10 Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana, Rekomendasi untuk Rumah Kecil

Tim Editorial Rumah.com
10 Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana, Rekomendasi untuk Rumah Kecil
RumahComDesain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana bisa jadi solusi bagi rumah berukuran kecil. Terpenting, posisikan kebutuhan meja makan di area yang tidak makan tempat, dan area dapur pun memiliki space agar leluasa bergerak.
Melalui artikel ini, Anda bisa mendapatkan inspirasi menata area dapur sekaligus ruang makan yang fungsional namun tetap aesthetic. Berbagai desain dapur berikut mungkin bisa cocok dengan konsep hunian Anda:
  1. Desain Serba Putih
  2. Desain Sudut Rustic
  3. Desain Minimalis Tropis
  4. Desain Dekat Balkon
  5. Desain Bermain Warna Kontras
  6. Desain Semi Outdoor
  7. Desain Dinding Kaca
  8. Desain Nuansa Kayu
  9. Desain Bangku ala Resto
  10. Desain Gaya Country

1. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Serba Putih

Serba putih untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. (Foto: Grundig.com)
Warna putih lazim digunakan untuk memberikan kesan ruangan lebih luas dan lapang. Tak terkecuali di area dapur dan ruang makan. Untuk pemilihan material pada kitchen set sebaiknya yang mudah dibersihkan dan tidak memiliki pori-pori seperti misalnya kayu tanpa pelapis.
Agar ruangan terasa lapang, pemilihan meja bundar juga menjadi solusi untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. Konsep ini sangat sesuai diterapkan di rumah mungil atau juga pada unit apartemen.
Desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana bukan hanya bisa menyiasati keterbatasan ruang, tapi dengan penataan yang tepat malah bisa bawa nuansa cafe ke dalam rumah loh. Mau punya rumah di area yang fasilitasnya lengkap, cafe pun banyak? Cek pilihan rumahnya di kawasan Bekasi dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

2. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Sudut Rustic

Gaya rustic untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. (Foto: Idealhome.com)
Agar ruang terasa lapang, dempetkan meja makan ke area dinding menggunakan pilihan kursi yang mudah untuk dirapatkan. Desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana ini sangat praktis karena antara dapur dan meja makan sangat dekat.
Gaya rustic yang dipilih bisa menjadikan sudut dapur sekaligus ruang makan ini terlihat seru dan segar. Pilihan warna backsplash hijau tosca menyerupai susunan batu bata dipadu cat tembok warna senada terlihat unik. Tak hanya itu, pilihan meja makan kayu pun melengkapi kesan rustic yang ingin diciptakan.

3. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Minimalis Tropis

Gaya minimalis tropis untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. (Foto: Homesandgardens.com)
Gaya tropis minimalis masih terus menjadi favorit, terlebih untuk hunian mungil agar bisa terkesan lapang. Untuk konsep gaya ini, pada desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana akan memberikan aksen menarik melalui pemilihan berbagai material.
Contohnya, untuk meja makan bisa menggunakan marmer atau material sejenis. Kemudian penggunaan material kayu yang menjadi ciri khas desain tropis terlihat pada kursi serta wall panel samping. Agar semakin unik, pada area dinding kitchen set sekaligus menjadi backsplash digunakan teraso.

4. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Dekat Balkon

Desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana di sudut dekat balkon. (Foto: Houzz.com)
Desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana ini sangat simpel dan praktis. Letaknya di dekat balkon pun membuat udara bisa masuk dengan leluasa sehingga area memasak sekaligus makan terasa lebih segar.
Pilih peralatan masak yang compact selain kompor, misalkan microwave agar saat memanaskan makanan tidak harus selalu menyalakan kompor. Buat juga rak penyimpanan yang besar karena dengan area sudut ini tidak memungkinkan adanya banyak barang lagi.

5. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Bermain Warna Kontras

Penggunaan warna kontras untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. (Foto: Herringbonekitchen.com)
Inspirasi pemilihan warna kontras ini dapat diterapkan walau di space mungil sekalipun. Cari padanan yang tepat melalui pencarian palet warna yang diinginkan dengan menggunakan bantuan internet.
Agar praktis, untuk meja makan bisa menggunakan island table sehingga terlihat keren ala cafe, dan juga dapat menyimpan banyak peralatan di rak yang bisa Anda buat di island table.

6. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Semi Outdoor

Area semi outdoor juga bisa menjadi desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. (Foto: Alfaroni.com)
Memanfaatkan area halaman atau area luar untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana adalah ide yang bagus, terlebih jika Anda masih memiliki sisa space halaman yang cukup.
Selain suasana makan dan masak jadi lebih menyenangkan, area yang terpisah dari interior rumah ini lebih asyik untuk dijadikan tempat berkumpul bersama sahabat, tanpa mengganggu area privasi Anda.

7. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Dinding Kaca

Dinding kaca agar desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana tampak lebih segar. (Foto: Innodez.com)
Memberikan nuansa pemandangan yang segar bisa menggunakan dinding kaca atau jendela-jendela yang besar. Tentunya menjadikan sudut dapur dan ruang makan yang menyatu lebih terasa lapang.
Beri sentuhan warna yang juga memberikan kesegaran seperti biru langit, atau pun hijau olive. Jika anggota keluarga cukup banyak, gunakan meja makan panjang yang mampu menampung seluruhnya.

8. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Nuansa Kayu

Nuansa kayu untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. (Foto: Mydomaine)
Pilihan interior serba kayu memberikan kesan homey dan nyaman. Saat menggunakan kayu untuk set meja makan dan juga area dinding, sebaiknya bedakan warna pada kitchen set agar terasa lebih harmonis.
Jika ingin menggunakan material kayu di dalam rumah, usahakan memilih material kayu yang berkualitas baik. Kualitas kayu sangat menentukan untuk mencegah rayap datang.

Tips Rumah.com

Rayap gemar berada di lingkungan yang lembap dan menyerap banyak air. Selalu bersihkan area selokan di sekitar rumah Anda. Perhatikan tumpukan sampah, jangan sampai ada kotoran menyumbat selokan rumah Anda.

9. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Bangku ala Resto

Bangku ala resto, praktis untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. (Foto: Mydomaine)
Memanfaatkan area sudut untuk dapur minimalis bisa jadi seperti kafe lho. Caranya, buat area kursi makan menempel di sudut dinding membentuk siku L. Area makan pun jadi muat lebih banyak orang.
Tak hanya itu, sudut ini juga bisa dimaksimalkan sebagai area kerja. Kuncinya adalah, tidak menumpuk banyak barang di meja agar penggunaannya bisa optimal. Pilih juga warna-warna netral agar menyatu dengan sekeliling ruangan.

10. Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu Sederhana Gaya Country

Gaya country untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana. (Foto: Sunsetmagazine.com)
Gaya country bisa menjadi inspirasi desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana walau kita hanya memiliki space terbatas. Pilih saja aksen khas yang bisa diaplikasikan, seperti penggunaan material kayu, pemilihan cat warna turunan yang atraktif, hingga menanami banyak bunga warna-warni yang cantik.
Akan lebih seru jika lokasi dapur dan ruang makan ini di area menuju ke luar, sehingga saat pintu dibuka lebar maka udara segar akan masuk dengan leluasa. Jangan lupa untuk selalu merawat tanaman di kebun Anda agar terhindar dari nyamuk-nyamuk bersarang.
Tonton video berikut tips membuat akta jual beli tanah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini