Rumah 2 Lantai dengan Pencahayaan Cantik

1. Denah Rumah 2 Lantai dengan Void Model Minimalis

Agar denah rumah 2 lantai void minimalis terkesan luas, lebih tepat diletakkan pada jendela-jendela dengan bukaan yang luas.
Saat membeli atau membangun rumah, kenyamanan dan kesehatan rumah menjadi pertimbangan penting saat perencanaan. Atau mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk renovasi rumah Anda untuk mewujudkan desain impian Anda yang belum tercapai. Salah satu masalah utama dalam hal-hal tersebut adalah sirkulasi cahaya dan udara serta sempitnya lahan rumah. Penerapan void rumah secara vertikal dapat menjadi jawabannya.
Penerapan void dapat disesuaikan dengan desain dan ukuran rumah. Rumah minimalis dengan luas yang terbatas dapat menerapkan void untuk menambah kesan luas. Anda dapat mengkonsultasikan ide void dengan arsitek dan melakukan riset mandiri dengan mencari berbagai ide-ide desain. Selanjutnya, pilihlah kawasan dengan sinar matahari yang cukup dapat mendukung penerapan void rumah.
Pada rumah dengan lahan terbatas, denah rumah 2 lantai void minimalis dapat diciptakan di bagian tengah rumah bersama dengan tangga untuk menghadirkan aliran udara yang baik dan membuat ruangan tetap nyaman. Alasan lainnya adalah menciptakan kesan tinggi dan memperpanjang jarak pandang dari bawah ke atas. Void rumah cocok diterapkan di rumah minimalis dengan ruang terbatas. Penggunaan void rumah akan berdampak pada segi visual karena menciptakan ilusi pada ruangan, sehingga terlihat lebih luas dan lapang. Jika void dipadukan dengan skylight, rumah akan mendapatkan cahaya matahari alami.
Agar desain rumah dua lantai void minimalis terkesan luas, lebih tepat diletakkan pada jendela-jendela dengan bukaan yang lebar. Tujuannya adalah agar memberikan keleluasaan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Selain itu Anda juga dapat menempatkan void pada bagian utama atau pusat kegiatan rumah Anda.
Desain void rumah minimalis yang dipasang pada posisi tersebut akan memberi kesan luas jika dipasang lurus ke atas. Bagian atas void dapat dibuat dengan lubang atau transparan sehingga udara dapat masuk, serta cahaya matahari dapat leluasa masuk ke ruangan.

2. Denah Rumah 2 Lantai dengan Void Nuansa Kayu

Pilih desain yang tepat sesuai dengan luas rumah dan kebutuhan.
Desain rumah void yang tepat akan meningkatkan tampilan rumah secara drastis. Pilihlah desain yang tepat sesuai dengan luas rumah dan kebutuhan. Cari ide-ide desain dengan membaca banyak artikel rumah. Anda dapat konsultasi dengan ahlinya setelah mendapat pilihan untuk memastikan apakah ide desain tersebut memungkinkan untuk diterapkan.
Ukuran dan luas rumah juga bisa mempengaruhi ukuran area void. Jika Anda memiliki rumah sempit, maka buatlah area void dengan ukuran lebih besar karena bisa membuat tampilan rumah lebih luas. Salah satu yang bisa dicontoh adalah denah rumah dua lantai dengan elemen kayu ini bisa membuat rumah lebih lapang dan luas. Void rumah dibuat berpadu dengan kaca dan jendela yang diletakkan di lantai dua agar penghuni rumah mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang baik di dalam rumah.
Anda juga bisa menerapkan ide denah rumah minimalis dengan elemen kayu yang mencakup tiga lantai dengan dinamis. Pada bagian tengah rumah dibuat void dengan skylight yang memungkinkan sinar matahari melewati seluruh lantai rumah. Pada area dinding void, terdapat rak-rak penyimpanan yang dipasang hingga ke langit-langit lantai tiga.
Void merupakan ruang kosong terbuka yang membuat hunian tampak lebih luas dan terbuka. Jika Anda sedang mencari rumah dijual yang memiliki ruang terbuka, hunian di kawasan Bogor dibawah Rp700 juta ini bisa jadi pilihan Anda. Cek di sini!

3. Denah Rumah 2 Lantai dengan Gaya Industrial

Void bergaya industrial juga menekankan ruang terbuka tanpa sekat di dalam rumah.
Void dalam rumah dapat menambah estetika dan menghilangkan kesan datar atau monoton pada rumah. Terlebih lagi jika Anda mengkreasikan void rumah dengan desain yang unik. Void rumah membuat Anda lebih berhemat dalam menggunakan listrik karena sinar matahari dapat masuk dengan bebas dan penggunaan lampu dapat diminimalkan. Sistem sirkulasi udara yang lebih sejuk pun membuat Anda tidak perlu menggunakan AC terlalu sering.
Selain desainnya lebih modern dan maskulin, denah rumah dua lantai dengan void bergaya industrial juga menekankan ruang terbuka tanpa sekat di dalam rumah. Seperti rumah modern yang dirancang oleh Altus Architecture+Design ini yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan alam dan gaya hidup keluarga yang sibuk. Di rumah ini, void diciptakan di ruang tengah, sedangkan dinding-dinding rumah sengaja menggunakan kaca, sehingga pada pagi dan siang hari rumah ini mendapatkan cahaya alami dan pemandangan pepohonan yang indah.

4. Denah Rumah 2 Lantai dengan Kombinasi Indoor dan Outdoor

Desain The Aria yang memungkinkan Anda menambah cakupan beranda serta menghubungkan interior dan eksterior bangunan. (Foto: Stannard Homes)
Denah rumah dua lantai void yang menggabungkan konsep outdoor dan indoor ini banyak digemari oleh orang Australia. Area outdoor bisa menjadi alternatif ruang tamu kedua di banyak rumah keluarga. Tengok saja desain di atas yang memungkinkan Anda menambah cakupan beranda serta menghubungkan interior dan eksterior bangunan. Baik Anda sedang menjamu tamu, atau bersantai di dalam ruangan. Anda bisa menikmati pembingkaian langit, puncak pohon, dan elemen lansekap, semuanya terlihat dari lantai pertama atau jalan mezzanine.

Tips Rumah.com

Adanya void dalam sebuah rumah tidak hanya sekedar menciptakan ruang yang berbeda.Keberadaan rongga atau ruang terbuka memungkinkan udara panas di lantai dasar mengalir ke atas dan diganti dengan udara dingin. Dengan demikian, udara dalam ruangan akan berganti secara alami.

5. Denah Rumah 2 Lantai dengan Pencahayaan Cantik

Void juga bisa menawarkan daya tarik di malam hari dengan menambahkan perlengkapan lampu yang dirancang dengan indah. (Foto: House Designs Perth)
Void juga bisa menawarkan daya tarik di malam hari dengan menambahkan kepribadian Anda lewat perlengkapan lampu yang dirancang dengan indah atau fitur gantung hias. Adanya tangga juga menciptakan void secara alamiah yang bisa dirancang dengan gaya dan selera Anda. Jika tangga Anda memiliki beberapa belokan, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memasang rak ke ornamen rumah atau penyimpanan di bawah tangga.
Di sisi lain, void memang memiliki beberapa pertimbangan perawatan kecil tambahan. Kekhawatiran pemilik rumah yang paling sering muncul adalah seputar kesulitan mengganti bola lampu. Memang benar bahwa Anda mungkin memerlukan tangga untuk mengganti bohlam di area void, tetapi bisa disiasati dengan memilih pencahayaan lampu LED. LED tidak memiliki filamen tradisional untuk ‘terbakar’ dan memberikan garansi sekitar 5-7 tahun. Mereka juga salah satu jenis pencahayaan paling hemat energi di pasaran, sangat layak untuk investasi.
Anda bisa mencoba denah rumah dua lantai void dengan konsep cahaya yang cantik seperti desain di atas. Cahaya alami bermanfaat, meskipun jendela tinggi berpotensi menghasilkan perpindahan panas yang tidak diinginkan. Memilih jendela berlapis ganda untuk titik yang lebih tinggi di rumah dapat menawarkan kontrol termal yang lebih baik. Memasang daun jendela/tirai otomatis di area yang sulit dijangkau adalah pilihan lain yang jarang disesali pemilik rumah.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tips memilih asuransi rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini