9 Denah Rumah 8x12 untuk Hunian Masa Kini, Irit Bujet

Tim Editorial Rumah.com
9 Denah Rumah 8x12 untuk Hunian Masa Kini, Irit Bujet
Rumah.com – Rumah type 8x12 merupakan salah satu type rumah yang lumayan banyak dicari dan tersedia di pasaran. Rumah type ini sangat cocok untuk mereka yang telah berkeluarga atau baru memiliki keluarga baru.
Itu karena rumah type 8x12 mempunyai ukuran yang cukup luas sehingga bisa mengakomodir banyak orang tanpa perlu mengorbankan kenyamanan penghuninya. Artikel ini pun akan memberikan inspirasi denah rumah 8x12:
  1. Denah Rumah 2 Kamar
  2. Denah Rumah Teras Luas
  3. Denah Rumah 2 lantai
  4. Denah Rumah dengan Kolam Renang
  5. Denah Rumah dengan Balkon
  6. Denah Rumah 3 Kamar
  7. Denah Rumah dengan Garasi
  8. Denah Rumah dengan Teras Belakang
  9. Denah Rumah Ruang Makan Luas

1. Denah Rumah 8x12 2 Kamar

Denah rumah 8x12 2 kamar. (Foto: Homedesigning.com)
Ide denah rumah 8x12 pertama adalah yang memiliki 2 kamar tidur, dengan 1 kamar tidur utama yang berukuran lebih luas dibanding kamar tidur satunya. Terdapat 1 kamar mandi yang cukup luas sehingga cukup untuk bathtub dan wastafel.
Ruang tamu dan ruang keluarga menjadi satu, berada di area yang sama dengan ruang makan dan dapur yang memiliki konsep terbuka tanpa sekat. Adapun taman kecil di area samping yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai.
Rumah 8x12 bisa menjadi pilihan Anda yang sedang mencari hunian untuk keluarga kecil Anda. Cek daftar hunian dijual di kawasan Tangerang dibawah Rp700 juta di sini!

2. Denah Rumah 8x12 Teras Luas

Denah rumah 8x12 dengan teras luas. (Foto: Homelilys.com)
Bagi mereka yang senang outdoor, denah rumah 8x12 ini merupakan opsi yang tepat. Rumah memiliki teras yang luas di bagian samping rumah untuk sekedar bersantai atau berkumpul saat ada anggota keluarga atau tamu datang berkunjung.
Terdapat 3 kamar pada denah rumah ini dengan 1 kamar utama dan 2 kamar mandi dengan bathtub. Ruang makan dan ruang tamu menjadi satu. Sementara dapur dibuat sedikit tertutup di dekat ruang makan.

3. Denah Rumah 8x12 2 Lantai

Denah rumah 8x12 2 lantai. (Foto: Roomsketcher.com)
Sebenarnya rumah 8x12 memiliki ukuran yang cukup luas, namun tidak ada salahnya juga kalau dijadikan 2 lantai seperti denah rumah ini. Ruang tamu dan ruang makan berada di satu tempat di lantai 1 dengan ukuran yang luas dan lega.
Sementara terdapat 3 kamar di lantai 2 dengan 1 kamar utama berukuran paling besar dan 2 kamar tidur lainnya berukuran lebih kecil. Terdapat 2 kamar mandi terletak bersampingan di lantai 2 yang masing-masing memiliki kloset dan bathtub. Aktivitas di pagi hari pun tidak akan saling terburu-buru.

4. Denah Rumah 8x12 dengan Kolam Renang

Denah rumah 8x12 dengan kolam renang. (Foto: 3DAS.com)
Karena ukurannya yang cukup luas, rumah 8x12 juga bisa disulap dengan menghadirkan kolam renang. Kolam renang ada di bagian belakang rumah lengkap dengan bangku-bangku yang bisa digunakan untuk bersantai.
Rumah terdiri dari 2 lantai, di mana lantai 1 menjadi ruang untuk kamar tidur utama, ruang makan, dapur, ruang tamu, dan ruang bekerja, dan garasi. Sementara lantai 2 diisi oleh 2 kamar tidur yang masing-masing memiliki kamar mandi pribadi.

5. Denah Rumah 8x12 dengan Balkon

Denah rumah 8x12 dengan balkon. (Foto: Homedesigning.com)
Untuk mereka yang senang dengan denah rumah 8x12 yang simpel, denah rumah dengan balkon ini bisa menjadi pilihan yang sesuai. Denah ini tidak memiliki banyak ruangan khusus, hanya 2 kamar tidur dengan masing-masing kamar mandi pribadi dan ukuran yang cukup luas, ruang tamu dan ruang keluarga yang terhubung dengan teras balkon, serta dapur di bagian belakang rumah dengan standing bar.

6. Denah Rumah 8x12 3 Kamar

Denah rumah 8x12 3 kamar tidur. (Foto: Homedesigning.com)
Bagi yang mempunyai anggota keluarga yang banyak, denah rumah 8x12 3 kamar tidur merupakan solusi yang tepat. Kamar tidur berada berjajar dengan ukuran yang cukup luas dan memiliki 2 kamar mandi.
Dapur tidak terlalu luas, sementara ruang makan dan ruang tamu dan ruang keluarga berada di belakang rumah. Supaya pencahayaan alami bisa optimal, terdapat taman terbuka di bagian belakang rumah yang bisa juga dimanfaatkan sebagai area bersantai atau menjemur pakaian.

Tips Rumah.com

Hindari menjadikan kamar tidur sebagai ruang penyimpanan barang-barang yang bersifat pribadi karena dapat membuat kamar kehilangan estetika dan membuatnya jadi berantakan.

7. Denah Rumah 8x12 dengan Garasi

Denah rumah 8x12 dengan garasi. (Foto: Roomsketcher.com)
Denah rumah 8x12 selanjutnya adalah yang memiliki garasi. Rumah dibangun menjadi 2 lantai, di mana lantai 2 berisikan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Sementara lantai 1 terdiri dari garasi, ruang tamu, ruang makan dan dapur, lengkap dengan standing bar dengan ukuran yang cukup lega.
Terdapat pintu di samping rumah sebagai jalan masuk yang langsung mengarah ke ruang tamu dan tangga ke lantai atas. Selain itu, lantai 1 juga memiliki kamar mandi dan wastafel yang menghubungkan dengan garasi sehingga penghuni bisa mencuci tangan setibanya di rumah.

8. Denah Rumah 8x12 dengan Teras Belakang

Desain rumah 8x12 dengan teras belakang. (Foto: Homedesigning.com)
Bagi sebagian besar orang, rumah merupakan tempat untuk beristirahat dan membangun bonding bersama dengan anggota keluarga. Untuk itu, denah rumah 8x12 dengan teras belakang ini sangat cocok pastinya.
Terdapat 2 kamar tidur dengan 1 kamar mandi besar, dapur, dan ruang makan yang bersebelahan dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Di bagian belakang rumah terdapat teras yang cukup luas dan bisa dipakai untuk berkumpul bersama keluarga atau area bermain anak-anak.

9. Denah Rumah 8x12 Ruang Makan Luas

Denah rumah 8x12 ruang makan luas. (Foto: Houseplans.com)
Ide denah rumah 8x12 yang terakhir adalah dengan ruang makan luas. Rumah memiliki 3 kamar tidur yang letaknya berdekatan dan 2 kamar mandi berukuran cukup besar.
Kemudian ada ruang tamu yang terletak bersebelahan dengan ruang makan yang memiliki ukuran cukup besar, juga dapur yang luas dengan standing bar. Adapun garasi dan ruang mencuci yang fungsional sehingga memudahkan aktivitas rumah tangga.
Tonton video berikut untuk mempelajari tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini