12 Jenis, Ukuran, dan Harga Paku 2022

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Dalam setiap jenis konstruksi modern atau tradisional pasti menggunakan suatu bahan yang memiliki fungsi untuk mengikat setiap komponen dalam bangunan supaya tidak lepas dan membuat bangunan menjadi bisa berdiri secara sempurna. Dalam rumah-rumah tradisional, bahan yang digunakan tersebut biasanya terbuat dari akar atau ijuk. Sedangkan dalam rumah atau bangunan modern, bahan untuk mengikat yang baik dan kuat adalah paku.
Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali jenis paku yang bisa digunakan dalam konstruksi? Setiap jenis berbeda memiliki kelebihan dan fungsinya yang berbeda-beda sehingga konstruksi Anda bisa selesai dengan sempurna dan meminimalisir adanya kesalahan atau kekurangan. Supaya Anda bisa mengerti dan paham mengenai jenis-jenis paku secara lengkap maka artikel kali ini akan membahas mengenai:
  1. Beton
  2. Rivet
  3. Paku Cacing
  4. Kayu
  5. Seng
  6. Bengkirai
  7. Kawat Baja
  8. Duplex
  9. Veneer Pin
  10. Tembok
  11. Upholstery atau Paku Jok
  12. Clout Head
  13. Harga Jenis-Jenis Paku Bangunan

1. Jenis dan Ukuran Paku: Beton

Paku beton sangat umum digunakan dalam konstruksi. (Foto: Hebei Sinostar)
Paku beton adalah salah satu jenis paku yang sangat umum digunakan dan memiliki fungsi yang penting dalam konstruksi bangunan. Untuk masalah kekuatan, kayu beton termasuk ke dalam salah satu jenis paku yang paling kuat dibandingkan dengan paku lainnya. Karena kekuatannya itulah yang menjadikan paku beton menjadi sangat efektif untuk digunakan dalam berbagai keperluan sekaligus.
Paku beton bisa digunakan untuk melubangi dinding beton yang keras dan menghubungkannya dengan bagian konstruksi lainnya secara kuat tanpa harus takut terjadi paku menjadi patah atau rusak. Secara penampilan, paku beton memiliki bentuk yang tebal dan keras, serta memiliki warna hitam atau putih. Untuk ukurannya, paku ini memiliki panjang yang bervariatif yakni antara 2,5 hingga 12,5 sentimeter.

2. Jenis dan Ukuran Paku: Rivet

Paku rivet sering disebut sebagai paku kepala bulat. (Foto: Tianjin Lituo Imp.)
Jenis paku yang umum digunakan selanjutnya adalah paku rivet. Paku ini memiliki fungsi untuk mengikat atau menyambung plat besi secara permanen tanpa harus takut terlepas. Usahakan untuk melakukan perhitungan dengan baik dan tepat sebelum memasang paku rivet karena apabila sudah terpasang maka paku rivet tersebut sudah tidak akan bisa dilepas kembali atau dibongkar pasang.
Paku rivet sendiri terbagi menjadi tiga jenis berbeda, yakni paku rivet kepala utuh, rivet kepala setengah terbenam dan rivet kepala terbenam. Untuk ukurannya, paku ini memiliki panjang 4 cm dan diameter antara 12 hingga 50 mm.

3. Jenis dan Ukuran Paku: Paku Cacing

Paku cacing bisa dimanfaatkan untuk mengikat kayu dengan mudah. (Foto: Eureka DIY Solutions)
Dalam konstruksi biasanya akan menggunakan bahan-bahan yang berbeda dan perlu dihubungkan antar setiap bahan dengan erat. Paku cacing atau bisa disebut juga sebagai paku jepit papan memiliki fungsi untuk saling mengikat antara papan kayu supaya tidak terlepas dan terikat dengan erat. Sesuai dengan namanya, paku cacing memiliki bentuk yang bergelombang layaknya seperti cacing yang sedang berjalan. Paku cacing juga memiliki ukuran yang sangat kecil yakni 3 mm saja.
Paku berperan untuk menyatukan dua elemen supaya lebih kokoh, kuat, dan tidak mudah lepas. Salah menggunakan jenis paku tentu berisiko seperti misalnya bikin tembok jadi rusak. Dan bagi Anda yang cari rumah dengan konstruksi bangunan yang kuat, cek pilihan rumahnya di kawasan Bekasi Selatan dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

4. Jenis dan Ukuran Paku: Kayu

Paku kayu bisa menjadi penghubung yang kuat antara material kayu. (Foto: Treehugger)
Kayu adalah salah satu komponen dan bahan yang sangat penting dalam konstruksi. Anda bisa membangun rumah sepenuhnya dengan menggunakan kayu, hingga membuat berbagai furniture untuk rumah dengan menggunakan kayu. Supaya setiap bagian pada kayu bisa saling mengikat secara sempurna, Anda tidak bisa menggunakan paku dengan bahan lain. Salah satu bahan yang paling aman dan baik untuk mengikat kayu adalah dengan menggunakan paku yang terbuat dari kayu.
Paku kayu sebenarnya tidak bisa digunakan untuk melubangi kayu, fungsi utamanya hanyalah untuk mengikat supaya kayu tidak bergeser dan bisa berdiri secara sempurna. Ukuran dari paku kayu sangatlah bervariatif, yakni mulai dari 2 hingga 10 cm.

5. Jenis dan Ukuran Paku: Seng

Paku seng dilapisi dengan lapisan galvanis sehingga terhindar dari karat. (Foto: ScienceStruck)
Apabila Anda memiliki rencana untuk membangun atap seng, maka salah satu paku yang bisa Anda gunakan adalah paku seng. Paku ini terbuat dari bahan besi yang sudah diberikan lapisan galvanis supaya awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Paku ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan asbes dan papan fiber supaya tidak lepas. Salah satu keunikan dari paku seng adalah memiliki batang yang sedikit mengulir. Ukuran dari paku ini bisa Anda temui berkisar dari 7 hingga 10 cm.

6. Jenis dan Ukuran Paku: Bengkirai

Balok kayu yang keras bisa diikat dengan menggunakan paku bengkirai. (Foto: Tree Island Steel)
Jika Anda sedang membangun kusen jendela atau pintu yang menggunakan balok kayu padat dan keras maka Anda bisa memanfaatkan paku bengkirai sebagai bahan pengikat utamanya. Kelebihan dari paku ini adalah bisa menggantikan peran dari paku kayu yang terlalu lembek dan kurang cocok untuk keperluan kusen. Kayu bengkirai memiliki ukuran antara 3 hingga 10 cm.

7. Jenis dan Ukuran Paku: Kawat Baja

Paku kawat baja memiliki guratan pada bagian kepalanya. (Foto: TurboSquid)
Meskipun memiliki bentuk menyerupai paku beton, paku kawat baja memiliki sebuah ciri khas yang bisa menjadi pembeda. Kepala paku kawat baja biasanya berukuran tebal dan memiliki guratan supaya paku bisa tetap kuat dan tidak mudah rusak apabila sedang dipaku. Tekstur dari leher paku kawat baja. Paku ini juga memiliki ukuran yang serupa dengan paku beton yakni mulai dari 2 hingga 15 centimeter.

8. Jenis dan Ukuran Paku: Duplex

Paku duplex bisa digunakan untuk mempermudah proses pengecoran. (Foto: Iron Wire Nails)
Dalam proses pengecoran biasanya tukang akan menggunakan kawat yang saling diikat supaya bisa menjadi sebuah penanda atau patokan dari pengecoran tersebut. Paku duplex adalah salah satu jenis paku yang memiliki ujung kepala yang unik dan memiliki fungsi supaya kawat bisa diikat dengan mudah. Selain itu, pada bagian batangnya juga terdapat ulir yang berfungsi agar paku memiliki cengkraman yang kuat dan tidak mudah lepas. Ukuran dari paku duplex berkisar antara 8 hingga 15 cm.

9. Jenis dan Ukuran Paku: Veneer Pin

Papan yang berukuran kecil bisa diikat dengan menggunakan paku veneer pin. (Foto: The Wood Works)
Mungkin ada banyak diantara Anda yang kurang familiar dengan paku veneer pin. Paku ini memiliki fungsi untuk mengikat papan kayu laminasi veneer dengan kuat supaya tidak mudah lepas dan copot. Ukuran batang paku veneer juga sangat kecil sehingga proses pemasangan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Paku veneer memiliki ukuran dari 1 hingga 6 cm.

10. Jenis dan Ukuran Paku: Tembok

Paku tembok bisa digunakan untuk mengikat kayu buatan berukuran tebal. (Foto: The Blankscreen Blog)
Salah satu paku yang multifungsi dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan adalah paku tembok. Meskipun memiliki nama paku tembok, sebenarnya fungsi utama dari paku ini adalah untuk mengikat balok kayu buatan seperti blackboard yang tebal hingga kayu teakwood. Keunikan dari paku ini adalah memiliki kepala layaknya kerucut terbaik sehingga membuat proses pemasangannya sedikit membutuhkan keahlian. Ukuran dari paku tembok berkisar antara 3 hingga 8 cm.

11. Jenis dan Ukuran Paku: Upholstery atau Paku Jok

Paku upholstery bisa dipakai untuk memasang kulit pada jok atau kursi. (Foto: Romak Hardware)
Jangan terburu-buru untuk membuang kursi atau sofa lama yang ada di rumah. Anda masih bisa mengganti kulitnya dengan menggunakan kulit baru supaya bisa terlihat bersih dan tidak usang. Supaya kulit bisa menempel dengan baik pada kursi, biasanya tukang menggunakan paku upholstery atau disebut juga sebagai paku jok. Paku jok memiliki kepala dengan bentuk membulat dan batang yang pendek dan memiliki diameter yang sangat kecil. Paku jok memiliki satu ukuran saja, yakni 1/2 inchi.

Tips Rumah.com

Apabila tidak menemukan paku jok yang sesuai, Anda bisa memanfaatkan paku payung berukuran kecil sebagai pilihan lainnya.

12. Jenis dan Ukuran Paku: Clout Head

Kepala dari paku clout head sangatlah lebar dan lebih besar dibandingkan jenis paku lainnya. (Foto: ICR Concrete Supplies)
Paku clout head adalah salah satu paku yang cukup banyak digunakan dan memiliki bentuk seperti paku beton. Yang membedakannya adalah paku clout head memiliki ukuran kepala yang sangat lebar sehingga bisa mempermudah untuk memalu paku ini dan memberikan sambungan yang kuat. Karena kepalanya yang lebar, paku clout head bisa dimanfaatkan untuk mengikat sambungan antar kayu dan menjadi sebuah dowel dari sambungan tersebut.

Harga Jenis-Jenis Paku Bangunan

Setiap paku bangunan dijual dengan harga yang berbeda-beda. (Foto: MT Copeland)
Untuk mempermudah Anda dalam mencari referensi harga paku bangunan yang lengkap, Rumah.com sudah merangkum rincian harga paku bangunan yang bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda seperti yang ada di bawah ini:
Jenis Paku
Harga
Paku Beton
Rp13.000 / box
Paku Rivet
Rp30.000/box
Paku Cacing
Rp24.000 / 250 gram
Paku Kayu
Rp20.500 / box
Paku Seng
Rp29.500 / kg
Paku Bengkirai
Rp25.000 / box
Paku Kawat Baja
Rp20.000 / kg
Paku Duplex
Rp110.000 / dus isi 1000
Paku Veneer Pin
Rp15.000 / pak isi 30
Paku Tembok
Rp31.500 / kg
Paku Upholstery
Rp1.500 / box
Paku Clout Head
Rp6.000 / 100 gram
Itulah pembahasan lengkap mengenai paku, ukuran, jenis dan harganya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi terbaik bagi Anda dalam mencari paku yang sesuai untuk keperluan konstruksi bangunan yang sedang Anda jalankan.
Melalui video yang informatif dan menarik berikut ini, Anda bisa mempelajari dan mengenali risiko apa saja saat membeli rumah yang sertifikatnya digadaikan
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini