Daftar Harga Pasang ACP per M2 Terbaru 2022

Tim Editorial Rumah.com
Daftar Harga Pasang ACP per M2 Terbaru 2022
RumahCom – Aluminium Composite Panel atau ACP adalah material perpaduan yang terbuat dari plat aluminium dan composite. Selain kedua bahan tersebut, ACP juga terdiri dari bahan lain non-aluminium yang kemudian disatukan dan berbentuk panel datar. Setelah itu, panel ACP bisa dilapisi dengan cat PVDF atau polyester.
Dalam membangun rumah, ACP biasa digunakan untuk melapisi dinding hunian atau langit-langit atap. Jenis A CP yang bisa Anda pilih antara lain PVDF (Poly de Fluoride) yang digunakan pada eksterior dan tahan terhadap cuaca atau tipe PE (polyester) yang cocok untuk interior dan harganya lebih murah. Warna yang ditawarkan pun sangat beragam, cukup fleksibel untuk padu padankan dengan konsep hunian.
Lalu bagaimana dengan harga pasang ACP per m2? Bagi Anda yang tertarik memasang ACP untuk gedung atau bangunan lain, artikel ini akan membahasnya dengan poin-poin berikut:
  • Harga Pasang ACP per M2
  • Simulasi Cara Menghitung Pasang ACP per M2
  • Fungsi Aplikasi Pelapisan ACP
  • Tips Memilih Kontraktor ACP yang Tepat
8 Jenis Atap Multiroof, Keunggulan, dan Harga Terbaru

8 Jenis Atap Multiroof, Keunggulan, dan Harga Terbaru

Harga Pasang ACP per M2

Panel ACP tersedia dalam berbagai ukuran dan mudah dipotong serta dibentuk. (Foto: I’m Laser Cutting.com)
Karena memiliki 2 tipe, harga pasang ACP per m2 pun berbeda. Berdasarkan penelusuran tim Rumah.com, harga pasang ACP per m2 tanpa bahan dibanderol dengan kisaran Rp130-170 ribu. Harganya akan berubah tergantung pada lokasi, kerumitan, jumlah volume, dan risiko pemasangannya.
Sementara, harga pasang ACP per m2 termasuk bahan dikenakan biaya mulai dari Rp550 ribu untuk indoor dan Rp650 ribu untuk bagian outdoor. Namun, ketebalan serta lebar lembaran ACP juga mempengaruhi harga yang beredar di pasaran jadi cukup bervariasi seperti berikut:
Tipe PE Tebal 0.3mm
  • Ukuran 122cm X 244cm = Rp525.000
  • Ukuran 122cm X 488cm = Rp1.000.000
Tipe PVDF Tebal 0.3mm
  • Ukuran 122cm X 244cm = Rp750.000
  • Ukuran 122cm X 488cm = Rp1.450.000
Tipe PVDF Tebal 0.5mm
  • Ukuran 122 X 244 Cm = Rp 900.000,-
  • Ukuran 122 X 488 Cm = Rp 1.750.000,-

Simulasi Cara Menghitung Pasang ACP per M2

Aneka warna pada panel ACP dapat disesuaikan dengan konsep bangunan. (Foto: Kontraktor Acp.co.id)
Pada poin sebelumnya, Anda telah mengetahui harga pasang ACP per m2 dan kisaran harga berdasarkan jenis serta lebarnya. Agar makin jelas, kali ini kita akan coba melakukan simulasi perhitungan harga pasang ACP per m2 untuk eksterior lengkap dengan material pendukung lain yang diperlukan:
MaterialHarga
ACP Seven PVDFRp300,000
Sealant/lem aluminumRp25,000
Rangka HollowRp45,000
Besi Siku/BracketRp15,000
Aksesoris, sekrup, bautRp10,000
Pasang ScaffoldingRp20,000
Upah Tenaga KerjaRp140,000
Waste Material 10%Rp555,000
Total Material + OngkosRp45,500
TOTAL BIAYARp600,500
Dari perhitungan di atas, Anda harus mempertimbangkan jika pihak jasa pemborong pasang ACP mengambil margin/keuntungan sebesar 30%. Maka, biaya tambahan yang harus disiapkan adalah 30% x Rp600,500 = Rp180,150. Dengan demikian, total keseluruhan harga pasang ACP per m2 menjadi Rp780,650.

Tips Rumah.com

Untuk outdoor, pastikan sistem grounding atau penangkal petir ACP dipasang kuat agar tidak mudah rusak karena sambaran petir.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui harga pasang ACP per meter persegi. Jika Anda tidak ingin repot menghitung berapa harga pasang ACP, ada baiknya Anda membeli hunian jadi di kawasan Bandung. Cek daftar huniannya dibawah Rp1 miliar di sini!

Fungsi Aplikasi Pelapisan ACP

Pemakaian panel ACP pada bagian atap SPBU.(Foto: Pertamina.com)
Dalam arsitektur, ACP digunakan untuk pelapis dinding eksterior karena tahan terhadap cuaca dan mampu menambah estetika. Di kehidupan sehari-hari, ACP sering dikombinasikan bersama kaca dan diaplikasikan di berbagai tempat antara lain:

1. Kitchen Set

Dapur rumah yang selalu bersih akan membuat kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan. Untuk mewujudkannya, aluminium ACP sering diterapkan pada bagian kabinet atau lemari karena bahannya tidak menyerap noda sehingga mudah dibersihkan.

2. SPBU

SPBU identik dengan bentuk atap seperti trapesium dengan warna-warna mencolok. Tampilan tersebut hadir berkat penggunaan panel ACP. Sifatnya yang tidak mudah rusak cocok digunakan pada area outdoor yang banyak terkena sinar matahari dan hujan.

3. Lemari

Selain kitchen set, ACP bisa diaplikasikan pada lemari untuk etalase toko. Tampilan permukaan panel yang berkilau membuat lemari tampak bersih sehingga menarik pelanggan untuk berbelanja. Lemari juga lebih tahan lama dan tidak mudah rusak meskipun dipajang di ruangan yang terkena sinar matahari langsung.

4. Papan Iklan atau Billboard

Tidak melulu digunakan pada bangunan, ternyata panel ACP juga menjadi bahan pembuat papan reklame atau billboard. Pemilihan material ini tidak terlepas dari sifat ACP yang tahan cuaca sehingga warna-warna dalam iklan tetap terlihat vibrant dan menarik siapapun yang melihatnya.

Tips Memilih Kontraktor ACP yang Tepat

Dalam proses pemasangan ACP pastikan Anda memantau secara berkala. (Foto: Pexels – Brett Sayles)
Memilih kontraktor yang tepat sangat krusial dalam proses pembangunan rumah. Biaya yang tidak murah membuat Anda harus benar-benar selektif memilih rekanan agar hasil pembangunan kokoh, tahan lama serta sesuai keinginan.
Hal ini berlaku juga dalam pemasangan ACP. Walaupun material yang digunakan tidak terlalu berat, tetap dibutuhkan kontraktor handal. Jangan bingung, yuk simak tips memilih kontraktor ACP yang tepat:

1. Cari Tahu Kredibilitas dan Kapasitas Kontraktor

Citra dan nama baik kontraktor jadi faktor utama yang harus Anda perhatikan. Pilih beberapa kontraktor dan bandingkan dari segi kredibilitas serta kapasitas pekerjaan yang bisa mereka lakukan. Setidaknya, pastikan pihak yang Anda pilih hanya akan mengerjakan maksimal 3 proyek pemasangan ACP. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan kontraktor tidak fokus dan hasil yang diberikan kurang memuaskan.

2. Baca Portfolio Kontraktor

Kontraktor yang kredibel biasanya tidak akan ragu untuk memamerkan hasil kerjanya melalui portfolio. Jangan lupa cek dengan betul bahkan kunjungi lokasi proyek pemasangan ACP yang sedang dikerjakan atau sebelumnya untuk melihat sendiri hasil kerja kontraktor. Jika proyek masih berjalan, pastikan Anda mendapatkan penjelasan rinci saat melihat proses pemasangan agar benar-benar paham.

3. Tetapkan Estimasi Biaya

Jika sudah yakin dengan pilihan kontraktor Anda, jangan ragu untuk berdiskusi soal estimasi harga yang telah dibuat. Dari daftar yang dirancang, tanyakan secara rinci apakah masih ada pengeluaran tak tercantum guna menghindari pembengkakan biaya tak terduga di tengah jalan.

4. Minta Daftar Spesifikasi Bahan

Langkah selanjutnya, mintalah daftar spesifikasi bahan yang akan digunakan oleh kontraktor. Pastikan Anda mengetahui jelas dan setuju dengan material pilihan kontraktor. Tahap ini sangat penting agar kedua belah pihak saling transparan dan tidak ada kecurigaan ACP menggunakan bahan berkualitas rendah.

5. Buat Kontrak Kerja

Tips terakhir, pastikan Anda membuat kontrak kerja yang disepakati pihak kontraktor. Masukan semua informasi penting seperti hak dan kewajiban kedua belah pihak, hingga detail pemasangan mulai dari waktu hingga spesifikasi material. Untuk melindungi hak Anda sebagai konsumen, tambahkan pasal yang akan mengatur tindakan hukum/sanksi jika pihak kontraktor ingkar janji.
Itulah pembahasan lengkap seputar harga pasang ACP per m2 lengkap dengan simulasi dan tips memilih kontraktor. Semoga proyek pemasangan ACP Anda lancar dan mendapatkan hasil memuaskan. Selamat mencoba!
Tonton video berikut ini untuk mendapatkan 7 tips memilih cat rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti danPanduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini