9 Fasilitas Apartemen yang Menjadi Keunggulan, Cek Dulu Sebelum Beli

Tim Editorial Rumah.com
9 Fasilitas Apartemen yang Menjadi Keunggulan, Cek Dulu Sebelum Beli
RumahCom – Variasi hunian tempat tinggal saat ini sudah beragam, apalagi kalau Anda tinggal di kota besar di Indonesia. Mulai dari apartemen, rumah tapak hingga rumah susun. Tidak seperti puluhan tahun silam, di mana mayoritas pilihan untuk tinggal hanyalah rumah tapak, dengan beragamnya pilihan hunian saat ini Anda tinggal memilih yang sesuai kebutuhan serta kemampuan finansial. Kalau mengincar dan menginginkan fasilitas yang lebih lengkap, maka fasilitas apartemen tentu lebih memadai dibandingkan rumah tapak.
Fasilitas apartemen umumnya memang lebih lengkap karena pengembang ingin memudahkan para penghuninya saat beraktivitas. Baik untuk memenuhi kebutuhan perut hingga kesehatan. Oleh karena itu, beberapa apartemen menyediakan mini market, restoran, kolam renang, pusat kebugaran hingga jasa laundry. Sehingga penghuninya merasa lebih mudah dan praktis serta semua kebutuhan yang diperlukan tersedia.
Pengembang apartemen ingin memanjakan para penghuni agar bisa memperoleh kenyamanan di dalamnya. Untuk itu, rata-rata setiap apartemen juga dilengkapi dengan jasa keamanan, sistem kebersihan, pengairan, dan listrik. Semua kelengkapan tersebut sudah termasuk dalam fasilitas yang disediakan pengembang. Soal fasilitas apartemen memang adalah hal utama yang ditonjolkan dan merupakan salah satu keuntungan saat menghuni apartemen.
  • 9 Fasilitas Apartemen
  • Beda Fasilitas Apartemen dengan Rumah Tapak

9 Fasilitas Apartemen

Prioritaskan fasilitas apartemen yang paling relevan dengan gaya hidup Anda.
Ada berbagai tipe apartemen dan ukuran yang lazim di Indonesia. Beberapa sangat mendasar dan sederhana tetapi juga ada apartemen mewah. Semuanya menawarkan fasilitas masing-masing. Semakin mewah apartemen, tentu fasilitas yang dapat Anda nikmati sebagai penghuninya juga semakin banyak.
Awalnya, mungkin saat mencari apartemen, Anda akan lebih memfokuskan untuk mengetahui jumlah kamar tidur dan sewa bulanan. Namun, saat pencarian semakin dalam, Anda akan mencari detail yang benar-benar penting bagi Anda dan keluarga.
Hal-hal itu termasuk termasuk jarak dari transportasi umum, apakah unitnya ramah hewan peliharaan, atau jenis peralatan apa yang ada di dapur. Jadi akan lebih baik, saat Anda sedang berburu apartemen, prioritaskan fasilitas yang paling relevan dengan gaya hidup Anda. Pertimbangkan apa yang akan membuat hidup di Apartemen akan jauh lebih menyenangkan dan apa yang tidak sebanding dengan uang sewa tambahan atau biaya fasilitas.
Jika Anda suka berolahraga, gym yang kerap jadi unggulan fasilitas apartemen akan menjadi aset besar bagi Anda. Atau mungkin rencana untuk berenang pada akhir pekan, kolam renang di puncak apartemen akan jauh lebih menarik.

1. Fasilitas Keamanan 24 Jam

Apartemen dengan fasilitas keamanan yang baik akan memiliki kamera CCTV.
Salah satu faktor terpenting dari sebuah apartemen adalah keamanannya. Meskipun itu berarti Anda harus memiliki asuransi penyewa, Anda tidak perlu khawatir apartemen Anda dibobol atau barang-barang pribadi Anda dicuri. Apartemen dengan fasilitas keamanan yang baik akan memiliki hal-hal seperti pengawasan video, akses yang terjaga keamanannya, kunci pintar, dan patroli dari pihak keamanan ketiga untuk memastikan penghuninya aman.
Fasilitas apartemen dengan keamanan 24 jam memberikan keamanan bagi penghuninya, menolak akses ke orang yang tidak memiliki wewenang untuk masuk serta menangani keluhan kebisingan yang muncul. Anda juga dapat menerima paket atas nama Anda. Fasilitas apartemen ini meminimalkan risiko pencurian.

2. Fasilitas Parkir

Unit parkir merupakan salah satu fasilitas apartemen yang sangat penting.
Sebagian besar apartemen akan menawarkan beberapa jenis parkir melalui tempat parkir, tempat berpagar, atau akses ke garasi tempat Anda dapat menyimpan kendaraan. Perlu diingat bahwa beberapa apartemen mengenakan biaya tambahan untuk parkir, terutama jika memiliki tempat parkir atau garasi. Unit parkir merupakan salah satu fasilitas apartemen yang sangat penting, apalagi jika Anda seorang pengemudi.
Jika Anda lebih suka bepergian dengan sepeda, Anda mungkin ingin mencari rumah apartemen sewaan yang dilengkapi dengan penyimpanan sepeda. Alih-alih harus menyeret sepeda naik turun tangga gedung, ruang penyimpanan ini menyediakan tempat bagi Anda untuk mengunci sepeda saat tidak digunakan.

3. Fasilitas Kolam Renang

Kolam renang adalah salah satu fasilitas apartemen yang paling diminati penyewa. (Foto: Pexels – Pixabay)
Semakin banyak fasilitas kolam yang dimasukkan ke dalam apartemen mewah dan kondominium untuk disewa dalam upaya mencerminkan kualitas hidup yang diprioritaskan. Kolam renang sangat populer di antara apartemen yang baru dibangun sehingga penyewa apartemen milenial mengharapkan mereka memiliki setidaknya itu.
Fasilitas apartemen dengan kolam renang pun menjadi salah satu fasilitas apartemen yang paling diminati penyewa. Baik itu kolam renang luar ruangan dan bak mandi air panas atau kolam renang dalam ruangan yang menyediakan kolam sepanjang tahun. Jika Anda tertarik untuk menyewa Anda mungkin ingin memasukkannya ke dalam daftar keinginan apartemen saat berburu.

4. Fasilitas Gym dan Studio Fitness

Gym atau fasilitas kebugaran di apartemen tidak harus terlalu besar. (Foto: Pexels – William Choquette)
Gym atau fasilitas kebugaran di apartemen tidak harus terlalu lengkap. Cukup dilengkapi dengan beberapa mesin kardio. Satu set kecil beban bebas. Beberapa matras gym. Beberapa mesin latihan. Ini mungkin tidak terlihat seperti gym skala penuh tetapi Anda bisa tetap memanfaatkannya kapan pun Anda membutuhkannya. Anda juga dapat melakukan latihan yang cukup.
Fasilitas apartemen lainnya terkait kebugaran lainnya adalah studio yoga. Beberapa juga memiliki lapangan basket pribadi dalam atau luar ruangan, lapangan tenis, atau bahkan lintasan lari. Semakin mewah Anda mencari apartemen kota, semakin tinggi kemungkinan Anda akan menemukan berbagai fasilitas yang berpusat pada aktivitas seperti ini.
Fasilitas keamanan 24 jam menjadi salah satu keunggulan dari apartemen. Namun jika Anda sedang mencari hunian rumah tapak yang memiliki fasilitas keamanan. Cek daftar hunian dijual di kawasan Bintaro dibawah Rp1 miliar di sini!

5. Fasilitas Ritel

Biasanya, di lantai dasar apartemen modern tersedia area ritel.
Apartemen modern yang dibangun di kawasan pusat kota bukan sekadar unit hunian tetapi juga berbaur dengan ruang komersial. Biasanya, lantai dasar tersedia area ritel seperti toko kelontong, supermarket, dan lainnya. Selain ritel di apartemen, jika beruntung, Anda mungkin menemukan satu atau dua restoran atau kedai kopi. Keuntungan utama lainnya adalah mudah untuk mencari makan saat tidak ingin memasak makanan sendiri.

6. Fasilitas Ruang Hijau

Beberapa apartemen juga menggabungkan fasilitas ruang hijau ala taman komunitas atau area pejalan kaki pribadi. (Foto: Pexels – Capricious Wayfarer)
Di kota- kota besar, mungkin tidak banyak ruang hijau yang bisa dinikmati. Hal yang sama dapat dikatakan untuk sebagian besar apartemen. Oleh karenanya, dalam desain properti modern, beberapa juga menggabungkan fasilitas ruang hijau ala taman komunitas atau area pejalan kaki pribadi. Hal itu sebagai cara untuk mendorong penghuni menikmati area pribadi di mana mereka dapat menghirup udara segar dan menghabiskan waktu jauh dari hiruk pikuk kota.

7. Fasilitas Ramah Hewan Peliharaan

Jika apartemen Anda ramah hewan peliharaan, mereka mungkin menawarkan beberapa akomodasi terkait hewan peliharaan. (Foto: Pexels)
Bagi mereka yang pindah ke apartemen dengan anjing, kucing, atau hewan lain, fitur ramah hewan peliharaan akan menjadi daftar teratas. Tidak semua pemilik dan perusahaan manajemen apartemen mengizinkan hewan peliharaan, dan apartemen yang biasanya mengenakan biaya untuk menutupi potensi kerusakan dan mungkin memiliki batasan jenis, ukuran, ras, dan jumlah.
Jika apartemen Anda ramah hewan peliharaan, mereka mungkin menawarkan beberapa akomodasi terkait hewan peliharaan. Yang paling populer adalah taman anjing. Jika ada area pribadi di gedung atau taman pribadi di mana penyewa dapat membawa anjingnya, ini dapat membantu Anda menemukan tempat yang aman untuk membawa anjing Anda bahkan di kota. Jadi, apartemen ramah hewan peliharaan terbaik menawarkan fasilitas hewan peliharaan tambahan, seperti tempat perawatan, tempat kantong kotoran, taman anjing, dan acara temu sapa hewan peliharaan.

Tips Rumah.com

Setiap apartemen rata-rata juga dilengkapi dengan jasa keamanan, sistem kebersihan, pengairan, dan listrik. Semua kelengkapan tersebut sudah termasuk dalam fasilitas yang disediakan oleh pengembang dan menjadi satu keuntungan saat Anda menghuni apartemen.

8. Fasilitas Clubhouse dan BBQ

Fasilitas clubhouse ini menyediakan ruang berkumpul dan menghibur bagi penghuni apartemen. (Foto: Pexels – SHVETS Production)
Apartemen yang lebih besar dan kompleks, biasanya menyediakan fasilitas clubhouse. Fasilitas clubhouse ini menyediakan ruang berkumpul dan menghibur bagi penghuni apartemen. Ruang ini tidak hanya digunakan oleh komunitas apartemen untuk kumpul-kumpul penghuni, tetapi ruang ini juga bisa disewa oleh penghuni untuk pesta dan acara pribadi.
Beberapa apartemen juga menawarkan area umum dengan barbekyu. Ini sering ditawarkan dalam tata letak yang lebih luas, seperti rooftop. Ini adalah area berkumpul yang bagus dan bisa menjadi cara yang bagus untuk menikmati hari yang santai dengan berpotensi bertemu orang lain di apartemen Anda.

9. Fasilitas Coworking Space

Fasilitas ini menjadi fasilitas apartemen hal yang menjadi semakin populer. (Foto: Pexels – Marc Mueller)
Pandemi Covid-19 telah membuat dari Anda kembali ke rumah atau gedung apartemen Anda. Maraknya ruang kerja bersama di dalam gedung-gedung ini hanyalah sebuah tren, tetapi tidak diragukan lagi ini menjadi fasilitas apartemen yang semakin populer.
Anda sedang bekerja dari rumah atau hanya ingin streaming acara TV dan film, akses internet di apartemen adalah suatu keharusan. Banyak apartemen komersial menawarkan internet fiber, WiFi built-in, atau tarif diskon untuk memilih penyedia di wilayah Anda. pastikan untuk menguji area di unit untuk zona dead spot juga.

Beda Fasilitas Apartemen dengan Rumah Tapak

Kalau apartemen adalah bagian dari bangunan yang lebih besar, maka rumah adalah bangunan yang berdiri sendiri.
Perbedaan fasilitas antara apartemen dengan rumah tapak terletak pada konstruksinya. Kalau apartemen adalah bagian dari bangunan yang lebih besar, maka rumah adalah bangunan yang berdiri sendiri. Di apartemen Anda berbagi sebagian besar fasilitas memang lebih lengkap seperti seperti parkir dan gym, tetapi tidak sama di rumah. Halaman depan Anda adalah milik Anda sendiri.
Bagian terbaik dari memilih rumah daripada apartemen, adalah kebebasan berkreasi yang menyertainya. Dari struktur dasar dan arsitektur, hingga desain, warna, dan eksekusinya. Anda dapat menentukan segalanya termasuk memilih fasilitas yang Anda ingin hadirkan dalam rumah Anda. Bahkan, jika Anda memilih untuk membeli rumah alih-alih membangunnya dari bawah ke atas, Anda tetap mendapatkan kontrol yang lebih baik atas tampilan yang diinginkan.
Sementara itu, dengan tinggal di apartemen, Anda tidak hanya mendapatkan ruang hidup tetapi Anda juga mendapatkan akses ke fasilitas umum seperti gimnasium, kolam renang, dan lainnya. Namun, jika Anda akan membangun sendiri fasilitas yang sama di rumah pinggiran kota, Anda benar-benar perlu memperhatikan rencana anggaran Anda dengan lebih baik. Semuanya harus dibayar mahal.
Sebelum memutuskan untuk tinggal di Apartemen, Anda jangan hanya bergantung kepada fasilitas yang ditawarkan. Perlu dipertimbangkan pula apakah Anda mencari sesuatu yang luas atau lebih kompak dan mudah diatur? Atau apakah Anda nyaman harus berbagi fasilitas umum tertentu dengan orang lain?
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mengetahui 8 tambahan biaya jual beli rumah yang perlu disiapkan!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini