Tentang Essential Oil: Manfaat, Merk dan Harga Terbaru

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat tubuh menjadi sehat, salah satunya adalah essential oil. Kenalilah apa itu essential oil, manfaat, merk dan harga terbarunya melalui artikel ini!
Essential Oil 1
Essential oil saat ini sangatlah populer dan semakin banyak digunakan. (Foto: Western Pennsylvania Healthcare News)

RumahCom - Essential oil adalah salah satu minyak kesehatan yang popularitasnya saat ini terus mengalami peningkatan.  Apakah Anda akhir-akhir ini sering merasa penat dan stress? Maka Anda bisa menggunakannya untuk relaksasi dan menciptakan ketenangan

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya Anda suka menggunakan bahan-bahan yang mengandung bahan kimia sintetis. Produk yang tidak alami dari tumbuh-tumbuhan dapat memberikan efek negatif pada tubuh dan fungsi kognitif Anda. Banyak tanaman memiliki senyawa yang bermanfaat namun tidak banyak bukti efektif yang dapat menyembuhkan penyakit. Pada artikel kali ini kami akan membahas lebih jauh mengenai essential oil , diantaranya yaitu:

  1. Apa itu Essential oil 
  2. 8 Manfaat Essential oil 
    1. Meningkatkan Mood
    2. Mengatasi Stress dan Relaksasi di Rumah
    3. Mengatasi Gangguan Tidur
    4. Mengatasi Sakit Ketika Menstruasi
    5. Baik untuk Pencernaan
    6. Menekan Nafsu Makan
    7. Membantu Mengobati Pilek dan Flu
    8. Mengatasi Infeksi Kulit
  3. Merk Essential oil  dan Harga terbaru
    1. Organic Supply Co.
    2. Nares Essential Oil
    3. Wangsa Jelita Essential Oil
    4. Botanina Essential Oil
    5. Bathaholic Essential Oil
  4. Tips membuat Essential Oil dengan Bahan yang Ada di Rumah
  5. Cara Menggunakan Essential Oil

1. Apa Itu Essential Oil

Essential Oil 2

Essential oil bisa memiliki wangi yang beragam. (Foto: Medical News Today)

Essential oil  atau yang disebut sebagai minyak atsiri, minyak esensial, atau minyak aromatik adalah kelompok minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruangan namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Terbuat dari banyak bagian tumbuhan, diantaranya yaitu akar, biji, bunga, kulit, kayu serta daun.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Bidara dan Cara Mengobatinya

Essential oil lebih dari sekedar produk alami yang menawarkan berbagai macam manfaat. Manfaat yang dihasilkan dari sifat kimia alami tanaman, jadi jika essential oil  ini diolah secara benar maka dapat membantu Anda secara fisik, mental, dan emosional dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dilansir dari Medical News Today, minyak atsiri seringkali memiliki aroma yang lebih kuat daripada tanaman asalnya dan mengandung bahan aktif yang lebih tinggi.

2. 8 Manfaat Essential Oil

Essential Oil 3

Botol dari essential oil berukuran kecil dan mudah untuk Anda bawa. (Foto: Gardening Know How)

Meskipun penggunaan essential oil  ini sudah banyak dan luas tetapi hanya sedikit yang mengetahui bahwa memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tertentu. Berikut ini adalah manfaat apa saja yang terdapat pada essential oil  khusus untuk Anda:

1. Meningkatkan Mood

Jika Anda sedang mengalami bad mood, essential oil  ini dapat menetralisir mood Anda menjadi good mood. Dikutip dari Dokter Sehat, essential oil  dapat memberikan efek psikologis yaitu rasa tenang ketika Anda menghirupnya. Jenis essential oil  yang baik untuk meningkatkan mood diantaranya lemon, chamomile, serta lavender.

2. Mengatasi Stress dan Relaksasi di Rumah

Kondisi pandemi saat ini sangat memungkinkan Anda mengalami stress serta kecemasan, tetapi Anda tidak perlu khawatir sebab essential oil  dapat memberikan efek rileksasi. Seperti poin sebelumnya, juga dapat memberikan efek psikologis ketika Anda menghirupnya.

Salah satu contoh yaitu essential oil lavender dan peppermint yang mampu menurunkan hormon kortisol atau yang sering disebut hormon stress. Essential oil bisa membantu relaksasi di rumah. Jika Anda ingin mencari hunian yang nyaman dan baru. Lihat listing hunian DKI Jakarta mulai Rp700 jutaan.

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Ketika tubuh stress pastinya akan mengganggu kualitas tidur Anda. Dilansir dari Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa menghirup essential oil lavender memiliki efek yang positif pada kebiasaan tidur sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Tip Rumah
Nyalakanlah diffuser yang sudah Anda isi dengan essential oil agar kamar terasa lebih nyaman.

4. Mengatasi Sakit Ketika Menstruasi

Seringkali para wanita ketika sedang memasuki masa menstruasi akan merasakan perubahaan mood bahkan merasakan nyeri pada tubuh bagian tertentu. Selain menghirup aromanya bisa meningkatkan mood, dengan mengoleskan pada perut dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri yang ada dan diakibatkan oleh menstruasi.

5. Baik untuk Pencernaan

Essential oil peppermint mampu untuk mengatasi kelebihan gas dalam perut. Oleh karena itulah apabila Anda memiliki masalah pada perut seperti maag bisa mencoba untuk mengoleskan minyak ini pada perut Anda.

6. Menekan Nafsu Makan

Jika Anda sedang menjalani program diet, minyak ini boleh dipertimbangkan sebagai tips untuk Anda yang sedang berdiet. Anda dapat menghirup Grapefruit Essential Oil yang dipercaya dapat menurunkan nafsu makan Anda dan membuat tubuh menjadi tidak tertarik untuk mengonsumsi makanan.

Panduan Memilih Ukuran Tempat Tidur

Tips Rumah dan Apartemen

Panduan Memilih Ukuran Tempat Tidur

7. Membantu Mengobati Pilek dan Flu

Indonesia mulai memasuki musim hujan sehingga tak terelakkan jika Anda mengalami pilek dan flu. Untuk mengobati pilek dan flu dengan cara mencampur beberapa tetes essential oil  kedalam air hangat, lalu Anda menghirupnya sehingga mendapatkan sensasi lega pada hidung.

Minyak ini dapat digunakan bersamaan dengan minyak kayu putih atau minyak eukaliptus. Aroma minyak kayu putih dapat membantu merelaksasikan otot hidung dan dengan adanya sifat antibakteri dari minyak kayu putih juga baik untuk mencegah infeksi.

8. Mengatasi Infeksi Kulit

Essential oil dapat membantu melawan kondisi peradangan. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak ini memiliki efek anti-inflamasi. Selain minyak kayu putih, Tea Tree Oil dapat mengatasi infeksi pada kulit karena dikenal sebagai antibakteri, antijamur dan juga antiseptik. Tea Tree Oil ini merupakan salah satu bahan yang populer untuk perawatan wajah yang berjerawat.

3. Merk Essential Oil dan Harga Terbaru

Essential Oil 4

Essential oil dengan bahan yang beragam umumnya dijual dengan harga yang mahal. (Foto: Health in Balance)

Saat ini sudah ada banyak sekali merk essential oil yang ada dan bisa Anda beli dengan mudah. Setiap merk tersebut mempunyai harga dan isinya yang berbeda-beda oleh karena itulah Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Di bawah ini adalah beberapa merk yang terkenal beserta rincian harganya untuk Anda:

1. Organic Supply Co.

Essential Oil 5

Organic Supply Co. adalah salah satu brand essential oil terkenal yang ada di Indonesia. (Foto: Living Loving)

Brand yang mulai meluncurkan produknya pada tahun 2015 mempunyai banyak varian produk, diantaranya Avocado Oil yang dapat digunakan sebagai conditioner alami untuk rambut Anda agar lebih lembut dan bersinar. Anda dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp110.000

2. Nares Essential Oil

Essential Oil 6

Nares adalah salah satu brand lokal yang sangat populer dan diminati. (Foto: Olivmart)

Nares merupakan sebuah brand asal Yogyakarta dan dikenal dengan produknya yang dibuat dengan bahan-bahan alami yang ada di Indonesia. Nares Essential Oil ini memiliki varian ukuran 5ml hingga 10ml Anda dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp80 ribuan.

3. Wangsa Jelita Essential Oil

Essential Oil 7

Pastikan untuk menggunakan essential oil yang terbebas dari bahan kimia. (Foto: Yusiesisy)

Essential Oil asal Indonesia ini mengklaim bebas dari bahan kimia berbahaya. Salah satu produk Wangsa Jelita ini adalah Almond Oil yang memiliki aroma manis menyegarkan serta memiliki manfaat untuk menghapus make up, pelembab kulit, rambut, hingga pengganti parfum. Anda dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp80.000 hingga Rp390.000.

4. Botanina Essential Oil

Essential Oil 8

Botanina mengeluarkan produk essential oil yang ramah dan aman untuk anak-anak. (Foto: Botanina)

Botanina adalah salah satu merek Essential Oil dengan produk yang aman dipergunakan untuk anak-anak, ibu hamil serta berbagai masalah kesehatan. Harga yang ditawarkan pun sangat beragam dan masih cukup terjangkau. Anda dapat membeli Botanina dengan harga mulai dari Rp70.000.

5. Bathaholic Essential Oil

Essential Oil 9

Essential oil yang dikeluarkan oleh Bathaholic mempunyai wangi yang menyegarkan. (Foto: IDN Times)

Yang terakhir yaitu Bathaholic Essential Oil yang memulai bisnisnya untuk produk spa ini memiliki varian minyak mulai dari 15ml hingga 1000ml. Produk yang sudah laris manis di pasaran ini Anda dapatkan mulai dari Rp90.000, cukup terjangkau bukan?

4. Tips Membuat Essential Oil dengan Bahan yang Ada di Rumah

Essential Oil 10

Anda bisa membuat essential oil sendiri dengan mudah dan cepat. (Foto: Well and Good)

Anda ingin meningkatkan kreativitas, tentunya Anda dapat membuat essential oil di rumah dengan bahan-bahan yang Anda mudah peroleh salah satunya yaitu Lemon. Tahap pertama bahan-bahan yang perlu Anda siapkan yaitu Lemon segar, minyak zaitun, mangkuk atau gelas kaca, wadah kaca berwarna gelap.

Cara membuat lemon essential oil  ini yaitu dengan cara memarut kulit lemon secara perlahan dan hati-hati jangan sampai tangan Anda terluka. Parutlah kulit lemon jangan sampai kena putihnya sehingga Anda mendapatkan parutan kulit lemon ini beberapa sendok makan. Setelah itu masukkan parutan kulit lemon tersebut ke dalam mangkuk atau gelas kaca yang sudah Anda sediakan.

Tambahkan minyak zaitun hingga parutan kulit lemon tersebut tenggelam dalam minyak zaitun, lalu tutup dan jauhkan dari sinar matahari langsung dan diamkan selama kurang lebih dua minggu. Saring minyak dan buang residu atau ampas dari parutan kulit lemon tersebut dan pindahkan ke dalam wadah kaca berwarna gelap. Lemon essential oil  homemade sudah siap untuk Anda gunakan.

5. Cara Menggunakan Essential Oil

Essential Oil 11

Minyak bisa dioleskan pada tangan agar wanginya bisa tercium. (Foto: Thank Your Body)

Kebanyakan orang menggunakan essential oil  dengan cara di tetes ke dalam diffuser, padahal ada beberapa cara untuk menggunakannya untuk dapat merasakan manfaatnya. Sebagai penutup pada artikel ini, di bawah ini adalah cara menggunakan essential oil:

  • Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menghirup uap dari aromaterapi. Menghirup uap aromaterapi ini dapat Anda lakukan ketika Anda mengalami flu atau pilek yaitu dengan cara memberikan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam semangkuk air panas, kemudian Anda dapat menghirup uapnya. Atau jika cara tersebut cukup merepotkan bagi Anda, Anda dapat memberikan 1-2 tetes minyak kayu putih di cotton bud lalu Anda dapat menghirupnya.
  • Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan minyak untuk memijat. Dengan mencampurkan minyak pijat dan essential oil  dapat digunakan untuk memijat bagian tubuh tertentu sehingga membuat rileks. Namun pada sebagian orang, mencampurkan minyak pijat dengan essential oil  dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit, sehingga pastikan apakah Anda memiliki alergi terhadap Essential Oil atau tidak.
  • Cara yang terakhir bisa Anda coba adalah dengan meneteskan minyak essential pada bak mandi. Gunakanlah air tersebut untuk mandi di malam hari agar tubuh menjadi lebih rileks.

Itulah pengertian dari essential oil, manfaat, merk dan harga terbarunya yang bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda. Pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan agar bisa memberikan efek terbaik bagi Anda dan keluarga. Selamat mencoba.

Tontonlah video yang informatif berikut ini untuk mempelajari jurus-jurus nego dengan bank saat sedang mengajukan KPR!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Hunian Baru di Bekasi

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan