Kumpulan Peluang Bisnis Laris Manis Tahun 2020

Tahun ini, ada berbagai peluang bisnis yang dapat Anda coba untuk menambah pemasukan dan pengalaman.
Peluang Bisnis
Tahun ini, ada berbagai peluang bisnis yang dapat Anda coba untuk menambah pemasukan dan pengalaman.

RumahCom – Tahun 2020 bisa dibilang membuka jalan yang lebar untuk Anda yang ingin membuka bisnis baru. Terdapat berbagai kegiatan bisnis yang bisa Anda lakukan di tahun ini. Peluang bisnis di tahun 2020 dapat menambah pemasukan dan juga menjadi pengalaman baru Anda.

Sebelum membahas lebih banyak mengenai peluang bisnis yang bisa Anda lakukan, mari simak dahulu pengertian peluang bisnis. Berdasarkan penelusuran di Entrepreneur.com, peluang bisnis merupakan investasi bisnis yang memungkinkan Anda untuk memulai kegiatan bisnis tertentu.

Baca juga: Contek Kesuksesan 5 Pengusaha Muda ini Untuk Motivasi

Namun, Anda jangan keliru dengan pengertian peluang bisnis dengan bisnis waralaba (franchise). Bisnis waralaba merupakan peluang bisnis, tetapi tidak ada sifat timbal balik. Alasan inilah yang membuat tidak semua peluang bisnis merupakan waralaba. Selain itu, terdapat beberapa peluang bisnis yang tidak menunjukkan adanya hubungan yang berkelanjutan antara penjual dengan pembeli dalam penjualan. Simak lebih lengkap mengenai peluang bisnis di artikel ini yang juga membahas:

  1. Beberapa Tren Peluang Bisnis yang Sempat Sukses
    1. Peluang bisnis bidang kuliner
    2. Peluang bisnis bidang pariwisata
    3. Peluang bisnis bidang mode
    4. Peluang bisnis bidang properti
  2. 15 Peluang Bisnis Laris Manis di Tahun 2020
    1. Buka Usaha Makanan di Rumah
    2. Toko Sayur dan Buah
    3. Kedai Kopi
    4. Menjual Sembako
    5. Usaha Masker Kain
    6. Usaha Laundry
    7. Jasa Konveksi
    8. Frozen Food
    9. Berjualan Kue Kering
    10. Jasa Tata Rias Wajah dan Rambut
    11. Jasa Freelance Content Creator
    12. Sewa Perlengkapan Bayi dan Mainan Anak
    13. Sewa Baju Pengantin dan Baju Pesta
    14. Jasa Membersihkan Rumah
    15. Usaha Percetakan dan Desain
  3. Jeli Lihat Peluang Bisnis, Lakukan Hal Ini Agar Sukses
    1. Pelajari digital marketing
    2. Rajin membaca tren
    3. Latihan berkomunikasi untuk berjualan

Beberapa Tren Peluang Bisnis yang Sempat Sukses

Peluang Bisnis

Tren selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, begitu juga dengan tren dalam peluang bisnis. (Foto: Pixabay)

Terdapat berbagai peluang bisnis yang sempat hits sebelum tahun 2020. Beberapa peluang bisnis ini masih diminati dan berkembang hingga sekarang.

1. Peluang bisnis bidang kuliner

Bisnis kuliner seakan tidak pernah ketinggalan zaman. Anda bisa mencoba peruntungan dalam menjual makanan ringan hingga makanan berat. Selera masyarakat dalam hal makanan semakin beragam, sehingga Anda harus lebih jeli dalam melihat peluang.

2. Peluang bisnis bidang pariwisata

Sama seperti kuliner, bisnis pariwisata tidak lekang dimakan oleh waktu. Anda yang bosan dengan kegiatan rutinitas sehari-hari akan mencari cara untuk menyegarkan pikiran dengan berwisata. Peluang bisnis pariwisata tidak hanya berlaku untuk tempat penyewaan penginapan, Anda juga bisa menjadi freelance tour guide.

21 Cara Cari Uang Online di 2020

Panduan dan Referensi

21 Cara Cari Uang Online di 2020

3. Peluang bisnis bidang mode

Tren fashion akan terus berputar setiap tahun. Anda dapat mencoba untuk menjadi reseller baju-baju yang sedang tren saat ini. Jika Anda suka menjahit, bisa juga mencoba usaha jasa menjahit sesuai dengan kemampuan Anda.

4. Peluang bisnis bidang properti

Menyewakan rumah kontrakan ataupun rumah kost merupakan salah satu peluang bisnis dalam bidang properti. Jika Anda memiliki tanah yang cukup luas, tidak ada salahnya untuk membangun beberapa rumah untuk dijadikan kontrakan. Setiap tahun, keinginan untuk memiliki rumah akan semakin meningkat. Peluang bisnis seperti ini dapat Anda manfaatkan dengan baik.

15 Peluang Bisnis Laris Manis di Tahun 2020

Peluang Bisnis

Ada berbagai peluang bisnis di tahun 2020 yang dapat Anda kerjakan dari rumah. (Foto: Pexels)

Tahun 2020 bisa menjadi saat yang tepat bagi Anda yang ingin membuka usaha baru. Peluang bisnis yang tersedia bahkan dapat Anda lakukan dari rumah, sehingga waktu Anda dengan keluarga tidak banyak terbuang.

Seperti yang dilansir dari Bisnisdotcom, tetaplah berhati-hati dalam memilih peluang bisnis.  Kurangnya pemahaman bisa menyebabkan kerugian bagi Anda. Berikut ini 15 peluang bisnis yang bisa Anda lakukan di tahun 2020.

1. Buka Usaha Makanan di Rumah

Peluang Bisnis

Masakan rumahan dapat menjadi pilihan untuk peluang bisnis. (Foto: Pexels)

Membuka usaha makanan di rumah dapat menjadi pilihan yang bijak. Alasannya karena Anda tidak perlu menyewa tempat sebagai lokasi kegiatan jual beli. Usaha makanan di rumah dapat berupa lauk untuk makan sehari-hari. Anda juga dapat membuat makanan ringan ataupun makanan penutup. Pilihannya bisa Anda sesuaikan dengan target pembeli yang Anda inginkan.

2. Toko Sayur dan Buah

Peluang Bisnis

Meningkatnya permintaan akan sayur dan buah sebagai pendukung hidup sehat dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis. (Foto: Pexels)

Berbelanja sayur dan buah tidak hanya bisa dilakukan di pasar dan supermarket. Saat ini Anda bisa memulai usaha toko sayur dan buah dan menjualnya secara online. Pembeli tidak perlu repot untuk datang ke tempat Anda dan Anda dapat mengirimkan pesanan melalui kurir khusus maupun ojek online. Carilah supplier yang bisa memberikan harga yang menguntungkan bagi Anda.

3. Kedai Kopi

Kopi susu yang sedang diminati saat ini membuka peluang untuk kegiatan berbisnis. (Foto: Unsplash)

Kopi susu yang sedang diminati saat ini membuka peluang untuk kegiatan berbisnis. (Foto: Unsplash)

Kopi susu sedang diminati generasi muda saat ini. Meskipun begitu, cobalah untuk membuka usaha untuk menjual kopi dengan racikan yang khas dengan Anda. Kekhasan tersebut akan membuat kopi yang Anda jual mempunyai perbedaan dengan yang lain. Selain minuman, tambahkan juga camilan sebagai makanan pendamping di warung kopi Anda.

4. Menjual Sembako

Peluang Bisnis

Berjualan sembako seperti beras dapat Anda lakukan sebagai peluang bisnis. (Foto: Unsplash)

Ada berbagai pilihan sembako yang bisa Anda jual, di antaranya beras, gula, dan minyak sayur. Jika Anda memiliki supplier dengan harga yang tepat, Anda dapat menjual sembako lebih murah daripada toko yang lain. Selain itu, menjual sembako dalam bentuk paket juga dapat menjadi opsi. Dagangan Anda juga akan terjual dengan lebih cepat dengan cara ini.

5. Usaha Masker Kain

Peluang Bisnis

Peluang bisnis yang cukup banyak diminati selama masa pandemi ialah masker kain. (Foto: Unsplash)

Semenjak masyarakat diminta menggunakan masker kain di masa pandemi, permintaan akan masker kain juga ikut meningkat. Anda dapat memilih beberapa bahan kain yang nyaman untuk dipakai. Pastikan juga masker yang Anda buat memiliki kantong untuk menyelipkan tisu sebagai penyaring udara. Pemilihan kain yang nyaman dengan motif yang unik juga akan menarik perhatian para pembeli.

6. Usaha Laundry

Peluang Bisnis

Usaha laundry memiliki penggemar yang tiada habisnya. (Foto: Unsplash)

Usaha laundry selalu diminati oleh mereka yang membutuhkan pakaian bersih dengan cepat. Bermodalkan mesin cuci, cairan pembersih, tempat untuk menjemur, dan setrika Anda sudah siap untuk melakukan usaha ini. Laundry banyak dicari karena alasan efisiensi dan harganya yang terjangkau. Untuk orang-orang yang sibuk dan tidak sempat mencuci pakaian mereka sendiri, usaha laundry yang akan dituju.

7. Jasa Konveksi

Peluang Bisnis

Peluang bisnis jasa konveksi cocok untuk melakukan pekerjaan partai besar. (Foto: Unsplash)

Selain menjahit seragam sekolah dan seragam kantor dalam jumlah besar, Anda juga dapat menambahkan jasa sablon pada usaha jasa konveksi Anda. Dengan adanya tambahan fasilitas sablon, Anda juga dapat memperluas usaha, misalnya dengan membuat souvenir. Jasa konveksi umumnya diminati oleh masyarakat karena dapat mengerjakan proyek dalam jumlah besar dengan harga yang lebih terjangkau.

8. Frozen Food

Peluang Bisnis

Kemudahan dalam mengolah makanan beku dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis. (Foto: Pixabay)

 

Peluang bisnis frozen food makin disukai karena kemudahan dalam mengolahnya. Beberapa pilihan frozen food yang Anda bisa jual ialah chicken nuggets, olahan sayap ayam berbumbu, kentang goreng beku, bakso, hingga potongan fillet ikan dan ayam. Anda perlu mencari supplier yang tepercaya sehingga Anda memiliki frozen food yang berkualitas.

9. Berjualan Kue Kering

Peluang Bisnis

Permintaan akan kue kering akan semakin meningkat menjelang hari raya Idul Fitri tentunya akan menjadi peluang bisnis yang bagus untuk Anda. (Foto: Pexels)

Berbagai pilihan kue kering akan semakin sering Anda temukan menjelang hari raya. Meskipun begitu, popularitas kue kering tidak pernah redup setiap tahun. Saat ini mencari resep kue kering terasa mudah dengan bantuan internet. Anda dapat berkreasi sesuai dengan resep yang telah dipilih. Pengemasan kue kering yang cantik juga dapat digunakan untuk menarik perhatian pembeli. Harga jual dapat Anda sesuaikan dengan modal yang telah dikeluarkan.

Tip Rumah
Pilihlah jenis usaha yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Tujuannya supaya Anda senang dan lebih mudah dalam menjalankan usaha baru Anda.

10. Jasa Tata Rias Wajah dan Rambut

Peluang Bisnis

Kemahiran dalam makeup berguna sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. (Foto: Pexels)

Jasa makeup artist dan hair stylist akan diburu menjelang hari besar. Contohnya untuk melakukan foto prewedding, pernikahan, ataupun untuk menghadiri acara penting. Jika Anda tertarik dengan tata rias wajah dan rambut, tidak ada salahnya untuk mempelajari makeup lebih dalam. Apabila Anda sudah mahir, jasa Anda akan dicari oleh banyak orang. Kepuasan pelanggan akan terlihat ketika nama Anda dipromosikan dari mulut ke mulut.

11. Jasa Freelance Content Creator

Peluang Bisnis

Bekerja dari rumah dengan menjadi freelance content writer dapat membuka peluang bisnis tersendiri. (Foto: Pexels)

Anda yang menyukai kegiatan menulis dapat menuangkannya dalam bentuk jasa freelance content creator. Berbekal laptop dan internet, Anda sudah dapat melakukan pekerjaan ini. Saat ini terdapat banyak pekerjaan yang membutuhkan jasa content creator untuk mendukung proyek mereka. Anda dapat menemukan pekerjaan ini di portal lowongan kerja. Pilihlah proyek yang ditawarkan dengan bijak, sehingga Anda dapat memahami tipe konten yang harus dibuat.

12. Sewa Perlengkapan Bayi dan Mainan Anak

Peluang Bisnis

Stroller yang masih layak pakai dapat disewakan. (Foto: Unsplash)

Penyewaan perlengkapan bayi sering dicari oleh orang tua masa kini. Alasannya karena perlengkapan bayi harganya cukup mahal dan tumbuh kembang bayi cukup cepat. Apabila Anda memiliki beberapa perlengkapan bayi dan mainan anak yang masih layak pakai, cobalah untuk menyewakannya untuk keluarga lain. Barang yang paling sering dicari biasanya adalah boks tidur bayi, stroller bayi, dan mainan edukasi.

13. Sewa Baju Pengantin dan Baju Pesta

Peluang Bisnis

Menyewakan baju pengantin dan baju pesta dapat menjadi peluang bisnis. (Foto: Pexels)

Pada umumnya, menjelang hari pernikahan, para pengantin akan disibukkan dengan mencari baju pengantin yang sesuai. Manfaatkanlah momen ini dengan menyewakan baju pengantin dan baju pesta. Baju pengantin akan selalu dicari dan dibutuhkan karena tidak semua orang berkeinginan membeli baju pengantin yang harganya menguras budget.

14. Jasa Membersihkan Rumah

Peluang Bisnis

Jasa membersihkan rumah dibutuhkan oleh orang-orang yang sibuk. (Foto: Unsplash)

Tidak semua orang memiliki waktu untuk membersihkan rumah mereka. Apalagi untuk mereka yang sibuk ataupun mereka yang baru saja pindah ke rumah baru. Barang-barang yang Anda perlukan untuk jasa ini ialah alat pembersih seperti sapu, pel, lap, penyedot debu, hingga cairan pembersih.

15. Usaha Percetakan dan Desain

Peluang Bisnis

Semakin banyak peluang bisnis yang bermunculan tentu akan berimbas pada permintaan untuk usaha percetakan. (Foto: Unsplash)

Semakin banyaknya bisnis baru yang berkembang, maka akan ada semakin banyak pebisnis yang membutuhkan usaha percetakan dan desain, mulai dari logo, stiker, flyer, spanduk, hingga banner. Jasa percetakan dan desain juga akan mempermudah pebisnis baru untuk mencetak kemasan produk mereka.

Jeli Lihat Peluang Bisnis, Lakukan Hal Ini Agar Sukses

Peluang Bisnis

Catat dan ingat hal-hal yang harus Anda pahami dari peluang bisnis agar usaha Anda menjadi sukses. (Foto: Pexels)

Anda sebagai pelaku bisnis tentu harus jeli dengan berbagai kemungkinan yang ada di sekitar Anda. Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar usaha Anda menjadi sukses.

1. Pelajari digital marketing

Modal dan pengetahuan diperlukan sebagai dasar dari bisnis Anda. Tanpa kedua hal ini, bisnis akan mudah gulung tikar. Dilansir dari Kumparan.com, setiap pebisnis yang baik harus memiliki persiapan dalam melakukan kegiatan usaha. Jadi, penting bagi Anda untuk mempelajari keterampilan dasar di dunia digital marketing. Melalui hal ini Anda akan mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan juga dihindari.

2. Rajin membaca tren

Anda perlu mengetahui hal-hal yang sedang diminati oleh masyarakat. Semakin besar permintaan terhadap suatu bidang, tentu akan menguntungkan pelaku bisnis di bidang itu. Selain mengenali permintaan, lakukan juga penelitian mengenai tren harga terhadap jasa atau barang tersebut.

3. Latihan berkomunikasi untuk berjualan

Komunikasi yang baik penting untuk dilakukan agar terjadi komunikasi dua arah yang lancar. Anda sebagai pemiliki usaha jasa atau produk juga harus mempelajari customer service agar mudah memahami pelanggan.

Membeli rumah juga memerlukan trik. Simak cara-cara yang dapat Anda lakukan melalui video berikut ini.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

AreaInsider

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Project Review Properti Lengkap

Masukan