Kredit Renovasi Rumah BRI, Solusi Mempercantik Hunian Tanpa Jaminan

Tim Editorial Rumah.com
Kredit Renovasi Rumah BRI, Solusi Mempercantik Hunian Tanpa Jaminan
RumahCom – Saat rumah yang ditempati bersama keluarga sudah tidak lagi memadai atau tidak sesuai dengan kebutuhan, Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk merenovasi rumah. Namun persoalan besar dalam merenovasi rumah adalah terkait dengan anggaran. Oleh sebab itu, kredit renovasi rumah BRI mungkin bisa jadi solusinya.
KPR renovasi rumah BRI memberikan fitur perbaikan dan pembangunan rumah tinggal tapak. Jangka waktu yang ditawarkan pun bisa sampai 10 tahun dengan plafon kredit hingga Rp5 miliar. Menarik, kan! Tapi apa saja syarat dan cara pengajuannya? Temukan penjelasan lebih lengkap mengenai kredit renovasi rumah BRI di artikel ini.
  • Kredit Renovasi Rumah BRI
  • Syarat Kredit Renovasi Rumah BRI
  • Cara Pengajuan Kredit Renovasi Rumah BRI
  • Keunggulan dan Kekurangan Kredit Rumah Renovasi BRI

Kredit Renovasi Rumah BRI

Kredit renovasi rumah BRI membutuhkan jaminan atau agunan berupa sertifikat rumah.
Kredit renovasi rumah BRI adalah pinjaman yang diberikan oleh Bank BRI yang mencakup dana untuk renovasi maupun perbaikan rumah. Keputusan untuk melakukan perbaikan dengan memanfaatkan kredit renovasi rumah pun dinilai solutif bagi masyarakat yang tak punya dana tunai dalam jumlah besar. Terkait syaratnya, kredit renovasi rumah BRI membutuhkan jaminan atau agunan berupa sertifikat rumah. Agunan haruslah merupakan rumah tapak dan merupakan properti yang dihuni oleh calon debitur.
Terkait dengan pencairan dananya dilakukan secara langsung ke dalam rekening simpanan nasabah serta dilakukan blokir dana seluruhnya. Tahapan pencairan untuk pembayaran retensi dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut. Tahap pertama, maksimal 40 persen dari plafon yang dapat dicairkan setelah akad kredit. Tahapan selanjutnya sesuai dengan progres pekerjaan renovasi/pembangunan dan perhitungan Rencana Anggaran Biaya atau RAB.

Syarat Kredit Renovasi Rumah BRI

Syaratnya adalah terdapat agunan dan kelengkapan dokumen.
Syarat dalam mengajukan kredit renovasi rumah BRI meliputi syarat agunan dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Untuk persyaratan terkait dengan agunan properti harus sudah bersertifikat SHM atau SHGB atas nama calon debitur/pasangan menikah yang sah/orang tua kandung/anak kandung. Kemudian agunan properti dihuni oleh calon debitur. Selain itu, agunan properti juga harus berada di lokasi strategis atau komplek perumahan.
Setelah memenuhi syarat agunan yang telah ditetapkan oleh Bank BRI, Anda juga harus menyerahkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
  • Formulir permohonan(diisi dan ditandatangani)
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku (suami + istri bagi calon debitur yang sudah menikah) untuk WNI, atau KITAS/KITAB/Surat Ijin Tinggal untuk WNA
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi buku tabungan/rekening simpanan calon debitur minimal 3 (tiga) bulan terakhir (terhitung pada saat pengajuan)
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi akta pisah harta (jika ada)
  • Fotokopi buku/akta nikah atau surat/akta cerai
  • Slip gaji/Surat Keterangan Gaji
  • Rekening koran tabungan
Tak hanya dokumen penting di atas, terdapat juga syarat tambahan yang harus dipatuhi untuk pengajuan kredit renovasi rumah BRI, diantaranya:
  • Perbaikan major (perubahan struktur/bentuk bangunan).
  • Perbaikan minor
  • RAB di bawah Rp1 miliar
  • RAB di atas Rp1 miliar
  • Wajib dilengkapi dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB), IMB sesuai renovasi, dan blue print rencana bangunan.
  • Cukup dilengkapi dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB)
  • Dapat dibuat oleh calon debitur/kontraktor
  • Dibuat dengan menggunakan jasa kontraktor dan proses pembangunan harus dilakukan oleh kontraktor
Selain itu, ada beberapa jenis pinjaman BRI seperti Briguna yang tanpa agunan. Bagi Anda yang tertarik mengajukan pinjaman untuk renovasi rumah, disarankan untuk memilih Briguna Umum atau Briguna Karya. Semuanya merupakan pinjaman tanpa jaminan sehingga tidak membutuhkan sertifikat tanah ataupun BPKB kendaraan bermotor yang biasanya digunakan sebagai jaminan pinjaman Bank. Selain itu, yang paling penting adalah harus memiliki penghasilan dan pekerjaan tetap, baik itu PNS, pegawai BUMN, ataupun karyawan.
Nantinya pembayaran pinjaman akan berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). Oleh karena itu, kredit renovasi tanpa jaminan dari Bank BRI ini hanya bisa didapatkan oleh nasabah yang memiliki penghasilan dan pendapatan tetap setiap bulannya.Selain itu, nasabah wajib memiliki rekening Bank BRI. Bagi yang belum memilikinya maka bisa terlebih dahulu membuka rekening dengan memenuhi beberapa persyaratan.
Kredit renovasi rumah BRI bisa menjadi salah satu mempercantik hunian agar lebih instagramable. Terutama jika Anda berencana membeli rumah tua atau rumah second dan akan direnovasi dengan memanfaatkan pinjaman bank. Terarik? Cek daftar rumah dijual di kawasan Bandung di bawah Rp500 juta di sini!

Cara Pengajuan Kredit Renovasi Rumah BRI

Anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan.
Jika berminat dan sudah memantapkan diri untuk mengajukan kredit renovasi rumah BRI, maka bisa dimulai dengan mendatangi kantor cabang terdekat dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan. Nantinya petugas Bank BRI akan membantu proses pengajuan kredit sampai pengajuan di ACC.
Tetapi sebelum itu, Anda juga bisa untuk terlebih dahulu menghubungi Call BRI di nomor 14017 / 1500017. Anda bisa mengumpulkan informasi terkait dengan jumlah pinjaman dengan pilihan suku bunga kredit dan tenornya, untuk kemudian mengajukan sesuai dengan kebutuhan anggaran yang Anda perlukan.
Setelah mengajukan pinjaman, nantinya Bank BRI akan meninjau kelayakan nasabah dengan mengecek jumlah penghasilan, rumah tinggal, dan survey lainnya. Saat semuanya sesuai dengan ketentuan Bank BRI, pinjaman bisa segera di ACC. Setelah itu tinggal menunggu proses pencairan dana yang nantinya akan ditransfer ke rekening BRI. Jika Anda kebetulan juga membeli rumah yang membutuhkan perbaikan, ada beberapa opsi pinjaman yang tersedia. Cara kerja KPR renovasi rumah akan bergantung pada jenis pembiayaan yang Anda putuskan untuk diajukan.

Tips Rumah.com

KPR renovasi rumah adalah cara paling cerdas bagi pemilik rumah untuk membiayai seluruh proyek renovasi, namun kebanyakan orang bahkan tidak tahu bahwa pinjaman itu ada atau cara kerjanya

Keunggulan dan Kekurangan Kredit Rumah Renovasi BRI

Kredit renovasi rumah BRI juga bisa dimanfaatkan untuk membeli furnitur, perlengkapan, dan perabotan baru.
KPR renovasi rumah adalah cara paling cerdas bagi pemilik rumah untuk membiayai seluruh proyek renovasi. Sayangnya, kebanyakan orang bahkan tidak tahu bahwa pinjaman itu ada maupun cara kerjanya. Sebenarnya setiap bank memiliki program kredit renovasi rumah.
Namun Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih KPR renovasi rumah BRI karena memiliki bunga cicilan yang ringan dan limit kredit tidak terbatas. Proses pengajuan dan syarat yang dibutuhkan juga cukup mudah sehingga Anda tidak perlu bingung saat mengajukan pinjaman.
Secara umum, KPR renovasi rumah didasarkan pada satu faktor utama yakni nilai setelah renovasi. KPR renovasi menggunakan perkiraan nilai rumah setelah renovasi alih-alih nilai rumah saat ini untuk menghitung berapa banyak pemilik rumah dapat meminjam. Ini memberi pemilik rumah kredit untuk peningkatan nilai rumah dari usulan renovasi di muka.
Selama ini, masih ada yang menilai kalau KPR renovasi rumah sebenarnya hanyalah pinjaman pribadi tanpa jaminan atau kredit yang tidak cocok untuk sebagian besar proyek karena suku bunganya yang tinggi, lebih pendek persyaratan dan ukuran pinjaman terbatas.
Meskipun terkadang beberapa KPR renovasi rumah ada yang nilai suku bunga lebih tinggi, tetapi tetap saja dengan adanya jenis KPR renovasi rumah ini membuat rumah impian Anda menjadi kenyataan. Ubah rumah Anda menjadi ruang hidup modern untuk Anda dan keluarga Anda.
Menariknya, Anda juga dapat menggunakan KPR renovasi rumah ini tak hanya untuk perbaikan dan renovasi rumah yang sudah ada, tetapi juga untuk membeli furnitur, perlengkapan, dan perabotan baru, baik itu sofa atau barang elektronik.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini