Mengenal Karakter Interior Vintage untuk Inspirasi Hunian Anda

Memilih konsep desain interior dengan gaya vintage dapat menjadi salah satu pilihan untuk hunian Anda. Apa saja interior vintage yang cocok untuk sebuah hunian?
Alt Text - Mengenal Karakter Interior Vintage untuk Inspirasi Hunian Anda
Mengenal desain interior vintage tak harus mengusung konsep jadul. (Foto: Unsplash - Hayffield L)

RumahCom - Dalam membangun sebuah hunian pasti kita ingin mempunyai desain interior yang cantik dan sesuai dengan keinginan kita. Berbagai pilihan desain interior saat ini telah mudah untuk diakses sebagai inspirasi. Salah satunya desain interior vintage.

Mengaplikasikan desain interior vintage tak harus mengusung konsep jadul. Agar Anda bisa mengetahui apa itu dekorasi rumah bergaya interior vintage dan cara penerapannya untuk hunian Anda maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Apa itu Interior Vintage?
  2. Karakteristik Interior Vintage
  3. Tips Cara Mengaplikasikan Interior Vintage Pada Hunian
  4. Keunggulan Interior Vintage
  5. Daftar Produk Perabot Interior Vintage

Apa itu Interior Vintage?

Interior vintage adalah gaya desain yang memberikan suasana dan atmosfer ruang yang klasik. (Foto: Unsplash - Juan Rojas)

Interior vintage adalah gaya desain yang memberikan suasana dan atmosfer ruang yang klasik. (Foto: Unsplash - Juan Rojas)

Jika berbicara tentang interior vintage, tentu Anda akan membayangkan sebuah ruangan dengan konsep jadul. Padahal ciri khas interior vintage tak hanya itu, mari kita simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Secara definisi kata, vintage artinya adalah segala sesuatu yang usang dan lama, serta berasal dari kenangan di masa lalu.

Vintage banyak digunakan dalam berbagai segi kehidupan, seperti otomotif, fashion, barang-barang, hingga rumah. Dibandingkan gaya lainnya, gaya vintage seolah membawa kita kembali ke masa lalu.

Pada rumah, interior vintage adalah gaya desain yang memberikan suasana dan atmosfer ruang yang klasik dengan tambahan elemen dekorasi yang cenderung antik. Hal-hal ini bisa ditunjukan dengan kehadiran barang-barang lama, perabotan antik pada berbagai era di masa lalu, hingga koleksi langka lainnya.

Konsep vintage memiliki daya pikat yang besar yang tetap bertahan sampai saat ini. Tidak hanya pada hunian, banyak juga restoran dan kafe bertema jadul dengan konsep membawa suasana khas tempo dulu. Dengan interior khas zaman 80-an dan 90-an yang dilengkapi dengan dekorasi sepeda jadul, televisi tabung, alat makan jadul, dan lainnya, restoran dan kafe tersebut berhasil menarik banyak pengunjungnya bernostalgia.

Mewujudkan interior vintage dalam hunian memang agak tricky. Namun Anda bisa mengaplikasikannya dengan memilih hunian bergaya vintage. Berikut listing hunian di Bandung dibawah Rp1 miliar dengan desain vintage yang dapat dijadikan referensi Anda!

Karakteristik Interior Vintage

Desain vintage umumnya didominasi dengan warna-warna lembut seperti hijau telur asin, biru, merah, pink, dan aquamarine. (Foto: Unsplash - Note Thanun)

Desain vintage umumnya didominasi dengan warna-warna lembut seperti hijau telur asin, biru, merah, pink, dan aquamarine. (Foto: Unsplash - Note Thanun)

Dalam interior vintage, memasukan unsur-unsur lama ke dalam ruangan bisa membangkitkan dan menciptakan suasana nyaman dan atmosfer ruang yang penuh kehangatan.

Untuk mengadopsi gaya vintage pada rumah Anda, berikut ini ciri rumah vintage yang harus Anda ketahui:

  • Ciri utama rumah vintage adalah kesan jadul yang ditampilkan. Kesan ini bisa ditampilkan melalui penggunaan material, pemilihan aksesoris, hingga furnitur yang digunakan. Umumnya bahan atau material dasar desain vintage adalah bahan kayu dan memiliki model jadul
  • Model vintage bisa mengambil dari model yang populer di masa lampau atau model modern yang terkesan lusuh. Desain furnitur vintage tak harus benar-benar barang dari masa lalu
  • Furnitur antik terkadang harus berusia puluhan hingga ratusan tahun. Meski begitu, selama memiliki model dan tampilan yang kuno, maka furnitur itu bisa dikategorikan sebagai vintage
  • Selanjutnya ada juga furnitur dengan model modern yang terkesan lusuh. Furnitur ini sengaja dibuat dengan mengecat ulang dan memberikan efek cat mengelupas di beberapa bagian untuk menciptakan kesan vintage
  • Karakteristik yang paling mudah ditebak dari desain vintage artinya adalah penggunaan warnanya. Desain vintage umumnya didominasi dengan warna-warna lembut atau warna pastel seperti hijau telur asin, biru muda, orange, kuning, merah, pink, dan aquamarine
  • Dekorasi juga menjadi hal lain yang bisa menampilkan kesan vintage. Salah satu dekorasi yang bisa Anda gunakan pada desain vintage adalah kehadiran vas bunga dengan beberapa tangkai bunga, telepon jadul, kotak musik, lampu kuno, tempat lilin, buku, dan patung
Cara Mudah Mengecek Legalitas Tanah

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum, dan Pajak Properti

Cara Mudah Mengecek Legalitas Tanah

Tips Cara Mengaplikasikan Interior Vintage Pada Hunian

 Pliih lantai kayu untuk memberi kesan hangat dan menonjolkan nuansa vintage yang kental. (Foto: Pexels - Amelia Hallsworth)

Pliih lantai kayu untuk memberi kesan hangat dan menonjolkan nuansa vintage yang kental. (Foto: Pexels - Amelia Hallsworth)

Kini masih banyak orang yang belum tahu cara menata barang untuk interior vintage atau cara menonjolkan eksotisme dari furnitur vintage ini. Salah-salah dalam menata, hunian Anda bisa terlihat kumuh. Maka dari itu ketahui cara tepat menerapkan desain interior vintage pada hunian agar tetap terlihat kekinian dan tak lekang oleh waktu.

  • Gabungkan furnitur lama dengan barang baru
  • Tambahkan tanaman
  • Identik dengan warna lembut
  • Lantai dengan kesan hangat
  • Furnitur vintage sebagai focal point ruangan
  • Lighting kuning temaram
  • Wallpaper bercorak vintage
Tip Rumah
Kombinasikan furnitur lama dan baru kemudian berikan sentuhan warna lembut untuk memperkuat kesan vintage pada hunian Anda.

Keunggulan Interior Vintage

Keunggulan interior vintage salah satunya adalah Menampilkan kembali estetika elegan masa lampau di dalam kehidupan modern.. (Foto: Pexels - Max Vakhtbovych)

Keunggulan interior vintage salah satunya adalah Menampilkan kembali estetika elegan masa lampau di dalam kehidupan modern.. (Foto: Pexels - Max Vakhtbovych)

Rumah dengan interior vintage saat ini banyak digunakan karena member nuansa hangat, elegan, dan unik. Terkadang Anda tidak perlu membeli barang vintage karena bisa saja mendapatkan warisan dari rumah kakek dan nenek. 

Berikut ini beberapa kelebihan dari hunian bergaya vintage:

  • Memberikan tampilan yang organik pada rumah
  • Cocok untuk pencinta tema oldies dan kolektor barang-barang antik
  • Desain interior bergaya vintage dapat dipadukan dengan desain interior lainnya seperti desain interior modern, retro, minimalis, industrial, dan juga rustic
  • Salah satu desain yang tak lekang oleh waktu
  • Menampilkan kembali estetika elegan masa lampau di dalam kehidupan modern

Daftar Produk Perabot Interior Vintage

Manfaatkanlah perabot bekas orang tua Anda untuk mempertegas kesan vintage pada hunian. (Foto: Unsplash - Katarzyna Grabowska)

Manfaatkanlah perabot bekas orang tua Anda untuk mempertegas kesan vintage pada hunian. (Foto: Unsplash - Katarzyna Grabowska)

Setelah Anda melihat berbagai macam interior vintage, mungkin Anda penasaran seperti apa barang interior vintage. Berikut beberapa jenis perabot vintage beserta harga sebagai referensi Anda untuk memilih perabot vintage:

Jenis Perabot

Harga

Popculture Armchair - Kursi Antik Mebel

 

Rp2.500.000

Meja TV - Coffee Brown

 

Rp690.000

Sofa Vintage Retro

Rp2.849.050

Cermin Antik Bulat Jati

 

Rp1.269.000

Meja Retro table

 

Rp349.000

Kursi Bar

Rp1.299.000

Sideboard Shabby Chic

 

Rp2.519.000

Rak Dinding Gantung Susun Vintage Minimalis Pot Hiasan Bunga

 

Rp94.000

Rak TV Duco Retro

Rp1.150.000

Sofa Retro

 

Rp2.850.000

 

Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari tips beli rumah lelang bank yang bisa Anda ikuti dengan mudah!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan