Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Beli Rumah

22060124_MLGUIDES
22060124 - real estate market - young indonesian couple looking for real estate apartment or house to rent or buy, they came too late, it is sold or leased

RumahCom - Beli rumah memang harus hati-hati, dan sebisa mungkin jangan sampai ada kesalahan mengingat membeli rumah bisa jadi transaksi terbesar di sepanjang hidup Anda. Sedikit saja terjadi kekeliruan maka bisa jadi Anda akan menyesal selamanya.

Ya, penyesalan memang selalu datang belakangan. Maka dari itu penting untuk selalu hati-hati dan jeli saat proses transaksi. Dan secara umum, ada lima kesalahan yang sering dilakukan pembeli rumah. Dan berikut adalah kesalahan yang harus dihindari saat beli rumah.

  • Tidak Mengamati Lingkungan Sekitar

Hindari mengambil keputusan terburu-buru. Kendati rumah tersebut terlihat bagus dan harganya murah, Anda tetap harus survei langsung lingkungan rumahnya. Beberapa hal penting yang perlu diketahui adalah: Apakah kawasan tersebut rawan banjir, macet, atau rawan kriminalitas.

Banyak hal penting yang patut dipertimbangkan ketika memilih lokasi untuk tempat tinggal. Simak video panduan memilih hunian yang ideal berikut ini:

Untuk mengetahuinya, Anda dapat meninjau lokasi rumah pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada hari kerja, akhir pekan, pagi hari, sore atau malam hari. Atau untuk lebih mudahnya, tanyakan hal tersebut pada penduduk sekitar.

Kunjungi juga review properti yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

  • Mengambil KPR dengan Tenor Tersingkat

Jika Anda berniat membeli rumah untuk tempat tinggal, pilihan cicilan KPR (kredit pemilikan rumah) tersingkat bukanlah hal yang tepat. Akan lebih baik bila Anda mengambil tenor yang cukup lama, sehingga Anda bisa mengatur keuangan untuk hal-hal lain yang juga penting, misalnya untuk biaya sekolah anak, membeli mobil, renovasi rumah, dan sebagainya.

Dan agar lebih menghemat uang, Anda bisa saja memilih KPR yang menawarkan uang muka rendah, sehingga uang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Tapi semuanya memang kembali pada kemampuan finansial Anda, mengingat semakin lama masa cicilannnya maka akan semakin besar bunganya.

Untuk mengetahui kemampuan cicilan KPR, Anda dapat simulasikan kemampuan Anda lewat kalkulator KPR persembahan Rumah.com.

  • Melupakan Biaya Tersembunyi

Jangan lupa, saat membeli rumah ada beberapa pengeluaran lain yang harus disiapkan seperti bea materai, biaya aplikasi, biaya legal, dan beberapa pajak lain. Untuk itu, hitung dengan cermat seluruh pengeluaran untuk membeli rumah, dan sesuaikan dengan kondisi keuangan.

Anda dapat menanyakan kepada agen properti atau pengembang untuk mengetahui biaya-biaya tambahan tersebut.

  • Percaya dengan Perjanjian Lisan

Proses jual-beli rumah adalah transaksi besar di bawah payung hukum. Jadi, jangan sekali-kali percaya dengan janji yang diberikan penjual secara lisan. Semua harus tertulis dan ditandatangani kedua belah pihak. Jika perlu, dibubuhkan materai.

Meskipun perjanjian seputar hal-hal kecil, sebaiknya hal tersebut juga dituliskan dalam akta jual-beli. Anda juga dapat meminta penjual rumah menulis semua hal yang diberikan bersama rumah dan tanda tangani bersama. Jika Anda menganggap hal itu tidak terlalu penting, Anda bisa merekam seluruh pembicaraan yang berisi perjanjian tersebut.

  • Tidak Diasuransikan

Asuransi properti memang tampak sepele, tapi baru terlihat manfaatnya bila rumah Anda kebakaran atau hancur akibat bencana alam. Asuransi properti memiliki banyak manfaat, antara lain mengganti kerugian akibat rumah terbakar, tersambar petir, banjir, pencurian, dan sebagainya.

Jika Anda tidak mau repot-repot membeli asuransi rumah secara terpisah, belilah rumah lewat fasilitas KPR yang otomatis memberikan asuransi. Jadi, itulah kesalahan yang harus dihindari saat beli rumah.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

Baca Selanjutnya

Masukan