KPR CIMB Niaga: Syarat, Cara Pengajuan, dan Suku Bunga

Tim Editorial Rumah.com
KPR CIMB Niaga: Syarat, Cara Pengajuan, dan Suku Bunga
RumahCom – KPR CIMB Niaga menjadi salah satu opsi yang layak dipertimbangkan saat Anda berencana mencicil rumah. Sama seperti produk KPR dari bank lainnya, KPR CIMB Niaga merupakan jenis pinjaman yang ditujukan untuk membiayai pembelian rumah dengan jangka waktu yang telah ditentukan, antara 10 hingga 30 tahun.
Asal tahu saja, saat ini CIMB Niaga merupakan bank kelima terbesar di Indonesia dari segi aset, kredit, dan jumlah jaringan cabang. Bank ini memiliki program solusi KPR bernama KPR Xtra CIMB Niaga, yang terdiri dari 2 jenis program KPR, yaitu KPR rumah regular dan KPR rumah syariah. Simak selengkapnya!
  • Syarat Pengajuan KPR CIMB Niaga
  • Cara Pengajuan KPR CIMB Niaga
  • Jenis-Jenis KPR CIMB Niaga
15 Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah

15 Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah

Syarat Pengajuan KPR CIMB Niaga

Jika memenuhi syarat, calon pemilik rumah bisa mengajukan permohonan KPR CIMB Niaga.
Secara umum, sebagian besar masyarakat saat ini lebih memilih sistem KPR untuk pembelian rumah karena dirasa lebih menguntungkan dan tepat guna. Masyarakat dapat memiliki properti dengan cicilan yang ringan atau tidak perlu membayar penuh harga jual yang ditetapkan secara langsung.
Dengan syarat KPR yang mudah, Anda cukup mengumpulkan sejumlah uang muka atau down payment. Selain itu, Anda juga dapat memperkirakan ekspektasi jumlah pembayaran atau cicilan berdasarkan pendapatan per bulannya. Lalu bagaimana cara mendapatkan KPR di CIMB Niaga? Berikut syarat pengajuannya:
Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili Indonesia
  • Perorangan (bukan Badan Usaha)
  • Usia minimal 21 tahun
  • Usia maksimal pada akhir masa kredit:
  • 58 Tahun atau sesuai ketentuan pensiun perusahaan untuk karyawan
  • 70 Tahun untuk profesional/wiraswasta
Persyaratan Dokumen
  • Fotocopy KTP pemohon dan suami/istri
  • Fotocopy kartu keluarga dan surat nikah
  • Fotocopy NPWP/SPT PPH 21
  • Fotocopy rekening koran/tabungan tiga bulan terakhir
  • Slip gaji asli/ surat keterangan kerja
Setelah memenuhi persyaratan tersebut, calon pemilik rumah bisa mengajukan permohonan KPR CIMB Niaga. Bank nantinya akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diberikan, lalu memberikan penawaran KPR dengan bunga yang sesuai dengan kemampuan calon pemilik rumah.
Bank dapat menolak atas permohonan kredit Anda apabila tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Untuk itu, Anda diwajibkan untuk membaca dengan teliti atas informasi produk dan layanan sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman.
Itulah syarat KPR CIMB Niaga yang bisa Anda ajukan jika ingin membeli rumah dengan KPR CIMB Niaga. Jika Anda belum menemukan rumah impian Anda untuk dibeli, Anda bisa mengecek daftar hunian di kawasan Bekasi dibawah RP500 juta berikut ini!

Cara Pengajuan KPR CIMB Niaga

Cara pengajuannya adalah dengan mendatangi bank dan melengkapi syarat KPR yang diminta.
Memiliki hunian sendiri menjadi impian banyak orang saat ini. Terlebih lagi, properti seperti rumah dapat juga dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan mengingat harga rumah dari tahun ke tahun cenderung tidak pernah turun. Itulah sebabnya semakin banyak masyarakat mencoba untuk mengajukan KPR rumah. Oleh sebab itu, jika Anda berencana mengambil KPR CIMB Niaga, ikuti langkah pengajuannya yakni:
  • Datangi bank, lengkapi syarat KPR yang diminta.
  • Wawancara dengan bank, di mana bank akan mengecek kemampuan Anda untuk melunasi cicilan (minimal 30% dari penghasilan).
  • Membayar uang muka ke pengembang properti, kemudian menunggu keluarnya Surat Persetujuan Perjanjian Kredit (SPKK).
  • Setelah SPKK Anda terima, saatnya menemui notaris untuk menandatangani akta kredit dan mengurus sertifikat.
  • Serah terima kunci.
  • Sampai di sini, sertifikat rumah Anda dipegang oleh bank dan baru bisa Anda terima setelah seluruh cicilan KPR lunas.

Jenis-Jenis KPR CIMB Niaga

Cukup banyak keuntungan yang ditawarkan dari KPR Xtra CIMB Niaga.
Asal tahu saja, saat ini CIMB Niaga merupakan bank kelima terbesar di Indonesia dari segi aset, kredit, dan jumlah jaringan cabang. CIMB Niaga memiliki program solusi KPR bernama KPR Xtra CIMB Niaga yang terdiri dari 2 jenis program KPR, yaitu KPR rumah regular dan KPR Rumah Syariah. Apa masing-masing keunggulannya?

KPR Xtra CIMB Niaga

Hadirnya program KPR dari CIMB Niaga ini memudahkan Anda yang ingin memiliki rumah impian. KPR Xtra CIMB Niaga ini merupakan solusi mewujudkan hunian idaman dengan beragam pilihan sesuai kebutuhan. Keuntungan yang Anda dapatkan dari program KPR Xtra CIMB Niaga ini, pilihan suku bunga kompetitif yang variatif. Suku bunga tersebut bergantung dengan pilihan tujuan pinjaman program KPR Xtra CIMB Niaga tersebut.
Keuntungan lain dari KPR Xtra CIMB Niaga ini adalah jangka waktu pinjaman yang disediakan hingga 25 tahun. Jadi, Anda bisa sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam memiliki rumah impian ini. Selain untuk mendapatkan rumah impian, dengan program KPR Xtra CIMB Niaga ini, Anda juga bisa membeli apartemen, pembelian ruko/rukan, alih pinjam, renovasi rumah, atau multiguna.
Cukup banyak keuntungan yang ditawarkan dari KPR Xtra CIMB Niaga. Syarat untuk mengajukannya juga terbilang sangat mudah, Anda dengan minimal usia 21 tahun sudah bisa mengajukan program KPR Xtra CIMB Niaga ini. Jadi, jika Anda memiliki rencana rumah untuk masa depan, KPR Xtra CIMB NIaga ini bisa menjadi solusi untuk memiliki hunian idaman sendiri.

KPR Syariah CIMB Niaga

Bersama CIMB Niaga Syariah, KPR CIMB Niaga memiliki program KPR berbasis syariah. Pembiayaan untuk mewujudkan rumah idaman semakin lancar sesuai prinsip syariah dengan akad Murabahah. Program KPR CIMB Niaga syariah ini terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu KPR iB Fix CIMB Niaga Syariah dan KPR iB Flexi CIMB Niaga.
  • KPR iB Fix CIMB Niaga Syariah
KPR iB Fix adalah program pembiayaan KPR berbasis syariah yang di mana pembiayaan rumah yang ready stock atau sudah ada. Jangka waktu cicilan yang diberikan program KPR iB Fix CIMB niaga ini adalah 15 tahun saja. Jadi, keuntungannya selain prinsip syariah yang minim akan bunga, cicilan yang mudah untuk mengatur cash flow keuangan Anda di masa depan. Selain mendapatkan KPR yang sudah ada, keuntungan lainnya adalah angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan hingga 15 tahun, dan margin tidak terpengaruh kondisi pasar.
  • KPR iB Flexi CIMB Niaga Syariah
Program kedua ini tidak begitu jauh perbedaannya dari program KPR iB Fix CIMB Niaga Syariah. KPR iB Flexi CIMB Niaga Syariah lebih fokus ke pembiayaan kepemilikan rumah dengan prinsip syariah yang fleksibel. Secara keseluruhan sama dengan sistem regular, hanya saja prinsip syariah pembiayaan KPR di sini yang membedakan. Untuk jangka waktu angsuran KPR iB Flexi ini hingga 25 tahun, dan Anda juga diharuskan memberikan uang muka mulai dari 5% dari harga yang ada.
Selain itu, angsuran yang fleksibel membuat program KPR iB Flexi banyak diminati. Ada juga beberapa syarat biaya proses pembiayaan dalam mengikuti program KPR ini. Mulai dari biaya administrasi, biaya asuransi jiwa pembiayaan syariah, biaya asuransi kebakaran syariah, biaya penilaian agunan (jika ada), dan biaya notaris. Jadi, tunggu apa lagi, solusikan pembiayaan rumah idaman Anda bersama CIMB Niaga Syariah.
Mewujudkan rumah impian untuk masa depan sekarang ini sangatlah mudah. Bahkan Anda yang masih di usia yang terbilang muda sekitar 21 tahun, sudah bisa memiliki rumah impian untuk masa depan Anda. Tak sedikit juga orang yang kini mulai melirik program KPR ini. Apalagi dengan berbagai fasilitas dan kemudahan untuk mendapatkannya, membuat banyak juga bank-bank di Indonesia yang mulai membangun program tersebut.
CIMB Niaga salah satu bank yang memudahkan Anda untuk memiliki hunian impian. Dengan adanya program KPR CIMB Niaga, pembiayaan KPR pun jadi lebih cepat dan mudah. Bersama CIMB Niaga Anda bisa mendapatkan rumah impian Anda. Bahkan tidak hanya rumah impian, melainkan banyak jenis properti seperti apartemen, ruko, atau lahan yang bisa Anda ajukan dengan program KPR Xtra CIMB Niaga

Tips Rumah.com

Sebelum mengajukan KPR CIMB Niaga, pastikan Anda sudah memenuhi syarat KPR yang utama yakni tidak masuk daftar hitam SLIK checking. Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) atau dulu yang dikenal BI Checking merupakan riwayat Informasi Debitur Individual (IDI) yang mencatat lancar atau tidaknya pembayaran kredit atau kolektibilitas.

Simulasi KPR CIMB Niaga

Angka yang keluar dari simulasi KPR adalah nilai gambaran atau perkiraan.
Melakukan simulasi cicilan dengan kalkulator KPR sangat penting. Pasalnya, kalkulator KPR dapat membantu Anda mencari kombinasi yang tepat antara besaran bunga dengan jangka waktu kredit rumah, agar kredit rumah bulanan bisa sesuai keinginan Anda.
Idealnya, besarnya total cicilan bulanan Anda tidak lebih besar dari 35 persen penghasilan per bulan Anda. Untuk menghitung besarnya kredit rumah yang ideal disesuaikan dengan penghasilan bulanan, Anda bisa menghitungnya lewat Kalkulator Keterjangkauan
Nah, saat ini Anda tidak perlu khawatir dalam menghitung simulasi KPR secara manual. CIMB Niaga menyediakan kalkulator KPR yang bisa digunakan untuk melakukan simulasi KPR. Cukup sediakan estimasi harga pembelian rumah, besaran uang muka, nilai plafon pengajuan pinjaman, dan panjang tenor cicilan sebelum membuat simulasi KPR. Berikut contoh simulasi KPR CIMB Niaga:
  • Harga pembelian rumah Rp450.000.000
  • Membayar uang muka Rp135.000.000
  • Total pengajuan pinjaman sebesar Rp315.000.000
  • Panjang tenor cicilan yang diambil 10 tahun.
Berdasarkan simulasi di atas, maka perkiraan cicilan KPR per bulannya adalah:
  1. Rp3.576.761 untuk suku bunga 6,5% fixed 3 tahun
  2. Rp3.801.875 untuk suku bunga 7,88% fixed 5 tahun
  3. Rp3.905.549 untuk suku bunga Xtra bebas (fix menurun)
  4. Rp3.973.259 untuk suku bunga floating upfront
Saat membaca simulasi KPR, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Diantaranya, angka yang keluar dari simulasi KPR adalah nilai gambaran atau perkiraan, bukan nilai sebenarnya sehingga akan ada perbedaan antara besar angka di simulasi KPR dengan kondisi riil saat mengajukan KPR. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah suku bunga yang terdapat di simulasi KPR sudah berubah di kondisi riil dan biaya lainnya yang tidak tercantum saat menghitung simulasi KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui cara bunga KPR dihitung. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan suku bunga 6,5% fixed 3 tahun ini berarti bunga fixed hanya berlaku selama tiga tahun di awal cicilan. Kemudian, sisa cicilan akan dikenakan bunga floating. Namun, prosedur seperti ini tidak muncul di dalam simulasi KPR. Oleh karena itu, Anda harus menghitung berapa cicilan yang akan dikenakan saat cicilan sudah memasuki suku bunga floating.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini