7 Keuntungan Beli Rumah dengan KPR

Tim Editorial Rumah.com
7 Keuntungan Beli Rumah dengan KPR
RumahCom – Harga rumah yang makin mahal tidak jarang membuat orang merasa tak mampu membelinya. Untuk mengatasi masalah itu, hadirlah skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) guna membantu warga mencicil hunian impian dalam jangka waktu tertentu.
Skema pembiayaan yang hadir 41 tahun lalu ini bisa diakses melalui bank yang menawarkan bunga bervariasi. Selain bisa mendapatkan bunga kompetitif, ada banyak keuntungan beli rumah dengan KPR yang harus Anda tahu.
Apa saja? Lewat artikel ini, berikut informasi yang akan Anda dapatkan:
  1. Kepastian Punyai Rumah dengan Modal Kecil
  2. Banyak Promosi Bunga Bank
  3. Legalitas Rumah Terjamin
  4. Asuransi dari Bank
  5. Cicilan Makin Ringan
  6. Jangka Waktu Panjang
  7. Sarana Investasi
Perumahan Syariah Anti Bodong, Ini Panduan Lengkapnya!

Perumahan Syariah Anti Bodong, Ini Panduan Lengkapnya!

1. Keuntungan Beli Rumah dengan KPR Memiliki Kepastian Punya Rumah dengan Modal Kecil

Dengan KPR, Anda cukup kumpulkan modal kecil untuk DP rumah. (Foto: iStock – Photobuay)
Keuntungan beli rumah dengan KPR yang pertama adalah Anda bisa memiliki hunian impian tanpa modal besar. Dengan mengambil KPR, pihak bank bisa memberikan pendanaan 70-80 persen dari harga rumah. Karena itu, Anda cukup menyiapkan Down Payment (DP) dan uang pelunasan untuk dibayarkan pada penjual/developer. Cara ini tentu menguntungkan dibanding menabung sendiri sementara harga rumah terus naik.
Salah satu keuntungan menggunakan KPR memang tidak perlu dana besar untuk beli rumah. Nah, jika Anda ingin beli rumah dengan mengajukan KPR. Anda bisa cek daftar hunian di kawasan Tangerang Selatan dibawah Rp1 miliar berikut ini!

2. Banyak Promosi Bunga Bank

Banyak bank memberi promo bunga KPR dengan skema fixed mulai dari 4%. (Foto: iStock- Panuwat D)
Demi menarik calon pembeli, bank memberikan banyak promosi seperti bunga rendah mulai dari 3% dengan skema fixed. Bunga fixed sendiri adalah sistem bunga yang tidak akan berubah dalam waktu tertentu.
Anda bisa memilih bank yang menawarkan bunga fixed hingga 5 tahun sehingga cicilan per bulannya akan lebih ringan. Keuntungan beli rumah dengan KPR ini makin terasa jika tenor/waktu cicilan yang diambil lebih singkat seperti 10 tahun.
Itu artinya selama 5 tahun pertama Anda akan bayar cicilan dengan bunga fixed dan 5 tahun sisanya mengikuti bunga bank yang berlaku (floating).

3. Legalitas Rumah Terjamin

Pihak bank akan bantu mengecek kelengkapan berkas sebelum memproses KPR.
Proses membeli rumah tidak berhenti ketika Anda memberikan uang. Ada banyak sekali dokumen dan pajak yang harus diurus agar transaksi dianggap legal. Bagi yang baru pertama kali membeli properti, hal ini akan sangat membingungkan.
Tapi tenang, dengan mengambil KPR, pihak bank akan membantu pengurusan sertifikat dengan menunjuk langsung notaris dan PPAT. Mereka juga bisa memeriksa dokumen dari penjual guna menghindari tindak kriminal pemalsuan. Keuntungan beli rumah dengan KPR ini akan membuat hati Anda lebih tenang karena legalitas hunian jadi terjamin.

4. Asuransi dari Bank

Asuransi dari KPR bank akan melindungi rumah dari risiko bencana. (Foto: iStock – Piwath J)
Tidak hanya menunjuk notaris dan PPAT, keuntungan beli rumah dengan KPR lain adalah bisa mendapatkan asuransi dari bank. Umumnya, pihak bank akan memberikan asuransi jiwa dan asuransi jaminan yang melindungi properti dari kemungkinan kerusakan akibat kebakaran atau bencana alam lain.

5. Cicilan Makin Ringan

Cicilan KPR cenderung terasa lebih ringan karena faktor inflasi.(Foto: iStock – Stock Photo and Footage)
Bayangan harus berhutang selama puluhan tahun demi mencicil KPR sering membuat orang ragu. Padahal, meski angsurannya relatif tetap bahkan naik karena skema floating, adanya inflasi atau peningkatan penghasilan membuat cicilan Anda akan semakin ringan.
Sebagai gambaran, jika seseorang mengambil KPR selama 15 tahun sejak 2010 dengan cicilan Rp2,5 juta/bulan, maka nilai tersebut di masa sekarang tidak terasa terlalu berat. Keuntungan beli rumah dengan KPR satu ini tidak jarang membuat debitur mampu melunasi hunian sebelum tenornya berakhir.

Tips Rumah.com

Jangan tergiur harga murah, saat memilih rumah pastikan developer memiliki kredibilitas yang baik.

6. Jangka Waktu Panjang

Semakin muda saat mengambil KPR, makin lama tenor yang bisa didapatkan.(Foto: Pexels – Stas Knop)
Banyak orang salah kaprah dengan menunda ambil KPR dan menunggu usia matang. Padahal dengan beli rumah di usia muda, Anda bisa memiliki waktu cicilan atau tenor yang lebih panjang.
Pihak bank biasanya menetapkan usia 60-65 tahun sebagai batas akhir masa kredit berakhir. Karena itu, jika seseorang baru mengambil KPR di usia 50 tahun, maka tenor maksimal yang bisa diberikan berkisar di 10-15 tahun saja. Hal ini berbeda jika KPR diambil ketika berusia 25-30 tahun. Anda bisa memilih tenor hingga 30 tahun.

7. Sarana Investasi

Selama mencicil KPR, sewakan rumah untuk dapatkan pasif income. (Foto: iStock – Andrii)
Terakhir, keuntungan beli rumah dengan KPR adalah bisa dijadikan sarana investasi. Ketika telah lunas, harga rumah cenderung naik hingga Anda bisa mengeruk keuntungan dengan menjualnya. Tak hanya itu, selama proses mencicil hunian cobalah sewakan dan hasilnya dapat digunakan untuk membayar KPR.
Namun hati-hati, ketika menyewakan rumah yang masih dalam KPR sebaiknya Anda menetapkan deposit serta membuat surat perjanjian jelas dengan penyewa. Hal ini sangat penting demi melindungi properti dari kerusakan yang merugikan pemilik.
Meskipun ada banyak keuntungan beli rumah dengan KPR yang bisa didapatkan, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih hunian. Pilih pengembang dengan reputasi baik dan pastikan rumah berada di lokasi strategis sehingga mudah jika dijual/disewakan kembali. Semoga artikel ini dapat membantu Anda ya!
Tonton video berikut ini untuk mencari tahu tips mendapatkan rumah anti banjir!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini