Jatuh Tempo Adalah Batas Waktu Pembayaran, Ketahui Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Tim Editorial Rumah.com
Jatuh Tempo Adalah Batas Waktu Pembayaran, Ketahui Pengertian, Jenis, dan Contohnya
RumahCom – Jatuh tempo adalah batas waktu pembayaran atau penerimaan sesuatu dengan yang telah ditetapkan, sudah lewat waktunya, maupun kedaluwarsa. Demikian definisinya sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Istilah jatuh tempo lekat kaitannya dengan kredit/pinjaman/ dan atau utang. Simak lebih lengkap mengenai jatuh tempo di artikel berikut.
  • Pengertian Jatuh Tempo Adalah….
  • Contoh Jatuh Tempo
  • Jenis-jenis Jatuh Tempo
  • Tips Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Pengertian Jatuh Tempo Adalah

Penggunaan kata jatuh tempo seringkali ditemukan di dunia keuangan dan perbankan.
Apa itu jatuh tempo? Jatuh tempo adalah batas waktu pembayaran terhadap jumlah pokok pinjaman yang telah melewati tanggal yang sudah disepakati. Hal itu bisa berkaitan dengan Kredit Pemilikan Rumah, wesel (note), cerukan (draft) obligasi, atau instrumen utang lainnya. Merujuk persoalan tanggal ini, umumnya tercetak pada surat perjanjian kredit terkait instrumen yang bersangkutan. Tanggal jatuh tempo juga mengacu pada tanggal terminasi di mana angsuran seharusnya dibayar secara penuh.
Penggunaan kata jatuh tempo seringkali ditemukan di dunia keuangan dan perbankan, pekerja profesional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum meeting, rapat bagian keuangan, rapat koordinasi pengelolaan keuangan, rapat internal, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), rapat evaluasi kinerja, termasuk juga media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Linkedin atau Whatsapp.

Contoh Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo digunakan untuk mengklasifikasikan ikatan kredit ke dalam tiga kategori utama.
Jatuh tempo adalah kondisi yang mengacu pada saat di mana pokok angsuran berikut bunganya harus dilunasi kepada kreditur. Tanggal jatuh tempo digunakan untuk mengklasifikasikan ikatan kredit ke dalam tiga kategori utama yakni jangka pendek (satu sampai tiga tahun), jangka menengah (10 tahun atau lebih), dan jangka panjang (biasanya obligasi negara hingga 30 tahun).
Mengetahui contoh jatuh tempo sangat mudah. Contohnya di urusan KPR. Saat pengajuan KPR disetujui, maka bank akan memberikan detail tanggal jatuh tempo sebagai batas akhir pembayaran saldo terhutang. Umumnya jika terlambat membayar cicilan KPR setelah tanggal jatuh tempo, nasabah akan diganjar denda sebesar 0,5% per hari yang dihitung dari jumlah angsuran bulanan.
Guna menghindari denda, maka upayakan untuk membayar setidaknya angsuran pokok sebelum atau pada tanggal jatuh tempo sekalipun belum menerima lembar penagihan. Pasalnya, pembayaran yang diterima setelah tanggal jatuh tempo akan dikenakan denda keterlambatan.
Jadi jika tanggal cetak tagihan adalah 20 Oktober dan tanggal jatuh tempo adalah 7 hari setelah tanggal cetak transaksi, maka kesimpulannya tanggal jatuh tempo adalah tanggal 27 Oktober. Arti dari tanggal cetak adalah semua transaksi setelah tanggal 5 bulan berjalan akan dicatat pada tanggal 5 bulan berikutnya.
Selalu perhatikan tanggal jatuh tempo tagihan KPR Anda agar tidak terkena bunga berjalan akibat keterlambatan pembayaran. Mau punya rumah yang dekat stasiun KRL seperti di Bogor? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Jenis-jenis Jatuh Tempo

Tak hanya soal utang, jatuh tempo juga berkaitan dengan sejumlah transaksi sehari-hari.
Setelah tanggal jatuh tempo tercapai, maka bunga yang dibayarkan secara teratur kepada kreditur akan berhenti karena perjanjian utang tidak ada lagi. Tak hanya soal utang, jatuh tempo juga berkaitan dengan sejumlah transaksi sehari-hari. Lantas apa saja contoh jatuh tempo yang umum diketahui masyarakat?
  • Jatuh tempo tagihan listrik
  • Jatuh tempo tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Jatuh tempo pembayaran tagihan WiFi
  • Jatuh tempo pembayaran premi BPJS
  • Jatuh tempo pembayaran air PDAM
  • Jatuh tempo pembayaran cicilan kartu kredit
  • Jatuh tempo layanan TV berlangganan

Tips Rumah.com

Jatuh tempo adalah batas waktu pembayaran terhadap jumlah pokok pinjaman yang telah melewati tanggal yang sudah disepakati. Hal itu bisa berkaitan dengan Kredit Pemilikan Rumah, wesel (note), cerukan (draft) obligasi, atau instrumen utang lainnya.

Tips Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Buat pengingat di kalender smartphone di tanggal jatuh tempo pembayaran.
Ketika seseorang mengingkari kewajiban bayar dengan melewati jatuh tempo secara berturut-turut, maka umumnya bank atau instansi tertentu akan melakukan proses penagihan pembayaran ke nasabahnya dengan cara berbeda. Ada yang menagih dengan menghubungi melalui telepon maupun datang langsung ke rumah. Mengingat debt collector juga mempunyai dasar hukumnya sendiri untuk beroperasi di Indonesia.
Guna menghindari situasi tersebut, maka berikut tips bayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo:
  • Buat pengingat di kalender smartphone di tanggal jatuh tempo pembayaran atas tagihan-tagihan yang ada.
  • Solusi lain, buat catatan khusus yang terdiri dari informasi seluruh tagihan rutin tiap bulan berikut tanggalnya agar tepat waktu.
  • Berbagai aplikasi canggih saat ini sudah dibekali fitur autodebet yang bisa jadi alternatif jitu. Melalui fitur autodebet, maka uang yang ada di rekening akan secara otomatis terpotong setiap bulannya untuk setiap pembayaran yang diatur. Mulai dari tagihan listrik, kartu kredit, layanan berlangganan dan lainnya.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini