9 Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis, Cocok Buat Bersantai

Tim Editorial Rumah.com
9 Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis, Cocok Buat Bersantai
Rumah.com – Memiliki kolam renang sendiri di rumah merupakan impian banyak orang. Selain bisa menjadi tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga, kolam renang di rumah juga bisa menjadi area rekreasi untuk melepas penat.
Tidak harus besar, kolam renang bisa berukuran kecil sambil tetap mempertahankan fungsinya sebagai kolam. Lokasinya pun dapat memanfaatkan lahan kosong di bagian belakang rumah dan tentunya tidak memakan banyak tempat.
Sebagai referensi, artikel ini akan memberikan beberapa ide desain kolam renang kecil di belakang rumah minimalis:
  1. Kolam Renang Kecil Persegi Panjang
  2. Kolam Renang Kecil di Atas Permukaan
  3. Kolam Renang Kecil Kotak
  4. Kolam Renang Kecil Plunge
  5. Kolam Renang Kecil Natural
  6. Kolam Renang Kecil Semi Outdoor
  7. Kolam Renang KecilInfinity Pool
  8. Kolam Renang Kecil 2 Kolam
  9. Kolam Renang Kecil Lingkaran
  10. Tips mengaplikasikan kolam renang di lahan terbatas

1. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis Persegi Panjang

Desain kolam renang persegi panjang, (Foto: Onekinddesign.com)
Bagi Anda yang tidak ingin ribet dan memiliki bujet terbatas, kolam renang persegi panjang merupakan pilihan yang tepat. Jika dilihat dari bentuk dan material yang digunakan, kolam renang ini tidak memakan banyak waktu pengerjaan dan tentunya biaya sehingga lebih irit.
Jika memiliki bujet lebih, Anda bisa mengaplikasikan sprinkler di sisi luar kolam renang, atau sistem penyiram air yang dapat difungsikan sebagai alat pemancur air. Tentunya akan sangat menyenangkan ketika berenang bersama anggota keluarga atau kerabat di kolam ini.
Memiliki kolam renang di rumah minimalis memang menyenangkan. Nah, jika Anda sedang mencari hunian minimalis Anda bisa mengecek daftar huniannya di Bogor. Berikut daftar rumah dijual dibawah Rp1 miliar di sini!

2. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis di Atas Permukaan

Kolam renang di atas permukaan. (Foto: Apartmenttherapy.com)
Jika tidak memiliki cukup ruang di belakang rumah, kolam renang di atas permukaan bisa menjadi opsi yang sesuai. Berbeda dengan kolam renang biasanya, kolam renang di atas permukaan tidak memakan banyak lahan.
Selain itu, kolam di atas permukaan juga bisa ditutup apabila tidak sedang tidak dipakai dan bisa menjadi tempat berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabat di belakang rumah, untuk menggelar BBQ Party misalnya.

3. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis Kotak

Desain kolam renang kotak. (Foto: Onekinddesign.com)
Kolam renang berbentuk kotak merupakan salah satu desain kolam renang kecil di belakang rumah minimalis yang cukup klasik dan banyak dipilih oleh orang. Kolam renang kotak ini memiliki desain yang cukup simpel dan sederhana tergantung dari material yang digunakan dalam pembuatannya.
Supaya lebih estetik dan efisien, kolam renang bisa memiliki beberapa undakan sehingga bisa dinikmati oleh siapapun. Jangan lupa pilih material untuk lantai rumah yang awet pada penggunaan outdoor.

4. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis Plunge

Kolam renang plunge. (Foto: Onekinddesign.com)
Desain kolam renang kecil di belakang rumah minimalis selanjutnya adalah kolam renang plunge. Kolam renang ini banyak digunakan di negara-negara seperti Eropa dan Amerika. Ukurannya yang tidak besar membuatnya sangat cocok untuk belakang rumah.
Pastikan menyisakan beberapa lahan untuk ditanami rumput. Dengan begitu, area di sekitar kolam renang pun menjadi tidak licin. Selain rumput, tanaman lainnya bisa juga diletakkan untuk mempercantik bagian belakang rumah selain membuatnya menjadi lebih sejuk.

5. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis Natural

Desain kolam renang di belakang rumah minimalis bergaya natural. (Foto: Onekinddesign.com)
Bagi mereka yang senang dengan sesuatu bergaya alami dan natural, kolam renang kecil di belakang rumah minimalis bergaya natural bisa menjadi solusinya. Kolam renang tidak perlu berukuran besar, sebaliknya supaya lebih cantik dan alami menggunakan bebatuan besar di pinggir kolam.
Pilih bebatuan yang tidak licin ketika terkena air guna meminimalisir terjadinya insiden seperti terjatuh atau terpeleset. Untuk menopang nuansa alami, tambahkan beberapa tanaman atau pohon.

6. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis Semi Outdoor

Kolam renang semi outdoor. (Foto: Shadefx.com)
Tinggal di negara tropis seperti Indonesia tentunya menjadi tantangan tersendiri, khususnya saat ingin berenang karena matahari terlalu terik. Hal ini bisa disiasati melalui kolam renang semi outdoor.
Kolam renang berada di belakang rumah dan memiliki atap supaya tidak kepanasan dan kehujanan saat sedang berenang dan bersantai. Agar lebih sejuk, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hijau di pinggir kolam sehingga bisa lebih nyaman ketika berenang.

7. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis Infinity Pool

Desain kolam renang infinity pool. (Foto: Onekinddesign.com)
Apabila lahan rumah berada pada lereng, Anda bisa memanfaatkannya dengan menciptakan ilusi di kolam renang melalui desain kolam renang infinity pool. Kolam renang dengan desain ini seolah tidak memiliki batas dan dihadapkan dengan pemandangan yang indah.

Tips Rumah.com

Perhatikan batas kolam renang jika membuatnya di belakang pekarangan rumah. Menggunakan dinding kaca sebagai pembatas dengan area rumput bisa menjadi solusi yang tepat karena bisa menambah estetik rumah.

8. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis 2 Kolam

Kolam renang 2 kolam. (Foto: Apartmenttherapy.com)
Memiliki 2 kolam renang dengan lahan terbatas, bisa dilakukan. Caranya adalah dengan menjadikannya tingkat atau bersusun sehingga bisa menyimpan lebih banyak lahan. Kolam renang tingkat ini juga mempunyai ‘air terjun’ sendiri untuk kolam yang ada di bawahnya sehingga memberikan pengalaman berenang berbeda.

9. Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis Lingkaran

Kolam renang dengan bentuk lingkaran. (Foto: Nikkisplate.com)
Ide kolam renang di belakang rumah minimalis lainnya adalah kolam renang dengan bentuk lingkaran. Kolam renang berbentuk lingkaran membuat bagian belakang rumah minimalis lebih estetik.
Selain itu, bentuk lingkaran juga membuat kolam renang tampak lebih luas dibanding ukuran sebelumnya. Dengan begitu, berenang dan bersantai di kolam renang tentunya bisa lebih nyaman dan menyenangkan.

Tips Mengaplikasikan Kolam Renang Kecil di Lahan Terbatas

Berikut tips mengaplikasikan kolam renang kecil di lahan terbatas. (Foto: Nikkislate.com)
Memiliki kolam renang kecil di lahan terbatas seperti belakang rumah minimalis tidak bisa sembarangan. Alih-alih mempercantik rumah, apabila salah mengaplikasikannya malah nantinya membuat rumah semakin sempit, padat, dan tidak estetik.
Berikut tips mengaplikasikan kolam renang kecil di lahan terbatas:

Ukuran

Yang terpenting dalam membuat kolam renang minimalis di belakang rumah minimalis adalah menentukan ukuran. Idealnya, kolam renang kecil adalah 6m x 2m. Meski begitu, pertimbangkan juga luas kolam renang dengan luas lahan yang dimiliki dan area dek kolam supaya tidak mendominasi dan ukurannya bisa tetap ideal.

Kedalaman

Kedalaman kolam juga patut diperhitungkan saat mendesain kolam renang kecil. Sebaiknya untuk belakang rumah minimalis, menciptakan kolam renang dangkal adalah hal yang sesuai. Itu karena selain dari aspek keamanan, perawatan, bujet dalam pembuatannya pun lebih sedikit.

Sistem Kolam Renang

Ada dua sistem air untuk kolam renang, yakni skimmer dan overflow. Untuk kolam renang kecil, ada baiknya untuk memilih sistem skimmer karena memudahkan perawatan kolam. Penyaring air pada sistem skimmer memungkinkan untuk membersihkan air kolam renang secara otomatis sehingga tidak perlu mengganti air kolam dan memerlukan gutter di pinggir kolam.

Desain

Mendesain kolam renang minimalis di belakang rumah minimalis yang terbatas perlu dilakukan sedikit penyesuaian agar tampilannya cantik tanpa mengorbankan area kolam menjadi sempit. Karenanya, tentukan desain yang sesuai dengan tema yang ingin dipakai supaya kolam renang bisa estetik.
Itulah ide rekomendasi kolam renang kecil di belakang rumah minimalis dan tips pengaplikasiannya. Selamat mencoba!
Tonton video berikut untuk memahami pengertian dan contoh surat kuasa tanah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini