3 Kelebihan Kekurangan Kayu Trembesi dan Harga Terbarunya

Kayu trembesi bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama membuat perabotan. Kenali alternatifnya, keunggulan dan kekurangannya melalui artikel kali ini.
Ciri Kayu Trembesi dengan Keunggulan dan Kekurangannya
Kayu trembesi termasuk ke dalam salah satu kayu keras yang kuat dan tahan lama. (Foto: World Interiors)

RumahCom - Kayu menjadi salah satu material yang banyak orang gunakan untuk berbagai macam keperluan. Banyak masyarakat Indonesia menggunakan kayu untuk perabot rumah. Selain itu, kayu juga menjadi pilihan banyak masyarakat sebagai salah satu material utama dalam proses pembangunan rumah. Diantara banyaknya jenis kayu yang bisa digunakan, ada satu jenis yang bernama kayu trembesi.

Tertarik untuk menggunakan kayu trembesi di rumah Anda? Supaya lebih paham, artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Mengenal Kayu Trembesi
  2. Ciri-Ciri Kayu Trembesi
  3. Keunggulan dan Kekurangan Kayu Trembesi
  4. Cara Merawat Perabotan yang Terbuat dari Kayu Trembesi
  5. Perbedaan Kayu Trembesi dan Kayu Jati
  6. Harga Kayu Trembesi
Cara Mudah Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

Tips Rumah dan Apartemen

Cara Mudah Membuat Taman Minimalis di Lahan Sempit

1. Mengenal Kayu Trembesi

Kayu trembesi juga memiliki pola yang mudah untuk dikenali. (Foto: Grey and Sanders)

Kayu trembesi juga memiliki pola yang mudah untuk dikenali. (Foto: Grey and Sanders)

Trembesi merupakan salah satu jenis kayu yang saat ini menjadi sebuah alternatif utama dari kayu jati. Popularitas dari kayu jati yang meningkat dengan pesat menjadikan harganya terus mengalami peningkatan. Karena popularitas dari trembesi yang pada awalnya tidak terlalu dikenal, menjadikan stok kayu jenis ini masih cukup jarang untuk ditemui.

Memasuki tahun 2018, popularitas dari trembesi terus mengalami peningkatan dengan pesat dan secara otomatis membuat banyak negara yang memutuskan untuk mulai memanen dan memanfaatkan kayu trembesi dalam jumlah yang besar. Trembesi sendiri banyak ditemui pada negara-negara dengan iklim tropis seperti pada kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Indonesia termasuk ke dalam salah satu pengekspor kayu trembesi terbanyak di Asia Tenggara. Kayu tersebut berasal dari daerah-daerah seperti hutan Kalimantan, Maluku, bahkan hutan di kawasan Sulawesi. Angka penjualan yang tinggi juga membuat banyak penghasil kayu untuk menanam trembesi dalam jumlah yang tinggi untuk menjawab permintaan yang terus meningkat selama beberapa tahun terakhir.

2. Ciri-Ciri Kayu Trembesi

Trembesi mudah untuk dipotong dan dibentuk menjadi mebel. (Foto: swoodwork)

Trembesi mudah untuk dipotong dan dibentuk menjadi mebel. (Foto: swoodwork)

Hampir setiap pohon yang digunakan untuk menjadi furnitur atau bahan-bahan konstruksi bangunan memiliki ciri khasnya tersendiri. Pola yang terdapat pada daging pohon bisa menciptakan sebuah suasana yang menarik pada sebuah ruangan. Trembesi juga termasuk ke dalam salah satu pohon dengan tampilannya yang menarik.

Seperti yang dilansir dari Anti Jamur, jenis kayu ini memiliki perpaduan warna yang sangat cantik. Di bagian kulit luarnya, pohon trembesi memiliki warna yang sangat cerah, cenderung putih. Sedangkan di bagian dalam, pohon trembesi memiliki warna coklat tua, sama seperti warna kayu jati. Satu hal yang menjadikan kayu ini menarik adalah adanya garis atau serat berwarna hitam pekat di bagian dalam kayu. Bisa dikatakan, serat berwarna hitam ini adalah daya pikat yang tidak boleh dilewatkan dari jenis kayu ini.

Apabila Anda punya rumah sendiri, tentu Anda bisa mendekorasi rumah sebebas mungkin, salah satunya dengan bahan natural seperti kayu trembesi. Hunian di Jakarta Barat status hak milik Rp1 - Rp2 miliar bisa menjadi pilihannya

Baca Juga:  Kayu Jati Belanda, Kayu Idola Sepanjang Masa

3. 3 Keunggulan dan Kekurangan Kayu Trembesi

Kekuatan trembesi bisa menyaingi kayu jati. (Foto: Wood Drying Equipment)

Kekuatan trembesi bisa menyaingi kayu jati. (Foto: Wood Drying Equipment)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak banyak orang yang mengetahui dan tertarik untuk menggunakan trembesi. Namun setelah banyak yang mengetahui kelebihannya, trembesi akhirnya berhasil menjadi sebuah alternatif jati terbaik yang bisa Anda coba gunakan. Di bawah ini adalah beberapa contoh kelebihan dan kekuragnannya yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan

Kekurangan

Pohon trembesi bisa tumbuh dalam waktu yang relatif cepat. Berbeda dengan pohon jati yang baru siap panen setelah puluhan tahun, pohon trembesi sudah siap panen hanya dalam belasan tahun. Dengan begitu, ketersediaan bahan untuk membuat mebel ataupun perabot rumah terbilang cukup aman.

Perabot rumah atau mebel yang terbuat dari pohon trembesi memang terbilang kuat. Akan tetapi, dalam skala kekuatan kayu, jenis ini masuk dalam peringkat tiga. Peringkat ini cukup bagus jika memang kayu digunakan hanya untuk pembuatan mebel atau perabot rumah. Akan tetapi, jenis kayu ini tidak akan cukup kuat untuk menjadi penopang suatu bangunan.

Pohon trembesi yang berukuran besar bisa memiliki diameter mencapai 1.5meter. Ukuran ini tentu saja menjadi daya tarik bagi banyak orang. Dengan diameter pohon yang besar, para pengrajin mebel tidak harus menyambung kayu yang mereka gunakan karena ada kayu trembesi yang berukuran besar.

Salah satu kekurangan dari penggunaan trembesi untuk perabotan dalam rumah adalah tingkat keawetannya. Sebenarnya, jenis kayu ini cukup kuat dan cukup awet, terlebih jika hanya menghadapi perubahan cuaca. Sayangnya, perabotan yang terbuat darikayu trembesi terbilang cukup lemah dalam menghadapi rayap dan juga jamur. Itu sebabnya jenis kayu ini membutuhkan perawatan ekstra.

Pohon trembesi biasanya dipotong dengan ketebalan minimal 4cm. Sebenarnya, ketebalan kayu hasil potongan bisa dengan mudah diatur. Akan tetapi, khusus untuk pohon trembesi, ketebalan 4cm adalah ketebalan yang pas. Dengan lembaran kayu yang tebal, akan muncul kesan gagak dari mebel atau perabot rumah yang dihasilkan.

Supaya perabotan dan mebel dari trembesi bisa awet dan tahan lama, dibutuhkan perawatan ekstra. Ini menjadi salah satu kekurangan jenis kayu ini. Hal utama yang harus dilakukan terhadap perabotan dari bahan trembesi adalah menjaganya tetap kering. Selain itu, jangan sampai perabotan berada di area yang lembab. Pastikan juga kondisi permukaan dibersihkan jika terkena air.

4. Cara Merawat Perabotan yang Terbuat dari Kayu Trembesi

Perabotan kayu perlu dirawat supaya memiliki usia pakai yang lama. (Foto: Woodcraft)

Perabotan kayu perlu dirawat supaya memiliki usia pakai yang lama. (Foto: Woodcraft)

Apapun bahan utama dari sebuah furniture, Anda perlu merawatnya supaya furniture di rumah bisa memiliki usia pakai yang lama dan tetap terlihat menarik. Dilansir dari World Interiors, di bawah ini adalah beberapa tips dan cara merawat perabotan yang terbuat dari kayu trembesi untuk Anda:

  • Pastikan perabotan berada di tempat yang kering.

Walau begitu, jangan sampai perabotan terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung ke perabotan akan membuat perabotan rumah Anda menjadi kering. Jika kayu sudah mulai mengering, maka akan menjadi semakin rapuh.

  • Bersihkan permukaan perabotan Anda secara rutin dengan cairan pembersih yang tepat

Ada banyak sekali jenis cairan pembersih yang beredar di pasaran. Sayangnya, tidak semua cairan pembersih tersebut baik untuk perabotan yang berasal dari kayu trembesi. Jika Anda tidak yakin, maka Anda bisa membersihkan permukaannya dengan lap basah lalu dikeringkan. Biarkan perabotan rumah Anda kering dengan sendirinya.

  • Berikan pelapis kayu secara berkala untuk menjaga penampilan perabotan rumah Anda

Biasanya, Anda hanya perlu menggunakan pelapis khusus kayu satu kali dalam seminggu. Ini bertujuan supaya lapisan luar tidak akan terkelupas. Dengan begitu, perabotan rumah Anda akan selalu terlihat seperti baru.

  • Memberikan lapisan atau cat anti rayap di bagian kaki dari perabotan Anda

Tidak peduli apakah Anda memiliki meja, kursi, lemari, atau jenis perabotan apapun itu, pastikan bagian bawah perabotan Anda aman dari rayap. Itu sebabnya menambahkan lapisan anti rayap bisa jadi pilihan yang tepat. Selain itu, banyak juga cat kayu dengan kandungan anti rayap yang bisa Anda pilih.

Tip Rumah
Debu merupakan salah satu musuh terbesar dari trembesi. Debu yang menempel terlalu lama akan membuat kayu menjadi mudah rusak dan terlihat menjadi kusam. Bersihkan perabotan trembesi Anda secara rutin dengan menggunakan kemoceng.

5. Perbedaan Kayu Trembesi dan Kayu Jati

Serupa tapi tak sama, trembesi memiliki karakteristik yang mirip dengan kayu jati. (Foto: Asia Teak Wood)

Serupa tapi tak sama, trembesi memiliki karakteristik yang mirip dengan kayu jati. (Foto: Asia Teak Wood)

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan trembesi sebagai alternatif dari kayu jati, kenali terlebih dahulu beberapa perbedaan utamanya diantara kedua kayu yang menarik tersebut. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan kayu trembesi dan kayu jati yang perlu Anda perhatikan:

Kayu Trembesi

Kayu Jati

Trembesi tidak bisa digunakan sebagai kayu penopang. Hal ini dikarenakan tingkat kekuatannya sedikit lebih rendah dibandingkan jati dan tidak mampu menopang beban yang berat dalam waktu yang lama.

Jati memiliki tingkat kekuatan yang sangat kuat. Itu sebabnya kayu jati banyak digunakan sebagai bahan penopang dalam proses pembuatan bangunan. Sebagai contoh, banyak pilar masjid yang menggunakan kayu jati asli karena kekuatannya.

Pohon trembesi sudah masuk usia matang hanya dalam waktu 10 tahun. Ini karena usiakayu trembesi memang relatif lebih muda jika dibandingkan dengan kayu jati. Walau begitu, banyak pembudidaya yang baru mulai menebang pohon trembesi ketika usia 15 sampai 20 tahun. Alasan utamanya adalah tingkat kematangan yang sempurna.

Pohon jati mempunyai usia yang relatif lebih tua jika dibandingkan dengan trembesi. Jadi, pohon jati tidak bisa ditebang sebelum usia 15 sampai 20 tahun. Jika pohon jati ditebang di usia kurang dari 15 tahun, maka kemungkinan kayu jati hasil penebangan akan berukuran kecil.

Proses pemotongan biasanya menghasilkan lembaran kayu dengan ketebalan 4cm atau lebih. Sangat jarang lembaran trembesi yang memiliki ketebalan kurang dari 4cm.

Lembaran kayu jati mempunyai ketebalan yang cukup bervariasi. Akan tetapi, biasanya ketebalannya berkisar antara 1cm sampai 3c, hal ini bertolak belakang dengan kayu trembesi yang memiliki ketebalan hingga 4cm.

Harga mebel dan perabot rumah yang terbuat dari trembesi cenderung lebih murah.

Karena kualitas dan penampilan kelas atas, mebel dan perabot rumah yang terbuat dari kayu jati biasa dijual dengan harga yang tinggi.

6. Daftar Harga Kayu Trembesi 2021

Furniture yang terbuat dari kayu trembesi sangatlah terjangkau. (Foto: Home & Decor Singapore)

Furniture yang terbuat dari kayu trembesi sangatlah terjangkau. (Foto: Home & Decor Singapore)

Apakah Anda tertarik untuk membeli dan menerapkan kayu trembesi di rumah Anda? Cek terlebih dahulu rincian harga kayu trembesi seperti yang ada di bawah ini:

Trembesi diameter 40cm

Rp1.800.000

Trembesi diameter 50cm

Rp2.300.000

Trembesi diameter 60cm

Rp3.000.000

Trembesi diameter 70cm

Rp3.800.000

Trembesi diameter 80cm

Rp4.700.000

Itulah pembahasan lengkap mengenai kayu trembesi, lengkap juga dengan beberapa keunggulan dan kekurangannya yang perlu menjadi bahan perhitungan bagi Anda ketika membeli. Pastikan untuk memilih furniture trembesi dengan kualitas yang baik supaya bisa bertahan lama di rumah Anda.

Tontonlah video yang informatif berikut ini untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan membeli rumah baru atau bekas!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Listing Rumah Baru Dengan VirtualTur

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan