Inilah Cara Plamir Tembok yang Tepat, Tembok Dijamin Halus dan Kuat

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Banyak yang menganggap menggunakan cat yang tepat saja sudah cukup untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan dinding yang indah. Padahal untuk hasil yang baik, Anda memerlukan lebih dari sekadar cat yang berkualitas. Plamir tembok merupakan upaya ekstra yang memakan waktu dan tenaga, tetapi dijamin dinding akan terawat dan Anda pun kagum pada hasil akhir pengecatan dinding.
Sebenarnya apa yang dimaksud dengan plamir tembok? Plamir tembok merupakan cara melapisi tembok dengan material khusus sebelum proses pengecatan dimulai. Material plamir tembok berupa cairan putih yang biasanya campuran kalsium, lem, dan air, serta memiliki tingkat kelengketan tertentu. Plamir dapat menghaluskan permukaan dinding yang bertekstur, berlubang, dan tidak rata yang dapat menyebabkan gangguan dalam proses pengecatan.
Mengaplikasikan plamir tembok yang benar mempunyai dampak besar pada hasil akhir pekerjaan mengecat cat dinding. Jika Anda menginginkan hasil akhir cat dinding rumah yang sempurna, penting untuk tahu lebih banyak tentang plamir tembok. Simak artikel berikut ini yang akan mengulas tentang:
  1. Manfaat Plamir Tembok
    1. Menutup celah atau pori pada tembok
    2. Menutup warna asli tembok
    3. Hasil pengecatan lebih halus dan rata
    4. Warna cat lebih terlihat bagus
    5. Warna cat dinding terlihat lebih seragam
    6. Tahan akan kelembapan
    7. Cat lebih tahan lama
  2. Tahapan dan Cara Plamir Tembok
    1. Bersihkan tembok
    2. Mempersiapkan material plamir tembok
    3. Mengaplikasikan plamir tembok
    4. Proses pengamplasan dinding
    5. Periksa hasil akhir

1. Manfaat Plamir Tembok

Plamir membuat warna cat lebih keluar, halus, dan merata. (Foto: Pexels)
Plamir membuat warna cat lebih keluar, halus, dan merata. (Foto: Pexels)
Plamir yang berbasis semen memiliki banyak manfaat untuk rumah Anda. Sebelum Anda memulainya, mari simak berikut ini 6 manfaat plamir tembok yang dilansir dari urbancompany.com ini.
  • Menutup celah atau pori pada tembok

Plamir berfungsi untuk menutupi pori atau celah pada tembok, meratakan plester, tembok, atau beton yang retak dan tidak rata. Dengan plamir, permukaan tembok menjadi rata, halus, dan siap untuk dicat.
  • Menutupi warna asli tembok

Jika Anda mengecat tembok tanpa plamir, warna asli tembok Anda akan memengaruhi warna cat asli. Tanpa plamir, kemungkinan besar cat Anda akan berwarna lebih gelap atau kusam. Inilah manfaat plamir itu sendiri.
  • Hasil pengecatan lebih halus dan rata

Sebelum mengecet tembok, agar membuat hasil yang bagus. Sebaiknya di plamir terlebih dahulu. Plamir berfungsi menjadi dasar untuk stain, sehingga permukaan akhir pada tembok menjadi lebih halus dan rata.

Tips Rumah.com

Sesuaikan warna plamir dengan warna cat tembok Anda. Misalnya, jika warna cat dinding gelap, pilih plamir yang berwarna gelap dan sebaliknya.

  • Warna cat lebih keluar dan terlihat bagus

Warna cat tembok Anda akan terlihat lebih indah karena stain atau cat warna tidak langsung berhadapan dengan dinding yang warnanya bisa membayang.
  • Warna cat dinding terlihat lebih seragam

Plamir dan cat warna yang tidak stabil akan membuat keseragaman warna tembok sulit diwujudkan. Oleh karena itu, dibutuhkan plamir agar hasil pengecatan lebih seragam.
  • Cat menjadi lebih tahan lama

Selain membuat tembok halus dan rata. Plamir juga bermanfaat untuk memperkuat lapisan finishing cat sehingga hasil pengecatan lebih tahan lama.
Jika Anda tengah mencari rumah idaman, pastikan rumah Anda memiliki kualitas bangunan yang baik. Ingin rumah baru Anda diplamir dengan baik? Dengan cat tembok yang terlihat sempurna? Yuk, cek pilihan rumah dengan harga di bawah Rp750 juta di sini.

Tahapan dan Cara Plamir Tembok

Diperlukan ketelitian saat plamir tembok, agar pori-pori dan permukaan tidak rata dapat tertutupi. (Foto:nerolac.com)
Diperlukan ketelitian saat plamir tembok, agar pori-pori dan permukaan tidak rata dapat tertutupi. (Foto:nerolac.com)
Prosesnya memang terlihat rumit, tetapi Anda bisa melakukan plamir tembok sendiri tanpa dibantu oleh seorang profesional. Jika Anda tertarik melakukannya sendiri, simak tahapan dan cara plamir tembok berikut ini.
  • Bersihkan tembok

Kotoran dan debu dapat memengaruhi daya lekat plamir dan menyebabkan permukaan tembok tak rata. Jadi, bersihkan tembok agar tidak ada kotoran yang menempel. Apabila ada sisa cat pada tembok, lebih baik kelupas dahulu cat lama, kemudian dibersihkan dan diplamir agar proses mengecat bisa dilakukan dengan sempurna.
  • Mempersiapkan material plamir tembok

Anda dapat membuat plamir tembok sendiri dan cara membuatnya mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkah yang perlu diikuti.
  • Campurkan 1,5 kg pengeras semen dengan air sebanyak 20 liter.
  • Aduk hati-hati hingga tercampur secara merata.
  • Tambahkan 1 kg semen putih, 2 kg kalsium, dan 1 kg lem.
  • Aduk hingga merata.
Jika Anda membutuhkan lebih banyak, Anda perlu menambahkan takaran yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika Anda memilih untuk membeli plamir tembok, harga plamir tembok termasuk terjangkau.
  • Mengaplikasian plamir tembok

Tuangkan plamir tembok ke dalam sebuah wadah dan gunakan kape dalam prosesnya. Saat mengaplikasikan plamir pada tembok, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
  • Gunakan bahan dan alat yang berkualitas.
  • Saat membeli campuran kering, encerkan sesuai dengan instruksi.
  • Perhatikan secara khusus saat melakukan plamir pada sudut tembok agar merata.
  • Oleskan adonan plamir tembok dari atas hingga ke bawah dan oleskan satu per satu hingga merata.
Setelah selesai dilakukan, pastikan semua pori-pori atau lubang sudah tertutup secara merata. Tunggu lapisan plamir mongering dan biasanya plamir tembok membutuhkan waktu kurang dari 24 jam agar benar-benar merata dan menempel sempurna.
Sebelum membeli rumah bekas, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Simak langkah aman membeli rumah bekas di video ini.
  • Proses pengamplasan dinding

Proses selanjutnya adalah pengamplasan dinding secara ringan. Gunakan amplas dengan tekstur yang halus agar plamir tembok yang telah kering tidak mengelupas saat proses pengamplasan.
  • Periksa hasil akhir

Setelah proses plamir selesai, Anda perlu mengecek hasil akhir dari semua proses yang sebelumnya telah dikerjakan. Ini untuk mencari tahu apakah tidak ada lubang atau pori-pori yang belum tertutup dan memastikan permukaan dinding telah rata. Anda pun perlu mengecek apakah tekstur tembok masih bergelombang atau sudah halus.
Ada beberapa hal yang perlu diingat pada saat mengerjakan plamir tembok. Pertama, pasta plamir cepat mengering maka selama proses pengerjaan, pasta ini dapat ditutup dengan kain lembap untuk mencegahnya cepat mongering. Kedua, untuk mencegah pasta plamir kering, Anda dapat menggunakan plamir sedikit demi sedikit.
Jika semua proses telah dikerjakan, Anda dapat masuk ke dalam proses pengecatan. Setelah diplamir, proses pengecatan akan berjalan lebih mudah dan hasil cat akan terlihat lebih maksimal. Dilansir dari Kompas, Anda mungkin juga perlu memeriksa dinding setelah mengecat. Jika cat masih mengelupas, boleh jadi salah satu penyebabnya adalah kondisi dinding yang lembab atau kualitas plamir yang rendah.
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Pencarian Agen

Hubungi Agen Profesional yang Akan Membantu Kebutuhan Anda

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini