Deposito Berjangka Adalah Layanan Perbankan untuk Deposito Dalam Jangka Waktu Tertentu

Tim Editorial Rumah.com
Deposito Berjangka Adalah Layanan Perbankan untuk Deposito Dalam Jangka Waktu Tertentu
RumahCom – Deposito berjangka adalah jenis layanan perbankan di mana nasabah menyimpan dana mereka dalam jangka waktu tertentu, biasanya antara 1 bulan hingga 1 tahun. Deposito berjangka memberikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa, karena dana nasabah tidak dapat diambil selama jangka waktu yang ditentukan.
Namun, jika nasabah ingin menarik dana sebelum jangka waktu berakhir, maka nasabah akan dikenakan biaya penalti. Deposito berjangka adalah pilihan yang baik untuk nasabah yang ingin menyimpan dana mereka dalam jangka waktu yang lebih panjang dan mendapatkan bunga yang lebih tinggi.
  • Deposito Berjangka Adalah…
  • Ciri-ciri Deposito Berjangka
  • Manfaat atau Keunggulan Deposito Berjangka
  • Syarat dan Cara Memiliki Deposito Berjangka
  • Tips Membuka Deposito
  • Tata Cara Membuka Deposito di Bank
  • Cara Hitung Suku Bunga Deposito Berjangka
  • Strategi Untung Punya Deposito Berjangka

Deposito Berjangka Adalah

Deposito berjangka memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi.
Deposito adalah produk untuk menyimpan uang yang disediakan oleh bank. Dibandingkan dengan tabungan pada umumnya, dana yang Anda simpan pada deposito memiliki jangka waktu tertentu. Ketentuan penyimpanan dana berdasarkan kesepakatan Anda sebagai nasabah dengan pihak bank.
Berdasarkan kesepakatan nasabah dengan pihak bank juga, dana yang ada pada deposito tidak dapat ditarik sesuka hati. Terdapat kesepakatan yang menjelaskan kapan Anda dapat menarik dana dan jumlah bunga yang akan Anda dapat. Jumlah bunga akan disesuaikan dengan jumlah uang yang Anda simpan dan kebijakan setiap bank penyedia produk deposito.
Deposito berjangka memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk perbankan lainnya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena semakin besar uang yang Anda simpan maka suku bunga yang didapatkan juga semakin besar.
Sesuai dengan namanya, deposito berjangka adalah produk simpanan yang memiliki jangka waktu dan sistem penarikannya sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan atau sesuai dengan bilyet yang tertera. Jangka waktu yang dapat dipilih oleh nasabah mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Ciri-ciri Deposito Berjangka

Pembayaran bunga deposito dapat dilakukan setiap bulan atau setelah jatuh tempo.
Investasi deposito berjangka memiliki tingkat gagal investasi yang lebih rendah daripada jenis investasi lain seperti pasar saham dan obligasi. Dalam saham, rasa khawatir karena resiko kerugian lebih besar, sedangkan dalam deposito berjangka relatif lebih aman karena tidak perlu melihat harga pasar yang bisa berubah sewaktu-waktu. Ciri-ciri deposito berjangka adalah:
  • Merupakan simpanan yang pencairannya dilakukan berdasarkan jangka waktu tertentu.
  • Umumnya mempunyai jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, dan 12 sampai dengan 24 bulan.
  • Diterbitkan dengan mencantumkan nama pemilik deposito baik perorangan maupun lembaga.
  • Kepada setiap deposan diberikan bunga yang besarnya dan waktu pembayarannya sesuai dengan yang berlaku di masing-masing bank.
  • Pembayaran bunga deposito dapat dilakukan setiap bulan atau setelah jatuh tempo sesuai jangka waktunya.
  • Pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun non tunai (pemindahbukuan).
  • Kepada setiap deposan dengan nominal deposito tertentu dikenakan pajak penghasilan dari bunga yang diterimanya.
  • Pencairan deposito sebelum jatuh tempo umumnya dikenakan denda.
Punya deposito berjangka sebaiknya mempertimbangkan jangka waktunya. Jangka waktu simpan memang mempengaruhi tingkat suku bunga yang didapatkan, tapi pertimbangkan juga jika memang butuh dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Mau punya rumah namun punya pertimbangan dari sisi investasi? Cek pilihan rumahnya di Parung Panjang yang dekat stasiun kereta, harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Manfaat atau Keunggulan Deposito Berjangka

Deposito merupakan salah satu pilihan investasi paling populer.
Keuntungan deposito berjangka adalah tingkat suku bunga bank yang ditawarkan lebih tinggi daripada produk perbankan lainnya. Karena itulah deposito berjangka hanya dapat diambil dalam kurun waktu yang ditentukan, jika uang atau dana deposito berjangka diambil sebelum batas waktu yang ditentukan maka akan dikenakan pinalti. Hal itu akan membuat Anda berpikir dua kali jika diambil sebelum jatuh tempo, maka akan terkena penalti dan tidak mendapat suku bunga.
Deposito merupakan salah satu pilihan investasi paling populer. Beberapa orang menganggap deposito tetap sebagai pilihan investasi terbaik dan menginvestasikan sebagian besar tabungan mereka dalam instrumen ini. Semua bank menawarkan deposito dengan tingkat suku bunga yang berbeda.
Selanjutnya, deposito berjangka mempunyai keuntungan dan manfaat yang bagus. Diantaranya bisa kita memperoleh hasil bunga yang umumnya lebih tinggi dari bentuk simpanan lainnya. Lalu, dapat dijadikan agunan/jaminan kredit, dapat mengelola keuangan secara lebih terencana sesuai dengan kebutuhan dan jangka waktu deposito, dan dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).

Syarat dan Cara Memiliki Deposito Berjangka

Semua bank menawarkan deposito dengan tingkat suku bunga yang berbeda.
Membuka deposito di bank dapat dilakukan dengan mudah. Selain memenuhi persyaratan yang diajukan, ada juga tips yang harus Anda perhatikan dalam membuka rekening deposito. Apa saja?

Tips Membuka Deposito

Tentukan bank yang Anda akan tuju untuk membuka rekening deposito. Pilihlah bank yang dapat dipercaya untuk menghindari kecurangan dan penipuan. Pemilihan bank berpengaruh pada jumlah bunga deposito yang diberikan.
Selanjutnya, pilih produk deposito sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda, sehingga sebaiknya Anda mempelajari produk yang akan dipilih terlebih dahulu. Tentukan jumlah setoran awal dan penting untuk selalu mengingat jatuh tempo yang berlaku.

Tata Cara Membuka Deposito di Bank

Pilih produk deposito yang Anda inginkan lalu isi formulir pembukaan rekening deposito. Bawa dan menyerahkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (KTP, SIM, atau paspor) dan NPWP. Apabila Anda belum memiliki rekening di bank tersebut, biasanya Anda akan diminta untuk membuka rekening terlebih dahulu.
Tahap selanjutnya, Anda akan diminta melakukan setoran awal untuk pembukaan rekening. Jika proses telah selesai, Anda akan menerima sertifikat deposito sebagai bukti kepemilikan deposito. Jangan lupa, simpan bukti kepemilikan deposito

Tips Rumah.com

Dalam saham, rasa khawatir karena resiko kerugian lebih besar, sedangkan dalam deposito berjangka relatif lebih aman karena tidak perlu melihat harga pasar yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara Hitung Suku Bunga Deposito Berjangka

Bunga deposito dikenakan pajak sesuai dengan peraturan berlaku.
Simpanan deposito yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) adalah tidak lebih dari 2 miliar Rupiah dan bunga deposito tidak melebihi suku bunga pinjaman. Bunga dari deposito dikenakan pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan pajak bunga deposito didasari oleh Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 4 Ayat 2. Pasal ini berisikan ketentuan mengenai pajak penghasilan atas jenis penghasilan tertentu yang bersifat final dan tidak dapat dikreditkan dengan PPh yang terutang.
Untuk mengetahui kisaran profit yang Anda dapatkan berdasarkan bunga deposito, Anda bisa menggunakan dua cara. Yang pertama adalah menghitung berdasarkan total pendapatan yang akan Anda dapatkan di akhir jatuh tempo. Sedangkan cara kedua adalah dengan menghitung berdasarkan profit yang akan Anda dapatkan dari suku bunga setiap bulan.
Berikut cara mengetahui keuntungan dengan perhitungan yang sudah ada jika kita menyetor awal dengan nominal Rp50.000.000 dengan tenor 12 bulan.
Catatan: Perhitungan ini hanya sebagai alat bantu simulasi investasi dan tidak dimaksudkan untuk menyediakan rekomendasi apa pun.

Strategi Untung Punya Deposito Berjangka

Guna meraih keuntungan dari deposito berjangka, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan.
Deposito berjangka memberikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa, karena dana nasabah tidak dapat diambil selama jangka waktu yang ditentukan. Untuk mendapatkan keuntungan dari deposito berjangka, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan:
  1. Pilih jangka waktu yang tepat: Pilih jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda dan jangan terlalu lama. Semakin lama jangka waktu deposito, semakin besar suku bunga yang ditawarkan.
  2. Pilih bank yang tepat: Pilih bank yang memiliki reputasi baik dan suku bunga yang tinggi. Jangan lupa untuk membandingkan suku bunga deposito di beberapa bank sebelum memutuskan.
  3. Gunakan deposito sebagai cadangan dana: Deposito berjangka dapat digunakan sebagai cadangan dana darurat. Dengan demikian, Anda dapat mengambil uang dari deposito jika dibutuhkan tanpa harus mengambil bunga.
  4. Jangan terlalu sering menarik uang: Menarik uang dari deposito berjangka sebelum jatuh tempo dapat mengurangi pendapatan bunga Anda. Jadi, pastikan untuk hanya menarik uang jika Anda benar-benar memerlukannya.
  5. Investasi deposito berjangka dalam jumlah yang tidak terlalu besar : Jangan menempatkan seluruh uang Anda dalam deposito berjangka saja, karena hal itu akan mengurangi potensi keuntungan Anda dari investasi lainnya.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sertifikat HGB!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini