Daftar Harga Marmer Terbaik dan Terbaru 2022

Tim Editorial Rumah.com
Daftar Harga Marmer Terbaik dan Terbaru 2022
RumahCom – Marmer adalah jenis batu alam jenis metamorf atau malihan yang terbentuk akibat proses metamorfosis batu kapur atau gamping. Dari proses tersebut menghasilkan batuan dengan warna dan corak abstrak yang indah. Karena itu, tidak heran banyak orang memilih batu marmer untuk menghias interior rumah seperti dapur, lantai kamar, meja, dan sebagainya.
Selain karena keindahannya, marmer sering dikaitkan dengan kesan mewah dan mahal saat digunakan sebagai dekorasi rumah. Tidak mengherankan, sebab proses penambangan dan ekstraksi marmer memerlukan prosedur dengan biaya tidak sedikit sehingga harga jualnya cukup tinggi.
Bagi Anda yang ingin menghias rumah dengan marmer, jangan berkecil hati dulu. Lewat artikel ini, yuk cari tahu harga marmer dan informasi terkait lainnya seperti berikut:
  • Daftar Harga Marmer 2022
  • Faktor yang Mempengaruhi Harga Marmer
  • Kelebihan Menggunakan Marmer di Rumah
  • Tips Merawat Marmer agar Tidak Mudah Rusak

Daftar Harga Marmer 2022

Pola guratan horizontal dengan lampu neon membuat kamar mandi terkesan futuristik. (Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Demi menghadirkan keindahan marmer sebenarnya saat ini sudah banyak yang menjual sticker vinyl dengan corak marble. Namun bagi pecinta batu alam, cara itu tentu menghasilkan kepuasan berbeda dibandingkan menggunakan marmer asli. Jika Anda ingin menghias rumah dengan marmer, ada banyak variasi yang tersedia dengan harga lebih terjangkau tergantung pada faktor pola, warna, merek, dan lainnya.
Penasaran? Berikut rangkuman harga marmer terbaru:

1. Harga Marmer Lokal

Crema Iks
Rp619,000
60x60
Crema Iks Slab
Rp653,100
Slab
Crema Mangilu
Rp973,000
60x60
Crema Mangilu Slab
Rp1,050,000
Slab

2. Harga Marmer Statuario

Statuario Bookmatch (Marmer Impor Slab)
Rp1,025,000
Slab
Marmer Buatan x03 Statuario
Rp1,040,000
Slab
Statuario Marmer
Rp3,255,500
Slab
Marmer Lembaran Buatan
Rp1,030,000
1,220x2,440x3,8 mm
Marmer Statuario Venato (Marmer Putih Impor Italy)
Rp1,850,000
Slab
Statuario (Marmer Impor)
Rp2,815,000
Slab
Marmer Statuario Putih (Quart Stone)
Rp1,4200,000
Slab

3. Harga Marmer Citatah

Marmer Citatah Lokal
Rp305,000
Slab
Marmer Citatah Lokal
Rp475,000
Slab

4. Harga Marmer Import

Saint Laurent
Rp920,000
Slab
Black Gold
Rp1,283,000
Slab
Nero Assoluto
Rp1,295,050
Slab
Travertine Cream
Rp1,850,100
Slab
Snow White
Rp2,135,100
Slab
White Carrara
Rp1,150,000
Slab
Statuario
Rp3,610,000
Slab
Portoro Silver
Rp1,230,000
Slab
Dark Emperador
Rp1,390,00
Slab
Light Emperador
Rp1,414,000
Slab
Nero Marquina
Rp850,450
Slab
Serpegiante Grey
Rp1,300,450
Slab

Tips Rumah.com

Hindari kombinasi marmer dengan corak besar dan ramai pada dinding karena akan membuat ruangan terlihat berantakan.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Marmer

Kombinasi marmer warna biru dengan aksen emas untuk tampilan yang menawan. (Foto: iStock- Svetolk)
Sama seperti material batuan lain, beberapa faktor berikut dapat mempengaruhi harga marmer. Makin tinggi kualitasnya, tentu akan harga marmer semakin mahal.

1. Jenis Marmer

Meski sekilas terlihat sama, nyatanya ada ratusan jenis marmer yang beredar. Tiap jenisnya memiliki tingkat harga bervariasi. Jika memiliki dana cukup besar, Anda bisa memilih jenis yang cukup langka di pasaran seperti White Thassos Extra, Bergian Black, Statuario, Blue Monterrey, Sicilian Diaspro, dan Black Italian Portoro.

2. Asal Marmer

Biaya penambangan marmer cukup mahal karena memerlukan proses yang kompleks. Apalagi jika marmer didatangkan dari luar negeri, maka harganya akan makin melambung karena pembeli harus membayar biaya pengiriman, pajak, dan selisih kurs mata uang.

3. Corak dan Urat Marmer

Keunikan marmer terletak pada guratan pola garis pada permukaannya yang terbentuk secara alami. Karena itu, semakin unik dan jarang coraknya, maka harga marmer makin tinggi. Motif tersebut tidak akan bisa dibuat ulang dan besar kemungkinan tidak akan ada marmer lain dengan pola sama.

4. Warna Marmer

Tidak hanya corak, warna juga cukup berpengaruh pada harga marmer. Kebanyakan orang mengincar warna marmer putih yang terlihat elegan dan bercahaya. Namun harganya akan berbeda dibandingkan marmer putih dengan campuran abu-abu. Warna lain seperti merah muda atau biru harganya akan jauh lebih tinggi karena jarang ditemui.

5. Kualitas Marmer

Tahukah kamu, dalam satu gunung kemungkinan hanya ada sekitar 5 persen marmer dengan kualitas terbaik? Karena itu, marmer dengan kualitas atas akan dibanderol harga tinggi dibandingkan marmer kualitas biasa. Jika ingin melihat langsung proses penambangan dan pembuatannya, Anda bisa mengunjungi daerah Tulungagung, Jawa Timur yang menjadi sentra penghasil marmer terbesar di Indonesia

6. Proses Finishing

Agar menjadi marmer lantai yang berkilau, dibutuhkan proses finishing atau pemolesan permukaan marmer. Hasil polesan yang rapi dan bagus akan membuat guratan marmer makin terpancar. Jadi jangan heran jika harganya juga akan lebih mahal dibanding hasil polesan biasa.

7. Teknologi Pemrosesan Marmer

Teknologi yang digunakan selama proses pembuatan marmer tentu akan mempengaruhi harganya. Dibandingkan dengan industri rumahan, marmer yang diproduksi oleh tangan berpengalaman dengan teknologi canggih akan membuat harganya makin melambung.
Tonton video berikut ini untuk mencari inspirasi furnitur bagi rumah minimalis!

Kelebihan Menggunakan Marmer di Rumah

Proses pengambilan marmer cukup sulit sehingga harganya lebih mahal.(Foto: iStock – Tunart)
Rumah dengan dekorasi marmer akan meningkatkan nilai estetika dan memberikan kesan mewah. Selain sedap dipandang, inilah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan marmer di rumah:

1. Mudah Dibersihkan

Dibandingkan keramik, marmer butuh waktu lama sampai kilaunya berkurang dan menjadikannya kusam. Permukaan yang licin membuat marmer mudah dibersihkan terlebih jika berada di kamar mandi atau dapur. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan cairan khusus yang sudah banyak dijual di pasaran.

2. Tidak Mudah Tergores

Batu marmer yang telah dipoles tidak akan mudah tergores. Permukaannya yang berkilau juga tidak cepat memudar atau menguning. Anda tidak perlu khawatir jika marmer mengalami gesekan akibat perubahan letak perabot karena keindahannya tidak hilang.

3. Tahan Lama

Batu marmer terbentuk dari suhu dan tekanan yang tinggi. Karena itu, ia tidak mudah melengkung dan cocok digunakan pada bagian eksterior rumah. Batu marmer cenderung lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan iklim dan suhu luar rumah.

4. Tahan Panas

Saat berada dalam ruangan yang penuh dengan dekorasi marmer, Anda akan jarang merasa gerah karena jenis batu ini adalah penghantar panas (konduktor) yang kurang baik. Karakteristik ini membuat marmer banyak dipilih menghias lantai dan dinding kamar atau ruang tamu sehingga ruangan terasa lebih sejuk.

Tips Merawat Marmer agar Tidak Mudah Rusak

Pilih pembersih khusus marmer agar tidak memudarkan kilaunya. (Foto: iStock – Liudmila)
Sama halnya dengan material lain, marmer juga perlu dirawat agar tidak mudah rusak dan menjaga kilaunya. Tidak boleh sembarangan, Anda bisa gunakan beberapa bahan pembersih dan ikuti tips di bawah ini:
  1. Gunakan lap/kain microfiber dan hindari membersihkan marmer dengan spons kawat karena bisa merusak permukaannya.
  2. Berikan alas untuk benda berat yang diletakan di atas lantai marmer. Terlebih untuk perabot dengan kaki besi seperti pot atau meja, berikan alas agar tidak menggores permukaannya
  3. Jangan membersihkan marmer dengan cuka. Meskipun dikenal mampu mengangkat noda membandel, sifat asam pada cuka justru bisa mengurangi kilau dan tekstur dari marmer.
  4. Pakai cairan hidrogen peroksida untuk membersihkan noda yang bersifat asam. Cairan ini tidak hanya membersihkan marmer tapi juga menghilangkan goresan pada lantai.
  5. Gunakan cairan pembersih khusus marmer yang bisa Anda beli secara offline atau online. Saat akan membersihkan permukaan marmer, coba teteskan sedikit untuk melihat reaksinya sebelum dibersihkan seluruhnya.
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini