Inilah 10 Kota Terbersih di Dunia. Indonesia Urutan Berapakah?

Tim Editorial Rumah.com
Inilah 10 Kota Terbersih di Dunia. Indonesia Urutan Berapakah?
RumahCom – Banyak faktor yang menentukan sebuah kota menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk dihuni. Faktor kebersihan pun selalu berada di urutan teratas. Faktanya, kota terbersih di dunia memang menawarkan lingkungan yang akan membuat Anda tetap sehat dan bahagia serta bekerja dengan tenang tanpa mengkhawatirkan keselamatan atau kualitas hidup. Selain itu, tingkat kebersihan sebuah kota adalah kesan pertama yang dibuatnya bagi para pengunjungnya.
Belum lagi, polusi udara juga menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Tinggal di kota yang bersih dan bebas polusi terutama pasca pandemi saat ini menjadi dambaan bagi masyarakat di seluruh dunia. Di seluruh dunia, sejumlah kota berhasil masuk ke daftar teratas sebagai kota terbersih di dunia. Jadi, kota mana saja ini, dan di mana lokasinya? Berikut ulasannya.
  1. Kota Kopenhagen, Denmark
  2. Kota Singapura
  3. Kota Helsinki, Finlandia
  4. Kota Brisbane, Australia
  5. Kota Hamburg, Jerman
  6. Kota Stockholm, Swedia
  7. Kota Sapporo, Jepang
  8. Kota Calgary, Kanada
  9. Kota Wellington, New Zealand
  10. Kota Honolulu, Hawai
  11. Penilaian Kota Terbersih di Dunia

1. Kota Terbersih di Dunia Kopenhagen, Denmark

Ibukota Denmark ini juga berhasil merawat lingkungannya dengan sangat baik. (Foto: Matador Network)
Kopenhagen memuncaki daftar kota terbersih di dunia, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Economist. Bahkan, kota ini banyak terpilih sebagai yang paling layak huni selama empat tahun berturut-turut. Dalam survei terbarunya terhadap 140 kota di lima benua, kota ini menjadi yang teratas dengan skor indeks hampir dua kali lipat kota lain mana pun. Kota ini juga menduduki peringkat pertama sebagai kota metropolitan global dengan pengelolaan terbaik dan teraman. Tidak heran kalau orang-orang sangat senang berkunjung ke sana.
Ibukota Denmark ini juga berhasil merawat lingkungannya dengan sangat baik. Sehingga masyarakat di sana mengatakan bahwa mereka membutuhkan bukti dulu untuk sesuatu yang salah terjadi sebelum memanggil dewan atau walikota mereka. Kebayang dong, bagaimana penduduk Kopenhagen menunjukkan kepada kita kalau mereka sangat bertanggung jawab terhadap lingkungan. Bahkan jalan-jalan disapu setidaknya tiga kali setiap hari.

2. Kota Terbersih di Dunia Singapura

Kebersihan kota Singapura ini diakui oleh organisasi internasional seperti IHG. (Foto: Unsplash – Joshua Ang)
Negara tetangga Indonesia ini memiliki budaya yang tinggi soal kebersihan. Negara ini memiliki rasa tanggung jawab sipil dan pelayanan publik yang kuat. Terutama yang berkaitan dengan kesadaran lingkungan dengan banyak inisiatif hijau untuk mempromosikan keberlanjutan, seperti menggunakan air daur ulang, memiliki sistem pompa panas yang efisien, dan bahkan melarang penggunaan plastik.
Soal kebersihan, Singapura ini juga diakui oleh organisasi internasional seperti IHG (Intercontinental Hotels Group) dan surveyor TripAdvisor, yang telah memberikan penghargaan untuk kota ini selama lima tahun berturut-turut. Meski menjadi salah satu kota tersibuk di dunia. Namun, terlepas dari kejadian sehari-hari, itu sangat terorganisir, dan arus kegiatan diatur dengan baik. Beberapa undang-undang mengatur polusi dan pembuangan limbah secara umum di kota. Hal-hal inilah yang telah membuat Singapura menjadi salah satu kota terbersih di Asia.

3. Kota Terbersih di Dunia Helsinki, Finlandia

Helsinki adalah kota yang indah dan bersih di Finlandia. (Foto: Forbes)
Ibu kota Finlandia ini terkenal dengan suasananya yang bersih. Ini adalah salah satu kota paling layak huni di dunia. Pusat kotanya memiliki jaringan pejalan kaki yang banyak, dengan pertokoan dan bisnis di kedua sisi jalan sempit yang dekat dengan lalu lintas setiap hari dari pukul 11 ​​pagi hingga 12 malam. Helsinki juga menawarkan salah satu sistem transportasi publik terbaik di Eropa. Sekitar 80% persen masyarakatnya menggunakan sepeda atau trem sebagai transportasi utama mereka.
Tak diragukan lagi, Helsinki adalah kota yang indah dan bersih di Finlandia. Dengan banyaknya gunung, pantai yang indah, dan zona perbukitan hijau, tempat ini masuk dalam daftar tempat terbersih di dunia. Bahkan, untuk melengkapi hal tersebut, telah dilakukan penerapan kendaraan ramah lingkungan. Selain itu, jalan-jalan telah dilapisi karpet.
Ketersediaan air bersih yang cukup, udara bebas polusi, serta penanganan limbah menjadi tolok ukur penilaian kota terbersih di dunia. Mau punya rumah dengan lingkungan yang bersih dan nyaman di Bekasi? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

4. Kota Terbersih di Dunia Brisbane, Australia

Kebersihan Brisbane dimulai dari penduduknya yang bangga dengan lingkungannya. (Foto: Wikipedia)
Brisbane disebut sebagai kota matahari, laut, dan pasir. Kota ini terletak di kawasan sub tropis Queensland bagian tenggara di pesisir timur Australia. Brisbane memiliki populasi sekitar dua juta orang. Jumlah orang yang banyak ini tidak secara langsung mencerminkan lingkungan kota yang kumuh. Justru, Brisbane adalah salah satu tempat paling rapi di dunia. Kota ini memiliki sejumlah besar taman rekreasi dan kebun raya. Selain itu, udara kota tetap segar dan segar.
Kebersihan Brisbane dimulai dari penduduknya yang bangga dengan lingkungannya dan menjaga mereka bebas dari sampah, grafiti, rumput liar, dan sampah lainnya yang mungkin ditemukan di lingkungan perkotaan yang tidak terawat di tempat lain. Warga juga mengambil sendiri ketika mereka menemukan sampah yang ditinggalkan di jalan umum atau taman.
Tidak ada tempat pembuangan sampah skala besar untuk pembuangan sampah. Sebaliknya, sebagian besar limbah rumah tangga didaur ulang menjadi produk kompos yang dapat digunakan atau diubah menjadi gas yang menggerakkan pembangkit listrik.

5. Kota Terbersih di Dunia Hamburg, Jerman

Hamburg jadi salah satu tujuan wisata paling populer di Eropa karena lokasinya di teluk. (Foto: Unsplash – Claudio Testa)
Hamburg merupakan kota terbesar kedua di Jerman yang di sungai Elbe dan memiliki populasi lebih dari satu juta orang. Saat ini, tempat ini dianggap sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di Eropa karena lokasinya di teluk, yang menawarkan banyak kesempatan untuk kegiatan olahraga air seperti berlayar atau berselancar.
Ada alasan mengapa kota ini bisa disebut terbersih, karena setiap hari dari Senin hingga Jumat angkutan umum beroperasi tanpa emisi polusi berkat bus berbahan bakar hidrogen yang termasuk yang pertama di Jerman.
Penggunaan bus-bus ini telah mengurangi emisi karbon di kota secara signifikan. Hamburg juga adalah rumah bagi Rathausmarkt – pasar terbuka mingguan terbesar dengan buah-buahan dan sayuran segar yang tersedia sepanjang tahun

6. Kota Terbersih di Dunia Stockholm, Swedia

Stockholm menggunakan sistem transportasi publik yang ramah lingkungan. (Foto: Unsplash – Ana Borquez)
Ibukota Swedia adalah jantung utama bagi industri. Namun, hal ini tidak menghentikan kota ini menjadi salah satu tempat terbersih di dunia. Ini juga merupakan tujuan wisata yang fantastis karena Northern Lights. Satu hal utama yang membuat kota ini menjadi yang terbersih adalah karena Stockholm, juga memiliki sistem pengelolaan limbah berkelanjutan yang mendaur ulang atau menggunakan kembali lebih dari 98% sampahnya dan tidak menghasilkan limbah TPA sama sekali.
Kota ini juga menggunakan sistem transportasi publik yang ramah lingkungan dengan sistem kereta api dan bus untuk digunakan warga. Ini membantu menghilangkan polusi udara dari mobil di dalam batas kota. Yang lebih baik lagi adalah Stockholm baru-baru ini dinobatkan sebagai salah satu kota paling layak huni di Eropa oleh Mercer.

7. Kota Terbersih di Dunia Sapporo, Jepang

Meski populasinya tinggi, Sapporo menjadi salah satu kota besar terbersih di dunia. (Foto: Tourlane)
Seperti banyak kota di Jepang, Sapporo banyak berinvestasi pada mobil ramah lingkungan. Ada banyak ruang hijau di kota yang meningkatkan keindahannya. Meskipun populasinya tinggi, Sapporo telah menjadi salah satu kota besar terbersih di dunia. Sistem pembuangan limbah yang ekstensif dan pendidikan massal tentang manfaat lingkungan yang bersih telah berkontribusi besar terhadap hal ini.
Kota ini juga adalah salah satu kota terbersih di dunia dan menduduki peringkat pertama selama dua tahun berturut-turut (2004, 2005) oleh Keep America Beautiful. Lebih dari sekedar itu, karena memiliki tingkat daur ulang yang melebihi 75%, yang menjadikan Sapporo Jepang sebagai kota paling ramah lingkungan. Selain keindahan alamnya, masih banyak alasan lain mengapa Sapporo dianggap sebagai tempat tinggal terbaik.
Iklim di daerah ini sejuk, tidak pernah terlalu panas atau dingin karena laut di dekatnya dan pegunungan di sekelilingnya. Hal ini menciptakan suasana yang membuat orang-orang dari berbagai belahan Asia menemukan kenyamanan dan pembaharuan. Pemandangan di sini berkisar dari hutan hujan tropis di Shirao.

Tips Rumah.com

Faktor kebersihan selalu berada di urutan teratas. Kota-kota terbersih di dunia ini menawarkan lingkungan yang akan membuat Anda tetap sehat dan bahagia serta bekerja dengan tenang tanpa mengkhawatirkan keselamatan atau kualitas hidup.

8. Kota Terbersih di Dunia Calgary, Kanada

Banyak alasan mengapa orang menganggap Calgary sebagai salah satu tempat tinggal terbaik di Amerika Utara. (Foto: Pixabay – Blazejosh)
Calgary, Kanada, dianggap sebagai kota terbersih di dunia. Ini menempati peringkat pertama dalam daftar Keep America Beautiful tentang Kota Terbersih Amerika selama dua tahun berturut-turut (2004, 2005). Status pemenang penghargaan ini adalah hasil dari fakta bahwa kota ini memiliki tingkat daur ulang lebih dari 75%, yang menjadikan Calgary Jepang sebagai kota paling ramah lingkungan.
Selain keindahan alam dan daya tarik iklimnya, ada banyak alasan lain mengapa orang menganggap Calgary sebagai salah satu tempat tinggal terbaik di Amerika Utara. Alasan-alasan itu adalah dari jarak yang cukup dekat ke resor ski tetapi masih cukup hangat untuk bermain golf sepanjang tahun,memiliki pekerjaan yang tersedia di kedua ladang minyak.
Terletak di Alberta, Calgary memiliki populasi yang besar dan infrastruktur yang melimpah. Ada upaya tanpa henti untuk memastikannya tetap bersih meskipun sumber energi utamanya adalah minyak dan gas.

9. Kota Terbersih di Dunia Wellington, New Zealand

Kepadatan populasi Wellington memberikan suasana kota kecil dengan banyak ruang hijau. (Foto: Unsplash – João Marcelo Martins)
Wellington sering disebut sebagai kota paling layak huni oleh Lonely Planet karena polusi udaranya yang rendah dan pasokan air berkualitas tinggi. Orang-orang yang tinggal di sana merasa aman berjalan pulang pada malam hari tanpa rasa khawatir. Kepadatan populasi Wellington memberikan suasana kota kecil dengan banyak ruang hijau di setiap sudut jalan. Itulah hal-hal yang menjadikannya salah satu dari 20 kota terbersih di dunia!
Wellington juga mendapat peringkat sebagai salah satu kota terbersih di dunia karena polusinya yang rendah tingkat. Ini juga memiliki fitur alam yang terpelihara dengan baik dan telah menjadi tujuan wisata utama bagi kebanyakan orang di seluruh dunia Baca lebih lanjut:

10. Kota Terbersih di Dunia Honolulu, Hawai

Honolulu dinobatkan sebagai salah satu dari 20 kota terbersih secara global oleh Lonely Planet. (Foto: World Atlas)
Sebuah surga tropis, merupakan julukan bagi Honolulu. Honolulu juga merupakan kota yang sadar lingkungan. Seluruh kabupaten telah melarang kantong plastik di toko-toko, dan penduduk berkomitmen untuk mendaur ulang. Bahkan ada undang-undang yang mengharuskan Anda membuat kompos dari sisa makanan Anda!
Honolulu dinobatkan sebagai salah satu dari 20 kota terbersih secara global oleh Lonely Planet karena menawarkan banyak ruang hijau dan pepohonan sambil mempertahankan keindahan alamnya dengan pembatasan pembangunan di dekat pantai atau kawasan konservasi. Tidak heran tujuan internasional ini menarik begitu banyak turis setiap tahun, menjadikannya salah satu tempat yang lebih bersih di Amerika Utara!
Dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan beragam flora. Honolulu memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Ini dianggap sebagai kota yang sangat bersih selain asap sesekali dari pegunungan vulkanik.

Penilaian Kota Terbersih di Dunia

Selain mengurangi risiko penyebaran penyakit, kota yang bersih berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat. (Foto: Unsplash – Aussie Active)
Kota-kota terbersih di dunia memiliki suasana yang bagus, pengendalian sampah yang baik, dan flora yang terawat dengan baik. Namun, masalah pengendalian sampah bisa membuat sebuah kota tidak masuk dalam daftar ini. Karena limbah diproduksi setiap hari, kota-kota besar harus memiliki metode pembuangan yang tepat. Inilah kota-kota terbersih di dunia. Kota yang bersih baik untuk semua orangnya.
Selain mengurangi risiko penyebaran penyakit, kota yang bersih berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat secara umum. Oleh karena itu, pemerintah dan warganya harus menciptakan dan memelihara ruang bersih.
Sejumlah organisasi yang menyusun daftar kota teratas untuk kebersihan di dunia, terutama denganmempertimbangkan faktor-faktor seperti daya minum air, efisiensi pembuangan limbah, kualitas sistem pembuangan limbah, dan tingkat polusi udara. Namun terkadang, juga lebih dari itu.
Merupakan tujuan setiap kota untuk menyediakan lingkungan yang bersih dan menyenangkan bagi warganya untuk tinggal dan bekerja, dan banyak uang dihabiskan untuk memastikan hal ini terjadi. Infrastruktur pengelolaan limbah untuk kota besar seringkali masif dan kompleks, mempekerjakan ribuan orang dan mencakup ratusan operasi, yang semuanya bekerja untuk menjaga area tetap bersih dan aman.
Pengumpulan dan pembuangan limbah kota, pemeliharaan sistem pembuangan limbah, dan pengembangan opsi daur ulang perkotaan hanyalah beberapa dari sekian banyak fasilitas yang menghabiskan sebagian besar anggaran pemerintah daerah.
Dengan jumlah perencanaan dan pengeluaran yang tepat, sebuah kota dapat memastikan bahwa kota itu adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk ditinggali. Tak hanya itu, penduduknya mendapat manfaat dari tingkat polusi yang rendah, jalanan dan ruang publik yang menyenangkan secara estetika, dan masa depan yang berkelanjutan.
Tonton video berikut untuk mengetahui cara memilih warna cat yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini