Ini Manfaat Tanam Lidah Mertua, Yuk Simak

Lidah mertua merupakan tamanan hias yang daunnya terlihat berani dan kuat. Simak faktanya di sini!
Lidah mertua Foto Utama

RumahCom – Beragam cara mudah dapat dilakukan untuk mengurangi polusi udara, contohnya lebih sering menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi dan menanam lidah mertua atau sansevieria di rumah. Lidah mertua merupakan tanaman hias yang terkenal karena namanya yang unik, bentuknya yang menarik, dan manfaatnya yang menakjubkan.

Lidah mertua merupakan tanaman hias yang mudah dirawat dan hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari untuk tumbuh tinggi dan sehat. Tanaman ini mempunyai daun yang kuat dan terlihat berani sehingga disebut juga snake plants karena tampak seperti ular yang tangguh. Apa saja manfaat lidah mertua? Simak dahulu jenis-jenis lidah mertua, manfaat, dan tips memelihara tanaman yang ujungnya berdaun runcing ini. 

Mengenal Lidah Mertua

Ujung runcing lidah mertua merupakan bentuk adaptasi tanaman ini untuk melindungi diri. (Foto: Pixabay)

Ujung runcing lidah mertua merupakan bentuk adaptasi tanaman ini untuk melindungi diri. (Foto: Pixabay)

Ujung runcing daun lidah mertua merupakan bentuk adaptasi tanaman ini terhadap lingkungan, yaitu sebagai pelindung diri. Dilansir dari Dr Health Benefits, umumnya lidah mertua memiliki tiga warna berbeda pada daunnya, contohnya hijau tua, hijau muda, dan kuning. Tanaman hias ini akan terlihat seperti api yang menyala jika daunnya didominasi oleh warna merah sebagai warna utama.

Manfaat Lidah Mertua

Lidah mertua dapat membantu menyerap radiasi yang disebabkan oleh perangkat elektronik. (Foto: Pexels)

Lidah mertua dapat membantu menyerap radiasi yang disebabkan oleh perangkat elektronik. (Foto: Pexels)

Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias karena mempunyai nilai keindahan, lidah mertua juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Lidah mertua dapat menguraikan zat beracun, seperti karbon dioksida (CO2), benzene, formal dehid, chloroform, dan tri-cotylene. Lidah mertua juga masuk ke dalam tanaman hias yang mampu menyerap polusi. Ada sekitar 107 polutan yang bisa diserap kemudian diubah menjadi oksigen oleh tanaman ini.

Tanaman berdaun runcing ini secara aktif membantu menyerap radiasi yang disebabkan oleh perangkat elektronik. Oleh karena itu, lidah mertua sering diletakkan di ruang keluarga, ruang tamu, atau ruangan lain yang memiliki televisi, komputer, dan perangkat elektronik lainnya.

Tanaman ini Dapat Tingkatkan Kualitas Tidur Anda

Tips Rumah & Apartemen

Tanaman ini Dapat Tingkatkan Kualitas Tidur Anda

Lidah mertua juga bisa menjadi solusi untuk mengusir sick building syndrome, yaitu orang-orang di dalam ruangan akan jatuh sakit, sesak napas, pusing, atau mual karena aliran udara yang buruk. Ini biasanya terjadi ketika ada terlalu banyak jumlah polutan ataupun karbon dioksida di dalam ruangan. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat menempatkan lidah mertua di dalam ruangan untuk membantu menyerap zat-zat yang tidak diinginkan.

Lidah mertua juga memiliki klorofil melimpah yang memungkinkan tanaman ini melakukan fotosintesis lebih cepat. Inilah yang membuat lidah mertua menghasilkan banyak oksigen.

Manfaat lain dari lidah mertua adalah dapat digunakan sebagai pagar alami. Daun tanaman ini cukup keras, kuat, dan runcing sehingga dapat berfungsi sebagai pembatas halaman sekaligus menambahkan sentuhan estetika di rumah Anda.

Jenis-Jenis Lidah Mertua

Beragam jenis lidah mertua bisa ditempatkan di dalam ataupun di luar ruangan. (Foto: Pexels)

Beragam jenis lidah mertua bisa ditempatkan di dalam ataupun di luar ruangan. (Foto: Pexels)

Menurut Urban Organic Yield, lidah mertua merupakan tanaman tropis yang berasal dari Afrika Barat. Berikut ini beberapa varietas lidah mertua yang bisa Anda tanam di rumah.

1. Sansevieria Trifasciata

Lidah mertua ini merupakan jenis yang paling umum ditemui sebagai tanaman hias di Indonesia. Ciri utamanya adalah daun berwarna kuning dan bagian tengahnya berwarna hijau dengan corak seperti semangka. Panjang daunnya bisa mencapai 40 cm dengan lebar 5 cm.

2. Sansevieria Stuckyi

Sansevieria stuckyi mampu tumbuh tinggi hingga mencapai 2 m. Daunnya berwarna hijau gelap, bertekstur kasar, dan tebal. Tanaman ini bisa diletakkan di area yang mendapatkan sedikit cahaya, tetapi juga bisa menerima banyak cahaya matahari.

3. Sansevieria Pinguicula

Sansevieria pinguicula memiliki daun yang berwarna hijau dengan pinggir daun berwarna cokelat kemerahan. Panjang daunnya antara 12–30 cm dan lebar sekitar 3 cm.

4. Sansevieria Ehrenbergii

Daun lidah mertua ini berwarna hijau kebiru-biruan dengan bagian tepi yang berwarna seperti tembaga. Tanaman ini bisa menghasilkan bunga berwarna putih keabu-abuan sehingga cocok diletakkan di atas meja kerja Anda.

5. Sansevieria Cylindrical

Bentuknya indah seperti kipas dan daunnya berwarna hijau muda dengan tekstur yang halus. Panjang daunnya mulai dari 30 cm hingga 60 cm.

6. Sansevieria Eilensis

Warna daunnya cukup unik, yaitu hijau muda kebiruan dengan sentuhan abu-abu. Tekstur daunnya kasar dan berbentuk silinder yang melengkung ke bawah.

7. Sansevieria Kirkii

Lidah mertua ini merupakan tanaman yang kuat dan daunnya bisa tumbuh hingga 180 cm. Ketika ditempatkan di dalam ruangan, Sansevieria kirkii bisa berfungsi sebagai pemurni udara. Tanaman ini juga bisa menghasilkan bunga yang berwarna putih kehijauan.

Tips Menanam Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua mudah dirawat dan pada umumnya bisa tumbuh dengan cepat. (Foto: Unsplash)

Tanaman lidah mertua mudah dirawat dan pada umumnya bisa tumbuh dengan cepat. (Foto: Unsplash)

Kalau sudah tahu ada beragam jenis lidah mertua yang menarik perhatian dan banyak manfaat dari menanam lidah mertua, mengapa Anda tidak mencoba menanamnya di rumah? Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dan perawatannya mudah dilakukan. Cukup letakkan lidah mertua di tempat yang mendapatkan sinar matahari, misalnya di sebelah jendela. Namun, lidah mertua juga bisa tumbuh di tempat dengan kondisi minim cahaya.

Yang paling menyenangkan, Anda juga tak perlu sering-sering menyiram lidah mertua. Tanaman sukulen ini bisa menyimpan air dengan baik di daunnya dan tumbuh kuat di tempat yang kering seperti tempat asalnya di Afrika. Jadi, cukup sirami lidah mertua dua kali dalam seminggu.

Lalu, di manakah tempat yang baik untuk meletakkan lidah mertua di dalam rumah? Hal ini tergantung pada jenis lidah mertua dan luas ruangan di rumah Anda. Misalnya, jika kamar tidur Anda tidak terlalu besar, pilihlah jenis lidah mertua yang daunnya tidak terlalu tinggi.

Tip Rumah
jika ingin meletakkan lidah mertua di ruang keluarga, Anda bisa memilih tanaman lidah mertua yang dapat tumbuh tinggi.

Jadi, sudah tidak sabar untuk meletakkan lidah mertua di dalam rumah ataupun menanamnya di halaman? Bagi Anda yang sedang mencari rumah, tersedia beragam pilihan hunian yang bisa saja sesuai dengan bujet Anda di sini.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

AreaInsider

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Pilihan Properti Terbaik di Jakarta Pusat

Masukan