10 Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dan Ringkas

Tim Editorial Rumah.com
10 Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dan Ringkas
Rumah.com – Salah satu type rumah yang paling banyak di pasaran adalah rumah type 36. Sayangnya bagi sebagian orang, rumah type 36 cenderung memiliki ruang yang terbatas sehingga akhirnya rumah terlihat sempit dan menyesakkan bagi penghuninya.
Padahal sebenarnya, dengan desain yang tepat rumah type 36 bisa terlihat luas dan ringkas loh. Imej sempit pun dapat hilang bagi hunian kecil dan minimalis seperti ini. Bagaimana caranya?
Artikel ini pun akan memberikan rekomendasi desain rumah type 36 agar terlihat luas dan ringkas dari ukuran sebenarnya:
  1. Desain Rumah Type 36 Konsep Terbuka
  2. Desain Rumah Type 36 Warna Terang
  3. Desain Rumah Type 36 Tempat Penyimpanan
  4. Desain Rumah Type 36 Bergaya Lesehan
  5. Desain Rumah Type 36 Ruang Khusus Servis
  6. Desain Rumah Type 36 Ruang Terbuka di Belakang Rumah
  7. Desain Rumah Type 36 Multi Ruangan
  8. Desain Rumah Type 36 Area Bawah Tangga
  9. Desain Rumah Type 36 Atap Tinggi
  10. Desain rumah Type 36 Teras Sebagai Ruang Tamu
10 Contoh Rumah Type 36 Beserta Gambar

10 Contoh Rumah Type 36 Beserta Gambar

1. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Konsep Terbuka

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan konsep terbuka. (Foto: Pixabay – 5460160)
Salah satu cara agar rumah type 36 bisa terlihat luas adalah dengan mengusung konsep terbuka. Konsep terbuka yang dimaksud adalah desain rumah tanpa sekat atau pembatas. Dengan begitu, hunian akan terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya.
Apabila ingin suasana yang lebih privat, Anda bisa dengan mudah meletakkan partisi ataupun memasang tirai atau gorden sebagai sekat untuk memisahkan antar ruangan.

2. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Warna Terang

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan menggunakan pilihan warna terang. (Foto: Pixabay – Petr Podlesak)
Bukan rahasia kalau warna terang dapat membuat ruangan tampak lebih lapang dan luas. Untuk tiu, agar rumah type 36 bisa terlihat luas dan ringkas adalah dengan menggunakan pilihan warna terang untuk interior rumah.
Semisal dengan memilih warna putih, pink muda, biru muda, ataupun kuning pastel. Supaya estetika rumah bertambah, gunakan pula furniture dengan warna-warna terang, seperti putih atau coklat kayu.

3. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Tempat Penyimpanan

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan memaksimalkan tempat penyimpanan. (Foto: Pixabay – Petr Podlesak)
Agar rumah type 36 terlihat lebih luas dan ringkas, usahakan dengan memaksimalkan tempat penyimpanan yang ada di dalam rumah. Baik di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, hingga dapur.
Menyimpan barang pada tempat penyimpanan membuat rumah terlihat lebih rapi dan ringkas.
Pastikan juga tempat penyimpanan tertata dengan rapi dan tidak asal-asalan dalam menyimpan barang. Itu dilakukan supaya tidak kesulitan ketika mencari barang yang dibutuhkan.
Ada banyak cara supaya desain rumah type 36 agar terlihat luas. Salah satunya dengan konsep open space yang juga bermanfaat untuk sirkulasi udara dan cahaya. Mau punya rumah dengan sirkulasi udara dan cahaya yang baik di Sawangan, Depok dengan harga dibawah Rp500 juta? Cek pilihan rumahnya di sini!

4. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Bergaya Lesehan

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan menerapkan gaya lesehan. (Foto: Pexels – Pixabay)
Rekomendasi desain rumah type 36 agar terlihat lebih luas lainnya adalah dengan menerapkan gaya lesehan. Tidak banyak yang menyadari kalau penggunaan sofa atau kursi dalam sebuah ruangan dengan ukuran terbatas ternyata bisa membuat ruangan tampak sempit.
Untuk mengatasinya bisa dengan mencoba menerapkan gaya lesehan atau duduk di lantai. Supaya ruangan lebih cantik, alasi area duduk dengan karpet berwarna terang. Anda atau tamu yang sedang duduk pun tentunya bisa merasa nyaman di rumah.

5. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Ruang Khusus Servis

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan ruang servis khusus. (Foto: Pexels – Ron Lach)
Salah satu cara lainnya agar rumah type 36 bisa terlihat luas adalah dengan memiliki ruangan khusus servis. Apa itu ruangan khusus servis? Itu adalah ruangan yang dipergunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci baju, menjemur pakaian, hingga menyetrikanya kembali.
Ternyata, memiliki ruangan khusus servis seperti ini dapat membuat rumah type 36 terlihat luas. Itu karena Anda tidak akan melihat ruangan berantakan lagi penuh pakaian berserakan di dalam rumah karena telah mempunyai ruangan khusus untuk itu.

6. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Ruang Terbuka di Belakang Rumah

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan ruang terbuka di belakang rumah. (Foto: Pexels – Ron Lach)
Manfaatkan area yang ada di belakang rumah sebagai ruang terbuka. Hal ini dapat membuat rumah type 36 terlihat lebih luas. Area terbuka itu bisa digunakan untuk banyak hal, lho. Mulai dari menggunakannya sebagai dapur, ruang makan, ruang servis khusus, ataupun area berkumpul terbuka dengan keluarga dan tamu.
Ruang terbuka yang ada di belakang rumah juga membantu untuk memaksimalkan cahaya alami untuk rumah. Melalui pencahayaan alami, rumah pun tampak lebih luas. Jadi ketimbang memiliki area duduk depan rumah, ubah menjadi di belakang agar lebih privasi.

Tips Rumah.com

Jika berniat untuk mencicil rumah, perhitungkan seberapa besar kemampuan untuk membayar cicilan rumah agar tidak melebihi penghasilan bulanan dan kebutuhan.

7. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Multi Ruangan

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan menyatukan beberapa ruangan. (Foto: Pixabay – Victoria Art)
Konsep multi ruangan bisa dicoba agar rumah type 36 terlihat lebih luas, yakni dengan menyatukan beberapa ruangan. Semisal menggabungkan ruang tamu sebagai ruang keluarga, ruang keluarga dengan ruang makan, ataupun ruang makan dengan dapur.
Menyatukan beberapa ruangan menjadi satu dapat menghemat space rumah sehingga rumah pun tampak lebih lapang dan lega. Konsep ini juga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga karena setiap aktivitas dapat terlihat.

8. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Area Bawah Tangga

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan memanfaatkan area di bawah tangga. Foto: Pixabay – 4787421)
Untuk rumah type 36 yang bertingkat, usahakan memanfaatkan dengan baik area di bawah tangga. Tujuannya agar rumah bisa tampak luas dan ringkas. Semisal dengan menggunakan area di bawah tangga sebagai tempat penyimpanan ataupun dapur.
Memanfaatkan di bawah tangga dengan baik juga membantu menghemat ruangan, serta mempercantik ruangan agar lebih estetik. Atau bahkan Anda bisa menjadikannya sudut yang tenang untuk kegiatan work from home.

9. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas Atap Tinggi

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan membangun atap tinggi. (Foto: Pixabay – Shadow Firearts)
Cara lainnya agar rumah type 36 dapat terlihat luas adalah dengan membangun atap tinggi. Atap yang tinggi membuat rumah tampak lebih lapang, luas, dan lega. Anda dan tamu yang berkunjung pun tidak akan merasa pengap karena rumah dengan atap yang tinggi umumnya cenderung terasa lebih sejuk.
Keunggulan lainnya dari atap rumah yang tinggi adalah memiliki sumber pencahayaan alami yang lebih banyak. Pencahayaan alami dapat menghangatkan suasana rumah sehingga penghuni akan terasa lebih nyaman.

10. Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas dengan Jadikan Teras Ruang Tamu

Desain rumah type 36 agar terlihat luas dengan menjadikan teras sebagai ruang tamu. (Foto: Pixabay – Tuanarch 87)
Karena luas bangunan yang cukup terbatas dari rumah type 36, menjadikan teras sebagai ruang tamu bisa menjadi solusi agar rumah terlihat luas. Dengan memanfaatkan teras sebagai ruang tamu, bagian dalam rumah pun akan terasa lebih lapang karena setiap ruangan mempunyai luas yang lebih besar.
Percantik teras dengan tanaman dan ornamen kayu agar memberikan nuansa alami yang hangat. Menggunakan warna kursi yang terang juga bisa menjadi solusi lainnya. Jangan lupa merawat tanaman dengan baik agar jadi aksesoris cantik di area ini.
Tonton video berikut untuk mempelajari cara menata ruangan rumah minimalis!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar Properti danPanduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini