10 Rekomendasi Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Berbagai Model

Tim Editorial Rumah.com
10 Rekomendasi Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Berbagai Model
Rumah.com – Keramik lantai dapur yang tidak licin penting diperhatikan agar aktivitas memasak menjadi semakin aman. Untuk itu, sebagai pemilik rumah harus selektif dalam memperhatikan pemilihan material yang tepat untuk melapisi lantai dapur.
Salah memilih material tidak hanya membuat tampilan dapur rumah menjadi tidak menarik, tetapi juga mempertaruhkan keselamatan pemilik rumah. Agar tidak salah dalam memilih keramik lantai dapur, artikel ini akan memberikan sejumlah rekomendasi keramik lantai dapur yang tidak licin:
  1. Keramik Bata Merah
  2. Keramik Batu
  3. Keramik Bata Kasar
  4. Keramik Granit
  5. Keramik Teraso
  6. Keramik Lantai Kayu
  7. Keramik Porselen
  8. Keramik Lantai Semen
  9. Keramik Tegel Ubin
  10. Keramik Lantai Vinyl
  11. Tips memilih keramik lantai dapur yang tidak licin

1. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Bata Merah

Keramik lantai dapur yang tidak licin adalah bata merah. (Foto: Floorsofstone.com)
Keramik lantai dapur yang tidak licin pertama adalah bata merah alias terakota. Keramik ini memiliki lapisan permukaan yang tidak terlalu licin sehingga aman diaplikasikan di dapur. Selain itu warna merahnya dapat memberikan kesan hangat pada dapur dan menambah semangat ketika beraktivitas.
Tidak harus berwarna merah, keramik ini mempunyai berbagai shades warna yang bisa dikombinasikan sehingga menghasilkan kesan gradasi yang cantik. Keramik bata merah juga dapat membuat tampilan dapur terlihat lebih unik dan klasik.
Keramik lantai dapur yang tidak licin ada banyak pilihannya. Meskipun tidak licin bukan berarti tidak terlihat cantik loh. Pemilihan dan pemasangan keramik yang tepat akan membuat tampilan dapur Anda malah makin ciamik. Mau punya rumah di lokasi yang ciamik seperti Tangerang Selatan dengan harga di bawah Rp1 M? Cek di sini!

2. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Batu

Keramik lantai dapur yang tidak licin batu. (Foto: Pinterest)
Rekomendasi keramik lantai dapur lainnya yang anti licin adalah yang menggunakan bebatuan alam. Jenis lantai ini terkenal awet karena terbuat dari batu alami sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin dapur tampak unik, alami, dan sejuk.
Tidak hanya itu, lantai dapur dari batu alam juga tidak licin karena sturdy, memiliki traksi yang bagus, dan mudah dirawat dan dibersihkan sehingga tentunya sangat aman ketika sedang beraktivitas di dapur.

3. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Bata Kasar

Keramik lantai dapur yang tidak licin bata kasar. (Foto: Experiencedbricks.com)
Berikutnya adalah bata kasar untuk keramik lantai dapur yang tidak licin. Dapur akan terlihat semakin cantik dengan bata kasar karena memberikan nuansa vintage dan klasik pada ruangan. Supaya serasi, bagian dinding dapur juga bisa diaplikasikan dengan bata kasar.
Itu karena bata kasar tahan noda dan kotoran sehingga dinding dan lantai aman dari tumpahan minyak, air, dan bumbu masakan. Dengan begitu, lantai dapur yang licin pun bisa dihindari.

4. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Granit

Keramik lantai dapur yang tidak licin adalah granit. (Foto: Msisurfaces.com)
Lantai granit menjadi pilihan lainnya supaya mendapati keramik lantai dapur yang tidak licin. Permukaan granit yang sedikit kasar membuat lantai dapur tidak akan licin ketika terkena cipratan air maupun minyak. Meski mempunyai tekstur yang sedikit kasar, granit tidak akan memberikan kesan tidak nyaman pada kaki.
Selain itu, menggunakan granit sebagai keramik lantai dapur juga bisa menambah kesan mewah pada dapur. Ruang masak pun akan terlihat elegan apabila warna lantai granit yang dipilih sesuai dipadu padankan dengan furniture dan cat dinding dapur.

5. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Teraso

Keramik lantai dapur yang tidak licin teraso. (Foto: Contemporist.com)
Keramik terrazzo atau teraso adalah pelapis lantai yang berasal dari campuran semen, pasir, tegel, dan pecahan marmer. Biasanya, keramik lantai ini cenderung tergolong kasar dan tidak licin, namun tetap nyaman saat diinjak dan menjadikannya pilihan yang tepat untuk keramik lantai dapur.
Tampilannya pun cukup unik karena memiliki motif dengan desain beragam. Yang paling unik adalah coraknya yang terdiri dari pecahan material yang menyebar dan tersusun rapi agar tetap terlihat estetik.

6. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Lantai Kayu

Keramik lantai dapur yang tidak licin lantai kayu. (Foto: Unsplash – Callum Hill)
Keramik lantai dapur yang tidak licin selanjutnya adalah lantai kayu. Walaupun permukaannya halus dan membuat lantai dapur terlihat lebih mengkilap, material ini cukup aman digunakan karena tidak terlalu licin.
Selain itu, kayu juga memberikan kesan minimalis dan alami pada dapur sehingga membuat dapur terlihat lebih hangat. Material kayu juga mempunyai beragam pilihan tekstur yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan konsep yang diusung.

7. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Porselen

Keramik lantai dapur yang tidak licin adalah porselen. (Foto: Sarantile.com)
Porselen merupakan keramik yang umum digunakan di rumah-rumah Indonesia. Keramik ini memiliki tampilan yang polos dan tidak bercorak, walaupun tersedia dalam beberapa warna menarik dan indah.
Saat ingin menggunakan porselen sebagai keramik lantai dapur, pastikan meraba bagian permukaannya guna mengetahui daya licinnya. Sebab ada beberapa lantai porselen yang cukup licin dan ada yang tidak.

8. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Lantai Semen

Keramik lantai dapur yang tidak licin lantai semen. (Foto: Grundig.com)
Semen juga bisa dijadikan sebagai pelapis lantai dapur. Itu karena permukaannya yang tidak terlalu licin sehingga aman digunakan. Dapur dengan lantai semen bisa menghasilkan konsep industrialis yang tengah populer belakangan ini.
Supaya lebih menarik dan elegan, padukan lantai semen dengan furniture bergaya modern. Pastikan memilih warna yang senada agar bisa saling melengkapi.

Tips Rumah.com

Apapun jenis keramik lantai dapur yang gunakan, lakukan pembersihan secara berkala. Selain menjaga unsur estetika dari lantai dapur, ini juga bertujuan agar area dapur tetap bersih dan tidak menjadi sarang penyakit.

9. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Tegel Ubin

Keramik lantai dapur yang tidak licin tegel ubin. (Foto: Hgtvhome.com)
Keramik dan ubin sekilas mirip, namun keduanya berbeda. Ini terletak dari bahan dasarnya. Keramik terbuat dari semen dan homogenous tile, sementara tegel terbuat dari tanah liat. Tampilan akhir tegel ubin pun cenderung matte yang artinya tidak licin sehingga sangat bagus untuk lantai dapur.
Bukan itu saja, desain tegel pun cenderung unik karena biasanya terdiri dari beragam corak dan warna yang terkadang bisa mencolok. Dapur otomatis akan terlihat klasik dan tidak monoton asalkan pemilihan corak ubin dilakukan secara tepat.

10. Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin Lantai Vinyl

Keramik lantai dapur yang tidak licin lainnya adalah lantai vinyl. (Foto: Urban Surfaces.com)
Rekomendasi keramik lantai dapur yang tidak licin yang terakhir adalah lantai vinyl. Lantai vinyl memang memberikan tampilan lantai yang glossy dan berkilat, serta memberikan kesan elegan pada dapur.
Kendati demikian, tekstur lantai vinyl tidaklah licin sehingga sangat aman digunakan sebagai lantai dapur. Lantai vinyl pun mempunyai berbagai macam motif seperti kayu dan warna coklat bervariasi yang dapat memberikan kesan minimalis pada dapur.

Tips Memilih Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin

Berikut tips memilih keramik lantai dapur yang tidak licin. (Foto: Designingidea.com)
Setelah mengetahui rekomendasi keramik lantai dapur yang tidak licin, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih keramik lantai dapur. Itu karena tidak hanya dari faktor licin, aspek desain, perpaduan warna, dan material yang digunakan juga tidak kalah pentingnya.
Berikut beberapa tips memilih keramik lantai dapur yang tidak licin:

1. Tekstur Kesat

Tips memilih keramik lantai dapur yang pertama adalah memilih tekstur yang akan dipakai. Itu karena dapur adalah area yang rentan terkena kotoran, baik dari minyak akibat proses memasak, atau cipratan air atau sabun saat mencuci piring. Agar tidak terpeleset, ada baiknya memilih keramik lantai dapur yang bertekstur kesat.

2. Warna Terang

Tips selanjutnya adalah memilih warna keramik lantai dapur yang terang. Dapur adalah area yang mudah kotor, karenanya hindari lantai dapur berwarna gelap. Keramik lantai dapur dengan warna terang pun bisa membuat suasana dapur menjadi lebih nyaman saat beraktivitas.

3. Motif yang Tepat

Memilih motif yang tepat juga suatu keharusan. Ada banyak motif di luar sana untuk keramik lantai dapur. Supaya tampilannya tidak monoton, pilih motif lantai dapur yang menarik. Pastikan motif tersebut sesuai dengan keinginan, selera, dan konsep desain yang diusung.

4. Sesuaikan Bujet

Yang tidak kalah pentingnya adalah menyesuaikan bujet dengan keramik lantai dapur yang tidak licin. Dengan banyaknya model keramik yang ada di pasaran, tidak sedikit yang merasa tergiur dengan keramik yang mempunyai harga mahal walaupun tidak sesuai dengan bujet.
Untuk itu, perhatikan bujet yang dimiliki sebelum memutuskan memilih keramik lantai dapur yang diinginkan. Keramik yang bagus pun tidak selalu yang mahal, tetapi bisa tetap sesuai bujet. Caranya dengan membandingkan harga dan memilih keramik sesuai dengan bujet.
Tonton video berikut untuk mengenal surat tanah petok D!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar Properti danPanduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini