12 Tips Foto Makanan Instagramable dari HP

Memfoto makanan adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Agar foto makanan Anda tidak terlihat membosankan, inilah tips terbaik untuk foto makanan yang instagramable hanya dengan menggunakan HP.
Foto Makanan 1
Memfoto makanan seolah menjadi kebiasaan dari generasi milenial. (Foto: Photos with Phones)

RumahCom - Foto makanan adalah salah satu tren yang sedang populer di kalangan milenial. Makanan merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi dan dibutuhkan agar setiap makhluk hidup bisa melanjutkan hidupnya secara normal. Seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini membutuhkan asupan gizi dari makanan yang berbeda-beda. Tidak semua makhluk hidup bisa memakan makanan yang sama karena dapat dibedakan dari jenis makananya. Kita sebagai manusia adalah omnivora yang berarti bisa memakan berbagai jenis makanan yang berbeda.

Saat ini keberadaan dari makanan tidak hanya berfungsi sebagai pengisi rasa lapar saja terutama setelah perkembangan teknologi terus terjadi secara pesat dan membuat makanan juga menjadi salah satu objek seni menarik yang bisa difoto dan dipajang pada media sosial. Memfoto makanan dan mempostingnya pada media sosial seolah telah menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan sebelum mengonsumsi makanan tersebut.

Baca Juga: Manfaat Pare dan Alasan Dibalik Rasa Pahitnya

 

Agar Anda bisa memenuhi rasa puas dari foto makanan yang sudah Anda ambil maka ada beberapa teknik dasar foto yang harus Anda mengerti dan pelajari. Oleh karena itulah pada artikel ini akan membahas mengenai:

  1. Pelajari Teknis Foto Makanan, Tambah Income Bulanan
  2. Persiapan Foto Makanan agar Hasilnya Bagus
  3. 12 Tips Foto Makanan dari HP
    1. Manfaatkan Pencahayaan yang Baik
    2. Gunakan Lembaran Kertas Putih untuk Memantulkan Cahaya
    3. Gunakanlah Lensa Wide Angle pada Telepon Genggam
    4. Carilah Latar Belakang yang Natural dan Sederhana
    5. Manfaatkan Fitur Grid untuk Mendapat Porsi Foto yang Sesuai
    6. Gunakan Tripod atau Gimbal agar Hasil Foto Tidak Goyang
    7. Atur Tempratur Warna pada Smartphone Anda
    8. Gunakanlah Timer untuk Pengambilan Gambar Otomatis
    9. Rapikan Makanan Agar Terlihat Lebih Menarik
    10. Manfaatkan Aplikasi Editing
    11. Unggah pada Sosial Media dengan Menggunakan Kata-kata yang Menggugah
    12. Carilah Gaya yang Konsisten dan Identik dengan Anda

1. Pelajari Teknis Foto Makanan, Tambah Income Bulanan

Foto Makanan 2

Teknik fotografi sangat penting agar hasil gambar Anda terlihat menarik. (Foto: Only Chef)

Sejak kehadiran telepon genggam dengan kualitas kamera yang bagus sudah semakin populer dan memiliki harga jual yang rendah tentunya berhasil membuat siapa saja menjadi bisa ikut terjun ke dalam dunia fotografi tanpa harus membeli kamera dengan harga yang jauh lebih mahal.

Saat ini Anda sudah tidak perlu membawa-bawa kamera yang berat dan bisa mengganti fungsi kamera tersebut hanya dengan menggunakan telepon genggam saja. Kamera yang terdapat pada telepon genggam tentunya bisa Anda manfaatkan untuk sesuatu yang positif, salah satunya adalah untuk memfoto makanan.

Tahukah Anda hanya dengan memfoto makanan saja bisa menjadikan sebuah peluang untuk mendapatkan penghasilan? Dilansir dari DG1, hanya dengan memanfaatkan teknik fotografi yang baik dan matang bisa membuat penghasilan dari toko online Anda mengalami peningkatan.

Cara Mudah Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Tips Rumah dan Apartemen

Cara Mudah Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Foto yang dilakukan secara profesional tentunya akan menggoda mata dari pengunjung dan mengundangnya untuk membeli makanan yang Anda jual pada toko online. Foto-foto makanan yang dibuat secara sembarangan sangatlah tidak menarik dan akan membuat penjualan toko online menjadi menurun.

Siapa sangka, modal hp atau smartphone untuk foto makanan, bisa mendulang keuntungan yang tak terduga. Keuntungan bisa digunakan untuk membeli rumah idaman. Cek dulu yuk listing rumah minimalis di Tangerang Selatan.

2. Persiapan Foto Makanan Agar Hasilnya Bagus

Foto Makanan 3

Persiapan yang matang bisa membuat hasil foto menjadi lebih menarik. (Foto: The New York Times

Tentunya hanya dengan menggunakan kamera handphone membuat Anda bisa melakukan foto kapan saja dan dimana saja dengan cepat. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda melakukan beberapa persiapan sebelum melakukan foto agar hasilnya menjadi lebih bagus. Dilansir dari Cotter Crunch, di bawah ini adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar hasil foto menjadi lebih menarik:

  • Pertama-tama Anda harus menentukan posisi tempat di mana Anda akan melakukan foto makanan. Usahakan agar Anda melakukan foto pada luar ruangan untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal atau manfaatkan studio foto berukuran kecil yang sudah dilengkapi dengan pencahayaan ekstra.
  • Siapkanlah makanan yang ingin Anda foto semenarik mungkin dan carilah juga aksesoris lain yang bisa menunjang hasil foto yang lebih indah seperti sendok kayu ataupun alas meja.
  • Gunakan piring atau alas makanan yang kontras dan tidak bertabrakan dengan warna makanan yang akan Anda foto.
  • Jangan lupa untuk selalu membersihkan lensa kamera handphone secara rutin.
Tip Rumah
Jika Anda ingin memfoto makanan di dalam ruangan pastikan terlebih dahulu agar pencahayaannya mencukupi biar hasil foto bisa menjadi lebih maksimal.

3. 12 Tips Foto Makanan dari HP

 

Foto Makanan 4

Anda tidak perlu membeli kamera mahal hanya untuk memfoto makanan. (Foto: Digital Trends)

Tidak selamanya kamera yang memiliki harga mahal bisa menghasilkan foto yang lebih menarik. Hanya dengan mengandalkan teknik fotografi yang benar maka hasil foto makanan yang diambil dengan menggunakan handphone bisa menyamai kualitas dari kamera yang sesungguhnya. Di bawah ini adalah beberapa tips foto makanan dari HP yang dilansir dari Expert Photography:

1. Manfaatkan Pencahayaan yang Baik

Foto Makanan 5.2

Pencahayaan adalah aspek fotografi yang paling penting. (Foto: DPReview)

Hasil foto akan bisa menjadi lebih baik jika mendapatkan pencahayaan alami. Hindarilah untuk menggunakan flash karena hasil foto tidak akan menjadi tidak menarik.

2. Gunakan Lembaran Kertas Putih untuk Memantulkan Cahaya

Foto Makanan 5

Kertas putih bisa memantulkan cahaya agar lebih lembut dan tidak terkena secara langsung. (Foto: Warhammer Community)

Pencahayaan yang terlalu keras dari satu arah akan membuat bayangan yang terlalu gelap. Kurangi bayangan tersebut dengan menggunakan lembaran putih seperti kertas untuk memantulkan cahaya secara tidak langsung.

3. Gunakanlah Lensa Wide Angle pada Telepon Genggam

Foto Makanan 6

Lensa wide sangat cocok untuk foto Macro atau berjarak dekat. (Foto: Universmartphone)

Makanan harus difoto dalam jarak yang dekat agar bisa terlihat lebih detail. Manfaatkanlah lensa wide agar Anda bisa memfoto makanan dalam jarak yang dekat.

4. Carilah Latar Belakang yang Natural dan Sederhana

Foto Makanan 7

Latar belakang yang terlalu ramai akan membuat hasil foto menjadi tidak kontras. (Foto: GoodFon)

Usahakan agar latar belakang dari foto tidak terlalu ramai dan berwarna warni karena hanya akan membuat makanan Anda menjadi tidak terekspos dengan baik.

5. Manfaatkan Fitur Grid untuk Mendapat Porsi Foto yang Sesuai

Foto Makanan 8

Ketahuilah proporsi fotografi dengan fitur Grid pada handphone Anda. (Foto: Medium)

Dengan melihat gridlines bisa menjadi sebuah panduan bagi Anda untuk membagi objek yang akan Anda foto secara lebih proporsional.

6. Gunakan Tripod atau Gimbal agar Hasil Foto Tidak Goyang

Foto Makanan 9

Gimbal bisa menjadi penyelamat agar foto tidak blur. (Foto: Android Authority)

Tripod merupakan hal yang wajib Anda miliki untuk menjadi sebuah fotografer profesional. Hasil foto juga akan menjadi tidak blur jika Anda memasangkan tripod tersebut pada handphone Anda.

7. Atur Shutter Speed dan ISO pada Smartphone Anda

Foto Makanan 10

ISO yang rendah akan menghasilkan gambar yang minim akan noise. (Foto: The Verge)

Kombinasikanlah tripod tersebut dengan menggunakan shutter speed yang tinggi beserta ISO yang rendah untuk meminimalisir noise pada hasil akhir dari foto yang Anda ambil.

8. Gunakanlah Timer untuk Pengambilan Gambar Otomatis

Foto Makanan 11

Timer bisa mengurangi terjadinya goyangan akibat Anda memencet tombol foto. (Foto: DxOMark)

Manfaatkanlah fitur timer agar Anda bisa memencet tombol shutter dan melepasnya tanpa membuat handphone Anda bergoyang dan mengakibatkan foto menjadi blur dan tidak jelas.

9. Rapikan Makanan Agar Terlihat Lebih Menarik

Foto Makanan 13

Makanan yang berantakan tidaklah mengundang selera. (Foto: Rouxbe)

Rapikanlah objek makanan yang akan difoto agar bisa terlihat lebih menarik dan mengundang rasa penasaran bagi siapapun yang melihatnya.

10. Manfaatkan Aplikasi Editing

Foto Makanan 12

Sentuhan sederhana bisa membuat foto menjadi terlihat lebih menarik. (Foto: Android Authority)

Sempurnakanlah hasil akhir dari foto yang sudah Anda ambil dengan menggunakan aplikasi editing seperti Lightroom atau Photoshop agar foto bisa terlihat lebih menarik dengan warna yang memanjakan mata.

11. Unggah pada Sosial Media dengan Menggunakan Kata-kata yang Menggugah

Foto Makanan 14

Kata-kata menarik akan memancing rasa penasaran dari orang lain. (Foto: Rev)

Tulislah caption yang menarik pada sosial media dan foto yang akan Anda unggah untuk menciptakan sebuah rasa penasaran bagi siapapun yang melihatnya.

12. Carilah Gaya yang Konsisten dan Identik dengan Anda

Foto Makanan 15

Dengan konsistensi, orang lain akan bisa mengenali Anda dengan mudah. (Foto: Health Idea)

Jangan pernah merubah gaya ataupun filter yang Anda gunakan agar hasil fotografi yang sudah Anda buat memiliki sebuah gaya yang menjadikan orang lain bisa mengenali diri Anda.

Itulah beberapa tips foto makanan yang instagramable hanya dengan menggunakan handphone. Manfaatkanlah seluruh benda yang sudah Anda miliki untuk menciptakan foto yang lebih menarik dan berwarna.

Jangan takut untuk menggunakan KPR dalam membeli rumah! Simak video menarik berikut untuk mengetahui keunggulan dan syarat untuk pengajuan KPR.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Perumahan Baru di Bekasi

Masukan