4 Cara Mengurus Surat Pindah Domisili dan Syaratnya

Tim Editorial Rumah.com
4 Cara Mengurus Surat Pindah Domisili dan Syaratnya
RumahCom – Saat memutuskan untuk pindah rumah, jangan lupa untuk memikirkan cara mengurus surat domisili KTP. Surat ini sangat penting untuk diurus karena Anda harus menyesuaikan alamat lama dengan alamat baru. Prosesnya mudah, tetapi Anda harus benar-benar memahami caranya.
Agar Anda bisa mengurus surat pindah domisili di KTP dengan mudah maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:
  • Cara Mengurus Surat Pindah Domisili KTP
  • Syarat-syarat Mengurus Surat Pindah Domisili KTP
  • Apa Itu Pindah Domisili KTP?
  • Pentingnya Mengurus Surat Pindah Domisili di KTP
  • Fungsi KTP dalam Proses Pindah

4 Cara Mengurus Surat Pindah Domisili KTP

Setiap proses pasti membutuhkan prosedur atau SOP yang benar. (Foto: Advantum)
Setiap proses pasti membutuhkan prosedur atau SOP yang benar. (Foto: Advantum)
Agar Anda bisa melakukan pengurusan surat pindah domisili KTP maka di bawah ini adalah beberapa prosedur yang harus Anda lalui agar proses pengurusan bisa berlangsung dengan mudah dan benar:

1. Membuat Surat Pengantar RT/RW di Tempat Asal

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan dalam cara membuat surat pindah adalah dengan membuat surat pengantar RT/RW. Siapkanlah Kartu Keluarga (KK) dan KTP asli Anda beserta lembar fotokopinya. Mintalah surat pengantar dengan mengunjungi RT terlebih dahulu dengan membawa Kartu Keluarga dan KTP Anda. Tuliskanlah alamat domisili baru Anda pada lembar pengantar tersebut. Mintalah tanda tangan ketua RW sebelum melanjutkan prosedur pembuatan surat pengantar pindah domisili.

2. Membawa Surat Pengantar ke Disdukcapil

Dalam cara mengurus surat pindah, anda harus menyiapkan dokumen Surat Pengantar, Kartu Keluarga dan KTP Anda yang asli dan fotokopi setiap kali mengunjungi kantor Kelurahan atau Kecamatan. Pertama-tama, laporkan pada petugas kelurahan di domisili asal bahwa Anda ingin pindah alamat dan menyerahkan seluruh berkas yang diperlukan.
Setelah itu Anda harus mengisi formulir permohonan perpindahan yang sudah disediakan pada kantor Keluarahan. Anda akan mendapatkan surat keterangan yang nantinya harus Anda teruskan pada kantor Kecamatan. Pada kantor Kecamatan, Anda harus meminta tanda tangan Camat pada surat keterangan dari kantor Kelurahan tersebut.
Terakhir, Anda harus datang menuju kantor Disdukcapil dan meminta agar bisa diterbitkan surat keterangan pindah dengan melampirkan berkas persyaratan. Surat keterangan pindah dari Disdukcapil harus Anda bawa pada alamat domisili yang baru.
Tiga Metode Agar Lancar Beli Rumah

Tiga Metode Agar Lancar Beli Rumah

3. Mengurus Surat Keterangan Pindah di Alamat Baru

Proses pengurusan surat keterangan pindah ke alamat baru membutuhkan cara dan persyaratan yang hampir sama dengan cara yang harus Anda lakukan pada daerah asal Anda. Seluruh berkas yang sudah Anda buat pada daerah asal harus Anda bawa semua dengan lengkap serta ikut melampirkan:
  1. Surat pengantar RT/RW di alamat baru Anda
  2. Surat domisili beserta fotokopi KTP tetangga terdekat dari rumah baru Anda. Jika Anda menumpang pada rumah keluarga Anda atau orang lain maka Anda harus turut melampirkan fotokopi KTP kepala rumah tangga pemilik rumah yang Anda tempati saat ini.

4. Mengurus Surat Pindah di Alamat Baru

Anda harus datang ke kantor Kelurahan dengan membawa seluruh berkas persyaratan. Isilah formulir permohonan pindah datang yang sudah ditandatangani oleh Kepala Desa atau Camat setempat. Bawalah formulir yang sudah ditandatangani menuju CAPIL dan berikan kepada petugas agar bisa diperiksa dan ditandatangani.
Barulah CAPIL akan mengeluarkan surat keterangan pindah datang yang bisa dimanfaatkan sebagai KTP sementara Anda sebelum Anda mendapatkan KTP baru yang diterbitkan oleh Disdukcapil setempat.

Syarat-syarat Mengurus Surat Pindah Domisili KTP

Setiap pengurusan administratif membutuhkan beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. (Foto: Kompasiana)
Setiap negara tentunya mempunyai peraturan dan persayaratan yang berbeda dalam mengurus perpindahan. Ketika Anda memutuskan untuk berpindah tempat tinggal dalam waktu yang lama ataupun secara permanen maka Anda diharuskan untuk melakukan perubahan data alamat yang ada pada KTP Anda.
Namun, sebelum Anda bisa melakukan perubahan dan mengurus surat pindah domisili ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Inilah cara mengurus surat pindah beberapa persyaratannya:
1. Surat Keterangan Pindah dari daerah asal berupa surat pengantar dari RT/RW setempat.
2. Biodata Penduduk yang diterbitkan oleh Kantor Kecamatan.
3. Surat Pernyataan Jaminan Tempat Tinggal dari Pemilik Rumah/Pengelola Rusun/Pengelola Apartemen (jika menumpang).
4. Fotokopi KTP & KK Penjamin (jika menumpang).
5. Fotokopi Akta Kelahiran.
6. Fotokopi Akta Perkawinan/Surat Nikah atau akta perceraian (bagi yang berstatus kawin atau cerai hidup)
Setelah seluruh persyaratan sudah lengkap barulah Anda bisa melakukan pengurusan dengan lancar dan benar.

Tips Rumah.com

Pastikan seluruh dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap agar Anda tidak perlu mengurusnya dua kali.

Apa itu Pindah Domisili KTP?

Pindah daerah tempat tinggal adalah pengalaman yang menyenangkan. (Foto: Pexels)
Pindah daerah tempat tinggal adalah pengalaman yang menyenangkan. (Foto: Pexels)
Tidak selamanya seseorang akan tinggal pada satu tempat dalam waktu yang lama secara terus menerus. Memang benar sebuah tempat tinggal yang sudah Anda tempati dalam waktu yang lama adalah sebuah kenangan yang sulit untuk Anda pisahkan. Akan tetapi, akan ada saatnya bagi Anda untuk pindah menuju domisili lain dikarenakan beberapa hal yang berbeda.
Meninggalkan tempat tinggal Anda yang lama dan pindah menuju sebuah domisili yang baru adalah sebuah pengalaman yang menarik dan belum tentu setiap orang bisa merasakannya. Pengalaman ini sangatlah berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang merasa senang untuk pindah dan ada juga yang merasa sangat berat untuk meninggalkan kota asalnya.
Alasan seseorang untuk pindah domisili sangatlah beragam. Ada seseorang yang sudah bekerja akan tetapi tempat kerjanya jauh dari rumah asalnya sehingga harus melakukan pindah domisili dan menyesuaikannya dengan lokasi tempatnya bekerja saat ini. Selain itu juga ada seseorang yang harus pindah karena mendapatkan lokasi tempat tinggal yang jauh lebih baik dari tempatnya saat ini.
Akan tetapi, apakah sebenarnya pindah domisili itu? Pindah adalah berdomisilinya penduduk di alamat yang baru dalam kurun waktu lebih dari satu tahun atau berdasarkan kebutuhan dari individu yang bersangkutan untuk waktu yang kurang dari satu tahun. Anda sebagai penduduk yang baik harus melaporkan alasan mengapa Anda pindah kepada instansi pelaksana di daerah asal Anda untuk mendapatkan sebuah keterangan pindah domisili.

Pentingnya Mengurus Surat Pindah Domisili di KTP

Surat pindah domisili merupakan persyaratan penting yang harus Anda lengkapi agar bisa memenuhi kebutuhan administratif. (Foto: Info BMR)
Surat pindah domisili merupakan persyaratan penting yang harus Anda lengkapi agar bisa memenuhi kebutuhan administratif. (Foto: Info BMR)
Surat pindah domisili adalah salah satu persyaratan yang harus Anda lengkapi apabila Anda ingin menyelesaikan banyak keperluan administratif. Peran surat pindah domisili sama pentingnya dengan mempunyai sebuah KTP, karena tanpa adanya KTP yang sesuai dengan alamat tempat tinggal Anda saat ini maka Anda tidak akan bisa melakukan banyak keperluan yang bersifat penting. beberapa keperluan administratif yang membutuhkan surat pindah domisili adalah seperti:
No
Keperluan Administratif yang Membutuhkan Surat Pindah Domisili
1
Pengurusan akta kelahiran
2
Pelamaran pekerjaan
3
Pendaftaran anak ke sekolah baru
4
Pengurusan dokumen pernikahan
5
Berbagai bentuk pengurusan dokumen legal yang lain
Apabila Anda yang sudah pindah ke daerah baru dan sedang mencari rumah baru untuk ditinggali maka sudah seharusnya Anda tidak lupa untuk mengurus surat pindah domisili di KTP untuk mempermudah Anda dalam mengurus kependudukan. Inilah beberapa daftar properti dijual area Ibukota Jakarta kisaran Rp1 milliar.

Fungsi KTP dalam Proses Pindah

KTP adalah sebuah persyaratan paling utama dalam melakukan berbagai pengurusan administratif. (Foto: Liputan 6)
KTP adalah sebuah persyaratan paling utama dalam melakukan berbagai pengurusan administratif. (Foto: Liputan 6)
Anda tidak akan bisa melakukan berbagai bentuk keperluan administratif tanpa adanya KTP Anda sendiri. KTP akan menjadi sebuah identitas pribadi Anda yang berisikan berbagai informasi Anda yang sangat penting. Dengan mempunyai KTP maka proses pemindahan identitas Anda akan berjalan dengan lancar dan seluruh data kependudukan Anda bisa tercatat secara legal dan sah di dalam Dinas Kependudukan.
Semoga dengan mengetahui persyaratan dan cara dalam mengurus surat pindah domisili membuat Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Pastikan agar identitas yang Anda miliki adalah legal dan sesuai dengan alamat tempat tinggal Anda.
Agar proses pengurusan pindah domisili bisa lebih lancar, perhatikan alur pengurusan pindah domisili di video ini!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

    Tanya Jawab tentang Pindah Domisili KTP

    Dukcapil Kemendagri RI mengingatkan, jika sering pindah tempat atau rumah karena urusan pekerjaan namun tidak memiliki niat untuk menetap, maka tidak perlu mengganti e-KTP. Sebab, jika ganti maka data e-KTP berubah, akibatnya, data di dokumen lain juga harus diganti.

    Saat ini, proses mengurus surat pindah tidak lagi harus dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Pengurusan surat pindah dapat dilakukan secara daring atau online.

    Minta surat pengantar dari RT/RW daerah asal Anda sesuai alamat KTP. Pergi ke Kelurahan untuk mengisi beberapa formulir dan Anda akan mendapat surat pengantar. Datangi Kecamatan untuk meminta tanda tangan pada surat pengantar tersebut.

    Mengurus pindah KTP maksimal adalah 3 hari.

    Pindah penduduk sangat disarankan diurus sendiri oleh si pemilik e-KTP. Kalau Kartu Keluarga (KK), maka diurus oleh kepala keluarga atau anggota keluarga yang dewasa. Namun, jika tidak bisa diurus sendiri maka bisa diwakilkan anggota keluarga yang lain.