Panduan Investasi Apartemen di Indonesia Terbaru 2021

Melakukan investasi apartemen harus dilakukan secara aman dan tepat. Pertimbangkan lokasi dan reputasi pengembang yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang untuk Anda.
Superblok di Central Business Distric (CBD) Sentul City

RumahCom - Melakukan investasi properti yang menguntungkan merupakan keinginan banyak orang. Meskipun di tengah pandemi, investasi properti masih menarik minat para investor. Berdasarkan Rumah.com Consumer Sentiment Index H1 2021, 40% memutuskan untuk berinvestasi setelah pandemi usai, sedangkan 23% tetap melakukan investasi di saat pandemi karena waktunya tepat.

Ada berbagai jenis pilihan properti untuk investasi, yaitu rumah, ruko, apartemen, tanah/lahan dan lain sebagainnya. Salah satu pilihannya adalah apartemen yang merupakan properti cukup diminati, terutama bagi masyarakat kota besar. Tentunya karena hunian vertikal ini terkesan simpel dan memiliki fasilitas tambahan yang menarik. Berikut ini poin-poin yang akan dibahas pada artikel ini:

  1. Prospek Investasi Apartemen 2021
  2. Pertimbangan Utama dalam Investasi Apartemen
  3. Keuntungan dan Kerugian Investasi Apartemen -- (bikin tabel)
  4. Cara Mencari Apartemen yang Bagus untuk Investasi
    1. Cek Pengembang Properti yang Terpercaya dan Rekam Jejaknya
    2. Lokasi Apartemen Strategis
    3. Fasilitas Di dalam Apartemen
    4. Legalitas Apartemen
    5. Fasilitas Penunjang Lainnya -- seperti transportasi, mall, dll
  5. Kurangi Kerugian, Pahami Resiko Investasi Apartemen

1. Prospek Investasi Apartemen 2021

Investasi apartemen pada tahun 2021 mulai membaik. (Foto: Pexels – George)

Investasi apartemen pada tahun 2021 mulai membaik. (Foto: Pexels – George)

Dilansir dari Bisnis.com, kondisi pasar apartemen mulai bangkit memasuki tahun 2021 yang ditopang oleh adanya insentif berupa pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Selama pandemi Covid, harga apartemen tertekan, sehingga saat ini merupakan waktu yang tepat untuk Anda membeli apartemen.

Dengan memprediksi potensi kenaikan harga apartemen yang akan terjadi selepas dari pandemi. Investor bisa membeli properti untuk nantinya menikmati kenaikan tersebut. Corporate Secretary PT Intiland Development Theresia Rustandi mengemukakan dengan kehadiran insentif PPN serta gimmick pengembang, dengan tingkat harga sekarang, apartemen pun cukup layak dijadikan sasaran investasi.

Kondisi bisnis properti yang kian membaik, memberikan angin sejuk bagi Anda yang ingin melakukan investasi apartemen.

2. Pertimbangan Utama dalam Investasi Apartemen

Permintaan yang tinggi akan properti ini menjadi pertimbangan utama dalam berinvestasi (Foto: Pexels – Aleksejs)

Permintaan yang tinggi akan properti ini menjadi pertimbangan utama dalam berinvestasi (Foto: Pexels – Aleksejs)

Terdapat berbagai macam alasan seseorang melakukan investasi apartemen, pertimbangan utama adalah permintaannya yang tinggi. Permintaan akan apartemen yang terus meningkat terutama dikota-kota besar juga membuat para pengembang berlomba untuk membangun hunian vertikal tersebut.

Lokasi apartemen yang strategis membuat sebagian orang memilih untuk tinggal di hunian tersebut. Selain itu, tinggal di apartemen juga lebih praktis dengan berbagai macam fasilitas pendukung yang dapat dinikmati oleh tiap penghuninya.

Hal tersebut yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang tertarik untuk menempati apartemen.Kondisi tersebut yang menjadikan investasi apartemen kian menjanjikan. Di saat pandemi seperti ini, banyak tawaran harga apartemen yang menarik.

Apabila Anda memiliki dana berlebih, inilah saat yang tepat untuk berinvestasi apartemen. Berikut ini merupakan daftar properti apartemen di wilayah Surabaya terbaru.

3. Keuntungan dan Kerugian Investasi Apartemen

Investasi apartemen memiliki keuntungan dan juga kerugian.  (Foto: Pexels – Pawel)

Investasi apartemen memiliki keuntungan dan juga kerugian.  (Foto: Pexels – Pawel)

 Namun, ternyata investasi apartemen tak semudah yang dibayangkan. Ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dicermati agar tidak merugi.

Keuntungan

Kerugian

Permintaan (demand) tinggi, terutama di area CBD (central business district), kawasan pemukiman ekspatriat, dan lingkungan kampus.

Pemilik harus jeli memilih lokasi apartemen atau kondominium yang prospektif.

Jangka waktu sewa menengah (2-3 tahun). Apartemen atau kondominium biasanya disewa untuk mendekatkan penyewa dengan lokasi kegiatannya, terutama lokasi kantor.

pemilik harus jeli memilih manajemen gedung (building management) yang baik.

Risiko kekosongan rendah. Artinya, jika lokasi tersebut sudah nyaman sebagai tempat tinggal, biasanya penyewa akan terus menempati apartemen tersebut

Proses pembuatan sertifikat yang memakan waktu lama.

Capital rate tinggi (7%-10%). Dengan risiko kekosongan unit yang rendah, maka income yang datang dari sewa unit pun otomatis menjadi lancar.

Apabila membeli apartemen dari lahan yang masih kosong, terdapat resiko keterlambatan pembangunan.

4. Cara Mencari Apartemen yang Bagus untuk Investasi

Terdapat beberapa tips yang dapat memperlancar investasi apartemen Anda. (Foto: Pexels – Expect)

Terdapat beberapa tips yang dapat memperlancar investasi apartemen Anda. (Foto: Pexels – Expect)

Mencari apartemen yang bagus untuk dijadikan investasi merupakan langkah yang tidak mudah. Dibutuhkan banyak pertimbingan agar Anda mendapatkan keungtungan dan dapat meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Berikut beberapa tips investasi apartemen yang dapat membantu Anda:

1) Cek Pengembang Properti yang Terpercaya dan Rekam Jejaknya

Banyaknya pengembang dalam bisnis properti apartemen membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih pihak yang tepat. Carilah pengembang properti yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang bagus.

Memiliki rekam jejak juga berarti pengembang properti tersebut sudah memiliki pengalaman dalam membangun apartemen sebelumnya dan berjalan dengan lancar.

2) Lokasi Apartemen Strategis

Memilih lokasi yang tepat dapat menentukan keberhasilan investasi Anda. (Foto: Pexels – Engin)

Memilih lokasi yang tepat dapat menentukan keberhasilan investasi Anda. (Foto: Pexels – Engin)

Pemilihan lokasi pada saat investasi apartemen merupakan hal yang paling baku. Lokasi yang strategis berarti dekat dengan pusat kota, fasilitas umum, perkantoran, dan universitas. Anda harus pintar memilih lokasi apartemen terbaik, agar semakin banyak orang yang berminat untuk menyewa atau membeli apartemen Anda.

3) Fasilitas Di dalam Apartemen

Fasilitas dalam kompleks apartemen merupakan faktor penunjang yang cukup penting. Peminat dari apartemen sendiri adalah orang-orang dengan gaya hidup yang praktis, dimana mereka bisa menikmati berbagai macam fasilitas tanpa harus pergi lagi ke suatu tempat.

Adapun fasilitas pendukung seperti pusat kebugaran, jogging track, taman bermain, kolam renang, dan lainnya. Fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah ketersediaan lahan parkir yang memadai dan keamanan yang terjaga.

Dengan fasilitas yang memadai untuk memenuhi aktivitas sehari-hari, apartemen Anda pun akan memiliki banyak peminat.

4) Legalitas Apartemen

Memeriksa legalitas apartemen merupakan hal yang tidak boleh terlewat. (Foto: Pexels – Rodnae)

Memeriksa legalitas apartemen merupakan hal yang tidak boleh terlewat. (Foto: Pexels – Rodnae)

Memastikan legalitas apartemen merupakan hal penting yang tidak boleh terlewat saat berinvestasi. Anda tidak ingin memiliki properti di lahan yang bermasalah, bukan? Oleh karena itu, Anda harus mengecek berbagai macam hal yang berkaitan dengan legalitas dari apartemen tersebut terutama lahan atau tanah yang digunakan untuk membangun.

Anda dapat meminta bantuan notaris untuk melakukan pengecekan legalitas dari apartemen yang diinginkan untuk berinvestasi. Jangan sampai Anda merugi hanya karena lalai melakukan pengecekan status tanah.

5) Fasilitas Penunjang Lainnya

Disebutkan sebelumnya bahwa lokasi merupakan hal utama dalam melakukan investasi apartemen. Fasilitas penunjang di sekitar apartemen dapat menambah daya tarik dari properti Anda.

Fasilitas penunjang lainnya seperti pusat perbelanjaan,stasiun, halte, cafe, pertokoan, tempat wisata, dan lainnya dapat menjadi poin plus tersendiri.

15 Pertimbangan Beli Apartemen yang Perlu Dipahami

Membeli Rumah, Ruko, dan Properti Lainnya

15 Pertimbangan Beli Apartemen yang Perlu Dipahami

5. Kurangi Kerugian, Pahami Resiko Investasi Apartemen

Untuk meminimalisir kerugian, Anda harus memahami resiko berinvestasi apartemen. (Foto: Pexels – Pixabay)

Untuk meminimalisir kerugian, Anda harus memahami resiko berinvestasi apartemen. (Foto: Pexels – Pixabay)

Meminimalisir kerugian investasi apartemen dapat dilakukan dengan memahami resikonya. Membeli apartemen ketika masih berupa tanah kosong, memiliki resiko keterlambatan pembangunan. Dalam hal ini, Anda harus memilih pengembang dengan reputasi yang baik dan terpercaya.

Selain itu, pada saat melakukan investasi Anda harus memikirkan kemungkinan terburuk dalam merencanakan anggaran. Ketika penyewaan apartemen tidak berjalan sesuai yang diharapkan, maka Anda harus mengeluarkan biaya operasional setiap bulannya.

Untuk Anda yang menggunakan KPR, maka pilihlah yang memiliki bunga tetap sampai akhir masa tenor pinjaman. Dengan begini, cicilan KPR tidak akan mengalami perubahan setiap bulannya. Sehingga Anda dapat lebih mudah mengelola keuangan.

Investasi dalam hal apapun harus dilakukan dengan penuh pertimbangan mengingat biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Termasuk halnya berinvestasi apartemen, memilih lokasi dan pengembang yang tepat merupakan hal utama yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Calon investor properti wajib mengenal Andalalin. Simak video panduannya.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Proyek Apartemen Terbaru di Indonesia

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan