10 Rekomendasi Dinding Keramik Meja Dapur yang Bikin Terlihat Aesthetic

Tim Editorial Rumah.com
10 Rekomendasi Dinding Keramik Meja Dapur yang Bikin Terlihat Aesthetic
RumahCom – Dapur merupakan tempat di rumah di mana Anda dapat menyiapkan makanan yang bergizi atau berkreasi dengan resep-resep baru bagi seluruh anggota keluarga. Oleh karena itu, penataan peralatan dan perabotan di dapur harus diperhitungkan secara seksama agar suasana masak lebih menyenangkan. Termasuk dalam mendesain dinding keramik meja dapur.
Asal tahu saja, dalam ilmu feng shui ada beberapa aturan sendiri untuk menata dapur. Pasalnya, dapur dianggap sebagai area terpenting di dalam rumah. Sehingga sangat penting menjaga dapur agar tetap bersih dan tertata rapi demi menjaga kesehatan dan energi positif di dalam rumah. Simak informasi menarik berikut ini mengenai 10 desain dinding keramik meja dapur.
  1. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Tegel
  2. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Marmer
  3. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Geometri
  4. Dinding Keramik Meja Dapur Berwarna Hitam Legam
  5. Dinding Keramik Meja Dapur Granit Retro
  6. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Papan Catur
  7. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Kayu
  8. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Keramik Putih Klasik
  9. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Mozaik Hexagonal
  10. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Monokrom

1. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Tegel

Tegel dikenal sebagai lantai bermotif unik rupanya memiliki sejarah panjang.
Keramik mudah dibersihkan jika terkena noda cipratan. Cukup menggunakan lap basah, Anda dapat menghapus noda minyak di keramik. Keunggulan lainnya, keramik memiliki warna, bentuk, motif, dan ukuran yang beragam sehingga mudah bagi Anda untuk menyesuaikan dengan tema dapur. Contohnya keramik motif tegel yang akan memperkuat nuansa artistik pada rumah.

2. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Marmer

Selain untuk dinding, Anda juga dapat menggunakannya untuk material meja dapur. (Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Penggunaan backsplash tak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang mempercantik tampilan dapur. Ada beragam material pelapis area backsplash yang dijual di pasaran, salah satunya marmer. Marmer, selain mudah dibersihkan, material ini turut menciptakan kesan elegan dan mewah. Marmer juga sangat keras dengan ketebalan 2cm sehingga awet dan tidak mudah pecah. Selain untuk dinding, Anda juga dapat menggunakannya untuk material meja dapur.

3. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Geometri

Jangan lupa sesuaikan juga warna cat tembok dan perabotan lainnya agar tidak saling bertabrakan.(Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Demi menghadirkan konsep modern yang ‘kekinian’ pada dapur, cobalah gunakan keramik model geometris. Anda bisa membeli keramik persegi dengan motif geometris atau langsung memilih bentuk lain seperti heksagonal. Agar tampilannya semakin aesthetic, tentukan beberapa kombinasi warna yang akan dipakai dan susun sesuai selera. Jangan lupa sesuaikan juga warna cat tembok dan perabotan lainnya agar tidak saling bertabrakan.

4. Dinding Keramik Meja Dapur Berwarna Hitam Legam

Kesan mewah dan elegan langsung tercipta dengan pantulan warna hitam yang mengkilap. (Foto: Unsplash)
Black is never failed. Begitulah sekiranya anggapan banyak orang saat memilih material hitam untuk rumah termasuk di dapur. Benar saja, tampilan mewah dan elegan langsung tercipta dengan pantulan warna hitam yang mengkilap di dinding keramik meja dapur. Nuansa minimalis atau industrial pasti sangat pas disandingkan dengan model ini.
Tak mesti menggunakan marmer atau granit untuk dinding meja dapur, keramik juga bisa digunakan atau bahkan stainless steel. Terpenting sesuai dengan konsep rumahnya, apakah industrial, modern, atau minimalis. Mau punya rumah berkonsep minimalis? Cek pilihan rumahnya di kawasan Cibinong, Bogor, dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

5. Dinding Keramik Meja Dapur Granit Retro

Retro diminati karena mulai banyak orang-orang yang menyukai gaya klasik tapi dengan sentuhan modern. (Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Saat ini gaya retro cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan. Kepopulerannya ternyata banyak terekspos di berbagai media sosial. Gaya ini menjadi daya tarik karena mulai banyak orang-orang yang menyukai gaya klasik tapi dengan sentuhan modern. Oleh karenanya, jika tertarik, maka inspirasi dinding keramik meja dapur seperti di atas layak untuk ditiru.

6. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Papan Catur

Keramik monokrom seperti ini akan menciptakan suasana vintage. (Foto: Rupawon)
Jika Anda bosan dengan warna putih namun tetap ingin menghadirkan suasana netral, bisa memilih motif dinding keramik meja dapur dengan pola monokrom. Lalu susun seperti layaknya papan catur, dengan pola keramik putih dan hitam bersebelahan. Keramik monokrom seperti ini juga akan menciptakan suasana vintage dan sangat ideal diaplikasikan di dapur.

7. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Kayu

Soal harga, keramik motif kayu akan jauh lebih murah jika dibandingkan kayu asli. (Foto: Hanse Ceramic Tile)
Di pasaran saat ini banyak tersedia keramik bermotif kayu yang dijamin akan menciptakan suasana rumah menjadi lebih homey dan hangat. Keramik dengan motif kayu mempunyai kelebihan yakni kesan mewah dari kayu dan juga jauh lebih mudah untuk dirawat karena tidak akan bisa lapuk seperti kayu pada umumnya. Soal harga, tentunya keramik dengan motif kayu akan jauh lebih murah jika dibandingkan kayu pada umumnya.

8. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Keramik Putih Klasik

Palet putih di dinding keramik meja dapur memberikan efek kontras. (Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Dapur bernuansa putih cenderung memberi kesan clean dan simpel. Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh gambar di atas. Dapur dengan palet putih di dinding keramik meja dapur memberikan efek kontras yang berpadu dengan warna netral lainnya yakni abu-abu.

Tips Rumah.com

Area dapur rentan terhadap kotor, terutama bagian dinding yang seringkali terkena cipratan minyak (backsplash). Untuk menghindari hal ini, Anda dapat melapisi bagian dinding dapur menggunakan beberapa material pelapis. Saat ini, ada banyak material pelapis area backsplash yang dijual di pasaran.

9. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Mozaik Hexagonal

Mozaik merupakan karya seni yang dimulai sejak zaman Mesopotamia. (Foto: Decoist)
Tertarik dengan dinding keramik meja dapur di atas? Sebagai informasi, mozaik merupakan karya seni yang dimulai sejak zaman Mesopotamia dan semakin berkembang pada peradaban Yunani dan Roma hingga saat ini. Penggunaannya tidak sebatas pada karya seni rupa, namun berkembang hingga seni dekorasi, termasuk dekorasi rumah yang menggunakan teknik mozaik pada keramik pelapis dinding dan interior.

10. Dinding Keramik Meja Dapur Motif Monokrom

Pada bagian backsplash, Anda dapat bereksperimen dengan menggunakan motif marble putih. (Foto: Loveproperty)
Motif keramik hitam putih alias monokrom memang kini sedang naik daun. Sebagai gantinya, penerapan gaya monokrom dapat menciptakan ilusi ruangan lebih luas. Kelebihan ini sangat tepat jika diaplikasikan pada dinding keramik meja dapur. Warna gelap seperti hitam dapat dipilih untuk seluruh rak penyimpanan. Sementara itu, pada bagian backsplash, Anda dapat bereksperimen dengan menggunakan motif marble putih.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari tips beli rumah lelang bank yang bisa Anda ikuti dengan mudah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini