10 Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas, Hemat Tempat dan Berkelas

Tim Editorial Rumah.com
10 Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas, Hemat Tempat dan Berkelas
Rumah.com – Rak bunga merupakan salah satu ornamen yang sering digunakan di rumah. Penggunaannya bisa mempercantik rumah dan membuat suasana menjadi alami, sejuk, dan nyaman. Material yang paling sering digunakan untuk rak bunga sendiri adalah rak dari kayu.
Selain mendukung tampilan alami, rak bunga dari kayu juga cenderung ringan dan membuat koleksi bunga menjadi lebih rapi dan teratur. Tidak perlu mahal, rak bunga dari kayu ternyata bisa dibuat sendiri menggunakan kayu bekas yang ada di sekitar.
Untuk itu, artikel ini pun akan memberikan rekomendasi ide rak bunga dari kayu bekas, yang selain hemat tempat, juga tetap berkelas:
  1. Gambar Rak Bunga Bersusun
  2. Gambar Rak Bunga Vertikal
  3. Gambar Rak Bunga dari Peti Kemas
  4. Gambar Rak Bunga Berjajar
  5. Gambar Rak Bunga Tangga
  6. Gambar Rak Bunga Minimalis
  7. Gambar Rak Bunga Dua Tingkat
  8. Gambar Rak Bunga Unik
  9. Gambar Rak Bunga Gantung
  10. Gambar Rak Bunga Dinding

1. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Bersusun

Gambar rak bunga dari kayu bekas bersusun. (Foto: Diys.com)
Ide rak bunga dari kayu bekas pertama adalah dengan gaya bersusun. Rak kayu dibangun ke atas dengan bagian bawah lebih luas agar bisa menopang bagian atas dengan baik. Tanaman berpot pun bisa ditaruh di rak sesuai dengan preferensi. Tidak hanya membuat tampilan tanaman menjadi rapi, tetapi juga lebih estetik.
Untuk punya rak bunga yang hemat tempat dan nampak berkelas tak harus mengeluarkan biaya yang besar, dengan kayu, bahkan kayu bekas, juga bisa loh! Mau punya rumah yang compact dan terlihat berkelas di daerah Depok? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp600 jutaan di sini!

2. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Vertikal

Ide rak bunga dari kayu bekas vertikal. (Foto: Pinterest – Angela Marie Made)
Kayu bekas yang tidak terpakai bisa juga dimanfaatkan sebagai rak bunga vertikal. Rak bunga bisa disandarkan ke tembok dan di pasangkan pengait untuk menahan beban pot bunga yang akan dipajang. Meski begitu, pastikan jarak antar pot cukup agar tidak mengganggu jalur tumbuh tanaman.

3. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas dari Peti Kemas

Gambar rak bunga dari kayu bekas peti. (Foto: Michaels.com)
Peti kayu bekas jangan langsung dibuang begitu saja, tetapi bisa dimanfaatkan menjadi rak bunga. Caranya pun cukup simpel, yakni hanya menyambungkan secara horizontal peti kayu bekas sesuai dengan ukuran pot bunga yang akan ditaruh. Kemudian pasangkan kaki-kaki kecil supaya lebih estetik. Rak bunga dari kayu bekas peti pun jadi.
Begini Cara Menata Ruang Penyimpanan Agar Tetap Rapi

Begini Cara Menata Ruang Penyimpanan Agar Tetap Rapi

4. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Berjajar

Gambar rak bunga dari kayu bekas berjajar. (Foto: Apartmenttheraphy.com)
Jika memiliki banyak kayu bekas yang tidak terpakai, dapat mencoba ide membuat rak bunga berjajar seperti ini. Kayu bekas dibangun memanjang dan bertingkat. Kemudian, pot tanaman dan bunga tinggal dipajang menyamping sesuai dengan keinginan. Supaya lebih estetik, bisa juga berikan ornamen lainnya seperti vas atau ornamen dekorasi lainnya.

5. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Tangga

Gambar rak bunga dari kayu bekas tangga. (Foto: Pixabay – Efes)
Punya tangga kayu bekas tidak terpakai? Jangan segera dibuang, tapi manfaatkan sebagai rak bunga. Tangga kayu bisa dengan mudah disandarkan ke dinding, lalu tinggal letakkan pot bunga di setiap anak tangga. Supaya tidak jatuh atau bergeser, tangga dilekatkan dengan paku di dinding. Dengan begitu, pot bunga juga menjadi aman.

6. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Minimalis

Gambar rak bunga dari kayu bekas minimalis. (Foto: Pinterest – Handmade Haven)
Apabila ingin rak bunga yang simpel dan minimalis saja, pilihan mungkin akan jatuh dengan desain ini. Rak bunga terbuat dari tangga kayu bekas kecil yang kemudian disatukan oleh tempat penyimpanan pot bunga di bagian tengahnya. Pot bunga dan tanaman kecil sangat cocok untuk tipe rak bunga model seperti ini karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan minimalis.

7. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Dua Tingkat

Gambar rak bunga dari kayu bekas dua tingkat. (Foto: Pexels – Rachel Claire)
Rak bunga dari kayu bekas dua tingkat dapat menjadi pilihan selanjutnya bagi mereka yang mempunyai ruang yang terbatas. Itu karena rak bunga dua tingkat ini tidak memakan banyak ruang dan bisa diletakkan di mana saja, baik di sebelah rak buku, dapur, ruang tamu, ataupun teras. Selain berguna untuk menyimpan tanaman, rak bunga ini juga mempercantik ruangan.

Tips Rumah.com

Dinding bisa menjadi area paling optimal untuk memajang rak bunga. Selain menghemat ruang, rak bunga juga bisa mempercantik dinding.

8. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Unik

Gambar rak bunga dari kayu bekas unik. (Foto: Pixabay – Lespanga)
Apabila mempunyai banyak kayu bekas tidak terpakai, dapat mencoba ide desain rak bunga unik ini. Memiliki model seperti layaknya etalase toko, rak bunga ini bisa menampung banyak tanaman sekaligus. Supaya lebih estetik, kayu bekas yang digunakan bisa dicat terlebih dahulu. Semisal dengan warna putih atau cokelat tua yang bisa menopang tampilan rak bunga.

9. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Gantung

Gambar rak bunga dari kayu bekas gantung. (Foto: Pexels – Hoang Chuong)
Mempunyai kusen pintu kayu tidak terpakai? Jangan buru-buru dihancurkan, tetapi gunakan sebagai rak bunga. Seperti ide desain rak bunga dari kayu bekas ini. Tanaman digantung pada kusen pintu kayu yang sudah tidak terpakai.
Selain memberikan kesan hangat, alami, dan sejuk, pemandangan pun tentunya menjadi sangat estetik dan unik. Pastikan kawat yang dipakai untuk menggantung tanaman cukup kuat supaya pot tidak jatuh.

10. Gambar Rak Bunga dari Kayu Bekas Dinding

Gambar rak bunga dari kayu bekas ditempel di dinding. (Foto: Pexels – Roman Odintsov)
Ide lainnya untuk rak bunga dari kayu bekas adalah ditempel di dinding. Kayu bekas yang tidak terpakai bisa dipadukan dengan besi, kemudian direkatkan di dinding rumah. Selain menghemat biaya, tampilan rumah pun menjadi semakin estetik dan segar. Apalagi jika tanaman yang dipajang merupakan tanaman merambat, tentunya ruangan akan tampak alami.
Tonton video berikut untuk mempelajari cara memanfaatkan uang THR untuk beli rumah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini