Cek Legalitas Perusahaan Developer, Ini 7 Caranya agar Tidak Tertipu

Tim Editorial Rumah.com
Cek Legalitas Perusahaan Developer, Ini 7 Caranya agar Tidak Tertipu
RumahCom – Demi mendapatkan calon pembeli, banyak developer atau pengembang sering memberikan penawaran menarik saat memasarkan rumah baru. Kemudahan mengurus cicilan sampai pembebasan biaya BPHTB sering diberikan agar makin banyak unit rumah terjual.
Namun, maraknya kasus pengembang tak bertanggung jawab membuat Anda harus ekstra hati-hati. Jangan tergiur promosi besar, penting untuk cek legalitas perusahaan developer sebelum bertransaksi
  1. Cari Pengembang Terpercaya
  2. Cek Identitas Developer
  3. Cek Legalitas Perusahaan Developer via SIRENG
  4. Cari Developer Lewat Asosiasi
  5. Cek Lokasi Rumah
  6. Cek Proyek Developer Sebelumnya
  7. Cari Tahu Rekanan Bank
Biaya Tambah Daya Listrik PLN 2022 Terbaru

Biaya Tambah Daya Listrik PLN 2022 Terbaru

1. Cek Legalitas Perusahaan Developer dengan Mencari Pengembang Terpercaya

Kurangi risiko penipuan dengan cari developer dengan tingkat keberhasilan pembangunan yang tinggi.(Foto: iStock – Panuwat D)
Bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah, ada baiknya pertimbangkan proyek yang dibuat oleh developer terpercaya dan berpengalaman. Anda bisa meminta saran dari keluarga atau kerabat yang pernah membeli properti sebelumnya dan tanyakan pengalaman mereka.
Setelah mendapatkan beberapa nama, cari tahu lebih detail proyek apa saja yang pernah dikerjakan, berapa proyek yang berhasil dan gagal, berapa tahun berkecimpung di dunia properti, dan apakah ada kasus penipuan yang melibatkan PT atau perusahaan dari pengembang.

2. Cek Identitas Developer

Biasanya data tersebut akan dicantumkan developer pada brosur, media sosial, atau website.
Langkah pertama cek legalitas perusahaan developer adalah mencari tahu identitasnya. Saat melihat unit rumah, jangan ragu untuk meminta identitas agen yang memasarkan dan data pengembang seperti NPWP serta alamat kantor.
Biasanya data tersebut akan dicantumkan developer pada brosur, media sosial, atau website. Namun jika informasinya minim, Anda bisa gunakan aplikasi pelacak nomor telepon seperti Get Contact.
Melalui aplikasi tersebut, Anda akan melihat bagaimana orang lain memberikan label pada sebuah nomor telepon. Jika diduga penipu akan muncul label peringatan warna merah pada profil kontak.

3. Cek Legalitas Perusahaan Developer via SIRENG

Situs ini dibuat oleh Kementerian PUPR untuk membantu memeriksa apakah pengembang sudah terdaftar atau belum. (Foto: Sireng)
Agar tidak mudah tertipu dengan janji manis pengembang, Anda bisa cek sendiri status legalitas perusahaan developer melalui https://sireng.pu.go.id. Situs ini dibuat oleh Kementerian Perumahan dan Pekerjaan Umum (PUPR) untuk membantu memeriksa apakah pengembang sudah terdaftar atau belum.
Cara mengeceknya sangat mudah. Setelah kunjungi situs, masukan NPWP atau nama pengembang lalu tekan “enter” dan akan muncul status pendaftaran serta alamat developer.

4. Cari Developer Lewat Asosiasi

Hubungi salah satu kontak dan tanyakan status pengembang. (Foto: Pexels – EVG Kowalievska)
Bagaimana jika developer perumahan belum terdaftar? Apakah sudah pasti pengembang bodong? Tenang, Anda bisa mengecek legalitas perusahaan developer lewat asosiasi dalam SIRENG dengan klik menu “Kontak Asosiasi” di bagian kanan.
Hubungi salah satu kontak dan tanyakan status pengembang. Jika dikonfirmasi benar dan bukan perusahaan palsu, maka Anda bisa lebih tenang dan percaya. Selain mendapatkan informasi seputar pengembang, kontak asosiasi juga membantu jika ada masalah dalam pembangunan.

5. Cek Lokasi Rumah

Pilih lokasi rumah yang dekat dengan akses kebutuhan pokok.(Foto: Pexels – PhotoMIX Company)
Jika Anda berencana membeli rumah inden (proyek yang masih berupa rancangan/gambar), sempatkan waktu untuk berkunjung ke lokasi pembangunan. Dari situ Anda dapat mensurvei lingkungan, akses transportasi, serta berapa unit yang sudah dibangun.
Akan lebih baik jika pengembang memiliki rumah contoh agar bisa melihat gambaran rumah ketika telah selesai. Jangan lupa cek juga kualitas air dan pastikan kondisinya tidak berbau, berpasir, dan layak pakai untuk kebutuhan sehari-hari.
Mengecek legalitas developer wajib untuk Anda lakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda sedang mencari hunian di kawasan Depok, bisa Anda temukan di sini! Cek daftar hunian terbaik dan terpercaya dibawah Rp1 miliar berikut ini!

6. Cek Proyek Developer Sebelumnya

Tingkat keberhasilan proyek yang dilakukan developer menambah kredibilitasnya. (Foto: iStock – George Peters)
Selain mengunjungi lokasi hunian yang Anda incar, tidak ada salahnya memeriksa langsung proyek perumahan yang dikerjakan sebelumnya. Pengembang resmi tidak akan ragu menunjukkan portfolio mereka bahkan tidak jarang mengajak calon pembeli untuk melihat langsung.
Cara ini akan membantu Anda mengecek legalitas perusahaan developer karena bisa bertanya langsung penghuni perumahan apakah pernah bermasalah dalam proses transaksi atau pembangunannya.

Tips Rumah.com

Cek kualitas bahan bangunan yang digunakan pengembang untuk memastikan rumah akan kokoh.

7. Cari Tahu Rekanan Bank

Developer yang bekerjasama dengan bank akan memberi kemudahan pembayaran. (Foto: iStock – Ultra Marine 5)
Agar lebih aman dalam bertransaksi, sebaiknya pilih developer yang telah bekerja sama dengan bank. Selain berkesempatan mendapat diskon serta kemudahan pengajuan KPR rumah, developer yang bekerja sama dengan bank relatif lebih terpercaya. Pasalnya, pihak bank tentu telah mengecek kelengkapan sertifikat tanah dan legalitas dari pengembang seperti alamat kantor pusat, nomor telepon, NPWP, dan izin usaha.
Tonton video berikut ini untuk memilih asuransi rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini