Tips Investasi Properti di Kawasan Sekitar Kota Mandiri

Penasaran mengapa investasi properti di kawasan sekitar kota mandiri pasti menguntungkan? Simak keuntungannya berikut ini.
woman smiling with piggy bank and calculator
Savings woman smiling holding pink piggy bank and calculator with money rain background. Asian

RumahCom - Tips investasi properti di kawasan sekitar kota mandiri tentunya perlu dicermati bagi Anda yang tengah mencari peluang investasi yang aman namun pasti menguntungkan.

Ya, ini adalah peluang yang wajib Anda lirik mengingat ceruk bisnis investasi properti di ibukota kian hari kian terasa sulit karena semakin terbatasnya lahan dan harga yang terus naik gila-gilaan.

Gunakan kalkulator KPR persembahan Rumah.com untuk hitung-hitungan cicilan KPR Anda.

Nah, investasi properti di kawasan sekitar kota mandiri atau perumahan dengan konsep terpadu bisa dibilang salah satu opsi investasi yang paling masuk akal, baik dari sisi harga, keunggulan, dan jelas menjanjikan keuntungan. Asal tahu saja, kota mandiri juga setara kota besar lainnya karena dapat memenuhi segala kebutuhan penghuninya karena dilengkapi banyak infrastruktur pendukung.

Apalagi kini juga semakin banyak pengembang properti yang berupaya mewujudkan kota mandiri yang terintegrasi. Tidak hanya di Jabodetabek saja, namun sejumlah pengembang nasional besar juga ada yang mengaplikasikan konsep Township (kota mandiri) di beberapa kota. Misalnya Ciputra dan Lippo Group.

Berawal dari area BSD dan Bintaro yang bisa dianggap sebagai kota mandiri yang sukses, tren hunian seperti ini juga semakin banyak ditemukan di kota penyangga Ibukota lainnya seperti Cikarang dan Sentul. Perkembangan bisnis dan pabrik industri di dua area ini mendorong permintaan hunian yang tinggi.

Cek properti-properti berikut ini jika kamu tertarik memliki hunian di Kota Mandiri!

Sebagai contoh tengok saja kawasan Cikarang. Keberadaan berbagai kawasan industri seperti East Jakarta Industrial Park (EJIP), Kawasan Industri Jababeka, Kawasan Industri Lippo, dan lainya seolah menjadi magnet penguat tumbuhnya hunian-hunian seperti Kota Jababeka dan Delta Mas yang terus mengembangkan proyek-proyek mereka yang terintegrasi guna membentuk kota mandiri.

Nah, jika ingin berinvestasi dengan harga hunian yang lebih ringan namun tetap menjanjikan keuntungan, beli hunian saja di kawasan sekitar kota mandiri. Penasaran mengapa investasi properti di kawasan sekitar kota mandiri pasti menguntungkan? Simak keuntungannya berikut ini.

Harga Lebih Manusiawi

Hunian yang berada di kota mandiri bisa lebih murah karena harga lahannya terbilang lebih rendah jika dibandingkan pusat kota. Inilah yang membuat kota penyangga sering menjadi sasaran pengembangan rumah atau apartemen. Nah, harga hunian di kawasan sekitar kota mandiri tentunya akan lebih murah lagi.

Fasilitas Bersaing

Sekalipun berada di pinggiran kota, fasilitas penunjang yang ditawarkan hunian di kota mandiri pun tak kalah lengkap dan modern. Bahkan, sampai ada yang memiliki taman luas dan pusat rekreasi sendiri. Tak sedikit pula yang dikembangkan sebagai kawasan terpadu, sehingga antara pusat perkantoran, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas publik lainnya berada dalam satu wilayah.

Nah, hunian di kawasan sekitar kota mandiri tentunya juga bisa turut menikmati semua fasilitas penunjang di atas. bahkan hingga ke sarana pendidikan juga.

Konsep hunian TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal, seperti commuter line, MRT, dan LRT. Ketahui lebih jauh lewat video berikut ini.

Akses Langsung ke Ibukota

Kawasan hunian kota mandiri umumnya juga sudah terkoneksi dengan layanan transportasi menuju ibukota. Terlebih untuk yang berada di kawasan Jabodetabek yang akan segera terhubung dengan moda transportasi massal seperti MRT dan LRT. Dan secara otomatis, hunian di kawasan sekitar juga akan menikmati layanan transportasi publik ini.

Nilai Jual Kembali Tinggi

Ini yang paling penting, kawasan kota mandiri yang dikelola pengembang yang profesional umumnya akan menjelma menjadi kawasan modern dan makin terus diminati dalam tempo 10-20 tahun ke depan. Dan hal ini tentunya juga akan berimbas terhadap harga hunian di kawasan sekitarnya.

Tips investasi properti di kawasan sekitar kota mandiri di atas ini tentunya peluang bagus bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan aman, modal lebih ringan, namun pasti menguntungkan. Tapi ingat, jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com
Masukan