9 Ide Desain Rumah Bambu Jepang Kekinian, Hunian Terasa Nyaman

Tim Editorial Rumah.com
9 Ide Desain Rumah Bambu Jepang Kekinian, Hunian Terasa Nyaman
RumahCom – Desain rumah bambu jepang ternyata cocok diaplikasikan pada hunian kekinian, loh! Bukan hanya bisa bikin rumah terasa nyaman, tapi juga menarik secara desain. Dengan harga yang cenderung lebih murah dari kayu, material bambu dapat membuat budget jadi lebih hemat.
Untuk Anda yang tengah mencari inspirasi desain rumah bambu jepang namun tetap terlihat kekinian, simak artikel berikut yang akan memberi 9 desain rumah bambu jepang yang kekinian dan nyaman.
  1. Desain Rumah Bambu Jepang Minimalis Modern
  2. Desain Rumah Bambu Jepang Klasik
  3. Desain Rumah Bambu Jepang Dua Lantai
  4. Desain Rumah Bambu Jepang Tropical
  5. Desain Rumah Bambu Jepang Industrial
  6. Desain Rumah Bambu Jepang Kontemporer
  7. Desain Rumah Bambu Jepang Artistik
  8. Desain Rumah Bambu Jepang dengan Kolam Renang
  9. Desain Rumah Bambu Jepang Kombinasi Kaca
  10. Tips Desain Rumah Bambu Jepang

1. Desain Rumah Bambu Jepang Minimalis Modern

Rumah Jepang berbahan bambu dengan desain minimalis modern. (Foto: Pinterest)
Desain yang tengah menjadi trend saat ini adalah desain dengan konsep minimalis modern. Walaupun berasal dari alam, material bambu ternyata juga cocok lho diterapkan di konsep minimalis modern seperti di atas.
Material bambu dapat Anda terapkan di bagian pagar, serta dinding fasad rumah sehingga terlihat kekinian, nyaman, dan aesthetic. Selain itu, juga menimbulkan kesan adem dan asri. Desain rumah bambu jepang mudah diaplikasikan pada hunian yang berkonsep Japandi.
Tapi dengan desain yang tepat, material utamanya yang terbuat dari bambu juga mudah dipadu padankan dengan berbagai konsep hunian. Bagi Anda yang cari rumah dengan konsep desain hunian yang menarik dengan harga di bawah Rp1 M, cek pilihan rumahnya di kawasan BSD City di sini!

2. Desain Rumah Bambu Jepang Klasik

Rumah bambu jepang model klasik yang otentik. (Foto: Pinterest)
Jika Anda ingin menonjolkan nuansa Jepang, maka konsep klasik seperti ini adalah pilihan yang tepat. Terutama jika dilihat pada perpaduan material bambu dipadu dengan bentuk atap yang khas.
Material bambu sudah terlihat dari luar fasad hunian, di mana bambu digunakan untuk pintu dan pagar rumah. Agar nuansanya lebih terasa, buat eksterior seperti rumah tradisional Jepang seperti di atas.

3. Desain Rumah Bambu Jepang Dua Lantai

Rumah jepang 2 lantai jadi solusi untuk lahan terbatas. (Foto: Pinterest)
Untuk Anda yang memiliki lahan terbatas, Anda dapat membuat rumah bambu jepang dengan 2 lantai seperti di atas. Anda dapat menerapkan bambu di hampir seluruh eksterior rumah, seperti menjadi tiang penyangga, tangga, sampai pagar.

4. Desain Rumah Bambu Jepang Tropical

Konsep tropical cocok diterapkan di Indonesia. (Foto: Pixabay)
Untuk Anda yang gemar memelihara tanaman, konsep rumah tropical nampaknya cocok untuk Anda. Dan konsep tropical adalah kombinasi yang sangat pas dengan material bambu yang juga berasal dari alam.
Anda dapat menerapkan bambu untuk menjadi balkon di lantai 2, dan sebagai penyangga atap yang dapat Anda jadikan rooftop untuk perkebunan mini di rumah. Dengan konsep ini, dijamin suasana rumah akan menjadi asri dan nyaman.

5. Desain Rumah Bambu Jepang Industrial

Rumah jepang identik tanpa kursi dan hanya menggunakan alas untuk duduk. (Foto: Archdaily.com)
Siapa bilang konsep industrial tidak dapat berpadu dengan rumah bambu jepang? Dengan padu padan yang tepat, rumah bambu jepang dengan konsep industrial dapat menjadi tampilan yang menarik. Anda dapat menonjolkan nuansa industrial di bagian interior, yakni furnitur seperti lampu sudut, lantai, dan dekorasi ruangan.
Dan Anda dapat menonjolkan rumah jepang di bagian furnitur lain seperti meja dan alas duduk lesehan khas Jepang. Dan material bambu dapat Anda terapkan sebagai dekorasi ruangan atau dimanfaatkan sebagai material eksterior rumah.

Tips Rumah.com

Salah satu ciri khas desain berkonsep industrial terlihat dari dinding dengan kondisi unfinished. Bentuknya bisa hanya berupa aksen dengan pilihan warna abu-abu yang menyerupai warna semen.

6. Desain Rumah Bambu Jepang Kontemporer

Rumah bambu jepang kontemporer yang mewah dan kekinian. (Foto: Pixabay)
Siapa bilang bambu hanya dapat diterapkan di hunian yang kuno? Eits, bambu juga dapat membuat hunian menjadi terlihat mewah dan kekinian lho! Seperti contoh desain kontemporer di atas, material bambu yang digunakan untuk bagian dinding rumah menjadi terlihat mewah dengan paduan material, konsep, dan penataan yang ciamik.

7. Desain Rumah Bambu Jepang Artistik

Bambu dapat diterapkan menjadi dinding penyekat. (Foto: Pinterest)
Siapa sangka material bambu dapat dipadukan dengan konsep rumah yang artistik seperti gambar di atas. Bambu dapat Anda gunakan untuk penyekat antara satu ruang dan ruangan yang lain, atau sebagai dinding di tangga rumah.
Pilihlah tangga yang unik berbahan alami seperti kayu. Anda juga dapat membuat mini galeri seni di rumah, dijamin rumah Anda akan terlihat artistik, dan yang pasti nyaman serta kekinian.

8. Desain Rumah Bambu Jepang dengan Kolam Renang

Kolam renang dapat memberi Anda tempat untuk relaksasi. (Foto: Pinterest)
Nah, untuk desain rumah yang satu ini dibuat lebih modern dan kekinian tetapi beberapa bagian dindingnya mengusung bahan bambu, khusus di bagian atas. Sedangkan di lantai bawah menggunakan dinding berbahan kaca yang elegan. Ditambah dengan kolam renang desain minimalis.

9. Desain Rumah Bambu Jepang Kombinasi Kaca

Paduan kaca dan bambu yang elegan. (Foto: Housing.com)
Jika Anda membuat hunian dengan menggunakan banyak kaca, maka dapat Anda kombinasikan dengan material bambu. Kehadiran bambu dapat memberi sekat cahaya dari kaca yang masuk ke ruangan, sehingga ruangan tak terlalu silau karena cahaya matahari langsung.

Tips Desain Rumah Bambu Jepang

Bambu dapat membuat suasana menjadi sejuk dan menenangkan. (Foto: Pinterest)
Menerapkan material bambu dalam hunian memang terbilang susah-susah gampang. Karenanya, sebelum menerapkannya di rumah, simak tips desain rumah bambu jepang berikut:
  1. Anda harus mengecek terlebih dahulu diameter bambu yang tersedia supaya saat pembangunan berlangsung tidak terjadi kesulitan dalam mencari bahan saat proses pembangunan berlangsung.
  2. Ada baiknya bambu yang akan dibangun dilakukan proses pengawetan agar dapat mencegah gangguan hewan yang dapat merusak konstruksi bambu. Caranya bisa melalui perendaman maupun pengawetan bahan kimia yang bisa mengawetkan bambu.
  3. Ketika penyusunan bambu dan pembuatan konstruksi rumah dimulai, disarankan untuk tidak menggunakan paku besi. Jenis paku ini kaku dan tidak lentur sehingga membuat bahan ini gampang rusak.
  4. Gunakanlah paku pasak. Model paku ini dibuat dari bambu atau kayu yang dipotong kecil-kecil sehingga mempunyai bentuk menyerupai paku. Untuk membuat lobang dapat dilakukan dengan bor.
  5. Desain yang Anda buat harus disesuaikan dengan kondisi alam atau lingkungan sekitar bangunan agar tercipta desain yang menyatu dengan alam sekitar sehingga rumah bambu Anda akan terasa eksotik.
  6. Anda bisa memadupadankan dengan aneka material lainnya seperti batu alam, atap rumbia atau atap genteng.
  7. Anda bisa menambahkan taman di halaman rumah dengan kolam ikan yang dihiasi dengan tanaman-tanaman hijau sehingga menambah keasrian rumah.
  8. Pergunakan warna cat yang tidak akan merusak warna asli bambu. Misalnya plamir atau cat transparan sehingga dapat memunculkan tekstur asli dari bambu.
  9. Terakhir, perawatan rumah secara berkala dari segi kebersihan, kerusakan, pengecatan dan juga perawatan bambu dari gangguan hewan yang dapat merusak konstruksi rumah.
Itulah tadi 9 inspirasi beserta tips untuk membuat rumah bambu jepang yang nyaman dan kekinian. Semoga dapat menjadi referensi untuk Anda membangun rumah impian.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari tips memilih asuransi rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini