7 Keuntungan Beli Apartemen, Bisa untuk Investasi Jangka Panjang Lho!

Tim Editorial Rumah.com
7 Keuntungan Beli Apartemen, Bisa untuk Investasi Jangka Panjang Lho!
RumahCom – Dibandingkan rumah tapak, apartemen sering jadi opsi terakhir pilihan tempat tinggal karena dianggap kurang leluasa. Bagi sebagian orang, tinggal di gedung bertingkat terasa kurang nyaman karena lingkungan tetangga yang cenderung tertutup dan tak memiliki teras serta halaman seperti landed house.
Padahal, di tengah harga properti yang terus naik tiap tahun, tinggal di apartemen justru bisa jadi solusi mendapatkan hunian nyaman dengan segudang keuntungan. Jika Anda masih ragu untuk tinggal di apartemen, yuk simak artikel ini sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk pindah. Berikut poin-poin yang akan dibahas:
  • Keuntungan Memiliki Apartemen
  • Kekurangan Memiliki Apartemen
  • Tips Supaya Untung Punya Apartemen
Prosedur Lengkap Biaya Balik Nama Apartemen 2022

Prosedur Lengkap Biaya Balik Nama Apartemen 2022

Keuntungan Beli Apartemen

1. Fasilitas Lengkap

Gym room, salah satu fasilitas yang selalu ada di apartemen. (Foto: Pexels – William Choquette)
Tak kalah dengan komplek perumahan elit, apartemen umumnya juga dilengkapi aneka fasilitas lengkap seperti jogging track, kolam renang, ruang gym, cafe, minimarket, dan playground. Bahkan beberapa apartemen dibuat berdekatan dengan sekolah atau universitas sehingga membuat mobilitas makin mudah.
Semua fasilitas tersebut bisa dinikmati cuma-cuma sebagai keuntungan memiliki apartemen. Hal ini jelas sangat menggiurkan karena Anda tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan berbagai keperluan rumah. Praktis bukan?

2. Lokasi Strategis

Pembangunan apartemen di tengah kota menyasar pekerja yang ingin tinggal tenang dan efisien waktu mobilitas. (Foto: Pexels – Francesco Ungaro)
Rumah tapak berharga miring memang banyak ditawarkan, namun lokasinya yang jauh dari akses kendaraan umum membuat Anda harus berpikir ulang sebelum membeli. Lain halnya dengan apartemen. Kebanyakan pengembang memilih lokasi strategis yang dekat dengan fasilitas umum untuk mendirikan apartemen.
Selain menghemat waktu menuju tempat kerja dan ruang publik lainnya, Anda juga bisa lebih hemat biaya pengeluaran transportasi tiap bulannya.

3. Suasana Lebih Tenang

Konsep hunian yang tertutup memberi suasana tenang saat tinggal di apartemen. (Foto: iStock – Chinnapong)
Salah satu alasan orang lebih memilih tinggal di apartemen karena suasananya yang cenderung lebih tenang. Setelah seharian merasa penat dengan hingar bingar kehidupan, rumah harus mampu memberikan ketenangan untuk beristirahat. Privilege ini hanya bisa Anda dapatkan sebagai keuntungan memiliki apartemen.
Kebanyakan penghuni apartemen juga ingin tinggal dengan tenang sehingga mampu menjaga sikap demi menghargai privasi tetangga. Bahkan tidak sedikit keluarga yang tinggal dalam apartemen memasang peredam suara agar aktivitas anak yang berisik tidak mengganggu sekitar.
Memiliki apartemen memang bisa menjadi investasi jangka panjang. Namun, jika Anda dan keluarga mencari hunian rumah tapak. Temukan daftar hunian dijual di kawasan Cikarang dibawah Rp500 juta berikut ini!

4. Keamanan Tinggi

Setiap tower apartemen dilengkapi banyak CCTV yang siap memantau. (Foto: Pexels – Photo Mix Company)
Selain kenyamanan, faktor keamanan pasti jadi bahan pertimbangan utama dalam memilih tempat tinggal. Dengan tinggal di apartemen, Anda dan keluarga tidak perlu khawatir karena tidak sembarang orang bisa naik ke unit hunian.
Hanya penghuni dengan kartu akses khusus yang bisa masuk ke lift apartemen. Bagi tamu yang hendak berkunjung biasanya harus melalui lobi dan resepsionis/satpam yang berjaga.

5. Tersedia Opsi Fully Furnished

Kitchen set, salah satu furnitur yang sering diberikan ketika membeli apartemen fully furnished. (Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Keuntungan memiliki apartemen selanjutnya adalah tersedianya opsi fully furnished atau hunian yang telah diisi perabotan. Bagi pengantin baru, pilihan ini akan sangat memudahkan proses pindahan dan lebih irit karena biasanya pihak pengembang memberikan aneka bonus seperti pendingin ruangan atau mesin cuci.

6. Harga Bersaing

Dengan selisih harga tak jauh beda dengan rumah tapak, fasilitas apartemen lebih menguntungkan. (Foto: Pexels – Dany Kurniawan)
Harga rumah tapak yang semakin mahal sering kali dirasa kurang masuk akal sehingga tak terjangkau. Tapi, dengan harga bersaing Anda bisa tinggal nyaman bersama fasilitas lengkap sebagai keuntungan memiliki apartemen.
Jika dipikir kembali, dengan harga yang tak jauh beda, Anda dan keluarga sudah bisa menikmati one stop living atau tinggal dekat dengan perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, dan akses transportasi. Sungguh keuntungan yang akan memudahkan kehidupan sehari-hari.

Tips Rumah.com

Pilih apartemen dengan sarana parkir yang memadai agar kendaraan tidak sulit mendapat tempat.

7. Sarana Investasi

Apartemen termasuk properti yang harganya meningkat setiap tahun. (Foto: Pexels – Lukas)
Sudah jadi rahasia umum, properti jadi alat investasi yang cukup menguntungkan. Dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, keuntungan memiliki apartemen adalah bisa dijadikan instrumen investasi dengan disewakan. Anda bisa memilih menyewakan harian, bulanan, atau tahunan dan pasarkan melalui media sosial atau jasa penyewaan tempat tinggal daring.

Kekurangan Memiliki Apartemen

Pada pembahasan sebelumnya, telah dijelaskan berbagai keuntungan memiliki apartemen dibandingkan rumah tapak. Tapi tak ada yang sempurna, apartemen juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya

1. Biaya Maintenance Lebih Mahal

Biaya maintenance apartemen umumnya digunakan untuk pemeliharaan fasilitas gedung. (Foto: Pexels – Ksenia Chernaya)
Kekurangan tinggal di apartemen yang pertama adalah biaya perawatannya yang cukup tinggi. Pihak pengelola umumnya menerapkan IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan) pada para penghuni yang harus dibayar tiap bulan. Ingat, besaran IPL tergantung pada luas apartemen dan tarif yang dikenakan berkisar Rp10-50 ribu per meter persegi. Jika luas apartemen Anda 40 meter persegi, maka biaya minimum yang harus dikeluarkan adalah Rp400 ribu.

2. Luas Apartemen Terbatas

Tiap area seperti kamar tidur akan memiliki luas terbatas di apartemen. (Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Di balik keuntungan memiliki apartemen yakni dikelilingi beragam fasilitas penunjang, Anda harus menyadari bahwa luas huniannya sangat terbatas. Rata-rata apartemen di Indonesia dijual dengan luas 20 meter persegi untuk tipe studio dan 40 meter persegi untuk tipe 2 kamar. Ruang gerak yang terbatas membuat Anda akan kurang leluasa dalam mendekorasi dan harus selektif memilih perabot agar tidak memakan space.

3. Peraturan Lebih Ketat

Pemindahan barang besar ke apartemen harus mengikuti serangkaian prosedur agar tak mengganggu tetangga. (Foto: Pexels – La Miko)
Tinggal bersama dalam satu gedung membuat kenyamanan bersama jadi prioritas. Karena itu sejumlah apartemen biasanya menerapkan aturan cukup ketat ketika penghuni akan melakukan renovasi atau memindahkan barang. Bahkan, ada apartemen yang melarang hewan peliharaan untuk tinggal di dalam.

4. Status Kepemilikan Bukan SHM

Ketika membeli apartemen, sertifikat yang didapatkan bukan SHM.
Berbeda dengan rumah tapak yang berstatus SHM, status kepemilikan apartemen masuk dalam Satuan Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS). Alasannya, kepemilikan apartemen ditentukan berdasarkan status tanahnya yakni Tanah Negara, Tanah Hak Milik, dan Tanah Pengelolaan.
Dari ketiga jenis tersebut hanya Tanah Hak Milik yang membuat status sertifikat Anda bersifat Hak Guna Bangunan (HGB) Hak Milik. Sayangnya, hampir tidak ada developer yang memiliki izin mendirikan apartemen dengan status HGB Hak Milik karena hak milik hanya bisa didapatkan oleh individu bukan badan hukum.

5. Risiko Terjebak saat Bencana

Saat bencana, pintu darurat apartemen adalah satu-satunya jalur evakuasi. (Foto: Pexels – Monicore)
Tidak ada yang tahu kapan bencana seperti kebakaran dan gempa bumi akan terjadi. Saat tinggal di ketinggian seperti apartemen, akses keluar ketika bencana hanya dianjurkan melalui tangga darurat. Situasi panik dan berdesakan membuat Anda berisiko terjebak, terlebih jika pintu darurat tertutup asap saat kebakaran.

Tips Supaya Untung Beli Apartemen

Jika tak dihuni, apartemen sangat berpotensial untuk disewakan. (Foto: Pexels – Kindel Media)
Setelah mengetahui kekurangan dan keuntungan memiliki apartemen, masihkah Anda tertarik tinggal di gedung bertingkat? Jika iya, berikut tips agar untung saat punya apartemen:
  • Pilih lokasi yang strategis agar harga apartemen terus meningkat. Cari tahu apakah di sekitar apartemen akan dibangun fasilitas umum seperti jalan tol atau mal. Jika iya, maka harganya berpotensi naik pesat dan cocok dijadikan investasi.
  • Pastikan keamanan apartemen. Cari tahu dengan teliti soal kredibilitas pengembang dan tanah tidak dalam sengketa agar pembangunan apartemen tidak terhambat.
  • Lihat fasilitas yang ditawarkan. Tiap apartemen setidaknya harus menunjang kebutuhan sehari-hari penghuninya seperti menyediakan minimarket dan tempat berolahraga. Pastikan akses jalan menuju apartemen juga mudah dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan
  • Setelah memastikan keamanan status tanah dan pengembang, beli apartemen sedini mungkin saat masih dalam promosi atau sebelum launching resmi. Biasanya, pengembang akan memberikan diskon atau hadiah seperti perabot yang bernilai jutaan rupiah.
Itulah pembahasan lengkap tentang keunggulan memiliki apartemen. Dengan mempertimbangkan pro dan kontranya, semoga Anda mendapatkan hunian terbaik ya!
Tonton video berikut ini untuk mencari inspirasi cara menata ruangan rumah yang minimalis!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini