10 Ide Kolam Ikan Mini di Teras Rumah, Bikin Adem dan Indah Rumah

Tim Editorial Rumah.com
10 Ide Kolam Ikan Mini di Teras Rumah, Bikin Adem dan Indah Rumah
RumahCom – Kolam ikan mini di teras rumah memberi kesejukan dalam hunian. Dengan ukuran yang mini, kolam ikan juga tidak memerlukan banyak ruang, sehingga dapat diterapkan di berbagai konsep hunian. Karena ukurannya yang mini, Anda juga dapat memangkas pengeluaran sehingga lebih hemat.
Karenanya, untuk Anda yang tengah mencari ide kolam ikan mini untuk teras rumah Anda, artikel kali ini akan membahas tentang 10 ide kolam ikan mini di teras, yang dijamin bikin adem dan indah rumah. Berikut inspirasinya:
  1. Kolam Ikan Minimalis Lahan Sempit
  2. Kolam Ikan Minimalis dengan Air Mancur
  3. Kolam Ikan Minimalis ala Jepang
  4. Kolam Ikan Minimalis Bebatuan
  5. Kolam Ikan Minimalis dengan Taman
  6. Kolam Ikan Minimalis dengan Jembatan
  7. Kolam Ikan Minimalis dengan Kaca
  8. Kolam Ikan Minimalis dengan Kayu
  9. Kolam Ikan Minimalis dengan Bambu
  10. Kolam Ikan Minimalis dengan Tapakan Kaki

1. Kolam Ikan Minimalis Lahan Sempit

Dengan lahan sempit Anda tetap dapat memiliki kolam ikan. (Foto: Dailymotion)
Anda dapat menghadirkan kolam ikan minimalis ini pas di depan halaman rumah dengan mengukur ruangan yang ada. Jangan lupa untuk tambahkan tanaman hijau dan sistem udara yang juga berkesan minimalis untuk tampilan depan rumah dengan kolam ikan minimalis yang paling cantik.
Ide kolam ikan mini di teras rumah ini selain bikin rumah jadi terasa lebih nyaman, ukurannya yang mini juga memungkinkan bujet pembuatannya bisa terjangkau. Dan bagi Anda yang sedang mencari rumah yang nyaman dengan harga terjangkau, cek pilihan rumahnya di Tangerang dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

2. Kolam Ikan Minimalis dengan Air Mancur

Kolam ikan berdesain minimalis dengan air mancur menambah asri. (Foto: Shutterstock)
Tambahkan sedikit dekorasi alami seperti batu alam, pepohonan berukuran sedang yang rindang, hingga air mancur sederhana bisa menciptakan suasana di teras Anda menjadi segar. Kolam ikan minimalis ini juga bisa Anda tambahkan model air mancur sebagai pemanis. Suara gemericik dari air mancur juga dapat membuat Anda rileks dan santai di teras rumah.

3. Kolam Ikan Minimalis ala Jepang

Kolam ikan ala Jepang cocok untuk memelihara ikan koi. (Foto: Pinterest)
Tradisi memelihara ikan koi terbilang identik dengan negeri Sakura. Bahkan, beberapa selokan rumah di berbagai daerah di Jepang, Anda bisa menjumpai ikan koi. Tidak heran bila konsep kolam ala Jepang pun banyak diadopsi oleh penggemar ikan hias karena tampilannya yang unik dan estetik.
Ciri khas utama dari kolam koi ala Jepang adalah pinggiran kolam terisi oleh batu-batu yang mengitarinya. Anda bisa menambahkan dekorasi, seperti lampu taman, jembatan kayu kecil, hingga pohon bonsai.
9 Desain Rumah Bilik Bambu Keren dan Modern

9 Desain Rumah Bilik Bambu Keren dan Modern

4. Kolam Ikan Minimalis Bebatuan

Kolam ikan dengan aksen bebatuan menambah kesan alami. (Foto: IDN Times)
Hanya dengan tumpukan batu alam, Anda bisa membuat kolam ikan yang estetik. Cara membuat kolam ikan minimalis batu alam ini adalah dengan membuat kolam bertingkat menggunakan bongkahan batu yang telah Anda beli.
Di ujung kolam utama tempat ikan-ikan berenang, buatlah kubangan dangkal untuk menampung sedikit air sebelum dialirkan ke kolam utama. Kemudian, di atasnya Anda bisa keran atau pompa untuk mengalirkan air ke kolam. Desain ini akan membuat kolam ikan di halaman rumah tampak seperti air terjun mini di tengah hutan.

5. Kolam Ikan Minimalis di Bawah Gazebo

Bersantai di gazebo sambil melihat ikan-ikan berenang di kolam. (Foto: Idea Online)
Konsep kolam di bawah gazebo terasa sangat menyenangkan. Anda bisa menikmati pagi atau sore yang tenang di gazebo sambil melihat ikan-ikan koi berenang mengitari kolam. Tentunya, cara ini juga bisa menenangkan pikiran dan melepas rasa penat.

6. Kolam Ikan Minimalis dengan Jembatan

Anda dapat menambahkan aksen jembatan di kolam ikan minimalis. (Foto: Pinterest)
Contoh kolam ikan minimalis yang itu-itu saja tentu dengan mudah meninggalkan kesan membosankan.
Sebab itu, coba tambah aspek yang bisa mempercantik kolam seperti jembatan pembatas. Pada umumnya, jembatan terbuat dari bahan kayu. Namun jangan khawatir, Anda bisa memodifikasinya sesuai selera Anda agar senada dengan nuansa kolam pada hunian.

7. Kolam Ikan Minimalis dengan Kaca

Kolam ikan dengan material kaca membuat kolam ikan terlihat unik. (Foto: Pinterest)
Dengan perpaduan yang pas antara konkrit dan kaca, Anda bisa menghadirkan sebuah kolam ikan minimalis yang lain daripada yang lain. Dengan layar kaca ini, acara menikmati tarian ikan di bawah air juga semakin mengasyikkan.
Desain kolam ikan minimalis ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menambahkan kesan tradisional dengan aksen modern di dalam rumah. Sediakan juga lampu dekat kolam ikan, agar Anda tetap bisa menikmati pemandangan ikan saat malam tiba.

8. Kolam Ikan Minimalis dengan Kayu

Kolam ikan minimalis dengan kombinasi material kayu membuat tampilan kolam ikan menjadi lebih natural (Foto: Pinterest)
Rekomendasi kolam ikan mini di teras rumah selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan memadukan bahan yang terbuat dari kayu sehingga nuansanya menjadi lebih rindang, nyaman, dan terkesan sejuk.
Apabila Anda tidak ingin menaruh berbagai macam dekorasi, pilih saja satu dekorasi utama yang memiliki ukuran yang cukup besar. Contohnya adalah kendi raksasa yang akan membuat hunian semakin terasa hidup dan jauh dari kata membosankan.

9. Kolam Ikan Minimalis dengan Bambu

Kolam ikan minimalis dengan kombinasi material bambu membuat kolam ikan menjadi lebih alami. (Foto: Pinterest)
Rekomendasi kolam ikan mini di teras rumah sederhana yang bisa Anda coba selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan utama bambu. Dengan menggunakan bambu, maka hunian akan terasa lebih sejuk dan asri. Ini karena Anda menggunakan material atau bahan yang menyatu dengan alam.
Dalam pembangunannya, pastikan terlebih dahulu untuk memilih bambu dengan kualitas bagus dan terjamin. Umumnya, pembangunan kolam memiliki dua lapisan di atas. Lapisan pertama menggunakan semen, kemudian dilapisi lagi dengan menggunakan bambu yang bisa mempercantik sisi-sisinya.

10. Kolam Ikan Minimalis dengan Tapakan Kaki

Dengan tapakan kaki material batu, membuat Anda dapat bersantai melihat ikan di dalam kolam sembari bersantai di batu tersebut. (Foto: Pinterest)
Jika tidak ada lahan lebih namun ingin tetap ada akses ke tengah kolam, Anda bisa mengakalinya dengan menerapkan desain yang satu ini. Kolam tetap luas, namun kita bisa melintas di atasnya untuk mencapai sisi ujung kolam yang lain.

Tips Rumah.com

Cara membuat kolam ikan minimalis sesuai contoh adalah dengan membangun tapakan kaki pada tengah kolam. Meskipun terlihat ‘melayang,’ ada pondasi yang berfungsi sebagai tatakan dasar batu penapak tersebut.

Itulah 10 ide kolam ikan mini di teras yang dapat Anda terapkan, yang dijamin bikin adem dan indah rumah Anda.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari cara membangun rumah tumbuh yang bisa Anda ikuti dengan mudah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini