Inilah 10 Kota Terindah di Dunia, Kota dari Indonesia Urutan Berapa Ya?

Tim Editorial Rumah.com
Inilah 10 Kota Terindah di Dunia, Kota dari Indonesia Urutan Berapa Ya?
RumahCom – Banyak kota di dunia dengan karakter dan pesona yang berbeda. Beberapa kota terindah di dunia telah berusia berabad-abad, menawarkan keahlian yang luar biasa dari para seniman terkenalnya dan berkembang pesat hari ini. Semuanya berkat dedikasi penduduk lokal yang berusaha melestarikan sejarah kampung halaman mereka dengan mempertahankan landmark dan museum terindah di dunia serta membuka hotel bersejarah.
Pelestarian seni dan arsitektur kota telah menarik para wisatawan untuk berpetualang dan mendefinisikan kembali identitas perkotaan. Di sisi lain, ada juga kota yang lebih berjiwa muda, dengan komunitas yang menghadirkan cara hidup baru hingga teknologi. Banyak kota di dunia yang tak terhitung jumlahnya yang menampilkan beberapa taman terindah di dunia.
Masing-masing kota memiliki pesona dan keunikannya masing-masing. Dari kota Yunani kuno yang penuh dengan budaya dan sejarah hingga ada kota seni yang berkembang pesat yang tersembunyi di pegunungan, berikut ini panduan 10 kota terindah di dunia:
  1. Kota Florence, Italia
  2. Kota Paris, Perancis
  3. Kota St. Petersburg, Rusia
  4. Kota Capetown, Afrika Selatan
  5. Kota Kyoto, Jepang
  6. Kota Istanbul, Turki
  7. Kota Athena, Yunani
  8. Kota Chefchaouen, Maroko
  9. Kota Cartagena, Kolombia
  10. Kota Amsterdam, Belanda
  11. Penilaian Kota Terindah di Dunia

Penilaian Kota Terindah di Dunia

Ketertiban dan Keteraturan kota yang tidak berlebihan menjadi daya tarik wisatawan karena kota tersebut menjadi terlihat terawat. (Foto: Unsplash – Fons Heijnsbroek)
Setidaknya, ada enam hal mendasar yang menjadikan sebuah kota dianggap kota terindah di dunia. Pertama adalah ketertiban. Ketertiban dan Keteraturan kota yang tidak berlebihan menjadi daya tarik wisatawan karena kota tersebut menjadi terlihat terawat. Selain itu juga bagaimana aktivitas dan kehidupan yang terlihat di kota tersebut. Jalan-jalan harus penuh dengan orang dan aktivitas agar menjadi indah, bukan suram. Prinsip ketiga adalah memastikan bahwa kota yang nampak kompak.
Kota yang menarik adalah memiliki keseimbangan jalan kecil dan jalan besar. Poin kelima terkait dengan skala. Bagaimana cakrawala perkotaan tidak hanya didominasi oleh gedung-gedung tinggi yang didedikasikan untuk perbankan dan perdagangan. Sebaliknya, mampu mengakomodir ketinggian ideal lima lantai, menghasilkan kota-kota padat dan sedang, seperti Berlin dan Amsterdam. Dengan demikian masih banyak pemandangan alam yang mempesona untuk dinikmati di kota-kota terindah di dunia..
Terakhir, kunci keenam untuk membuat kota menarik adalah membuatnya lokal. Artinya, kota harus merangkul karakter tempat mereka yang unik dan menghindari kesamaan dengan yang lainnya. Hal ini telah ditunjukkan dari desain-desain peninggalan bersejarah di banyak kota terindah di dunia.

1. Kota Terindah di Dunia Florence, Italia

Florence memegang predikat untuk keindahan Italia yang murni. (Foto: Unsplash – Xavier Mejorada)
Kota Roma mungkin mendapat pujian sebagai kota paling bersejarah di Italia. Tapi, Florence memegang predikat untuk keindahan Italia yang murni. Berjalan menyusuri jalan berbatu mana pun di Florence, Anda bisa menyantap pizza dan menemukan katedral yang menakjubkan. Pemandangan cakrawala mendominasi katedral Santa Maria del Fiore tidak boleh dilewatkan. Museum dan galeri dengan desain ke langit-langit dan seni dunia yang paling indah ada di kota ini.
Tempat kelahiran periode Renaisans ini menawarkan galeri kelas dunia, dengan arsitektur yang mencolok, dan beberapa toko paling berharga di dunia. Namun, pesona sesungguhnya dari Florence adalah kemampuannya untuk menghormati masa lalu sambil menyambut cara hidup yang baru. Setelah menghabiskan berjam-jam melihat-lihat Museum Opera del Duomo dan Galeri Uffizi, dan katedral yang mempesona.

2. Kota Terindah di Dunia Paris, Prancis

Pemandangan Sungai Seine dan taman-taman yang masih asli pasti juga muncul di benak Anda. (Foto: Unsplash – Anthony DELANOIX)
Sesuai julukannya sebagai kota mode, di Paris, Anda akan terbiasa menemukan pemandangan para pakar gaya yang berkeliaran di jalan-jalan berbatu bersejarah. Pemandangan Sungai Seine dan taman-taman yang masih asli pasti juga muncul di benak Anda. Sejarah kota Paris dapat dilihat di setiap sudut dengan kota yang melestarikan bangunan dan landmarknya yang menakjubkan, yang memberikan pelajaran tentang gaya arsitektur masa lalu.
Paris memiliki Menara Eiffel dan museum Louvre yang berbentuk piramida yang merupakan objek wisata yang cukup terkenal. Kedua objek wisata ini seperti menjadi penanda bahwa kota ini memiliki ciri arsitektur bangunan yang unik dan mengagumkan. Sementara hotel butik yang apik, toko seni dan desain kontemporer, serta gastronomi pemenang penghargaan terus bermunculan, mengukuhkan peran Paris sebagai pemimpin gaya dan dekoratif.

3. Kota Terindah di Dunia St.Petersburg, Rusia

Anda dapat menghabiskan seumur hidup berjalan di aulanya dan masih belum pernah melihat semuanya. (Foto: Unsplash – A. L.)
St. Petersburg yang kini berjuluk Paris Timur milik Rusia, jauh sebelumnya hanyalah area rawa tak berpenghuni. Dari pondasi yang sederhana ini, Peter the Great, tsar hingga 1728, membangun sebuah kota Rusia untuk menyaingi benteng-benteng Baroque dan Renaissance di Eropa Barat, yang sangat bergantung pada kerajaan Paris. Sungguh luar biasa untuk banyak pulau indah tersembunyi.
Untuk arteri Nevsky Prospekt yang berdenyut, dan untuk museum Hermitage yang disepuh emas. Sebuah museum yang berisi begitu banyak karya seni sehingga Anda dapat menghabiskan seumur hidup berjalan di aulanya dan masih belum pernah melihat semuanya.

4. Kota Terindah di Dunia Cape Town, Afrika Selatan

Cape Town memiliki semua hiruk pikuk kota yang berkembang dan pesona alam yang menakjubkan. (Foto: Unsplash – Tobias Reich)
Cape Town menceritakan kisah yang berbeda untuk keindahan alamnya. Dibayangi oleh keindahan Table Mountain yang luar biasa dan terpahat oleh samudra Atlantik dan Hindia. Pantainya yang dipenuhi penguin dengan alam bebas yang luar biasa adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari di kota yang ramai dan energik ini.
Dari paru-paru hijau kebun raya Kirstenbosch hingga kehidupan malam yang menggetarkan di sepanjang V&A Waterfront, Cape Town adalah salah satu lokasi perkotaan paling dramatis dan menarik di dunia. Dan pada tahun 2014, kota ini ditetapkan sebagai Ibukota Desain Dunia, yang menunjukkan perpaduan yang cermat antara keindahan alam dan kreativitas manusia.
Cape Town memiliki semua hiruk pikuk kota yang berkembang dan pesona alam yang menakjubkan. Habiskan waktu Anda di sini untuk mempelajari flora asli kawasan ini di Kebun Raya Nasional Kirstenbosch sebelum melihat sisi kota yang penuh warna di lingkungan Bo-Kaap.
Pada malam hari, nikmati masakan dari seluruh benua di Neighbourgoods Market sebelum beristirahat di salah satu retret kesehatan kelas dunia di Cape Town. Perjalanan ke Cape Town tidak akan lengkap tanpa singgah di Zeitz Museum of Contemporary Art Africa untuk menemukan seniman Afrika terbaru yang membuat gelombang di dunia seni.
Kota terindah di dunia biasanya identik dengan keindahan alamnya maupun keindahan arsitektur peninggalan sejarah ataupun budaya. Mau punya rumah yang bangunannya berarsitektur kekinian? Cek pilihan rumahnya di kawasan Cibinong, Bogor, dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

5. Kota Terindah di Dunia Kyoto, Jepang

Perjalanan ke Kyoto akan memperkenalkan Anda pada ratusan tahun sejarah dan lanskap Jepang. (Foto: Unsplash – Sorasak)
Nuansa sejarah dapat langsung dirasakan sejak Anda memasuki ibukota lama Jepang ini. Kyoto menjadi salah satu kota kuno yang paling terpelihara dengan baik di negara ini. Perjalanan ke Kyoto akan memperkenalkan Anda pada ratusan tahun sejarah dan lanskap Jepang. Dari kemegahan alami Distrik Arashiyama (dilalui Sungai Honzu yang tenang mengalir), dengan bunga sakura yang lebat di bulan Maret dan April.
Cabang bunga sakura yang harum menjadi latar belakang toko kerajinan dan pasar makanan yang ramai. Faktanya, kulinari Kyoto menyaingi kota besar mana pun yang ramai di dunia, dengan koki brilian yang menerapkan sentuhan modern pada hidangan dan praktik klasik Jepang.
Kyoto juga merupakan rumah bagi lebih dari 1.600 kuil Buddha dan lebih dari 400 kuil Shinto dengan yang paling terkenal adalah Kinkaku-ji dan Fushimi Inari Taisha. Untuk istirahat yang tenang dari kota, luangkan sore hari untuk bersantai di antara batang-batang Hutan Bambu Arashiyama yang menjulang tinggi sebelum memberikan penghormatan di salah satu kuil emas.

6. Kota Terindah di Dunia Istanbul, Turki

Anda akan menemukan banyak Mozaik dan lukisan dinding mewah menutupi gereja dan istana. (Foto: Unsplash – Adli Wahid)
Kemewahan dan keindahan kuno bertemu di taman dan bangunan berornamen di Istanbul. Menghubungkan Timur ke Barat, kota Turki berkali-kali coba direbut oleh banyak tentara, tetapi baru pada Kekaisaran Bizantium gaya yang berbeda lahir. Mozaik dan lukisan dinding mewah menutupi gereja dan istana. Bahkan, banyak diantaranya telah dilestarikan seperti Hagia Sophia.
Begitu zaman Raja Ottoman berkuasa, mereka meluncurkan program untuk membangun masjid kekaisaran. Masjid Biru misalnya, dan galeri-galeri mewah. Banyak dari monumen penting ini tetap berada di kota, memberikan pengunjung sekilas ke masa lalu dunia.

7. Kota Terindah di Dunia Athena, Yunani

Athena tetap menjadi permata mahkota negara. (Foto: Unsplash – Patrick)
Dalam beberapa tahun terakhir, banyak desa impian di Yunani mengalami peningkatan popularitas, namun Athena tetap menjadi permata mahkota negara. Reruntuhan Acropolis yang terkenal berdiri sebagai pelajaran visual, tidak hanya dalam arsitektur dan seni tetapi juga budaya. Ibu kota Yunani sama sekali tidak terjebak di masa lalu karena seniman, desainer, dan pemikir yang sedang berkembang terus menjadikan kota kuno sebagai taman bermain untuk ide-ide baru.
Hotel impian seorang desainer, AthensWas memberi penghormatan kepada modernisme abad pertengahan dengan perabotan dari orang-orang seperti Eileen Grey dan Le Corbusier, semuanya berada di jantung kota tua. Perjalanan ke Athena belum lengkap tanpa melewatkan sore hari di salah satu cafe warna-warni atau galeri yang dikelola seniman di lingkungan muda Pangrati.

8. Kota Terindah di Dunia Chefchaouen, Maroko

Kota berusia berabad-abad yang melukiskan pemandangan bernuansa biru yang menggembirakan. (Foto: Unsplash – Louis Hansel)
Terletak di Pegunungan Rif yang tenang di Maroko, terdapat sebuah kota berusia berabad-abad yang melukiskan pemandangan bernuansa biru yang menggembirakan.Chefchaouen adalah sebuah labirin, kota bersejarah yang rumah-rumahnya terkenal dicat dengan warna biru mencolok. Asal usul warna biru Chefchaouen masih menjadi misteri.
Beberapa orang mengatakan bahwa komunitas Yahudi yang menetap di madinah selama tahun 1930-an yang mengecat bangunan tersebut, tetapi banyak penduduk setempat mengklaim bahwa warna biru telah menghiasi kota tersebut sejak didirikan pada abad ke-15. hingga fungsi warna sebagai agen pendingin dan penolak serangga alami.
Terlepas dari alasannya, kota yang menenangkan ini menawarkan tampilan sejarah dan gaya hidup Maroko yang jauh lebih santai. Berbeda dengan hiruk pikuk dan energi Marrakesh, kota pegunungan ini menawarkan kesempatan untuk menikmati cara hidup yang lebih lambat dan lebih kontemplatif, dan tempat terkenal untuk menikmati beberapa pemandangan paling menakjubkan di Afrika Utara.

Tips Rumah.com

Beberapa kota terindah di dunia telah berusia berabad-abad, menawarkan keahlian yang luar biasa dari pengrajin kuno dan berkembang pesat hingga hari ini.

9. Kota Terindah di Dunia Cartagena, Kolombia

Cartagena menawarkan perencanaan kota dengan detail dan sejarah Eropa. (Foto: Unsplash – Jorge Gardner)
Kota yang padat, cerah, dan menawan, Cartagena, bekas jajahan Spanyol yang berbatasan dengan Karibia dan Pasifik. Cartagena menawarkan perencanaan kota dengan detail dan sejarah Eropa. Rumah-rumah bergaya kolonial yang penuh warna dan sudut jalan yang ramai di kota Cartagena, Kolombia. Semangatnya berasal dari orang-orangnya dan penekanannya pada kekecilannya.
Menara Jam dan Santuario San Pedro Claver dan tempat-tempat makan yang lezat seperti Portal de los Dulces, seluruh jalan yang dipenuhi dengan makanan manis. Kedai makanan dan kafe saling tumpah ruah, dan di mana buah-buahan dan warna-warna eksotis memesona setiap piring, item pakaian, dan etalase. Ini, pada akhirnya, adalah kota butik kecantikan.

10. Kota Terindah di Dunia Amsterdam, Belanda

Amsterdam adalah kotak harta karun berupa bangunan sisi kanal berlapis emas, fasad hias, dan gereja dengan detail indah. (Foto: Unsplash – Tom Podmore)
Di seberang lorong-lorongnya yang cantik, kanal-kanal yang luas dan indah, dan jalan-jalan Hanseatic, ada banyak bukti mengapa Van Gogh menemukan inspirasi seperti itu dari ibu kota tanah airnya yang memesona. Ini adalah dunia kesopanan, kepercayaan diri, dan budaya, mulai dari lingkungan Nine Streets yang tampan dan trendi hingga drama seni di Rijksmuseum, tempat Anda dapat melihat lebih dekat karya-karya Rembrandt dan Vermeer.
Sebuah kota yang menjadi terkenal (dan kuat) oleh perdagangan Eropa selama Zaman Keemasan abad ke-17, Amsterdam adalah kotak harta karun berupa bangunan sisi kanal berlapis emas, fasad hias, dan gereja dengan detail indah. Rumah kanal dan hotelnya yang indah juga menawarkan banyak hal bagi mereka yang menyukai desain yang lebih modern.
Tonton video berikut ini untuk mendapatkan panduan membuat financial planning agar terbebas dari hutang!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini