12 Desain Rumah Kayu yang Menginspirasi, Lengkap dengan Gambar

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Apabila Anda sedang mempunyai rencana untuk membeli tanah dan membangun rumah Anda sendiri maka Anda bisa membuat rancangan desain rumah kayu. Desain ini sangatlah mahal dan membuatnya menjadi sangat berbeda dari rumah pada umumnya.
Merubah dan melakukan renovasi tempat tinggal Anda memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan proses yang dibutuhkan juga jauh lebih sulit daripada saat Anda harus membuat rumah Anda sendiri dari awal. Agar Anda bisa lebih banyak mendapatkan ide menarik tentang desain rumah dari kayu ini maka pada artikel ini akan dibahas mengenai:
  1. Ridge Road Residence
  2. Beach House Mornington
  3. Pit House
  4. Villa Lola
  5. The Park House
  6. The Wooden House
  7. Amoroso Residence
  8. House in Toronto
  9. DC II Residence
  10. Summerhouse Denmark
  11. Algarrobo House
  12. CML House
  13. Alasan Membuat Model Desain Rumah yang Terbuat dari Kayu
  14. Bisakah Model Desain Rumah dari Kayu Dibuat dalam Lahan Terbatas?
  15. Kelebihan Desain Rumah dari Kayu untuk Hunian
  16. Cara Merawat Rumah dari Kayu

1. Ridge Road Residence

Warna hitam identik dengan kemewahan dan kesan minimalis. (Foto: Architizer)
Warna hitam identik dengan kemewahan dan kesan minimalis. (Foto: Architizer)
Ridge Road Residence adalah sebuah desain rumah minimalis yang terbuat dari kayu dan dibuat oleh desainer Studiofour di Australia. Rumah ini terlihat sangat mahal dan menarik karena mempunyai mayoritas warna hitam mat yang sangat elegan. Rumah ini juga lengkap dengan kaca yang luas-luas untuk memunculkan efek luas dan sekaligus membuat rumah menjadi cerah.

2. Beach House Mornington

Material kayu sangat artistik dan bisa membuat rumah terlihat mahal. (Foto: Architizer)
Material kayu sangat artistik dan bisa membuat rumah terlihat mahal. (Foto: Architizer)
Desain berikutnya adalah Beach House Mornington yang berada di Melbourne, Australia. Rumah ini dibuat oleh desainer Claire Cousins Architects dan berhasil membuat rumah mewah dan simpel tanpa harus mengorbankan aspek kenyamanan dan fungsionalitas.

3. Pit House

Jepang merupakan sebuah negara yang cukup banyak mengadopsi rumah kayu. (Foto: Architizer)
Jepang merupakan sebuah negara yang cukup banyak mengadopsi rumah dari kayu. (Foto: Architizer)
Rumah berikutnya datang dari Perfektur Okayama, Jepang dan dibuat oleh OID Architects. Desain ini benar-benar memanfaatkan lahan sempit terlihat sangat indah dan menarik. Seolah kesederhanaan adalah sebuah poin utama yang harus dipenuhi dalam membangun rumah tersebut.

4. Villa Lóla

Islandia juga banyak terdapat rumah kayu dengan desain yang minimalis dan artistik. (Foto: Architizer)
Islandia juga banyak terdapat rumah dari kayu dengan desain yang minimalis dan artistik. (Foto: Architizer)
Desain rumah minimalis memang akan selalu terlihat apik dan indah. Salah satu desain yang menarik berikutnya berasal dari kota Vaðalaheiði di Islandia. Rumah ini terlihat cukup simetris dengan bentuknya yang sangat unik dan tidak umum untuk bisa Anda temukan.

5. The Park House

The Park House mempunyai model yang artistik dan sederhana. (Foto: Beautiful Life)
Bangunan indah ini dibangun oleh arsitek ternama di Australia yang bernama tenfiftyfive. Rumah desain kayu ini terlihat sangat kontras karena menggunakan perpaduan antara kayu dan besi hitam yang mewah. Rumah ini juga terlihat sangat lapang karena pada lantai bawahnya terdapat banyak kaca yang menciptakan kesan luas.

6. The Wooden House

Unik dan berbeda adalah kesan yang paling tepat ketika melihat rumah The Wooden House. (Foto: Beautiful Life)
Unik dan berbeda adalah kesan yang paling tepat ketika melihat rumah The Wooden House. (Foto: Beautiful Life)
Rumah yang sangat artistik ini adalah sebuah karya dari Studio Pikaplus pada tahun 2015 dan berada di kota Slovenia. The Wooden House mempunyai desain yang sangat artistik dan mempunyai banyak kaca yang bisa menerangi rumah ini secara alami tanpa harus menggunakan banyak lampu ketika pada siang hari.

7. Amoroso Residence

Amoroso Residence adalah rumah kayu dengan desain yang mahal dan mewah. (Foto: Beautiful Life)
Amoroso Residence adalah rumah dari kayu dengan desain yang mahal dan mewah. (Foto: Beautiful Life)
Kesan pertama ketika Anda melihat rumah Amoroso Residence yang berada di Los Angeles, California adalah rumah tersebut terlihat mewah dan mahal. Rumah ini terlihat sangat terang karena memanfaatkan kayu yang berwarna cerah dan dipadukan juga dengan desain bertingkat yang sangat menarik.

8. House in Toronto

Siapa yang menyangka bahwa rumah kayu bisa mempunyai perpaduan desain klasik dan modern. (Foto: Beautiful Life)
Siapa yang menyangka bahwa rumah dari kayu bisa mempunyai perpaduan desain klasik dan modern. (Foto: Beautiful Life)
Salah satu rumah berikutnya adalah house in Toronto. Rumah ini mempunyai perpaduan desain klasik dan modern dan membuatnya tampak berbeda dari rumah yang berada di sekitarnya.

9. DC II Residence

DC II Residence adalah rumah kayu modern yang terlihat sangat simpel dan menarik. (Foto: More With Less Design)
DC II Residence adalah rumah terbuat dari kayu modern yang terlihat sangat simpel dan menarik. (Foto: More With Less Design)
Untuk Anda yang tidak ingin mempunyai rumah dengan desain modern yang terlalu rumit maka Anda bisa menjadikan DC II Residence yang berada di Belgia sebagai inspirasi utama Anda. Terlihat nampak sederhana, tetapi bangunan ini bisa dikatakan modern.

10. Summerhouse Denmark

Modern dan kontemporer adalah kesan pertama ketika melihat rumah Summerhouse Denmark. (Foto: More With Less Design)
Modern dan kontemporer adalah kesan pertama ketika melihat rumah Summerhouse Denmark. (Foto: More With Less Design)
Rumah ini adalah sebuah proyek yang unik karena mempunyai beberapa bagian rumah lain yang terpisah dan dihubungkan melalui halaman tengahnya. Rumah ini terlihat sangat modern dan mempuyai kesan kontemporer yang sangat kuat.

11. Algarrobo House

Out of the box adalah sebuah istilah yang bisa dibilang ketika Anda melihat desain rumah Algarobbo House. (Foto: More With Less Design)
Out of the box adalah sebuah istilah yang bisa dibilang ketika Anda melihat desain rumah Algarobbo House. (Foto: More With Less Design)
Apabila Anda menginginkan sebuah rumah modern yang lain dan berbeda maka Anda bisa melihat contoh desain dari Algarrobo House yang berada di Chile. Rumah ini sangatlah unik dan mempunyai kesan volumetrik yang berbeda dari rumah pada umumnya.

12. CML House

Simpel dan modern merupakan poin utama dari dibuatnya CML House. (Foto: More With Less Design)
Simpel dan modern merupakan poin utama dari dibuatnya CML House. (Foto: More With Less Design)
Desain rumah yang modern dan kontemporer sangat erat dengan CML House yang berada di Chile ini. rumah ini mempunyai desain yang berbeda dan mengurangi kesan agresif seperti rumah yang berdesain minimalis.

Alasan Membuat Model Desain Rumah Kayu

Desain rumah kayu adalah model rumah yang unik dan cukup jarang untuk ditemui. (Foto: Pexels)
Desain rumah dari kayu adalah model rumah yang unik dan cukup jarang untuk ditemui. (Foto: Pexels)
Material yang diperlukan dalam membangun rumah sangatlah beragam. Tidak semua rumah mempunyai komponen yang sama dalam pembangunannya. Ada beberapa model rumah yang banyak menggunakan bata hebel sebagai bahan utamanya dan ada juga yang mengandalkan kayu sebagai bahan utama.
Rumah dengan model desain yang mayoritas bahannya memanfaatkan kayu pada awalnya cukup jarang untuk ditemui. Namun, akhirnya saat ini sudah mulai banyak bermunculan rumah yang mengadopsi desain rumah dari kayu. Apakah sebenarnya yang menjadi alasan utama seseorang dalam mengadopsi desain tersebut? Di bawah ini adalah beberapa alasan utama orang dalam menggunakan desain tersebut:
  • Bahan-bahan kayu yang dimanfaatkan bisa memberikan efek keseimbangan iklim di dalam rumah dan membuat suasana rumah menjadi sangat nyaman. Rumah seolah akan mempunyai sebuah iklimnya sendiri yang mampu membuat seseorang yang alergi bisa beristirahat dengan tenang tanpa harus terganggu dengan alerginya.
  • Rumah model desain kayu juga bisa dibangun dengan sangat cepat dan minim akan perawatannya. Kayu merupakan sebuah material yang bisa dimanfaatkan dengan cepat dan efisien. Selain itu rumah dari kayu juga nyaris tidak membutuhkan perawatan ekstra sehingga menjadikannya sangat cocok untuk dibangun pada iklim yang berbeda-beda.
  • Kayu adalah salah satu bahan material yang kuat dan tahan terhadap guncangan gempa. Apabila Anda tinggal di daerah yang sangat rentan terjadi gempa maka Anda bisa memanfaatkan kayu sebagai bahan utama rumah Anda. Bahan kayu bisa meredam gempa jauh lebih efektif dibandingkan dengan bata ataupun baja. Selain itu juga akan mengurangi risiko melukai apabila rubuh karena bobotnya yang lebih ringan.

Bisakah Model Desain Rumah Kayu Dibuat dalam Lahan Terbatas?

Ukuran lahan yang kecil tidak menjadi batasan dalam membangun rumah impian Anda. (Foto: Country Living)
Ukuran lahan yang kecil tidak menjadi batasan dalam membangun rumah impian Anda. (Foto: Country Living)
Ukuran tanah umumnya menjadi pembatas terbesar dalam kemampuan Anda untuk membuat rumah yang menarik. Akan tetapi, berbeda halnya dengan desain rumah yang terbuat dari kayu. Dengan tanah yang terbatas Anda masih bisa membuat desain rumah dari kayu karena Anda tidak membutuhkan material lain yang berukuran besar.
Mendesain rumah idaman tidak harus selalu di lahan yang luas. Apabila Anda ingin membuat desain rumah terbuat dari kayu namun lahan yang Anda miliki terbatas. Anda masih bisa mewujudkannya. Berikut ini listing rumah luas 90 meter persegi di Jawa Tengah.

Kelebihan Desain Rumah Kayu untuk Hunian

Desain rumah kayu mempunyai banyak kelebihannya tersendiri. (Foto: Pexels)
Desain rumah dari kayu mempunyai banyak kelebihannya tersendiri. (Foto: Pexels)
Memanfaatkan kayu untuk menjadi sebuah hunian adalah salah satu keputusan yang baik. Kayu merupakan sebuah material dari alam yang mempunyai kelebihannya tersendiri apabila dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan rumah. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan desain rumah yang terbuat dari kayu untuk dijadikan hunian tempat tinggal:
  • Proses pembangunan rumah ini sangat mudah dan cepat karena kayu mempunyai bobot yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan material utama bangunan yang lainnya. Jika dibandingkan, rumah ini bisa dibangun 5 kali lebih cepat daripada membangun rumah dengan material biasa.
  • Rumah yang terbuat dari kayu juga mempunyai kemampuan insulasi yang sangat baik sehingga Anda bisa lebih banyak menghemat energi. Bisa Anda bayangkan berapa banyak energi dan biaya tagihan listrik yang harus Anda keluarkan jika dalam keadaan musim kemarau atau musim panas dan Anda seharian terus menggunakan pendingin ruangan.
  • Kayu merupakan sebuah insulasi suara yang cukup baik dan mampu untuk meresap berbagai suara bising yang Ada. Jadi rumah Anda akan terasa lebih sepi dan tenang daripada menggunakan material batu hebel.

Tips Rumah.com

Rumah yang dibangun dengan menggunakan material kayu akan mempunyai harga jual yang jauh lebih tinggi.

Cara Merawat Rumah Kayu

Setiap rumah membutuhkan perawatan yang baik dan secara teratur. (Foto: House Logic)
Setiap rumah membutuhkan perawatan yang baik dan secara teratur. (Foto: House Logic)
Rumah ini memang mempunyai desain yang sangat mewah dan mahal. Akan tetapi, karena proses pembangunannya yang berbeda maka Anda akan membutuhkan perawatan yang berbeda pula dari rumah pada umumnya. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk merawat rumahyang terbuat dari kayu adalah dengan meminimalisir kontak terhadap beberapa elemen yang bisa membuat kayu menjadi lapuk.
Rumah yang terbuat dari kayu sangat rentan terhadap kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus memastikan agar rumah Anda terlindungi oleh cat yang mempunyai material yang mampu untuk melapisi kayu dengan baik.
Simak video menarik berikut untuk mengetahui prosedur terbaik beli properti untuk WNA.
Itulah beberapa model desain rumah yang terbuat dari kayu yang bisa Anda manfaatkan sebagai ide untuk membangun rumah Anda selanjutnya. Rumah yang terbuat dari kayu juga harus Anda jaga dan rawat dengan baik agar mempunyai umur yang panjang. Selamat mencoba!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini