10 Rekomendasi Kanopi untuk Dapur Terbuka, Masak Nyaman Aman dari Hujan

Tim Editorial Rumah.com
10 Rekomendasi Kanopi untuk Dapur Terbuka, Masak Nyaman Aman dari Hujan
RumahCom – Saat Anda memutuskan untuk mendesain dapur terbuka harus dipikirkan juga desain yang mampu melindunginya. Memasang penutup di atas dapur untuk ruang terbuka Anda, seperti kanopi, pergola, atau gazebo merupakan opsi terbaik. Memasang penutup pada bagian atas dapur terbuka akan melindunginya dari elemen luar ruangan seperti hujan, matahari, dan angin.
Ide desain dapur semi outdoor boleh jadi memungkinkan Anda menikmati manfaat memasak di luar ruangan, makan, dan menghibur diri di alam terbuka selama bertahun-tahun yang akan datang tanpa mengkhawatirkan cuaca. Jika tertarik, maka sebaiknya mulai pikirkan desain kanopi untuk dapur terbuka.
  1. Kanopi untuk Dapur Terbuka Trendi
  2. Kanopi untuk Dapur Terbuka yang Kokoh
  3. Kanopi untuk Dapur Terbuka Serba Kayu
  4. Kanopi untuk Dapur Terbuka Romantis
  5. Kanopi untuk Dapur Terbuka Modern Minimalis
  6. Kanopi untuk Dapur Terbuka Klasik
  7. Kanopi untuk Dapur Terbuka Praktis
  8. Kanopi untuk Dapur Terbuka Transparan
  9. Kanopi untuk Dapur Terbuka Kombinasi Kayu dan Baja
  10. Kanopi untuk Dapur Terbuka ala Bar

1. Kanopi Untuk Dapur Terbuka Trendi

Anda dapat memilih kanopi yang lebih trendi dengan fitur arsitektur yang mencolok. (Foto: Brown Jordan Outdoor Kitchens)
Meskipun ada beberapa ide dapur semi outdoor yang dapat Anda pilih, yang paling mudah, paling serbaguna, dan paling murah untuk dipasang adalah kanopi. Kanopi untuk dapur terbuka dapat memainkan peran ganda. Mereka melindungi pengunjung dari elemen, dan juga dapat digunakan untuk menonjolkan ruang ruang makan.
Kanopi menawarkan berbagai gaya dan ukuran untuk dipilih. Misalnya, kanopi logam yang kokoh dan cukup besar dapat menggandakan ukuran area dapur luar ruangan Anda. Selain itu juga memberikan keabadian yang bertahan dengan iklim yang tidak dapat diprediksi. Atau, Anda dapat memilih kanopi yang lebih trendi dengan fitur arsitektur yang mencolok untuk mendefinisikan ruangan.

2. Kanopi Untuk Dapur Terbuka yang Kokoh

Kanopi yang ditempatkan dengan baik atau teras tertutup dapat melindungi Anda dari hujan yang tidak terduga. (Foto: Brown Jordan Outdoor Kitchens)
Meskipun dapur luar ruangan berfungsi karena berbagai alasan. Seperti ruang tambahan, fasilitas memasak yang canggih, hiburan yang ideal untuk menghabiskan waktu di luar ruangan. Pada dasarnya memiliki beberapa faktor yang tidak dapat dikendalikan yaitu cuaca. Dengan memasang semacam penutup untuk dapur luar ruangan Anda menambahkan lapisan perlindungan.
Kanopi yang ditempatkan dengan baik atau teras tertutup dapat melindungi Anda dari hujan yang tidak terduga. Pergola yang kokoh dapat memberikan keteduhan pada hari-hari cerah yang sempurna, namun tidak berawan, dan mencegah sengatan matahari dan kelelahan akibat panas. Penutup dapur luar ruangan juga dapat memberikan perlindungan dari angin kencang terutama pada hari-hari musim semi yang berangin.

3. Kanopi Untuk Dapur Terbuka Serba Kayu

Ide kanopi untuk dapur terbuka yang satu ini tampil cantik dengan nuansa yang eksklusif dan hangat bermaterial kayu yang tersusun rapi. (Foto: Bob Vila)
Pilihan kanopi untuk dapur terbuka memang variatif terhitung yang mempunyai aksen natural seperti panel kayu. Ide kanopi untuk dapur terbuka yang satu ini tampil cantik dengan nuansa yang eksklusif dan hangat bermaterial kayu yang tersusun rapi. Sisi salah satunya dindingnya juga dilapisi panel kayu hingga tempat dapur jadi kelihatan lebih kohesif atau bersatu.
Apabila ingin menambahkan kesan alami dan kasual, lengkapi dengan beberapa kursi bar minimalis yang memiliki unsur kayu supaya seirama. Dengan kanopi kayu untuk dapur terbuka tidak juga melulu harus seluruh isi bangku terbuat dari kayu. Tetapi juga bisa kombinasi dengan material lain. Misalnya sisi dudukan yang terbuat dari kayu dan kaki penopangnya dari besi

4. Kanopi Untuk Dapur Terbuka Romantis

Ini salah satu kanopi untuk dapur terbuka dengan style yang keren. (Foto: All Terrain Landscaping)
Mau tampilan kanopi untuk dapur terbuka tampil lebih dramatis dan romantis? Ini salah satu kanopi untuk dapur terbuka dengan style yang keren. Waktunya tampil maksimal dengan bahan kayu yang bertahan lama. Ide ini mendatangkan desain papan silang dengan jendela terbuka pada bagian atas. Sehingga secara keseluruhan area dapur jadi lebih totalitas.
Untuk sentuhan cantik dan romantisnya bisa didapatkan dengan menambahkan untaian lampu gantung. Jadi, pada saat malam hari datang suasana dapur yang menyatu dengan ruang makan terbuka jadi romantis. Kanopi untuk dapur terbuka ada banyak macamnya yang mempengaruhi harga material dan pembuatannya.
Namun yang tak kalah pentingnya, perhatikan material dan desain kanopi yang dipilih agar sesuai konsep hunian dan dapat memperindah tampilannya. Lagi cari rumah dengan beragam konsep hunian di Pondok gede, Bekasi? Cek pilihan rumahnya dengan harga mulai dari Rp300 jutaan di sini!

5. Kanopi Untuk Dapur Terbuka Modern Minimalis

Anda juga tidak perlu risau lagi bila memilih kanopi untuk dapur terbuka yang berbahan kaca. (Foto: Pinterest)
Kanopi kaca bergaya modern minimalis transparan ini sangatlah cantik. Anda juga tidak perlu risau lagi bila memilih kanopi untuk dapur terbuka yang berbahan kaca. Karena sekarang ini teknologi kaca telah diberi lapisan perlindungan anti UV dan tidak mudah pecah sehingga lebih aman. Kanopi untuk dapur terbuka dengan bahan kaca ini juga multifungsi yaitu pencahayaan alami yang lebih maksimal. Dapur ruang terbuka Anda tidak lagi sumpek.
Menerapkan desain kanopi untuk dapur terbuka berbahan kaca juga harus menggunakan furniture yang ada sentuhan kacanya supaya selaras. Misalnya dengan pilihan meja makan kaca yang cocok disandingkan dengan kanopi untuk dapur terbuka. Meja makan dari kaca ini telah terbuat dari tempered glass yang lebih kuat dan tidak mudah pecah.

Tips Rumah.com

Kanopi menawarkan berbagai gaya dan ukuran untuk dipilih. Misalnya, kanopi logam yang kokoh dan cukup besar dapat menggandakan ukuran area dapur luar ruangan Anda. Selain itu juga memberikan keabadian yang bertahan dengan iklim yang tidak dapat diprediksi.

6. Kanopi Untuk Dapur Terbuka Klasik

Model kanopi untuk dapur terbuka ini terasa lebih klasik dengan tetap kekinian. (Foto: Architectural Digest)
Kanopi untuk dapur terbuka ini kesannya klasik banged dengan bentuknya yang segitiga. Style klasik dan lawas ini bisa menggunakan bahan plastik atau kaca. Model kanopi untuk ini memang lebih terasa klasiknya tetapi juga tetap kekinian. Dikelilingi tanaman dan pohon hijau di sampingnya menambah keasrian.
Buat yang ingin menciptakan situasi cafe di rumah bisa mencontoh desain kanopi untuk dapur terbuka ini. Dilengkapi dengan meja panjang dari kayu dengan sejumlah kursi membuat Anda bisa mengerjakan aktivitas lainnya selain makan. Misalkan mengerjakan tugas dengan nyaman sekaligus menghirup udara segar di luar ruangan secara langsung. Atau bersantai membaca buku sambil melakukan aktivitas lainnya.

7. Kanopi Untuk Dapur Terbuka Praktis

Kanopi untuk dapat terbuka ini cocok diterapkan ke ruangan terbuka. (Foto: The Spruce)
Kanopi untuk dapur terbuka yang praktis dan fleksibel? Coba pasang yang bersistem membuka tutup dari bahan baja atau aluminium. Desain ini bukan hanya multifungsi tapi juga lebih cantik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kanopi untuk dapat terbuka ini cocok diterapkan ke ruangan terbuka seperti dapur untuk ventilasi ekstra saat memasak atau ngumpul pasti lebih dingin dan bebas asap masak.
Penting untuk diingat bahwa atap menampung air hujan yang secara alami akan mengalir ke bawah. Kanopi terbaik memiliki sistem talang air terintegrasi yang mengumpulkan air hujan dari atap dan memungkinkannya mengalir melalui pipa di tengah kaki, memungkinkannya tumpah bebas percikan ke tanah.

8. Kanopi Untuk Dapur Terbuka Transparan

Dengan kanopi transparan akan membuat dapur mendapatkan pencahayaan alami pada siang hari, sehingga akan menghemat listrik di dapur. (Foto: Forbes)
Konsep dapur terbuka yang biasanya diaplikasikan di halaman belakang, akan sangat cocok dipadupadankan dengan atap kanopi transparan atau semi transparan. Dengan kanopi transparan akan membuat dapur mendapatkan pencahayaan alami pada siang hari, sehingga akan menghemat listrik di dapur. Salah satu bahan yang cocok untuk atap dapur transparan terbuka minimalis adalah polycarbonate.
Bentuknya yang transparan, dapat difungsikan sebagai pengganti atap kanopi kaca. Budget yang dikeluarkan akan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan atap kaca. Keamanan pun terjamin karena bahan polycarbonate kuat dan tahan benturan.

9. Kanopi Untuk Dapur Terbuka Kombinasi Kayu dan Baja

Gantung lampu untuk menyelesaikan pengaturan suasana. (Foto: Bobvila.com)
Anda bisa mengubah konsep dapur menjadi model dapur terbuka atau semi terbuka (dapur outdoor). Kesan dapur yang pengap dan panas tidak akan ada di konsep dapur terbuka, momen memasak pun bisa dilakukan dengan nyaman. Selain dapat memaksimalkan lahan yang sempit, mengaplikasikan desain dapur terbuka di rumah akan membuat kesan estetika yang berbeda pada rumah.
Tetapi, bukan hanya interiornya saja yang perlu diperhatikan, faktor kenyamanan juga penting. Salah satunya dengan pemasangan kanopi yang tepat.
Pasang kanopi berbingkai kayu dengan atap baja di teras Anda. Setelah kanopi dipasang, tambahkan panggangan dengan ruang persiapan dan peralatan luar ruangan lainnya yang dibutuhkan. Pertimbangkan untuk menambahkan set makan di teras, atau membangun area bar dengan batu tinggi dengan tempat duduk. Gantung lampu untuk menyelesaikan pengaturan suasana, dan kemudian bersiaplah untuk kumpul-kumpul luar ruangan

10. Kanopi Untuk Dapur Terbuka ala Bar

Ciptakan tempat yang ideal untuk memasak di luar ruangan dan menghibur dengan pengaturan yang fungsional. (Foto: Bobvila.com)
Sudah rahasia umum bila dapur terbuka jadi salah satu konsep yang banyak diminati oleh para pemilik rumah minimalis modern. Alasannya tentu karena desain terbuka sudah jadi tren yang cukup masif. Jadi, kalau Anda ingin merasakan sensasi memasak yang berbeda dari biasanya di dapur dalam ruangan, dapur terbuka bisa jadi pilihan terbaik. Selain leluasa dalam mengeksplorasi ruang gerak memasak, juga mendapatkan visualisasi yang kekinian ala rumah mewah.
Ciptakan tempat yang ideal untuk memasak di luar ruangan dan menghibur dengan pengaturan yang fungsional dan mengundang seperti desain dapur luar ruangan ini. Kanopi sederhana dari kayu, ditambah tiga kursi bar luar ruangan di sepanjang bagian belakang meja bar l agar para tamu dapat menikmati makanan segar dari panggangan.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari tips beli rumah lelang bank yang bisa Anda ikuti dengan mudah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini