12 Desain Nomor Rumah Unik dan Ciamik, Bikin Hunian Tambah Keren!

Tim Editorial Rumah.com
12 Desain Nomor Rumah Unik dan Ciamik, Bikin Hunian Tambah Keren!
RumahCom – Bagi Anda yang menempati perumahan klaster, setiap unit rumah biasanya memang sudah dilengkapi dengan penomoran yang berurutan. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga mendekorasi ulang nomor rumah Anda sehingga tampil unik dan eye catching dari luar rumah. Pentingnya nomor di setiap unit rumah adalah hal yang wajib sebagai penanda. Bayangkan jika rumah tidak memiliki nomor penanda, pastinya akan sulit ditemukan bagi orang yang mencari alamat rumah Anda.
  1. Desain Nomor di Dinding Batu Bata
  2. Desain Nomor dari Akrilik
  3. Desain Nomor pada Pagar Kayu
  4. Desain Nomor dengan Plat Besi
  5. Desain Nomor Menggunakan Paku Ukir
  6. Desain Nomor dari Bahan Baja
  7. Desain Nomor Tema Vintage
  8. Desain Nomor dengan Sentuhan Lampu
  9. Desain Nomor dari Plat Mobil
  10. Desain Nomor dengan Sentuhan Bunga-Bunga
  11. Desain Nomor Menggunakan Papan Kayu
  12. Desain Nomor Material Semen
  13. Tips Memasang Nomor Rumah
9 Desain Teralis Minimalis Klasik yang Unik dan Estetik

9 Desain Teralis Minimalis Klasik yang Unik dan Estetik

1. Desain Nomor Rumah di Dinding Batu Bata

Model nomor rumah unik ini terbuat dari kayu mahoni. (Foto: The Spruce)
Jika rumah Anda menggunakan dinding batu bata ekspos, maka cobalah menggunakan desain nomor rumah menggunakan kayu ukir. Anda bisa menjadikan model ini sebagai salah satu interior rumah. Model nomor rumah unik ini terbuat dari kayu mahoni.

2. Desain Nomor Rumah dari Akrilik

Nomor rumah bahan akrilik bisa menjadi pilihan yang bisa disesuaikan dengan konsep hunian. (Foto: Etsy.com)
Kelebihan nomor rumah memakai akrilik custom bisa dipasang untuk indoor/outdoor, tahan terhadap air, proses cutting menggunakan laser sehingga hasilnya lebih rapi dan cepat, model dan jenis huruf bisa di custom sesuai keinginan.
Nomor rumah bahan akrilik bisa menjadi pilihan yang bisa disesuaikan dengan konsep hunian Anda. Akrilik merupakan plastik yang bentuknya hampir menyerupai kaca akan tetapi memiliki kelenturan yang tidak dimiliki kaca.

3. Desain Nomor Rumah pada Pagar Kayu

Bahan ini sangat cocok diletakan di luar ruangan. (Foto: Pexels- Erik Mclean)
Jika rumah Anda menggunakan pagar kayu, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan nomor rumah plat laser cutting. Bahan ini sangat cocok diletakan di luar ruangan, karena bahan dari plat besi ini sangat tahan terhadap cuaca.

4. Desain Nomor Rumah Plat Besi

Desain ini cocok dengan gaya hunian minimalis. (Foto: Unsplash)
Penanda nomor rumah berbahan plat besi sangatlah menarik dan bernuansa modern. Desain ini cocok dengan gaya hunian minimalis, baik untuk rumah ataupun penanda nomor unit di hunian vertikal seperti apartemen. Bahan kedua tersebut tahan terhadap segala cuaca dalam jangka waktu lama sekaligus unik.
Desain nomor rumah kerap diabaikan karena biasanya tidak terlalu mencolok. Namun jika Anda ingin memiliki rumah dengan desain nomor rumah yang menarik, bisa cek daftar hunian di kawasan Bandung berikut ini! Simak hunian Bandung dibawah Rp1 miliar di sini!

5. Desain Nomor Rumah Menggunakan Paku Ukir

Harga paku ulir yang tahan karat tidak murah. (Foto: The Grain Home)
Proyek yang satu ini menggunakan paku ulir sebagai bahan baku. Cara membuatnya cukup sederhana, dengan memaku satu persatu paku ulir ke media papan kayu membentuk deretan angka dan huruf. Meski demikian, harga paku ulir yang tahan karat tidak murah sehingga Anda bisa mengakalinya dengan melapisi paku ulir dengan lapisan cat tahan air.

6. Desain Nomor Rumah dari Bahan Baja

Pilih material yang kuat seperti besi baja yang anti karat. (Foto: Unsplash – Waldemar Brandt)
Peletakan nomor rumah yang berada di area luar membuat material ini sering terpapar hujan serta matahari. Maka itu, pilihlah material yang kuat seperti besi baja yang anti karat.

7. Desain Nomor Rumah Tema Vintage

Siapkan papan kayu yang dipoles dan diampelas agar tampak vintage. (Foto: Unsplash – Tania Malrechauffe)
Contek desain yang satu ini jika Anda menginginkan dekorasi manis di depan rumah. Siapkan papan kayu yang dipoles dan diampelas agar tampak vintage. Kemudian hias papan kayu dengan kotak tanaman yang berisi tanaman artifisial yang tergantung. Terakhir tempel nomor rumah di ujung papan.

8. Desain Nomor Rumah dengan Sentuhan Lampu

Gunakan lampu hias yang hemat listrik untuk memberi cahaya berpendar. (Foto: Unsplash – Evelyn Paris)
Jika Anda senang bermain dengan kelap kelip cahaya lampu di malam hari, mengapa tidak mengaplikasikannya membentuk nomor rumah? Gunakan lampu hias yang hemat listrik dan tambahkan bohlam kosong untuk memberi cahaya berpendar secara dramatis.

9. Desain Nomor Rumah Plat Mobil

Plat mobil memberikan kesan anti mainstream dan tentu saja unik. (Foto: Unsplash – Fredrik Ohlander)
Untuk pecinta otomotif, Anda akan menyukai rekomendasi penanda nomor rumah ini. Terinspirasi dari plat mobil, Anda bisa membuat nomor rumah seperti plat mobil. Dengan membuat penanda nomor rumah seperti plat mobil memberikan kesan anti mainstream dan tentu saja unik.

Tips Rumah.com

Nomor rumah bahan akrilik bisa menjadi pilihan yang bisa disesuaikan dengan konsep hunian Anda. Akrilik merupakan plastik yang bentuknya hampir menyerupai kaca akan tetapi memiliki kelenturan yang tidak dimiliki kaca.

10. Desain Nomor Rumah Tanaman Artifisial

Anda bisa membuat nomor rumah yang terbuat dari tanaman artifisial. (Foto: Unsplash)
Untuk menghadirkan kesan rustic pada fasad bangunan, Anda bisa membuat nomor rumah yang terbuat dari tanaman artifisial. Buat daun imitasi membentuk deretan angka-angka yang cantik. Gantungkan pada bagian depan rumah secara langsung atau pada media kayu.

11. Desain Nomor Rumah Menggunakan Papan Kayu

Buat papan kayu menjadi lebih atraktif dengan kombinasi warna warni cerah. (Foto: Unsplash)
Jika fasad bangunan Anda terdiri dari semenan batu bata yang unfinished, maka nomor rumah dengan media kayu bisa menjadi dekorasi yang melengkapi. Agar tidak terlihat membosankan Anda bisa membuat papan kayu menjadi lebih atraktif dengan kombinasi warna warni cerah. Terakhir, tempel plat nomor rumah dengan perekat atau paku.

12. Desain Nomor Rumah Material Semen

Cetak angka dengan ukuran yang cukup besar agar jelas terlihat oleh siapapun. (Foto: Unsplash)
Inspirasi ini cocok bila rumah Anda memiliki pekarangan yang cukup luas di depan rumah. Dengan material semen yang dicetak sesuai nomor rumah Anda, tanam angka-angka ini di pekarangan rumah. Cetak angka dengan ukuran yang cukup besar agar jelas terlihat oleh siapapun yang melintas di depan rumah. Rumah Anda akan tampak unik dan bergaya kontemporer tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Tips Memasang Nomor Rumah

Faktanya, nomor rumah dapat memberi dampak besar pada kesan yang dimiliki tamu Anda. (Foto: Unsplash – Bruno Martins)
Nomor rumah yang dirancang dengan baik dapat membuat dampak yang signifikan pada keseluruhan tampilan dan nuansa rumah. Meskipun nomor rumah terkadang bersifat sederhana, namun faktanya dapat memberi dampak besar pada kesan yang dimiliki tamu Anda, terutama ketika mereka mengunjungi rumah Anda untuk pertama kalinya. Simak tips memasang nomor rumah yang bisa diaplikasikan!

Warna dan Finishing

Warna atau finishing adalah salah satu hal pertama yang perlu Anda ingat ketika memilih nomor rumah yang sempurna. Baik warna nomor maupun warna permukaan pemasangan tempat nomor digantung perlu dipertimbangkan. Tentunya agar dua warna atau hasil akhir ini bisa bekerja bersama dan dapat membuat perbedaan besar serta pengaruhnya terhadap angka tersebut.
Angka idealnya membutuhkan kontras yang tinggi terhadap area di mana mereka digantung. Ini membantu nomor rumah menonjol saat dilihat dari kejauhan dan juga bisa membuatnya tampak lebih mencolok saat dari dekat. Pastikan Anda memilih warna yang Anda suka dengan tetap mempertimbangkan area untuk menempatkan nomor rumah. Perhatikan juga hasil akhir yang diinginkan, apakah punya permukaan mengkilap, matte, atau terbuat dari aluminium.

Font

Elemen berikutnya yang perlu dipertimbangkan dalam desain nomor rumah Anda adalah font. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menggunakan font angka tradisional yang sama dengan yang digunakan tetangga, namun Anda juga bisa bersenang-senang dengan font lainnya. Sebaiknya, pilih font yang menonjol, tebal dan mudah dibaca, dan berdampak pada eksterior rumah.
Selain itu, font harus sesuai dengan desain rumah Anda. Rumah yang lebih tradisional sebaiknya juga menggunakan font yang lebih tradisional. Begitu pula dengan rumah modern, maka gunakan font yang lebih modern. Tampaknya sederhana, namun justru elemen-elemen ini benar-benar dapat menonjol dan memengaruhi kekompakan gaya rumah secara keseluruhan.

Ukuran

Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan desain nomor rumah adalah ukurannya. Ini adalah area yang banyak orang bisa salah dan akhirnya memilih nomor rumah yang lebih kecil daripada yang ideal.
Nomor rumah harus berukuran dan diposisikan sedemikian rupa sehingga mudah dilihat dari jalan. Itu juga harus sesuai dengan ruang di mana ia dipasang, tidak terlalu ke atas atau kekecilan. Ukuran yang Anda pilih harus selaras dengan permukaan tempat Anda memasang. Memastikan ukuran yang pas akan membuat nomor rumah mudah dibaca, tetapi tidak terlalu besar sehingga mengganggu atau menghalangi tampilan rumah.
Tonton video berikut untuk mengetahui cara menata ruangan rumah yang minimalis!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini