Kenapa Harus Asuransi Rumah?

19504898 - pisture of man and woman hands holding paper house
19504898 - pisture of man and woman hands holding paper house

RumahCom – Kenapa harus asuransi rumah? Rumah adalah aset berharga yang punya nilai investasi. Jadi, tentu saja wajib untuk dilindungi dengan asuransi rumah.

Asuransi rumah berarti mengalihkan risiko dan kerugian finansial kepada pihak penyedia asuransi. Tentu saja hal yang menjadi pertimbangan besar adalah ketika seseorang kehilangan rumah sama dengan ia kehilangan investasi terbesar dalam hidup.

Klik Review Properti (www.rumah.com/review) yang menyajikan ulasan properti lebih mendalam dan terlengkap dari para ahli!

Untuk itu, tidak perlu menunggu lama untuk mengasuransikan rumah Anda. Namun Anda juga perlu tahu beberapa detail informasi, mulai dari apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi dan apa saja hal yang perlu Anda lakukan untuk memulainya.

Dan berikut adalah beberapa alasan pentingnya mengasuransikan rumah Anda.

  • Melindungi nilai rumah Anda

Rumah merupakan salah satu investasi terbesar yang dilakukan seseorang dalam kehidupannya. Renovasi juga bikin nilai rumah jadi meningkat.

Disinilah asuransi dapat melindungi properti Anda. Misalnya ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi maka Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan nilai investasi Anda tersebut.

Simak juga: Informasi penting seputar lokasi hunian di kota-kota besar di Indonesia dalam Area Insider Rumah.com!

  • Melindungi dari tuntutan hukum

Saat ini, banyak asuransi rumah yang juga memberikan perlindungan tidak hanya pada kondisi fisik rumah tetapi juga risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di dalam rumah.

Manfaat ini juga dapat melindungi Anda dari tuntutan hukum jika ada seseorang yang terluka akibat kecelakaan di rumah Anda.

Inilah biaya-biaya yang harus disiapkan saat Anda membeli rumah!

  • Memberikan penggantian jika terjadi kerusakan

Asuransi rumah akan memberikan penggantian atau perbaikan jika rumah Anda mengalami kerusakan akibat kebakaran, angin ribut, gempa bumi, dan bencana alam lain. Akan tetapi tidak termasuk banjir atau bencana akibat perbuatan manusia.

Beberapa asuransi ada juga yang memberikan manfaat untuk melindungi kerusakan akibat sengatan listrik atau kerusakan pipa air.

  • Sebagai syarat pinjaman

Beberapa lembaga keuangan memberikan syarat untuk memiliki asuransi rumah sebelum Anda mengajukan sebuah pinjaman. Tujuannya memastikan bahwa pinjaman dapat dilunasi dengan tepat waktu dan rumah yang Anda tempati aman dari musibah seperti kebakaran atau resiko lain.

Sebagai catatan, bisa jadi nilai yang harus dibayar untuk pinjaman menjadi lebih mahal karena ada premi asuransi.

Jika memungkinkan, beli asuransi rumah di luar pembayaran cicilan. Saat pengajuan kredit rumah Anda pun diwajibkan untuk mengasuransikan hunian Anda.

Simak juga: Panduan Lengkap Beli Rumah Pertama

  • Memberikan tempat sementara ketika bencana terjadi

Perusahaan asuransi juga ada yang memberikan tempat perlindungan sementara ketika bencana alam terjadi.

Misal ketika sebuah pohon jatuh dan membuat atap rumah menjadi rusak sehingga penghuninya tidak bisa beristirahat di rumah untuk sementara waktu. Asuransi akan memberikan biaya akomodasi hingga rumah Anda selesai diperbaiki.

  • Melindungi dari perampokan dan pencurian

Asuransi juga dapat melindungi dari perampokan atau pencurian di rumah. Jika ada yang mencuri harta benda Anda, asuransi akan menghitung berapa nilai harta yang hilang dan akan menggantinya.

Agar proses penggantian berjalan mulus pastikan Anda selalu mencatat seluruh harta benda yang ada di rumah, tidak hanya dalam bentuk dokumen tetapi lengkapi dengan foto serta tanda pembelian.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Punya pertanyaan seputar beli rumah dan KPR? Klik Tanya Properti Rumah.com!

Baca Selanjutnya

Masukan