10 Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Lengkap dengan Gambar

Tim Editorial Rumah.com
10 Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Lengkap dengan Gambar
Rumah.com- Desain rumah sederhana beberapa tahun belakangan memang populer. Selain terlihat simpel, desain rumah sederhana juga tampak modern dan minimalis sehingga menjadikannya hunian yang nyaman untuk keluarga.
Merencanakan desain rumah sederhana pun sangat penting, agar tidak perlu banyak melakukan ‘rombak’ saat rumah telah dibangun. Bagi mereka yang ingin memiliki 3 kamar untuk rumah sederhana, artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasinya:
  1. Desain rumah sederhana Teras besar
  2. Desain rumah sederhana Sejajar
  3. Desain rumah sederhana Minimalis
  4. Desain rumah sederhana dengan Garasi
  5. Desain rumah sederhana Mewah
  6. Desain rumah sederhana Modern
  7. Desain rumah sederhana Halaman dan Teras Besar
  8. Desain rumah sederhana Dapur Luas
  9. Desain rumah sederhana Garasi Luas
  10. Desain rumah sederhana Memanjang

1. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar dengan Teras Besar

Desain dan denah rumah sederhana 3 kamar teras besar. (Foto: Houseplansservices.com)
Desain ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memiliki teras rumah yang besar. Terdapat tiga kamar tidur dengan dan 2 kamar mandi, di mana salah satu kamar mandi tersambung pada kamar tidur utama. Agar rumah terlihat lebih luas, kamar tidur sengaja dibuat di bagian belakang rumah.
Selain itu, peletakannya di belakang rumah juga menjadikan kamar tidur menjadi lebih private. Sementara area ruang tamu dan ruang keluarga menyatu dan dapat dipisahkan melalui partisi agar tidak memakan lebih banyak ruang.
Desain rumah sederhana 3 kamar banyak diadaptasi orang karena dianggap paling ideal, terutama bagi pasangan yang baru menikah atau keluarga muda. Lagi cari rumah yang cocok untuk pasangan yang baru menikah atau keluarga muda di kawasan Bojongsari? Temukan pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

2. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Sejajar

Desain rumah sederhana 3 kamar sejajar. (Foto: Home-designing.com)
Keterbatasan lahan bukan berarti tidak membuat rumah sederhana menjadi 3 kamar. Ini bisa disiasati dengan membuat kamar menjadi sejajar. Lorong tidak perlu terlalu besar sehingga memungkinkan setiap kamar memiliki kamar mandi sendiri.
Ruang tamu dan ruang makan menjadi satu dengan dapur berbentuk kotak di dekat pintu masuk. Jika memiliki tanah lebih dapat dimanfaatkan sebagai teras dan taman kecil.

3. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Minimalis

Desain rumah sederhana 3 kamar minimalis. (Foto:Homedesignlover.com)
Untuk mereka yang menyukai desain minimalis dan tidak ingin memiliki banyak ruang dalam rumah, desain ini patut dicoba. Desain ini memiliki tiga kamar tidur yang terbagi dalam dua sisi, kanan dan kiri dan dipisahkan oleh ruang tamu dan dapur yang menjadi satu dengan ruang makan.
Terdapat dua kamar mandi yang satu dikhususkan untuk showering, sementara yang satu lagi untuk kloset. Dengan begitu, anggota keluarga tidak perlu rebutan kamar mandi.
7 Tips Membangun Rumah Kecil yang Bikin Betah

7 Tips Membangun Rumah Kecil yang Bikin Betah

4. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar dengan Garasi

Desain rumah sederhana 3 kamar dengan garasi. (Foto: Houseplansservices.com)
Memiliki 3 kamar tidur bukan berarti tidak mempunyai garasi. Desain ini bisa menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin mempunyai 3 kamar dan garasi sekaligus. Garasi berada di depan rumah, bersebelahan dengan ruang tamu dan teras, yang langsung menyatu dengan dapur.
Sementara kamar tidur berada di belakang rumah dengan satu kamar tidur utama yang mempunyai kamar mandi di dalam. Kamar mandi lainnya berada berdampingan dengan kamar tidur utama menghadap ke lorong yang tidak begitu luas.

5. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Mewah

Desain rumah sederhana 3 kamar mewah. (Foto: Home-designing.com)
Walaupun tampak minimalis dan sederhana, desain ini tampak mewah karena masing-masing kamar mempunyai kamar mandi di setiap kamar tidur. Bukan itu saja, terdapat juga kamar mandi tambahan apabila tamu sedang datang berkunjung di dekat pintu masuk.
Kamar tidur dibuat berderet, dengan kamar tidur utama memiliki luas paling besar lengkap dengan walk-in closet dan kamar mandi super besar. Sedangkan ruang tamu bersebelahan langsung dengan ruang makan dan dapur yang memiliki gaya standing bar.

6. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Modern

Desain rumah sederhana 3 kamar modern. (Foto: Homedesignlover.com)
Hunian modern bukan hanya dari perabotan atau furnitur kekinian, tetapi juga dari desain dan penataan furniture yang ada di rumah. Semisalnya dengan desain rumah sederhana 3 kamar ini, pintu masuk dibuat agak menyerong, untuk memberikan ruang pada dapur, ruang tamu, dan kamar tidur utama.
2 kamar tidur lainnya dibuat berdampingan dan ditengahi oleh walk-in closet dan satu kamar mandi khusus. Ruang makan pun sengaja diletakkan di dekat dapur tanpa partisi sehingga membuatnya terlihat lebih lega.

7. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Halaman dan Teras Besar

Desain rumah sederhana 3 kamar halaman dan teras besar. (Foto: Ulrichome.com)
Mereka yang menginginkan halaman dan teras yang luas, bisa mencoba desain rumah sederhana 3 kamar ini. Kamar tidur utama berada di depan rumah, bersebelahan dengan ruang tamu. Sementara 2 kamar tidur lainnya ada berada di samping dan belakang rumah.
Kamar tidur belakang memiliki kamar mandi sendiri dan berada di samping dapur dan ruang mencuci. Sementara ruang tamu dan ruang makan menyatu tanpa sekat. Bagian depan rumah, diperuntukkan untuk teras yang luas dan halaman untuk parkir atau bermain anggota keluarga dan tamu yang datang berkunjung.

Tips Rumah.com

Agar suasana rumah bisa semakin nyaman, aplikasikan interior desain modern yang simpel yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah.

8. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar: Dapur Luas

Desain rumah sederhana 3 kamar dapur luas. (Foto: Home-designing.com)
Bagi mereka yang senang memasak, desain rumah sederhana 3 kamar dengan dapur luas dapat menjadi pilihan yang pas. Dapur yang luas dan memanjang dipisahkan dengan partisi ruang tamu dan ruang makan di bagian tengah rumah.
Kamar tidur utama terletak di bagian depan rumah, menyambut di dekat pintu masuk. 2 kamar tidur lainnya yang berukuran kecil berada di belakang kamar mandi yang ditengahi oleh dapur.

9. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Garasi Luas

Desain rumah sederhana 3 kamar. (Foto: Homedesignlover.com)
Desain rumah sederhana 3 kamar bisa juga mempunyai garasi luas yang cukup menampung 2 mobil, seperti ini. Kamar tidur utama berada di bagian depan rumah lengkap dengan kamar mandi dalam. Sementara 2 kamar lainnya ada di bagian tengah dan belakang rumah.
Kamar mandi lainnya berada di antara dua kamar yang menghadap ke arah dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Dapur juga dibuat dengan mini bar sehingga membuat ruangan menjadi lebih cozy.

10. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar Memanjang

Desain rumah sederhana 3 kamar memanjang. (Foto: Homedesignlover.com)
Bagi mereka yang memiliki rumah dengan desain memanjang, desain rumah sederhana 3 kamar memanjang dapat menjadi solusi. Pintu masuk rumah dibuat di samping rumah dan langsung mengarah ke ruang makan yang menjadi satu dengan dapur, dan ruang tamu.
Sementara itu, kamar tidur berada di samping rumah berdampingan dengan garasi dengan satu kamar mandi yang cukup besar dan ruang mencuci. Lorong tidak perlu dibuat besar untuk membuat bangunan lebih sederhana.
Tonton video berikut untuk mengetahui berbagai model rumah sederhana yang indah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini