Mengenal Eboni Hitam Sulawesi yang Kian Langka dan Mahal

Kayu merupakan salah satu bahan utama konstruksi yang banyak dipakai. Salah satunya adalah kayu eboni hitam asal Sulawesi yang sangat terkenal.Simak penjelasan lebih lanjutnya di sini.
1. Fakta Kayu Eboni Hitam Sulawesi yang Kian Langka dan Mahal
Kayu eboni memiliki ketahanan yang lebih baik daripada kayu biasa. (Foto: Home Stratosphere)

RumahCom - Dalam membangun rumah, kayu merupakan salah satu bahan utama yang sering dipakai. Membangun rumah dengan menggunakan kayu membutuhkan kreativitas yang tinggi karena rumah yang memanfaatkan material kayu membutuhkan kreativitas yang tinggi agar bisa menghasilkan bangunan dengan kualitas yang baik. Kayu sendiri ada banyak sekali ragam dan jenisnya. Salah satu kayu terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan adalah kayu eboni hitam yang berasal dari Sulawesi.

Kayu eboni termasuk ke dalam salah satu kategori kayu yang langka dan jarang untuk ditemui. Karena kelangkaannya tersebut menjadikan harga dari kayu eboni menjadi sangat fantastis dan otomatis membuat biaya dalam konstruksi menjadi meningkat tinggi. Agar Anda bisa mengetahui apa saja fakta dan kelebihan dari kayu ini, maka pada artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Mengenal Asal Usul Kayu Eboni
  2. Karakteristik Kayu Eboni
  3. Manfaat Kayu Eboni
  4. Harga Kayu Eboni yang Fantastis
  5. Alternatif Kayu Rumah Selain Eboni
    1. Kayu Jati
    2. Kayu Merbau
    3. Kayu Kamper
    4. Kayu Meranti Merah
    5. Kayu Karet
    6. Kayu Gelam
    7. Kayu Ulin

1. Mengenal Asal Usul Kayu Eboni

Kayu bisa dipotong dan dimanfaatkan menjadi berbagai benda berbeda. (Foto: Pixabay - Hans Linde)

Kayu bisa dipotong dan dimanfaatkan menjadi berbagai benda berbeda. (Foto: Pixabay - Hans Linde)

Kayu adalah salah satu komoditas alam yang dimanfaatkan untuk berbagai hal berbeda. Dalam penggunaannya, kayu seolah tidak memiliki batasan untuk digunakan karena sifatnya yang sangat fleksibel atau mudah untuk dibentuk. Salah satu kayu yang memiliki kualitas terbaik adalah kayu eboni. Dikutip dari Wikipedia, kayu eboni atau dikenal juga sebagai eboni Makassar adalah sebuah spesies kayu yang unik dan berasal hanya dari pulau Sulawesi saja.

2. Karakteristik Kayu Eboni

Kayu eboni bisa dikenal dari warnanya yang gelap kehitaman. (Foto: Live Enhanced)

Kayu eboni bisa dikenal dari warnanya yang gelap kehitaman. (Foto: Live Enhanced)

Pohon eboni hitam Sulawesi memiliki karakter batang yang tegak lurus dan mempunyai tinggi yang menjulang hingga 40 meter. Pohon ini juga memiliki diameter batang yang besar, pohon eboni dewasa umumnya memiliki diameter mulai dari 1 meter. 

Kayu eboni sendiri mempunyai warna coklat gelap kehitaman yang terlihat sangat eksotis apabila dipoles hingga halus dan menjadikannya sangat cocok sebagai kayu ornamental yang terlihat sangat mewah. Kayu eboni juga sangat padat sehingga akan tenggelam apabila berada di dalam air.

Kayu ini juga memiliki tingkat ketahanan yang sangat tinggi dan menjadikannya sangat kuat terhadap cuaca atau terkena kelembaban yang tinggi. Dilansir dari Wood Database, kayu eboni akan mengeluarkan bau yang kurang sedap ketika dipotong.

3. Manfaat Kayu Eboni

Kayu eboni bisa dirubah menjadi berbagai benda berbeda. (Foto: Mark Luedeman)

Kayu eboni bisa dirubah menjadi berbagai benda berbeda. (Foto: Mark Luedeman)

Karena kualitasnya yang sangat baik, kayu eboni bisa dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi yang berbeda-beda. Dalam sejarahnya, kayu eboni pertama kali ditemukan dan digunakan sebagai salah satu papan ukiran yang berada pada makam Mesir kuno. Memasuki abad ke-16, kayu eboni banyak digunakan untuk membuat berbagai lemari berbeda karena mempunyai warna yang eksotis dan bisa meningkatkan nilai jual.

Selain itu, kayu eboni juga bisa dimanfaatkan dalam dunia permusikan seperti bahan utama untuk membuat tuts piano. Kayu eboni memiliki ketahanan yang sangat baik dan bisa menghasilkan kualitas suara instrumen yang indah karena kerapatan dari kayu tersebut.

Kayu eboni juga bisa dimanfaatkan sebagai kayu untuk konstruksi bangunan. Meskipun harga dari kayu eboni sangat mahal, akan tetapi kualitasnya yang sangat baik membuat kayu ini tepat untuk membuat rumah agar menjadi lebih kuat dan tahan lama. Selain itu juga, tampilan rumah akan terlihat menjadi lebih menarik dan tampak mewah.

4. Harga Kayu Eboni yang Fantastis

Kayu eboni bisa dijadikan perhiasan yang menarik. (Foto: Pinterest)

Kayu eboni bisa dijadikan perhiasan yang menarik. (Foto: Pinterest)

Melihat kualitas dari kayu eboni yang sangat baik, tentu menjadikan harga dari kayu ini sangat fantastis. Jarang sekali ada yang menjual kayu eboni pada marketplace di Indonesia karena kelangkaannya. Menurut Rimba Kita Harga jual kayu eboni di pasar internasional tahun 2018 berkisar Rp30 juta per meter kubik dan di dalam negeri mulai Rp6 juta hingga Rp10 juta per meter kubik. 

5. Alternatif Kayu Rumah Selain Eboni

Ada banyak pilihan kayu lain yang bisa digunakan untuk konstruksi rumah. (Foto: Colourbox)

Ada banyak pilihan kayu lain yang bisa digunakan untuk konstruksi rumah. (Foto: Colourbox)

Meskipun kayu eboni mempunyai kualitas yang sangat baik, akan tetapi harganya yang sangat tinggi itulah yang membuat banyak lebih memilih untuk menggunakan kayu jenis lain dalam dunia konstruksi. Di bawah ini adalah beberapa alternatif kayu rumah selain eboni yang bisa Anda gunakan:

1. Kayu Jati

Kayu jati merupakan opsi paling utama jika Anda akan menggunakannya sebagai alternatif dari kayu rumah dan untuk konstruksi. Dilansir dari Golden Teak, kayu jati mempunyai durabilitas yang sangat tinggi dan sangat tahan terhadap pembusukan. Kayu jati sendiri sangat tepat untuk digunakan dalam konstruksi bangunan karena kuat terhadap perubahan cuaca yang drastis sekalipun, menjadikannya sangat tepat untuk digunakan pada eksterior rumah.

Tip Rumah
Manfaatkanlah kayu jati pada daerah rumah Anda yang terekspos dengan air hujan karena kayu jati memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air.

2. Kayu Merbau

Kayu merbau adalah kayu yang memiliki warna orange kecoklatan dan tekstur yang kasar. Kayu ini mempunyai ketahanan terhadap serangga yang baik, meskipun secara kualitas masih sedikit di bawah dari kayu jati. Kayu merbau sedikit sulit untuk diolah karena seratnya bisa menempel pada mata gergaji dan menjadikannya sulit untuk dipotong. Dalam penggunaannya, kayu merbau umumnya dipakai untuk menjadi lantai rumah atau lis bangunan.

3. Kayu Kamper

Kayu kamper merupakan salah satu kayu yang juga berasal dari Indonesia. Kayu ini sangat dikenal pada dunia internasional karena sangat mudah untuk dipotong ataupun diolah menjadi berbagai bentuk yang berbeda. Kayu kamper memiliki kerapatan yang sedang dan membuat mata gergaji bisa dengan mudah untuk memotong kayu ini tanpa adanya kesulitan. Salah satu yang membuat kayu ini unik adalah memiliki sebuah aroma yang khas dan sering disebut juga sebagai bau kamper.

4. Kayu Meranti Merah

Sesuai dengan namanya, kayu ini memiliki warna merah kecoklatan dan mempunyai tekstur yang kasar. Pola yang dimiliki oleh kayu meranti juga sangat khas dan membuatnya terlihat sangat eksotis dan tampak mahal. Kayu ini juga sangat mudah untuk dipotong karena memiliki kerapatan yang renggang. Kekurangan dari kayu meranti adalah sangat mudah untuk memuai sehingga dalam pemasangannya membutuhkan perhitungan yang berbeda.

Langkah dan Syarat Pengajuan KPR

Mengajukan KPR dan Mengatur Cicilan

Langkah dan Syarat Pengajuan KPR

5. Kayu Karet

Kayu karet ini banyak dijumpai pada negara di Asia Tenggara ataupun Brazil. Secara penampilan, kayu karet memiliki warna coklat cerah ketika masih muda dan akan terus berubah menjadi lebih gelap seiring dengan bertambahnya usia kayu. Kayu karet sangat rentan terhadap serangan rayap oleh karena itulah anda harus memastikan agar kayu mendapatkan perawatan yang baik agar memiliki usia yang panjang.

6. Kayu Gelam

Meskipun sangat jarang terdengar, kayu gelam merupakan salah satu opsi lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai alternatif dari kayu eboni. Kayu ini memiliki warna coklat yang sangat cerah dan memiliki diameter yang kecil. Dalam dunia konstruksi, kayu gelam ini banyak digunakan untuk steger atau support pada bangunan dengan dasar beton.

Tidak hanya itu saja, karena sifatnya yang memiliki ketahanan tinggi menjadikan kayu ini sangat tepat untuk digunakan sebagai cerucuk dalam pekerjaan jembatan dan pekerjaan sungai lainnya. Kayu gelam juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan membuat Anda tidak perlu merogoh kocek dalam jika ingin menggunakannya dalam berbagai konstruksi.

Baca Juga: Mengenal Jenis Kayu untuk Rumah dan Harga Terbaru

7. Kayu Ulin

Kayu ulin memiliki varian warna yang berbeda-beda dan membuatnya menjadi salah satu kayu yang sangat bervariatif. Kayu ulin juga sangat tahan terhadap pembusukan dan kuat terhadap serangan rayap. Karena kepadatannya yang tinggi menjadikan kayu ulin cukup sulit untuk dipotong dan diubah menyesuaikan dengan keinginan.

Kayu bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan terbaik untuk renovasi rumah Anda. Renovasi rumah lama tersebut bisa menjadi alternatif memiliki hunian untuk di renovasi. Berikut daftar properti seken di Kota Depok mulai Rp400 juta untuk dibangun kembali.

Itulah fakta mengenai kayu eboni hitam beserta alternatif lainnya yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah. Carilah kayu yang sesuai dengan kriteria konstruksi yang diinginkan agar tampilan dari rumah Anda bisa terlihat lebih menarik dan tampak lebih mewah.

Ketahuilah apa saja perbedaan antara Notaris dan PPAT melalui video yang informatif berikut ini!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Rekomendasi Perumahan DP 10 juta

Masukan