10 Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 yang Nyaman dan Terasa Lega

Tim Editorial Rumah.com
10 Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 yang Nyaman dan Terasa Lega
Rumah.com – Desain kamar tidur kecil 2x2 memang berukuran sangat mungil dan sering dianggap sangat sempit. Tetapi bukan berarti kualitas tidur atau beristirahat menjadi terganggu atau berkurang. Ada hal yang bisa dilakukan agar desain kamar tidur kecil 2x2 bisa maksimal, salah satunya bisa dengan menyesuaikannya dengan tema yang disukai atau usung.
Desain kamar tidur kecil 2x2 sendiri muncul karena banyaknya desain rumah minimalis sehingga kamar tidur menjadi berukuran lebih kecil. Hal itu bukan masalah besar karena bisa disiasati dengan baik agar tetap nyaman dan terasa lega di ruang tidur dengan ukuran terbatas. Simak artikel berikut untuk mendapatkan rekomendasi kamar tidur kecil 2x2 yang nyaman dan terasa lega:
  1. Desain Kamar Anak Laki-Laki
  2. Desain Kamar Anak Perempuan
  3. Desain Kamar ala Korea
  4. Desain Kamar Gaya Rustic
  5. Desain Kamar Monokrom
  6. Desain Kamar ala Jepang
  7. Desain Kamar Gaya Industrial
  8. Desain Kamar Gaya Minimalis
  9. Desain Kamar Mezzanine
  10. Desain Kamar Gaya Natural

1. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 Anak Laki-Laki

Desain kamar tidur kecil 2x2 anak laki-laki. (Foto: Pexels – Pixabay)
Desain kamar tidur kecil 2x2 anak laki-laki terkadang menjadi tantangan tersendiri, apalagi kalau memiliki luas yang terbatas. Salah satu cara mengatasinya bisa dengan mengaplikasikan cat dinding berwarna maskulin seperti biru.
Agar tidak terlihat sempit, gunakan furniture dengan warna terang seperti putih atau coklat muda. Maksimalkan juga pencahayaan alami dengan menambahkan jendela pada kamar tidur agar tampak luas.
Mendesain kamar tidur, apalagi desain kamar tidur kecil 2x2, memang butuh perhatian khusus agar nyaman, bikin tidur jadi pulas, dan juga terasa lega. Mau punya rumah yang bisa bikin tidur nyaman? Cek pilihan rumahnya di kawasan Gading Serpong dengan harga di bawah Rp1 M di sini!

2. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 Anak Perempuan

Desain kamar tidur kecil 2x2 anak perempuan. (Foto: Pinterest – Josiane Bacarine)
Berkebalikan dengan kamar tidur anak laki-laki, desain kamar tidur kecil 2x2 anak perempuan menggunakan warna-warna yang bisa memberikan kesan feminim. Semisal warna perpaduan warna pink dan putih.
Supaya tampak manis, pilih perlengkapan kamar tidur dengan motif simpel dan warna cerah. Pastikan pula kamar mempunyai penerangan yang cukup supaya kamar bisa terkesan lega. Buatkan banyak rak penyimpanan di kamar anak agar mainan serta perlengkapannya bisa rapi tersimpan.

3. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 ala Korea

Desain kamar tidur kecil 2x2 ala Korea. (Foto: Tkvco.com)
Demam Korea yang terjadi beberapa tahun belakang ini membuat tidak sedikit orang ingin memiliki kamar tidur dengan desain ala Korea. Tetapi karena ukurannya yang tidak terlalu luas kerap menjadi kendala. Untuk mengatasinya, bisa coba dengan meniru desain ini.
Desain kamar tidur kecil 2x2 ala Korea bisa dilakukan dengan menyatukan tempat tidur dengan meja belajar karena luasnya yang terbatas. Bagian bawah tempat tidur dapat menjadi tempat penyimpanan. Untuk warnanya sendiri, gunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, coklat terang.
Tips Dekorasi untuk Kamar Tidur Minimalis

Tips Dekorasi untuk Kamar Tidur Minimalis

4. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 Gaya Rustic

Desain kamar tidur kecil 2x2 bergaya rustic. (Foto: Pexels – Dmitry Zvolskiy)
Supaya mendapatkan desain kamar tidur kecil 2x2 bergaya rustic yang pertama kali dilakukan adalah mengaplikasikan ornamen kayu pada dinding atau furniture. Percantik juga kamar dengan hiasan berbahan dasar seperti karpet jerami.
Pilih warna-warna bernuansa alam seperti hijau atau coklat kayu untuk kamar tidur. Selain itu, agar semakin hangat bisa hiasi kamar dengan lampu-lampu gantung. Untuk menghindari kesan sempit, buat rak penyimpanan agar barang-barang tidak bergeletakan sembarangan.

5. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 Monokrom

Desain kamar tidur kecil 2x2 monokrom. (Foto: Pexels – Jean van der Meulen)
Desain kamar tidur kecil 2x2 monokrom bisa menjadi pilihan lainnya untuk kamar dengan luas terbatas. Padu padankan warna hitam dan putih pada dinding dan furniture yang digunakan di kamar untuk saling melengkapi satu sama lain.
Selain membuat kamar terlihat nyaman, desain kamar tidur kecil 2x2 monokrom juga memberikan kesan kamar tidur yang luas dan lega karena tidak adanya distraksi dari elemen warna yang lain.

6. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 ala Jepang

Desain kamar tidur kecil 2x2 ala Jepang. (Foto: Homedesignlover.com)
Desain kamar tidur ala Jepang terkenal dengan tampilan yang rapi, simpel, namun tetap efisien. Untuk kamar tidur kecil 2x2 bisa juga mencoba desain ala Jepang. Usahakan tidak terlalu banyak furniture di dalam kamar supaya kamar tidur tampak lebih luas.
Selain itu, manfaatkan tempat penyimpanan yang ada. Seperti di bawah tempat tidur, di rak televisi, dan lainnya supaya kamar terlihat lega dan tertata rapi. Sama seperti kamar tidur ala Korea, warna yang digunakan juga cenderung warna netral namun dengan paduan warna alam dan warna gelap, seperti hijau daun dan coklat tua.

Tips Rumah.com

Saat merancang desain kamar tidur, perhatikan kualitas daripada kuantitas. Usahakan agar tidak membeli banyak barang untuk mengisinya, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan.

7. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 Gaya Industrial

Desain kamar tidur kecil 2x2 bergaya industrial. (Foto: Donpedrobrooklyn.com)
Desain kamar tidur kecil 2x2 selanjutnya adalah bergaya rumah industrial. Kamar tidur ini bisa memberikan kesan tenang dan dingin. Semisal dengan menghadirkan dinding batu bata yang terekspos, beberapa ornamen seperti pipa, tangga kayu yang tidak terpolish sempurna, ataupun dipan kayu.
Meskipun sebagian orang menganggapnya memberikan kesan gelap, tetapi desain kamar tidur kecil 2x2 bergaya industrial bisa disiasati dengan jendela yang cukup besar supaya mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal.

8. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 Minimalis

Desain kamar tidur kecil 2x2 minimalis. (Foto: Pexels – My Walking Diary)
Untuk mereka yang ingin kamar tidur simpel dan sederhana bisa mencoba mengaplikasikan desain kamar tidur kecil 2x2 minimalis. Kamar tidur ini tidak memiliki banyak furniture di dalamnya, hanya tempat tidur dan beberapa tempat penyimpanan.
Agar nyaman, gunakan karpet atas pelapis lantai vinyl untuk seluruh permukaan kamar. Sesuaikan warnanya agar kesan minimalis tetap terjaga.

9. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2 Mezzanine

Desain kamar tidur kecil 2x2 mezzanine. (Foto: Pixabay – Victoria Borodinova)
Desain kamar tidur kecil 2x2 selanjutnya adalah dengan mezzanine. Agar bisa terwujud, pastikan kalau langit-langit kamar tidur tinggi sehingga bisa dijadikan ruangan vertikal. Ruangan vertikal itu bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur ataupun tempat penyimpanan baju atau barang lainnya.
Tidak hanya menghemat ruangan, tetapi desain kamar tidur mezzanine juga tentunya sangat nyaman dan lega. Jangan lupa, tampilannya juga cukup estetik.

10. Desain Kamar Tidur Kecil 2x2: Gaya Natural

Desain kamar tidur kecil 2x2 bergaya natural. (yayaandco.com)
Desain kamar tidur kecil 2x2 terakhir adalah yang desain kamar tidur bergaya natural. Unsur alam sangat dibutuhkan pada desain tipe ini, seperti penggunaan lantai kayu atau dipan kayu, begitupun dengan penambahan pot tanaman besar yang membuat kamar menjadi sangat homey dan cozy.
Pilih warna-warna alam seperti putih, cokelat, abu-abu sebagai pelengkap di kamar. Tujuannya agar kamar terlihat lebih luas dan lega. Tujuan adanya tanaman di kamar selain memberikan unsur alami, juga dapat mengistirahatkan mata setelah terpapar lama layar perangkat gadget anda.
Tonton video berikut untuk memilih warna cat rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com
Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini